Mengenal Apa Itu Plafon Eternit, Kelebihan, dan Jenis Desainnya

Mengenal Apa Itu Plafon Eternit

Salah satu bagian renovasi yang paling penting adalah pemasangan plafon. Dari beragam material plafon yang ada di pasaran, plafon eternit adalah salah satu jenis yang paling banyak orang pilih karena memiliki berbagai kelebihan untuk kebutuhan hunian rumah.

Sebut saja ketahanannya terhadap kelembapan sehingga ruangan Anda bisa selalu nyaman dan tahan dari berbagai pengaruh alam. Artikel ini akan membahas jenis desain dan harga plafon eternit serta kelebihannya yang bisa Anda pertimbangkan untuk proyek desain interior Anda.

Apa Itu Plafon Eternit?

Dalam dunia kontraktor, plafon merupakan bagian permukaan atas yang langsung terhubung dengan atap ruangan. Fungsinya adalah sebagai pembatas ruang atap dengan ruangan utama yang Anda tempati. Selain itu, plafon juga memiliki fungsi untuk meredam panas sehingga bagian ruangan bawahnya akan lebih sejuk.

Dalam pembuatan struktur atap, Anda perlu mempertimbangkan ketinggian dari permukaan lantai. Pasalnya, pemasangan atap yang terlalu rendah menyebabkan sirkulasi udara dalam ruangan menjadi buruk. Begitu sebaliknya, jika atap terlalu tinggi maka nilai estetika ruangan akan berkurang.

Selain dari ketinggian, bahan dan material plafon juga mempengaruhi nilai estetika maupun sirkulasi udara. Pada dasarnya, ada beberapa macam plafon yang biasa digunakan dalam konstruksi bangunan rumah.

Mulai dari gypsum, triplek, eternit, metal, akustik, sandwich panel, dan GRC (Glass Reinforced Concrete). Umumnya, hunian Indonesia menggunakan plafon-plafon berbahan dasar gypsum, GRC, triplek, dan eternit.

Plafon eternit adalah struktur langit-langit rumah untuk menutup bagian atap yang terbuat dari semen dan serat alami atau buatan. Dengan material serat sebagai pendukungnya, jadilah suatu papan asbes yang dapat melindungi atap dan ruangan Anda.

Baca Juga:  Ragam Warna Marmer dan Nuansa yang Dihadirkan di Rumah

Material plafon ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan model plafon GRC, di mana keduanya sama-sama tahan terhadap api, panas, dan air. Namun, jika Anda lihat dari segi harga, plafon GRC memiliki harga yang relatif lebih mahal daripada harga plafon eternit.

Oleh sebab itu, material eternit memiliki beberapa keunggulan baik dari segi bahan, konstruksi, dan harga. Meskipun harga plafon eternit tergolong cukup murah, namun terdapat desas desus bahwa bahan dasar pembuatannya memberikan efek karsinogenik.

Akan tetapi, saat ini sudah banyak produsen yang mengembangkan eternit dengan bahan 100% non asbestos. Sampai di sini, apakah plafon eternit adalah material atap incaran Anda?

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Eternit

Dalam proses pemasangan langit-langit, Anda perlu menyesuaikannya dengan interior dasar. Supaya pemasangan plafon jadi mudah dan awet, Anda perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangannya
Salah satu kelebihan dari plafon eternit adalah sifat daya tahannya dalam air. Selain itu, beberapa kelebihan lain yang perlu Anda tahu adalah sebagai berikut:

  • Proses pengerjaannya lebih cepat.
  • Daya tahan dan keawetan yang tinggi.
  • Anti hama serta tidak mudah berjamur.
  • Harga plafon eternit relatif terjangkau.
  • Kemudahan untuk pembongkaran dan pemasangan.

Selain memberikan ketahanannya dalam air, kekurangan dari bahan plafon eternit adalah resiko gangguan pernafasan. Akan tetapi, beberapa produsen telah menyempurnakan dengan memberikan klaim free 100% asbestos testing. Selebihnya, simak poin-poin kekurangannya berikut ini:

  • Plafon harus terpasang pada rangka kayu.
  • Pemotongan pola instalasinya harus dipotong pendek.
  • Tidak tahan benturan dan goyangan.

Desain Plafon Eternit

Untuk melengkapi keindahan langit-langit rumah, Anda perlu mempertimbangkan beberapa desain yang telah ditawarkan oleh eternit. Berikut ini adalah berbagai desain eternit plafon yang dapat memberikan tampilan yang menawan dan kuat dalam ruangan Anda.

1. Hidden Lighting

plafon Hidden Lighting
Foto: OnList

Desain pertama dari plafon eternit adalah hidden lighting. Desain ini memamerkan gaya minimalis modern dengan paduan lampu yang lembut dan hangat. Sebab, keberadaan lampu tersembunyi di dalam plafon. Jika Anda memiliki konsep rumah yang warm dan minimalis modern, pilihan atap hidden lighting adalah solusinya.

Baca Juga:  5 Inspirasi Model Plafon Triplek Ruang Tamu Minimalis

Akan tetapi, kekurangan desain ini adalah jika lampunya mati, Anda akan susah untuk menggantinya, sebab lokasinya berada di celah plafon. Namun, desain ini sangat unggul dalam estetikanya. Dengan menambahkan pelapis dinding yang glossy dan matte akan menonjolkan citra modern dalam hunian Anda.

2. Plafon Gantung

plafon Plafon Gantung
Foto: homify.es

Selanjutnya adalah model desain plafon gantung. Konsep ini cocok untuk melengkapi atap koridor rumah dan ruangan lainnya karena ruangan akan terlihat lebih panjang. Dengan memadukan lampu LED bundar akan meningkatkan nilai kesenian dalam rumah Anda.

Meskipun begitu, Anda perlu memperhatikan sirkulasi ruangan, sebab plafon dengan gaya gantung ini akan memberikan ketinggian yang rendah. Itulah salah satu kekurangannya selain pemasangannya membutuhkan peralatan khusus.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena beberapa kelebihan juga ditonjolkan eternit plafon dengan desain ini. Adapun kelebihan plafon eternit adalah desain yang artistik, pemasangan mudah, dan tahan lama.

3. Plafon Polos

Plafon Polos
Foto: courtina.id

Desain plafon polos merupakan salah satu desain yang punya banyak peminat, terutama di kalangan masyarakat Indonesia. Meskipun sederhana, desain plafon polos ini mengusung konsep klasik dan simple serta harga plafon eternit yang relatif murah. Proses pemasangannya pun mudah dengan waktu yang singkat.

Hanya saja, dari segi keelokannya akan bernilai rendah, namun Anda bisa memadukannya dengan lampu hias. Dengan begitu, Anda dapat menambahkan penampilan yang apik untuk langit-langit rumah Anda.

4. Plafon Melengkung

Plafon Melengkung
Foto: Tokopedia

Selanjutnya adalah desain melengkung yang cocok untuk rumah dengan konsep unik. Desain dengan model plafon melengkung ini memiliki daya tarik luar biasa. Pasalnya, desain ini sangat jarang dipakai masyarakat, mungkin penyebabnya adalah tidak ada ruangan yang cocok dengan desain ini.

Baca Juga:  11 Desain Balkon Minimalis Modern yang Bikin Nyaman

Jika Anda ingin menggunakan eternit dengan desain melengkung, maka Anda bisa menerapkannya dengan membagi dua ruang yang terpisah. Akan tetapi, konsultasikan ulang dengan desainer interior Anda, sebab proses pemasangannya membutuhkan keahlian khusus dan ketelitian yang mendalam.

5. Plafon Multi-Level

Plafon Multi-Level
Foto: PT Impack Pratama

Desain terakhir untuk plafon eternit adalah multi-level. Desain tersebut mengusung konsep mewah sebab modelnya berlapis-lapis. Biasanya, para desainer interior menempatkan desain multi-level pada model plafon ruang tamu atau ruang keluarga.

Tentunya, kelebihan dari pemasangan eternit dengan model multi-level adalah memberikan kesan yang mewah dan megah. Namun, kekurangannya terletak pada proses pemasangannya membutuhkan waktu yang lama, sebab instalasi plafonnya rumit.

jual plafon GRC
Dapatkan plafon GRC berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Sudah Lebih Paham dengan Plafon Eternit?

Plafon eternit adalah salah satu material terbaik untuk atap rumah yang lebih estetik bermanfaat untuk rumah. Eternit adalah bahan dasar plafon yang tahan api, panas, dan air. Selain harga yang murah, pemasangan dan penggantian akibat kerusakan juga sangat mudah.

Plafon eternit juga memberikan berbagai desain yang menarik dan bisa Anda padukan dengan konsep rumah Anda. Biasanya, desain interior memadukan dengan berbagai koleksi cantik seperti lampu hias dan perabotan lainnya agar tampak selaras. Tentunya, Anda bisa mendapatkan koleksinya di marketplace UKUR.

UKUR selalu memberikan pelayanan yang tepat dengan produk yang lengkap, mulai dari dinding dan plafon, fasad dan atap, furniture, dan material konstruksi lainnya. Tak hanya sampai disitu, UKUR juga menyediakan metode pembayaran yang mudah dengan berbagai cashback serta diskon tiap harinya.