Epoxy: Pengertian, Fungsi, dan Kelebihan yang Harus Anda Ketahui

Epoxy: Pengertian, Fungsi, dan Kelebihan yang Harus Anda Ketahui

Pernahkah Anda mendengar istilah epoxy ketika sedang membangun bangunan komersial maupun rumah? Jika belum, singkatnya, epoxy adalah salah satu dari sistem lantai yang banyak digunakan untuk berbagai bangunan komersil, residensial, fasilitas industri, dan masih banyak lagi.

Namun, seperti kebanyakan sistem lantai yang ada, epoxy atau epoksi memiliki kelebihan serta kekurangan dalam pengaplikasiannya. Apa saja itu? Simak artikel ini untuk menemukan jawabannya.

Pengertian Epoxy

Secara garis besar, epoxy adalah sebuah bahan kimia dan merupakan salah satu jenis resin yang terbentuk lewat proses polimerisasi dari epoksida. Epoksi juga biasanya bereaksi terhadap beberapa bahan kimia seperti asam, amina polifungsi, dan alkohol. Hardener atau bahan pengeras adalah sebutan dari bahan kimia ini.

Selain itu, epoksi juga dikenal sebagai sebuah material yang berfungsi sebagai pelapis lantai. Umumnya, komposisi dari epoksi adalah cat epoxy atau resin dan pengeras atau harderer. Jika Anda mencampur kedua komponen ini, maka itu akan menjadi sebuah cat epoksi lantai dengan tampilan seperti plastik namun kaku.

epoksi lantai dengan tampilan seperti plastik
Source image: freepik.com

Bagaimanapun, dengan Anda mengaplikasikan epoksi lantai ke lantai bangunan Anda, itu dapat membuat lantai tampak berkilau sekaligus licin. Karena hal inilah mengapa epoksi lantai banyak diaplikasikan ke bangunan-bangunan komersil, seperti bandara, restoran, hingga pabrik.

Lebih baik dari itu, epoksi juga merupakan bahan material sempurna untuk melapisi bagian-bagian bangunan seperti dinding atau rangka bangunan. Kenapa begitu? Itu karena epoksi memiliki kemampuan yang sangati baik untuk melindungi logam, kayu, kaca, dan bahkan beton.

Perbedaan antara Pelapis Epoxy dengan Cat Epoxy

Meski terdengar sama, namun lapisan epoksi atau coating epoxy dan cat epoxy adalah dua hal yang berbeda. Perbedaan antara keduanya terletak pada tiga aspek, meliputi proses pemasangan, kemampuan daya tahan, dan harga. Sebelum membahas perbedaan keduanya, mari mengetauhi dahulu mengenai cat epoksi.

Baca Juga:  Apa Itu MDF Board: Pengertian, Kekurangan, dan Kelebihannya

Singkatnya, cat epoxy adalah sebuah produk cat yang terbuat dari bahan dasar akrilik yang kemudian dicampur dengan epoksi. Dari campuran inilah yang membuat cat epoksi memiliki sifat yang unik seperi tahan korosi, tahan bahan kimia, serta mudah untuk dibersihkan. Lalu, apa perbedaanya dengan pelapis epoksi?

epoksi memiliki sifat yang unik
Source image: freepik.com

Pertama, proses pemasangan atau pengaplikasian. Cat epoksi memiliki proses pengaplikasian yang sangat mudah karena Anda hanya memerlukan kuas cat ataupun roller.

Berbeda dengan pelapis epoksi, Anda membutuhkan seorang profesional untuk mengaplikasikannya ke bangunan Anda. Hal ini bertujuan untuk memastikan pelapis epoksi yang Anda gunakan memiliki kualitas yang sempurna dan tahan lama.

Perbedaan yang kedua adalah daya tahan. Pelapis epoksi memiliki kemampuan daya tahan yang lebih baik daripada cat epoksi. Meski cat epoxy dapat menghasilkan hasil cat yang berkilau dan mewah, namun ia tidak lebih baik untuk tahan terhadap noda maupun bahan kimia daripada pelapis epoksi.

Kemudian perbedaan yang ketiga adalah dari segi harga. Secara umum, cat epoksi memiliki harga yang jauh lebih murah daripada pelapis epoksi dimana Anda harus memanggil professional untuk memasangnya.

Namun, jika mempertimbangkan ketahanannya, membayar lebih untuk membeli pelapis epoksi bisa menjadi sebuah investai jangka panjang untuk Anda lakukan.

Fungsi Epoxy

Secara umum, epoksi memiliki beberapa fungsi yang sangat baik dan berguna untuk bagian-bagian dalam bangunan. Simak penjelasannya di poin-poin di bawah.

1. Meningkatkan Kecerahan Ruangan

Fungsi epoxy yang pertama adalah meningkatkan kecerahan ruangan. Bagaimana bisa? Itu karena lantai yang dilapisi epoksi dapat memantulkan cahaya yang membuatnya dapat menambah kecarahan serta keestetikan dari sebuah ruangan. Selebihnya, kilauan dari epoxy lantai juga dapat membuat lantai terlihat lebih bersih.

Baca Juga:  12 Kursi Ergonomis Terbaik Agar Kerja Anda Makin Nyaman
Meningkatkan Kecerahan Ruangan
Source image: freepik.com

2. Menambah Ketahanan Lantai

Di berbagai bangunan komersial, seperti hotel, mall, warehouse, dan semacamnya, ketahanan lantai adalah hal yang patut dipertimbangkan. Itu karena bangunan-bangunan ini selalu memuat barang-barang besar yang tentu dapat memberikan beban terhadap lantai.

Oleh sebab itu, penggunaan epoksi pada lantai dapat menjadi alternatif untuk menambah kekuatan lantai. Anda bisa menggunakan epoksi pada lantai bangunan sebagai tumpuan agar lantainya menjadi lebih kuat dan kokoh untuk menahan beban dari barang-barang yang ada.

3. Melindungi Lantai dari Bahan Kimia

Fungsi ketiga dari epoxy adalah kemampuannya untuk melindungi lantai dari bahan kimia. Tentu, kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan tidak terhindarkan. Misalkan saja ada bahan kimia yang jatuh ke lantai, itu umumnya dapat memengaruhi kekuatan lantai dan membuatnya rusak.

Dengan menggunakan epoksi pada lantai bangunan, sama saja dengan Anda sedang memberikan perlindungan maksimal terhadap lantai Anda dari bahan kimia. Dalam beberapa kasus, beberapa produk epoksi memiliki spesifikasi dan formula khusus untuk melindungi lantai bangunan Anda dari bahan kimia yang berbahaya.

4. Memiliki Sifat Anti Slip

Epoxy memiliki sifat anti slip atau anti terpeleset yang mana berarti penggunaan epoksi ke lantai bangunan dapat mengurangi resiko terjadinya kejadian terpeleset. Meski epoksi dapat memberikan tampilan yang cerah dan mengkilap namun hasil akhir dari penggunaan epoxy tidak membuat lantai bangunan lebih licin.

Lantai Mudah Dibersihkan
Source image: freepik.com

5. Mudah Dibersihkan

Fungsi terakhir dari epoxy adalah mudah dibersihkan. Selain membuat lantai bangunan Anda menjadi lebih bersih dan rapi, penggunaan epoksi ternyata membuat lantai Anda jauh lebih mudah untuk dibersihkan.

Entah Anda menggunakan steam cleaning, vacuum cleaning, ataupun pel, Anda dapat dengan mudah membersihkan lantai yang sudah terlapisi epoksi.

Kelebihan Epoxy

Berikut adalah kelebihan-kelebihan dari epoksi.

  • Penampilan Indah: Dibandingkan dengan lantai biasa, lantai yang terlapisi epoksi memiliki tampilan yang lebih terang dan lebih bersih.
  • Harga Terjangkau: Jika membandingkan dengan jenis lantai-lantai lain, harga dari lantai epoksi tergolong murah.
  • Daya Tahan Tinggi: Kelebihan epoksi adalah daya tahannya yang tinggi terhadap zat cair, minyak, cairan pembersih, zat kimia, bahkan panas.
  • Durabilitas yang Baik: Karena ketahanan yang epoksi miliki, itu membuatnya memiliki waktu pemakaian yang jauh lebiih lama dari lantai-lantai pada umumnya. Umumnya, waktu pemakaian lantai epoksi berkisar hingga puluhan tahun.
  • Proteksi terhadap Lantai: Epoxy memiliki kemampuan untuk memberikan perlindungan terhadap lantai.
Baca Juga:  14 Jenis Besi Baja yang Banyak Digunakan Industri dan Konstruksi
Lengkapi kebutuhan material bangunan Anda dengan produk Epoxy di UKUR!

Kekurangan Epoxy

Setelah Anda mengetahui kelebihan dari epoksi, ada baiknya Anda juga mengetahui kelemahan dari epoksi. Simak kelemahan dari epoksi di poin-poin berikut.

  • Persiapan Pengerjaan: Kelemaham pertama dari epoxy adalah proses pengerjaannya yang lama. Itu karena epoxy tidak dapat langsung diaplikasikan ke lantai, dimana lantai harus dibersihkan terlebih dahulu.
  • Aplikasi oleh Professional: Anda perlu menyewa seorang professional jika ingin memasang epoksi. Itu karena pemasangan epoksi yang sedikit rumit, detail, dan memakan banyak waktu.
  • Sulit Diganti: Kelemahan selanjutnya adalah epoksi sulit untuk diganti maupun dilepas setelah teraplikasikan ke lantai.

Sudah Paham Mengenai Apa Itu Epoxy?

Itulah sedikit penjelasan mengenai epoxy. Singkatnya, epoxy adalah sebuah bahan kimia yang sangat cocok untuk melapisi lantai bangunan agar lebih bersih, tahan lama, serta memberikan perlindungan. Nah, misalkan Anda sedang mencari cat lantai epoxy berkualitas namun terjangkau, maka UKUR.com adalah jawabannya.

Mereka adalah marketplace yang menyediakan berbagai macam produk bahan bangunan berkualitas dari toko-toko terpercaya dengan harga terbaik yang ada di pasar. Kategori produknya meliputi furniture, elektronik, AC, dan masih banyak lagi. Tunggu apalagi? Dapatkan bahan bangunan Anda di UKUR.com!