7 Cara Pasang Plafon GRC Rangka Hollow Mudah untuk Pemula

cara pasang plafon grc rangka hollow

Plafon GRC (Glassfiber Reinforced Cement) dengan rangka hollow adalah pilihan populer untuk mempercantik interior rumah. Mempelajari cara pasang plafon GRC rangka hollow pastinya akan membantu Anda menghemat budget dan memahami apakah pengerjaan sudah sesuai standar keamanan yang berlaku atau belum.

Pasalnya, walaupun cukup kuat, pemasangan plafon pada rangka yang salah bisa jadi masalah. Apalagi secara kekuatan dan ketahanan, rangka hollow masih belum bisa bersaing dengan rangka plafon metal. Mau tahu bagaimana cara pasang holo plafon? Yuk, pelajari tahapan-tahapannya di artikel ini!

Panduan Praktis Cara Pasang Plafon GRC Rangka Hollow

Memilih model plafon ruang tamu kekinian atau ruangan lainnya memang paling cocok menggunakan jenis terbaik seperti GRC rangka hollow. Selain harganya lebih bersahabat, kualitasnya tak kalah dengan jenis lainnya. Lalu, seperti apa tahapannya? Mari simak langkah-langkah di bawah ini:

1. Hitung Tinggi Plafon

Tahapan pertama dalam cara pasang holo plafon adalah menghitung seberapa tinggi plafon yang akan Anda pasang pada ruangan. Langkah ini sangat berhubungan dengan tingkat elevasi (ketinggian ideal) plafon.

Penghitungan tinggi plafon ini akan melibatkan beberapa alat bantu, utamanya adalah meteran dan juga waterpass. Adapun Anda juga butuh alat bantu tambahan seperti alat tulis sebagai penanda, tali kenur, maupun alat bantu pemandu lainnya.

Buat titik pada empat sudut ruangan, kemudian tarik garis lurus dari satu titik rangka plafon ke titik lain (disebut garis elevasi) supaya proses pemasangan rangka plafon GRC bisa lurus dan seimbang. Pasalnya, Anda harus mempertimbangkan intensitas, sirkulasi udara, dan kenyamanan penggunaan ruang dari penghuni.

Sebenarnya ada banyak metode yang bisa Anda gunakan, di mana Anda mungkin bisa mengikuti standar tinggi plafon di daerah atau konsep rumah yang Anda gunakan. Umumnya, Indonesia menggunakan standar ketinggian 2,8-3,5 meter. Namun, jika konsep rumah Anda bergaya Eropa, maka standar ketinggiannya 2,4-2,5 meter.

Baca Juga:  Cara Memutar Ulang CCTV di TV, HP, dan Komputer Paling Praktis

Selain itu, dalam cara pasang plafon GRC rangka hollow, Anda juga bisa menentukan elevasi plafon berdasarkan penggunaan ruang atau preferensi pribadi. Beda lagi jika Anda menggunakan jasa arsitek, karena terdapat rumus tertentu untuk mencari ketinggian ideal, yakni ½ x (panjang ruang + lebar ruangan) yang Anda buat.

Jadi, secara teori tinggi plafon masih dapat Anda sesuaikan dengan keinginan atau penggunaan ruangan, sehingga tidak ada standar pasti untuk menentukan tinggi plafon ideal. Oleh karena itu, perhatikan saja faktor lingkungan, iklim daerah, penggunaan ruangan, dan juga preferensi dari pemilik bangunan.

2. Aplikasikan Wall Angle

Sebelum Anda memasang rangka plafon GRC, ada baiknya untuk memasang wall angle terlebih dahulu. Sebab, fungsi dari rangka ini adalah untuk menopang plafon GRC pada saat proses pemasangan. Umumnya, pemasangannya tepat berada di atas garis ukur yang Anda buat.

Jadi, proses ini bisa Anda lakukan setelah menentukan garis lurus pemasangan plafon, lalu pasang wall angle tepat di atas garis tersebut. Jangan lupa memanfaatkan meteran atau waterpass saat pemasangannya, agar terhindar dari pemasangan plafon yang miring.

Manfaatkan paku beton untuk memperkuat daya topang, pastikan jarak antar paku tak kurang dari 30 cm sehingga gigitan paku akan lebih kuat. Ukuran paku sendiri bisa Anda sesuaikan dengan ukuran hollow yang Anda gunakan, mulai dari ukuran 2 cm hingga 7 cm.

3. Ukur Jarak Setiap Hollow

Ukur Jarak Setiap Hollow
Foto: Tokopedia

Langkah berikutnya dalam cara pasang plafon GRC rangka hollow adalah mengukur jarak pada setiap bentangan hollow yang ingin Anda pasang. Setelah Anda memasang wall angle, Anda bisa langsung mengukur jarak ideal pada pemasangan hollow. Hollow inilah yang nantinya akan jadi dudukan dari plafon GRC.

Untuk tiap jenis rangka hollow, Anda bisa sesuaikan dengan jenis plafon, namun untuk jarak terbaik biasanya ada pada 61 cm pada tiap rangkanya. Penempatan yang presisi akan membantu cara pasang holo plafon yang lebih efisien, serta memudahkan pemasangan plafon GRC. Sesuaikan juga panjang dan lebar dari tembok ruangan.

Baca Juga:  10 Jenis Lantai Ruang Tamu dan Tips Memilih yang Tepat

4. Sesuaikan Rangka Hollow Bagian Tengah

Sebelum Anda melanjutkan proses cara pasang plafon GRC rangka hollow bagian atas, pastikan untuk menyesuaikan dan memasang sekrup pada bentangan hollow bagian tengah terlebih dahulu. Pastikan juga Anda mengukur dan menandai bagian tengah sebelum pemasangan sekrup, sehingga rangka akan terlihat lebih presisi.

Sesuaikan juga panjang dan lebar dari tembok, serta potong dan posisikan rangka sesuai tanda pengukuran yang sudah Anda pasang. Sebelum Anda memasang plafon, pastikan dudukan rangka sudah terpasang dengan baik pada angle wall. Serta gunakan waterpass untuk memastikan pemasangannya sudah benar-benar lurus.

5. Pasang Bentangan Rangka Hollow Bagian Atas

Pasang Bentangan Rangka Hollow Bagian Atas
Foto: RWHome.web.id

Setelah rangka plafon GRC bagian tengah sudah terpasang dengan baik, pasang juga bentangan hollow atas sesuai ukuran dan penanda yang sudah Anda buat. Misalnya, jika Anda menggunakan jarak 61 cm, maka ukur dari titik tengah dan ukur jarak dari kiri dan kanan bagian tersebut.

Pastikan penyekrupan hollow sudah sesuai dengan jarak dan terpasang dengan rapat. Sebab, pemasangan bentangan atas ini berguna untuk memastikan fungsi rangka berjalan dengan sempurna, serta memberi kekuatan lebih baik pada pemasangan plafon dan hollow bagian bawah agar tidak mudah goyang.

Dalam cara pasang plafon GRC rangka hollow, semakin baik pengukuran dan presisi akan semakin baik pula ketahanan dari plafon yang Anda pasang. Bahkan, Anda juga bisa menggantung plafon dengan lebih mudah.

6. Simulasikan Gantungan Rangka Plafon GRC

Simulasikan Gantungan Rangka Plafon GRC
Foto: Berita 99.co

Setelah cara pasang holo plafon berjalan dengan baik, Anda tak bisa langsung memasang plafon. Simulasikan terlebih dahulu gantungan rangka plafon, mulai dari bentangan atas hingga ke rangka atas. Pemasangan gantungan ini bertujuan untuk memperkuat rangka, serta menjaga rangka dari kerusakan jangka panjang.

Anda bisa menggunakan berbagai material untuk membuat gantungan, mulai dari kawat gantungan khusus, hanger, atau tali baja. Untuk jarak gantungannya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, di mana semakin dekat jaraknya, semakin kuat dan tahan lama plafon yang Anda pasang.

Umumnya, Anda bisa memasang gantungan ini dengan jarak 80 hingga 120 cm untuk setiap gantungannya. Namun, Anda juga bisa sesuaikan lagi cara pasang plafon GRC rangka hollow dengan budget dan kualitas dari material gantungan yang Anda gunakan.

Baca Juga:  15 Merk Kursi Plastik yang Bagus dan Cara Memilihnya

Setelah itu, pasangkan gantungan ke rangka atap, lalu pasang sekrup pada rangka bagian atas dan tengah. Pastikan bahwa rangka hollow dan sistem gantungannya memiliki kekuatan yang memadai.

7. Pasang Plafon Utama pada Rangka

Pasang Plafon Utama pada Rangka
Foto: Rumah.com

Cara pasang plafon GRC rangka hollow yang terakhir adalah memasang plafon GRC yang sudah Anda siapkan, lalu sekrup tiap bagian dengan sempurna. Langkah penyekrupan ini tak sama dengan ketika menyekrup rangka hollow, pastikan Anda memasang sekrup dengan jarak ideal selebar 10 cm pada setiap sekrupnya.

Pastikan Anda memasang plafon pada bagian hollow, lalu Anda juga bisa menambahkan pengunci sekrup untuk memastikan pemasangan plafon yang lebih rapat dan baik. Tutup bagian sekrup dengan larutan khusus atau dengan lem rajawali, sehingga plafon akan terlihat lebih rapi.

Anda juga bisa menambahkan warna cat plafon gypsum yang bagus untuk memperindah ruangan. Selain itu, Anda bisa menyelesaikannya dengan konsep rumah agar lebih cocok dan lebih terlihat mewah.

jual plafon GRC
Dapatkan plafon GRC berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Sudah Paham Cara Pasang Plafon GRC Rangka Hollow?

Jadi kira-kira seperti itu cara pasang plafon GRC rangka hollow yang mudah untuk pemula. Dalam pemasangan ini, presisi dari pengukuran dan presisi pemasangan adalah kunci. Selain itu, penggunaan meteran atau waterpass dan penyekrupan yang rapat juga akan membantu proses pemasangan lebih kuat.

Tentu saja pemilihan produk rangka plafon GRC, gantungan rangka, hingga jenis plafon berkualitas juga akan mempengaruhi efisiensi cara pasang holo plafon. Oleh karena itu, pastikan untuk membeli produk berkualitas dari supplier atau platform terbaik. Misalnya membeli dari website UKUR yang hanya menyediakan material konstruksi berkualitas.

Selain material dasar pemasangan plafon dan atap, UKUR juga menyediakan berbagai kebutuhan pembangunan, barang elektronik, dan furniture terbaik untuk memperindah hunian Anda. Proses transaksi juga cukup mudah, hanya dari smartphone saja barang bisa sampai ke tempat Anda!