7 Cara Pasang Plafon Gypsum dengan Mudah dan Praktis!

7 Cara Pasang Plafon Gypsum dengan Mudah dan Praktis!

Pada dasarnya, cara pasang plafon gypsum bisa dibilang tidak terlalu rumit. Namun, jika Anda salah merangkainya, alih-alih plafon terlihat ciamik malah justru bisa jadi mudah retak atau bahkan pecah.

Dalam artikel kali ini, Anda akan segera tahu gimana cara pasang plafon gypsum dengan mudah dan praktis. Bagi Anda yang kebetulan sedang ingin merenovasi atau mendesain bagian plafon rumah, silakan simak artikel ini secara detail!

7 Cara Pasang Plafon Gypsum di

Gypsum adalah pilihan tepat dalam desain interior yang memberikan tampilan atap modern dan elegan. Namun, pemasangannya memerlukan perencanaan dan keterampilan yang tepat. Berikut adalah cara untuk memasang rangka hingga lis plafon gypsum yang baik dan benar:

1. Evaluasi Garis Ketinggian Plafon

Evaluasi Garis Ketinggian Plafon
Source: arsitur.com

Evaluasi garis ketinggian plafon adalah langkah awal yang sangat penting dalam pemasangan gypsum. Pemilihan ketinggian plafon harus mempertimbangkan jenis ruangan, fungsi ruangan, dan desain interior yang diinginkan.

Misalnya, untuk ruangan dengan langit-langit rendah, meninggikan plafon bisa menciptakan kesan ruangan yang luas. Namun, untuk ruangan dengan langit-langit tinggi, menjaga plafon pada ketinggian yang lebih rendah mungkin lebih efektif untuk menciptakan suasana tenang.

Selain itu, pastikan juga garis ketinggian merata di seluruh area yang akan dipasangi plafon. Pengukuran akurat dan perencanaan matang dalam menentukan garis ketinggian plafon adalah langkah pertama menuju instalasi plafon gypsum yang sukses dan estetis.

2. Pasang Wall Angle

Pasang Wall Angle
Source: bajaringanvivo.co.id

Cara pasang plafon gypsum berikutnya masuk ke tahap pemasangan wall angle. Wall angle adalah elemen penting dalam mendukung rangka plafon gypsum. Proses pemasangan wall angle dimulai dengan pemotongan dan penyesuaian panjangnya dengan panjang dinding yang akan Anda aplikasikan.

Baca Juga:  Cara Mengetahui PK AC Sesuai Kebutuhan Ruangan Anda

Setelah itu, wall angle bisa Anda pasang dengan menggunakan sekrup atau paku khusus ke tiap dinding sepanjang tepi ruangan. Selain itu, penting untuk memastikan bahwa wall angle terpasang secara presisi dan sejajar dengan dinding untuk memastikan keseragaman tinggi dalam pemasangan plafon gypsum.

3. Tentukan Jarak Rangka Gypsum

Jarak Rangka Gypsum
Source: bangizaltoy.com

Setelah berhasil memasang wall angle, langkah selanjutnya adalah menentukan jarak antar rangka gypsum. Keputusan tentang jarak ini akan sangat mempengaruhi stabilitas dan tampilan plafon Anda.

Jadi, penting untuk mengikuti pedoman rekomendasi dari produsen atau perencana desain interior Anda. Biasanya, jarak antar rangka disesuaikan dengan lebar lembaran gypsum yang akan Anda gunakan. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa lembaran gypsum akan terpasang dengan kokoh dan rata.

Namun, dalam beberapa situasi, Anda mungkin perlu menyesuaikan jarak rangka untuk memenuhi kebutuhan desain atau konstruksi tertentu. Jadi, pastikan untuk merencanakan dan mempertimbangkan faktor seperti beban pada plafon, jenis rangka atau lis, dan jenis lembaran gypsum yang akan Anda pasang.

4. Pasang Bentangan Hollow Bawah

memasang rangka hollow
Source: Google.co.id

Setelah menentukan jarak rangka, cara pasang lis gypsum berikutnya adalah memasang bentangan hollow bawah. Bentangan ini akan menjadi penyangga utama dari lembaran gypsum yang akan Anda pasang.

Proses pemasangan dimulai dengan cara memotong hollow bawah sesuai dengan panjang yang Anda butuhkan. Kemudian, pasang hollow bawah tersebut dengan cara seksama dan letakkan di bawah rangka gypsum.

Pemasangan hollow bawah ini harus Anda lakukan dengan akurat. Pastikan bahwa hollow bawah terpasang dengan rapi dan sejajar dengan rangka gypsum serta wall angle. Selain itu, jangan lupa memeriksa ketegakan dan level pada saat pemasangan untuk memastikan keseragaman dan kekuatan struktur.

Baca Juga:  5 Model Pintu Aluminium Mewah untuk Rumah Modern Minimalis

5. Pasang Bentangan Hollow Atas

Langkah berikutnya setelah sukses memasang bentangan hollow bawah adalah memasang bentangan hollow atas. Seperti halnya hollow bawah, bentangan ini juga memiliki peran penting dalam mendukung lembaran gypsum dan menjaga struktur plafon agar tetap stabil.

Proses pemasangan bentangan hollow atas dimulai dengan pemotongan bentangan sesuai dengan panjang dinding yang akan Anda aplikasikan. Kemudian, bentangan ini akan terpasang di atas rangka gypsum dengan cara sejajar. Selain itu, pastikan juga untuk mengecek tingkat ketelitian dan ketegakan rangka saat memasangnya.

Pemasangan bentangan hollow atas yang tepat akan membantu menjaga stabilitas plafon. Ini akan memastikan lembaran gypsum terpasang dengan baik dan tidak mengalami pergerakan.

Kombinasi antara hollow bawah dan hollow atas yang kuat akan menciptakan dasar pondasi yang kokoh untuk plafon gypsum. Sehingga, hasil akhirnya akan terlihat jauh lebih indah, rapi, dan pastinya tahan lama.

6. Pasang Lis dan Rangka Plafon

Rangka Plafon
Source: pinhome.id

Setelah selesai bentangan hollow telah siap, cara pasang plafon gypsum akan masuk ke proses pemasangan lis dan rangka. Lis adalah elemen dekoratif yang biasanya terpasang di sekitar tepi plafon dan berfungsi untuk memberikan tampilan lebih estetis.

Sementara itu, rangka plafon pada saat yang sama adalah bagian yang nantinya akan mendukung daya tahan dari lembaran gypsum yang terpasang. Proses pemasangan lis dimulai dengan memotong lis sesuai panjang dinding.

Kemudian, lis perlu Anda pasang dengan hati-hati dan harus mengikuti garis tepi plafon. Selain itu. pastikan juga bahwa lis terpasang dengan presisi dan sesuai dengan desain yang Anda inginkan.

Selanjutnya, pasang rangka plafon menggunakan rangka metal yang kuat. Rangka ini harus terpasang dengan rapi dan kuat di bawah lembaran gypsum. Pastikan bahwa rangka plafon berada pada jarak yang sesuai sesuai dengan petunjuk desain dan pedoman penginstalan.

Baca Juga:  5 Langkah Cara Membersihkan Sofa dengan Baking Soda, Mudah!

Pemasangan lis dan rangka plafon adalah tahap akhir sebelum Anda memasang lembaran gypsum. Langkah ini akan memastikan bahwa plafon Anda memiliki tampilan estetis dan juga memiliki pondasi yang kuat untuk mendukung lembaran gypsum yang akan Anda pasang.

7. Pasang Plafon Gypsum dengan Baik dan Benar

memasang plafon gypsum
Source: bangizaltoy.com

Setelah semua persiapan sebelumnya telah selesai, saatnya untuk menempelkan gypsum ke rangka yang telah Anda persiapkan. Pemotongan lembaran gypsum sesuai dengan ukuran yang diperlukan adalah langkah pertama.

Kemudian, lembaran gypsum Anda pasang memakai sekrup dan paku khusus. Saat memasang lembaran, pastikan untuk menempelkannya dengan rapat dan tanpa celah. Ini bertujuan menciptakan tampilan halus dan rapi pada plafon.

Selain itu, pastikan bahwa pemasangan lembaran gypsum harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak struktur rangka di bawahnya. Pastikan juga bahwa lembaran gypsum terpasang rapi di seluruh area plafon.

hand tools

Lengkapi alat pertukangan Anda dengan produk berkualitas dari Ukur!

Sudah Paham Bagaimana Cara Pasang Plafon Gypsum?

Nah, itu dia 7 langkah penting dalam memasang plafon gypsum dengan baik dan benar. Dari evaluasi garis ketinggian sampai pemasangan lembaran gypsum, setiap tahap memerlukan detail dan keterampilan yang tepat.

Kalau Anda butuh alat dan bahan bangunan berkualitas untuk bangunan, Ukur menyediakannya. Ukur adalah marketplace terbaik penyedia produk bergaransi dengan kategori Dinding & Plafon, Material Konstruksi, Atap, serta beragam produk lainnya.

Lewat Ukur, Anda dengan mudah bisa memenuhi kebutuhan material konstruksi dan melengkapi bangunan impian. Jika merasa pemasangan plafon gypsum terlalu rumit, Anda juga bisa pakai jasa dari Ukur. Tinggal beli dan semuanya tersedia!