Berapa Lama Epoxy Kering dan Mengeras? Ini Jawabannya!

Berapa Lama Epoxy Kering dan Mengeras? Ini Jawabannya!

Mengaplikasikan epoxy menjadi salah satu cara untuk meningkatkan ketahan dinding dan lantai. Namun, pada dasarnya Anda membutuhkan waktu lebih karena epoxy ini tidak langsung kering. Lantas, berapa lama epoxy kering? Adakah cara mempercepat pengeringan epoxy yang bisa dilakukan?

Mungkin jawabannya tidak akan sesederhana yang Anda kira karena penyebab epoxy tidak kering dalam waktu singkat dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Artikel ini akan membahasnya dengan lengkap beserta hal-hal lain yang perlu Anda tahu dari epoxy.

Apa Itu Epoxy?

Secara ilmiah, epoxy merupakan jenis resin dari golongan polimer epoxide thermosetting yang memiliki kandungan gugus epoksida. Biasanya, epoxy diaplikasikan pada furniture, dinding, atau lantai sebagai bahan coating.

Pada furniture, epoxy biasanya dimanfaatkan sebagai bahan perekat. Pasalnya, bahan ini memiliki sifat adhesi untuk material seperti kayu, kaca, plastik, dan lain sebagainya.

Namun, kebanyakan orang menggunakan epoxy untuk coating atau lapisan lantai. Kelebihan lantai dengan coating epoxy yaitu durabilitas baik, daya tahan tinggi, proteksi lebih, dan terlihat indah. Ciri khas lantai yang menggunakan lapisan epoxy terlihat mengkilap dan terasa licin.

Berapa Lama Epoxy Kering
Source image: freepik.com

Berapa Lama Epoxy Kering?

Sama seperti cat biasa, lantai atau dinding yang baru selesai dilapisi oleh epoxy tidak boleh langsung dipakai. Anda harus menunggu epoxy kering, lalu baru bisa menggunakannya. Lantas, berapa lama epoxy kering sampai bisa digunakan?

Sebenarnya, jawaban berapa lama epoxy kering tergantung pada suhu temperatur ruangan dan jenis epoxy itu sendiri. Tapi biasanya lapisan epoxy akan mengering dalam waktu 6 sampai 24 jam. Setelah itu, lantai yang dilapisi epoxy bisa mulai digunakan.

Baca Juga:  Inilah Cara Membersihkan Jok Mobil yang Mudah dan Cepat!

Jika Anda ingin hasil rekat yang lebih sempurna, maka Anda bisa menunggu epoxy mengering selama 72 jam. Akan tetapi, dalam waktu 24 jam saja Anda sudah bisa memindahkan barang kembali ke tempat semula.

Penyebab Epoxy Tidak Kering

Mungkin Anda pernah menemukan epoxy tidak kunjung kering padahal sudah lebih dari 24 jam. Ada beberapa penyebab epoxy tidak kering, berikut ini diantaranya:

1. Jenis Epoxy

Ada dua jenis cat epoxy yang bisa Anda temukan di pasaran, yaitu tipe PU (Polyurethane) dan NC (Nitrocellulose). Ketimbang jenis NC, jenis PU dianggap lebih baik dan memiliki banyak keunggulan.

Adapun keunggulannya yaitu hasil lebih halus, cepat menutup, dan juga cepat kering. Lantas, berapa lama epoxy kering jika menggunakan jenis PU?

Pada umumnya, epoxy jenis PU bisa mengering dalam waktu 30 sampai 40 menit saja. Sehingga, proses coating akan lebih cepat dan bisa lanjut ke langkah selanjutnya.

2. Faktor Cuaca

Faktor Cuaca
Source image: freepik.com

Cuaca sangat berpengaruh pada proses atau cara mempercepat pengeringan epoxy. Apabila cuacanya sedang panas dan banyak sinar matahari, maka proses pengeringan akan lebih cepat.
Epoxy PU dapat mengering dalam waktu 30 menit ketika terpapar sinar matahari. Sama seperti jenis PU, jenis NC juga akan cepat keras apabila terkena sinar matahari.

Meskipun begitu, Anda tidak boleh menjemurnya langsung di bawah matahari. Pasalnya, sinar matahari berlebihan bisa membuat permukaannya pecah. Maka, Anda dapat membiarkan cat epoxy mengering secara alami di ruangan terbuka.

3. Tidak Menambahkan Hardener

Penyebab epoxy tidak kering berikutnya adalah tidak menambahkan hardener. Hardener sendiri merupakan obat pengering epoxy yang membuat epoxy menjadi lebih cepat kering.
Jangan sampai Anda lupa menambahkan hardener saat akan mengaplikasikan epoxy. Pasalnya, sudah dipastikan cat akan lama mengering meskipun sudah berhari-hari. Jadi, proses selanjutnya akan memakan waktu lebih lama lagi.

4. Penggunaan Thinner yang Salah

Penggunaan thinner yang tidak tepat juga menjadi salah satu penyebab epoxy tidak kering. Usahakan mencari thinner yang berkualitas seperti tipe thinner A, HG, atau jenis super lainnya. Hindari thinner eceran yang biasanya punya kualitas buruk.

Baca Juga:  10 Cara Membuat Rak dari Besi Hollow Sendiri untuk Rak Jualan

Selain itu, Anda perlu mengetahui perbandingan epoxy hardener dengan thinner. Jangan terlalu encer karena permukaan akan sulit menutup, tapi juga jangan terlalu kental karena tekstur permukaan yang diberi epoxy bisa terlihat seperti kulit jeruk.

Cara Mempercepat Pengeringan Epoxy

pengerjaan epoxy agar cepat kering
Source image: freepik.com

Sebelum mulai mengaplikasikan epoxy, Anda harus mengetahui cara mempercepat pengeringan epoxy. Berikut di antaranya:

1. Pilih Epoxy dengan Daya Atensi Tinggi

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, berapa lama epoxy kering juga dipengaruhi oleh jenis epoxynya. Jadi, Anda wajib memilih jenis epoxy yang tepat saat akan membeli.

Selain jenis PU, kriteria epoxy yang bagus yaitu memiliki daya atensi tinggi. Epoxy tersebut mampu merekat dengan baik dan juga mengering lebih cepat. Jadi proses pembangunan bisa lebih cepat.

2. Campurkan Hardener dan Thinner Sesuai Takaran

Sebelum mulai mengaplikasikan epoxy, Anda harus menambahkan hardener dan thinner. Jangan sembarangan, pastikan Anda mengetahui berapa takaran untuk masing-masing material.

Takaran antara hardener, thinner, dan epoxy yang tepat bisa membantu epoxy lebih cepat mengering. Jangan sampai cairan cat epoxy terlalu encer ataupun kental karena hasilnya tidak akan bagus.

Selain itu, pastikan bahan tercampur sempurna tanpa ada gumpalan. Pasalnya, gumpalan-gumpalan tersebut akan membuat epoxy sulit mengering dan Anda akan semakin bertanya-tanya berapa lama epoxy kering dengan sempurna.

membersihkan permukaan lantai
Source image: freepik.com

3. Bersihkan Permukaan Lantai

Cara mempercepat pengeringan epoxy selanjutnya yaitu membersihkan permukaan lantai sebelum mengaplikasikan epoxy. Biasanya, lantai akan penuh dengan debu atau serpihan bahan bangunan yang rusak.

Anda harus membersihkan semua kotoran yang ada sebelum mengaplikasikan epoxy. Hasilnya pasti akan jauh lebih maksimal ketimbang Anda tidak membersihkannya. Akan lebih bagus jika Anda juga mengepel lantai terlebih dahulu.

4. Atur Suhu Ruangan

Berapa lama epoxy kering juga dipengaruhi oleh suhu ruangan. Jika memang ingin proses pengeringan epoxy lebih cepat, maka Anda bisa mengatur suhu ruangannya. Suhu ruangan yang baik untuk mengeringkan epoxy yaitu antara 24 sampai 30 derajat Celcius.

Jika ruangan ternyata di atas angka tersebut, maka Anda bisa menggunakan kipas angin untuk mendinginkan ruangan. Namun jika di bawahnya, maka gunakan penghangat atau lampu untuk menaikkan suhu ruangan.

Baca Juga:  Tips Memilih Ukuran Sofa dan 5 Daftar Ukuran Standar Sofa

5. Gunakan Lapisan Dasar Epoxy yang Tipis

Menggunakan lapisan dasar yang tipis menjadi salah satu cara mempercepat pengeringan epoxy lainnya yang bisa Anda lakukan. Namun, usahakan untuk tidak terlalu banyak menggunakan bahan epoxy.

Jika terlalu banyak, maka epoxy akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengeras. Bahkan, lapisan epoxy bisa lebih mudah terkelupas atau retak.

Gunakan Lapisan Dasar Epoxy yang Tipis
Source image: freepik.com

6. Biarkan Mengering Sendiri di Tempat Terbuka

Membiarkan epoxy mengering secara alami memang menjadi hal yang penting untuk menjaga kualitasnya. Jika mengaplikasikan epoxy di lantai, maka Anda bisa membiarkan ruangan terbuka.

Namun, jika Anda mengaplikasikan epoxy di furniture, usahakan untuk tidak menjemurnya di bawah sinar matahari. Diamkan saja di ruangan terbuka. Pasalnya, menjemur di bawah matahari bisa membuat cat rusak atau retak.

7. Gunakan Jasa Epoxy Lantai atau Dinding

Jika Anda belum berpengalaman mengaplikasikan epoxy, maka Anda bisa menggunakan jasa pemasangan epoxy lantai atau dinding. Kompetensi dan pengalaman yang dimiliki membuat proses pengeringan lebih cepat.

Cari jasa pemasangan epoxy lantai secara online. Biasanya, jasa pemasangan menawarkan produknya juga. Jadi, Anda tidak perlu pusing-pusing mencari produk epoxy yang tepat.

Lengkapi kebutuhan material bangunan Anda dengan produk Epoxy di UKUR!

Sudah Tahu Berapa Lama Epoxy Kering?

Nah, itulah pembahasan mengenai berapa lama epoxy kering serta penyebab dan cara cepat mengeringkannya. Anda perlu mengetahui waktu pengeringan epoxy agar lantai tidak rusak karena terlalu cepat digunakan.

Jika mencari produk epoxy yang berkualitas, Anda bisa membelinya di marketplace terbaik seperti UKUR.com. Marketplace jual beli online ini menawarkan produk konstruksi dan interior.

Beberapa kategori yang bisa Anda pilih seperti Furniture, Lantai, Sanitary, Dinding & Plafon, Pintu & Jendela, Elektronik, dan masih banyak yang lainnya. Selain lengkap, UKUR.com juga menghadirkan merchant terpercaya, metode pembayaran beragam, pengiriman cepat dan amanah, serta garansi.

Anda juga bisa sekaligus memesan layanan pemasangan epoxy di UKUR.com. Sangat praktis, bukan? Satu marketplace bisa memenuhi semua kebutuhan Anda.