Ukuran Pintu Kamar Mandi Berdasarkan Jenisnya

ukuran pintu kamar mandi

Bagi yang ingin membangun atau merenovasi rumah, tentu ada beberapa hal penting untuk Anda pertimbangkan. Salah satunya yaitu memperhatikan kira-kira berapa ukuran pintu kamar mandi yang sesuai untuk hunian Anda.

Bukan hanya mempertimbangkan tingginya saja, namun lebarnya pun juga tak kalah penting. Dengan ukuran pintu yang sesuai, memungkinkan penghuni rumah merasa nyaman saat keluar dan masuk kamar mandi.

Ukuran Standar Pintu Kamar Mandi

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber, untuk standar ukuran pintu pada kamar mandi yaitu panjangnya mencapai 180 cm serta lebarnya 70 cm. Meskipun begitu, ukuran tersebut masih menyesuaikan luas kamar mandi di rumah Anda.

Selain itu, ukuran pintu kamar mandi standar juga perlu menyesuaikan tinggi rata-rata orang Indonesia. Adapun untuk rata-rata tinggi orang dewasa yaitu 160 cm. Itu artinya, ukuran tersebut perlu Anda sesuaikan sehingga memberikan kenyamanan bagi orang-orang yang hendak keluar masuk kamar mandi.

Pemilihan ukuran untuk kamar mandi memang sangat penting diperhatikan. Anda juga perlu mempertimbangkan apakah pintu tersebut untuk kamar mandi utama maupun kamar mandi pendukung.

Di luar negeri, umumnya pintu kamar mandi mempunyai lebar sekitar 81 cm. Akan tetapi, untuk kamar mandi berukuran kecil biasanya mempunyai lebar antara 61 cm sampai 71 cm.

Tak kalah penting, pastikan ukuran kamar mandi tak mengganggu kenyamanan. Jangan sampai membuat Anda kesulitan keluar masuk kamar mandi. Apalagi untuk kamar mandi dengan bathtub, wastafel, maupun shower maka biasanya ukuran pintu akan lebih besar.

Ukuran Pintu Kamar Mandi Berdasarkan Jenis Pintunya

Berikut beberapa pilihan ukuran untuk pintu kamar mandi sesuai jenis pintunya.

1. Pintu Aluminium

Pintu Aluminium
Foto: adligrantmandiri

Model pintu aluminium untuk kamar mandi memang kerap menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Untuk ukuran pintu sesuai standar yaitu 40 cm x 180 cm.

Baca Juga:  5 Model Pintu Aluminium Mewah untuk Rumah Modern Minimalis

Umumnya, model kamar mandi yang pintunya berbahan aluminium adalah untuk rumah minimalis. Biasanya pemilihan pintu ini digunakan pada kamar mandi yang memang tak terlalu luas. Selain itu, di pasaran juga terdapat pilihan ukuran 70 cm x 200 cm.

2. Pintu PVC

Pintu PVC
Foto: mustikaland

PVC atau polyvinyl chloride adalah bahan yang kerap menjadi pilihan untuk pembuatan pintu. Alasannya karena bahan tersebut memang terkenal memberikan harga yang lebih terjangkau serta mudah mendapatkannya.

Khusus harga pintu berbahan PVC ini bervariasi, namun umumnya memang berada di kisaran Rp220.000,00 sampai Rp800.000,00. Perbedaan harga tersebut menyesuaikan kandungan dari bahan yang lain untuk material pintu tersebut.

Misalnya untuk harga Rp800.000,00 biasanya Anda sudah memperoleh akses kaca pada bagian pintu. Lalu terkait ukuran pintu kamar mandi PVC adalah 72 cm x 220 cm. Ukuran tersebut juga termasuk kusen.

Jika Anda ingin memilih pintu yang berbahan PVC, Anda juga perlu memperhatikan beberapa bahan PVC seperti berikut:

  • PVC Standar, sesuai namanya yaitu bahan paling standar. Bahan tersebut terbuat dari plastik yang memiliki ketahanan terhadap panas, elastis, serta fleksibel
  • PVC Kaca, bahan yang merupakan perpaduan antara PVC dengan kaca. Untuk harganya cenderung lebih mahal daripada harga PVC standar
  • PVC DSK, jenis PVC yang tak jauh berbeda dari PVC standar. Namun jenis yang satu ini mempunyai kunci besi. Sementara pada PVC standar masih berbahan plastik
  • PVC Motif, bisa Anda sesuaikan desainnya sesuai keinginan. Misalnya motif bunga, kayu, sampai ukuran pada PVC itu sendiri

3. Pintu UPVC

Pintu UPVC
Foto: pinterest

Berikutnya ada ukuran pintu kamar mandi berbahan UPVC. Bahan yang satu ini memang masih termasuk plastik. Akan tetapi, sifat polimernya telah dihilangkan sehingga mampu bertahan lebih lama.

Kualitas bahan UPVC sudah tentu lebih baik dari bahan PVC. Selain durability-nya yang lebih baik, ukurannya pun juga beragam. Pada pintu berbahan UPVC biasanya mempunyai lebar 70 cm serta tinggi mencapai 195 cm sampai 200 cm.

Baca Juga:  10 Ide Renovasi Rumah Subsidi Bergaya Modern

Lalu bagaimana dengan harganya? Jika Anda ingin membeli pintu berbahan UPVC, maka harganya berkisar antara Rp750.000,00 sampai Rp2.500.000,00. Memang cukup mahal, namun sesuai dengan kualitas yang Anda dapatkan.

4. Pintu Kayu

pintu kamar mandi Kayu
Foto: bahanbangunanhemat

Pilihan berikutnya adalah pintu berbahan kayu. Biasanya orang-orang yang memilih pintu kayu tersebut suka dengan rumah berkonsep minimalis full kayu. Pemilihan pintu kayu juga menyesuaikan jendela maupun perabotan rumah lainnya yang memang berbahan kayu juga.

Memang ada beberapa pandangan bahwa pintu kayu mudah rusak atau lapuk jika dipakai sebagai pintu kamar mandi. Akan tetapi, hal tersebut seolah tak menyurutkan niat orang untuk membelinya karena terbukti masih laris manis hingga sekarang.

Sementara itu, pintu kayu untuk kamar mandi umumnya berukuran 80 cm x 200 cm. Adapun harganya juga bervariasi, yakni mulai Rp400.000,00 sampai Rp2.000.000,00.

5. Pintu Plastik

pintu kamar mandi plastik
Foto: pinterest

Selain keempat bahan sebelumnya, Anda juga bisa memilih pintu kamar mandi berbahan plastik. Salah satu keunggulan bahan ini yaitu tahan air dan pastinya menawarkan harga jauh lebih murah.

Lalu bagaimana untuk ukuran pintu berbahan plastik tersebut? Rata-rata ukuran pintu dari bahan plastik adalah lebar 60 cm sampai 80 cm. Kemudian untuk tingginya sekitar 185 cm sampai 220 cm.

6. Pintu Galvalum

pintu kamar mandi Galvalum
Foto: freepik

Keunggulan pintu berbahan galvalum adalah tahan korosi serta air. Sampai sekarang pintu berbahan galvalum juga menjadi salah satu yang recommended. Apalagi untuk Anda yang ingin mencari pintu dengan harga terjangkau dan tahan lama.

Bukan itu saja, bahannya pun juga ringan sehingga memang sangat cocok untuk pintu kamar mandi. Sementara itu, ukuran pintu kamar mandi berbahan galvalum cukup variatif. Lebar pintu ini antara 65 sampai 80 cm. Kemudian tinggi pintu tersebut adalah 180 cm sampai 190 cm.

Baca Juga:  8 Daftar Merk Karpet yang Bagus untuk Lantai Rumah

Tips dalam Memilih Pintu Kamar Mandi

Terkadang memilih pintu kamar mandi merupakan tugas yang cukup membingungkan. Namun, jangan khawatir karena berikut ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan. Dengan begitu, Anda tak salah memilih kamar mandi karena sesuai dengan yang Anda butuhkan.

  • Pertama, Anda perlu mempertimbangkan jenis kamar mandi. Jika Anda mempunyai kamar mandi berukuran kecil, sebaiknya Anda menggunakan pintu geser atau pintu lipat. Ini akan menjadi pilihan yang lebih cocok daripada memilih pintu putar.
  • Pilih bahan yang tepat. Anda harus memilih bahan yang tepat untuk pintu kamar mandi. Misalnya Anda memutuskan untuk memilih pintu dari kaca karena membersihkannya cukup mudah. Namun, pintu tersebut lebih mudah tergores dibandingkan pintu PVC maupun kayu.
  • Ketiga, pertimbangkan cahaya dan privasi. Sebaiknya Anda memilih pintu yang dapat menjaga privasi Anda. Meskipun begitu, pintu tersebut juga tak menghalangi cahaya masuk ke kamar mandi.
  • Lalu Anda juga harus menyesuaikan desain interior untuk kamar mandi Anda. Misalnya dengan memilih pintu kamar mandi yang mempunyai bingkai hitam. Pintu tersebut cocok untuk Anda yang mempunyai kamar mandi dengan gaya industrial
  • Selanjutnya, periksa ukuran pintu. Anda perlu memastikan bahwa ukurannya sesuai sehingga tak sampai mengambil terlalu banyak space.
belanja pintu kamar mandi
Belanja pintu kamar mandi terlengkap dengan cicilan 0% hanya di Ukur!

Sudah Paham tentang Ukuran Pintu Kamar Mandi?

Memilih pintu kamar mandi dan ukuran yang pas memang susah-susah gampang. Bagi yang membutuhkan bahan-bahan untuk pintu kamar mandi, Anda bisa mempercayakannya pada Ukur.com. Di Ukur.com, Anda bisa mendapatkan berbagai bahan sesuai kebutuhan.

Bukan hanya untuk kamar mandi, melainkan bahan untuk pembuatan pintu garasi besi hollow ataupun folding gate. Selain itu, Ukur.com menjual berbagai kebutuhan rumah, seperti jendela, kusen, hingga fasad & atap. Anda juga tak usah khawatir, sebab merchant Ukur.com telah terverifikasi, sehingga akan aman ketika bertransaksi.