Begini Cara Menyambungkan CCTV ke HP: Android & iOS!

Begini Cara Menyambungkan CCTV ke HP: Android & iOS!

CCTV adalah kependekan untuk Closed Circuit Television. Alat ini membantu Anda mengawasi atau memantau situasi titik tertentu, baik di dalam maupun luar ruangan. Supaya Anda bisa memonitor keamanan dari mana saja, ikuti panduan dan cara menyambungkan CCTV ke HP Android dan iOS yang dibahas dalam artikel kali ini!

Cara Menyambungkan CCTV ke HP Android

Untuk menghubungkan CCTV ke smartphone Android, silakan ikuti panduan atau tutorial di bawah ini.

1. Mengatur CCTV Terlebih Dahulu

Mengatur CCTV Terlebih Dahulu
Foto: bobvila.com

Mengatur CCTV adalah langkah awal yang penting untuk memastikan sistem pengawasan keamanan ini berfungsi dengan baik. Pengaturan tersebut mencakup pemasangan kamera CCTV di lokasi strategis.

Pastikan juga koneksi stabil agar sistem pemantauan atau rekaman berjalan dengan optimal. Anda juga dapat mengatur parameter teknis seperti kecerahan, kontras, dan resolusi kamera.

Mengatur jaringan dan akses ke perangkat CCTV dengan memperhatikan aspek keamanan juga menjadi tindakan yang perlu Anda lakukan. Langkah-langkah pengaturan di atas memudahkan Anda memastikan CCTV dapat berfungsi dengan semestinya dan mengurangi risiko kendala teknis yang signifikan.

2. Posisikan CCTV dengan tepat

Anda dapat menempatkan kamera CCTV di lokasi yang dapat mencakup sebagian besar ruangan atau area yang memerlukan pengawasan. Pastikan juga bahwa penghubungan CCTV ke internet atau jaringan wifi dapat Anda lakukan dengan mudah karena konektivitas ini penting untuk pemantauan jarak jauh.

Saat melakukan pemasangan kamera, sebaiknya Anda memiliki seorang rekan yang dapat membantu Anda memantau layar monitor. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kamera telah berada di posisi yang benar dan fokus pada area yang diinginkan.

3. CCTV dan DVR menyala

Periksa terlebih dahulu apakah kamera CCTV sudah aktif atau belum. Kamera CCTV akan beroperasi jika terhubung dengan pasokan daya yang sesuai. Pastikan juga untuk memverifikasi status koneksi Internet Protocol atau IP pada kamera tersebut.

Baca Juga:  Cara Menghitung Kebutuhan Hebel saat Bangun Rumah

Langkah selanjutnya adalah mengecek apakah perangkat Digital Video Recorder atau DVR. Perangkat ini berfungsi untuk menyimpan semua rekaman dan data yang berasal dari kamera akan tersimpan di sini sehingga bisa Anda akses sesuai kebutuhan. Jadi, jangan lupa menyalakan DVR, ya!

4. Menghubungkan CCTV ke Internet

Menghubungkan CCTV ke Internet
Foto: familyhandyman.com

Ada beragam jenis CCTV yang bisa terhubung ke internet dengan sejumlah metode, salah satunya dengan fitur nirkabel. CCTV tanpa kabel ini tidak perlu menggunakan kabel Local Area Network (LAN) agar bisa terkoneksi ke jaringan internet.

Sementara, jenis CCTV lainnya memerlukan bantuan sambungan kabel LAN untuk bisa terhubung ke internet.

Pada perangkat CCTV berkabel, langkah pertama untuk menghubungkan CCTV dengan perangkat seluler adalah menghubungkan DVR ke modem router wifi menggunakan kabel LAN karena DVR belum mendukung koneksi hotspot.

5. Akses Cloud Peer to Peer (P2P)

Kalau Anda mengaktifkan DVR dan menghubungkannya ke internet, lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk mengakses cloud P2P.

a. Pastikan koneksi internet stabil.

b. Aktifkan Cloud Access P2P pada DVR setelah terhubung ke internet.

c. Login sebagai admin pada DVR, dan atur Cloud Access P2P di bagian ‘Network’.

d. Setelah DVR terkoneksi internet, verifikasi status ‘Register’ menjadi ‘Online’.

e. Instal perangkat lunak VMS/CMS dari vendor DVR.

f. Tambahkan tipe perangkat, masukkan nomor seri DVR, dan selesaikan proses.

g. Terakhir, unduh salah satu aplikasi berikut iniuntuk menghubungkan DVR dengan ponsel Android Anda:

  • EagleEYES,
  • VmeyeCloud,
  • InView,
  • ATV Cloud,
  • IvMS,
  • Meye, atau
  • Cloud See.

Cara Menyambungkan CCTV ke HP iPhone

Anda juga bisa memantau hasil tangkapan CCTV melalui iPhone, lo. Perhatikan enam langkah berikut ini untuk melakukannya.

1. Mulailah dengan mengunduh aplikasi yang digunakan untuk menghubungkan iPhone Anda dengan CCTV. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah IDMSS.

Baca Juga:  6 Cara Mengecat Tembok yang Lembab dan Berjamur, Mudah!

2. Setelah Anda berhasil mengunduh dan menginstal aplikasi, buka aplikasi tersebut. Ketika aplikasi terbuka, pilih opsi ‘Camera’ dari menu.

3. Di layar Anda akan muncul halaman baru yang perlu Anda isi dengan informasi tertentu. Bagian atas halaman harus diisi dengan ‘P2P’.

4. Pada bagian SN (Serial Number), Anda perlu memasukkan kode dari DVR. Gunakan ‘admin’ sebagai username dan password yang biasanya digunakan oleh admin.

5. Selanjutnya, tekan tombol ‘Start live preview’ untuk mulai melihat gambar langsung.

6. Terakhir, Anda dapat memilih channel atau kamera yang ingin Anda lihat.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengakses data dari CCTV menggunakan iPhone Anda.

Hal yang Harus Diperhatikan

Ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan dalam cara menyambungkan CCTV ke HP agar dapat berfungsi secara efektif. Simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

1. Internet Stabil

Koneksi internet Anda harus stabil untuk melihat isi CCTV dengan baik dan lancar. Pasalnya, ukuran data video lebih besar kalau membandingkannya dengan data suara atau gambar.

Anda memerlukan koneksi internet yang stabil jika ingin melihat dengan jelas apa yang terjadi di depan CCTV. Dengan demikian, Anda tidak akan mengalami masalah visual dan dapat melakukan pengamatan dengan lebih baik deh.

2. Setting Harus Tepat

Lakukan penyaringan dan pengaturan pada ponsel dengan benar! Jika Anda mengabaikan aspek tersebut, aplikasi yang sudah terpasang mungkin tidak akan terhubung secara efektif dengan DVR.

Jadi, Anda perlu memeriksa dengan teliti kode atau nomor seri DVR secara berkala. Pastikan Anda tidak melakukan kesalahan waktu memasukkan informasi ini agar dapat mengakses CCTV tanpa kendala.

3. Pakai Aplikasi yang Kompatibel

Salah satu cara melihat rekaman CCTV adalah mengunduh dan memasang aplikasi yang sesuai karena tidak semua aplikasi yang terinstal di ponsel, baik Android maupun iPhone, mendukung semua jenis perangkat DVR. Jadi, pastikan aplikasi terpasang dengan benar dan kompatibel dengan DVR Anda.

Anda hanya perlu memahami cara yang tepat untuk menghubungkan CCTV ke ponsel. Dengan mengikuti petunjuk di atas, Anda dapat dengan mudah menghubungkan CCTV di rumah dengan ponsel sehingga Anda dapat memantau secara langsung dari manapun tanpa harus menunggu hasil rekaman.

Baca Juga:  Cara Menghitung Kebutuhan Plafon Gypsum, Anti Over Budget!

Fitur CCTV di Smartphone

Sejumlah produsen kamera pengawas kini menghadirkan fitur luar biasa, seperti kemampuan mendeteksi dan menampilkan wajah orang-orang yang mencurigakan atau merekam plat nomor kendaraan. Ada juga CCTV yang memiliki kemampuan audio sehingga Anda dapat mendengarkan percakapan di sekitarnya.

Fitur tersebut memberikan manfaat yang begitu besar untuk Anda, sehingga Anda juga perlu memilih perangkat dan aplikasi yang sesuai saat menghubungkannya dengan smartphone. Coba cek empat fitur unggulan CCTV di bawah ini. Mungkin salah satunya Anda butuhkan untuk meningkatkan pengawasan dan sistem keamanan di rumah.

1. Resolusi gambar berkualitas tinggi, mulai dari 2MP (1080P) hingga 4MP (1440p) atau bahkan lebih tinggi, sehingga Anda mendapatkan gambar yang tajam dan jelas.

2. Perekam dengan teknologi kompresi video H.265, yang tidak cuma efisien dalam urusan penyimpanan, tetapi juga memungkinkan pengaturan ukuran file yang optimal.

3. Infrared Night Vision memungkinkan pengawasan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan bahkan dalam kondisi minim cahaya.

4. Navigasi aplikasi yang mudah digunakan, alias user-friendly, sehingga Anda dapat mengatur pengawasan dengan efisien langsung dari ponsel Anda.

CCTCV
Temukan Camera CCTV yang Dapat Merekam Suara di UKUR!

Sudah Berhasil Menyambungkan CCTV Ke HP?

Sekarang, Anda sudah bisa mempraktikkan cara menyambungkan CCTV ke HP. Dengan mengikuti tutorial tersebut, Anda bisa mengawasi keamanan rumah atau bisnis dari jarak jauh, kapanpun Anda mau. Pemantauan CCTV dari smartphone membantu Anda menjamin keamanan ekstra, sekaligus memberi akses instan ke gambar atau video secara real real time.

Ukur memudahkan Anda mencari dan membeli perangkat CCTV dan DVR sesuai kebutuhan, lewat smartphone Anda! Tidak cuma itu, Anda juga bisa menemukan berbagai perangkat Safety, Elektronik hingga Furniture untuk rumah Anda!