CCTV Tanpa Internet: Solusi Tidak Bergantung ke Sinyal

CCTV Tanpa Internet: Solusi Tidak Bergantung ke Sinyal

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda mungkin familiar menemukan alat CCTV (closed circuit television) yang terpasang di tempat publik seperti stasiun, sekolah, rumah sakit, dan lain sebagainya. Pemasangan alat ini berfungsi sebagai pengawas atau pemantau. Nah, pernahkah terpikirkan oleh Anda adanya CCTV tanpa internet?

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang semakin maju membuat segala hal yang tadinya mustahil menjadi mungkin. Begitu pula dengan CCTV yang bisa beroperasi tanpa koneksi wifi. Saat ini sebagian perusahaan sudah banyak yang memakai alat ini. Sebenarnya seperti apa CCTV tanpa wifi?

Apa Itu CCTV Tanpa Internet?

CCTV adalah kamera kecil yang biasa menempel di sudut-sudut atas dinding atau tiang. Alat ini memiliki fungsi keamanan untuk melakukan pengawasan dengan merekam video aktivitas di area lokasi tertentu. Segala aktivitas bisa tersimpan karena CCTV terhubung dengan kamera dan media penyimpanan data.

Telah banyak perusahaan yang menggunakan CCTV dengan tujuan keamanan. Terutama bagi kompleks pertokoan yang ingin mengantisipasi risiko kehilangan barang. Bukan hanya itu, rekaman kamera CCTV bisa Anda pakai sebagai barang bukti nantinya. Misal saat terjadi peristiwa yang harus membuktikan alibi Anda.

Apa Itu CCTV Tanpa Internet?
Foto : Pinterest

Nah, perlu Anda ketahui, meski perkembangan IPTEK sudah sangat maju, tidak menutup kemungkinan Anda bisa mengakses CCTV tanpa internet. Jenis kamera ini sesuai dengan namanya tidak perlu menggunakan koneksi internet agar bisa beroperasi. Melainkan, Anda bisa menggantinya dengan memakai kabel.

Baca Juga:  Cara Menghitung Borongan Cat Tembok Lengkap

Kabel itu nantinya berfungsi sebagai media transmisi data untuk menghubungkan video dari CCTV menuju Digital Video Recorder (DVR) agar tersimpan. Kehadiran alat ini cukup solutif untuk menangani masalah pemasangan kamera keamanan untuk daerah-daerah terpencil yang sulit mendapatkan sinyal bagus.

Pilih CCTV Tanpa Internet atau Dengan Internet?

Ada dua jenis CCTV yang bisa Anda pilih sebagai kamera pengaman di rumah maupun sekitar bangunan tertentu. Pilihan pertama adalah CCTV jarak jauh tanpa internet dan yang kedua CCTV dengan menggunakan internet. Perbedaan mendasar dari keduanya adalah perlu atau tidaknya koneksi untuk beroperasi.

Masing-masing pilihan jenis kamera pengaman tersebut pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Namun, bagi Anda yang ingin terhindar dari koneksi jaringan tidak stabil, sebaiknya menggunakan kamera pengaman yang memakai kabel.

Sebab, provider wifi di Indonesia tidak sekali dua kali mengalami gangguan. Oleh sebab itu, ada risiko menggunakan kamera pengaman yang terkoneksi dengan internet seperti gagalnya melakukan perekaman lantaran terputusnya jaringan wifi.

Terlebih, untuk kawasan area sulit sinyal, memasang kamera pengawas tanpa harus terhubung koneksi wifi akan sangat membantu menjaga keamanan lingkungan sekitar. Sudah banyak perusahaan skala kecil hingga besar yang memakai tipe CCTV ini untuk alasan keamanan.

Perbedaan CCTV Internet vs Tidak Ada Internet

Nah, sebelum memutuskan untuk membeli CCTV internet atau tidak memakai internet, Anda perlu mengetahui beberapa perbedaannya terlebih dahulu. Baru Anda menilai mana kamera pengaman yang sekiranya cocok dengan kondisi dan kebutuhan Anda saat ini. Berikut adalah paparan penjelasannya.

1. CCTV Menggunakan Internet

Jika Anda membeli kamera pengaman yang terhubung dengan koneksi wifi, maka memungkinkan mengakses jarak jauh, lokal, dan langsung.

Karena terhubung jaringan wifi, notifikasi bisa muncul sehingga Anda dapat mengeceknya sewaktu-waktu. Kemudian, yang terakhir jenis kamera pengawas ini bisa mencadangkan video rekaman.

Baca Juga:  5 Cara Menghitung Kebutuhan Plafon PVC yang Mudah dan Tepat

2. CCTV Tidak Menggunakan Internet

Berbeda dari jenis sebelumnya, CCTV tanpa internet bisa melakukan live streaming lokal menggunakan monitor yang terhubung. Karena tidak terhubung ke koneksi internet, maka Anda tidak bisa mendapatkan notifikasi masuk untuk melihat CCTV hp tanpa internet.

Selain itu, jenis kamera pengawas ini merekam seminggu penuh selama 24 jam ke kartu memori.

Kelebihan dan Kekurangan CCTV

Setelah menyimak perbedaan kedua tipe kamera pengawas di atas, selanjutnya Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing CCTV. Ini akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat untuk membeli produk kamera pengaman sesuai kebutuhan.

1. Plus Minus Memakai CCTV Tanpa Internet

Sama seperti barang elektronik lainnya yang memiliki sisi kelebihan dan kekurangan, CCTV ini juga dapat dibedah dari kedua sisi tersebut. Dari sisi kelebihan, berikut adalah sejumlah keuntungan yang akan Anda peroleh:

Pemasangan mudah

Pemasangan mudah
Foto: cronica.com.py

Umumnya, pemasangan CCTV jenis ini cukup mudah karena tidak perlu terhubung ke koneksi internet. Jadi, Anda tinggal memasang komponen yang perlu terhubung ke perangkat CCTV seperti tablet atau smartphone.

Tidak membutuhkan jaringan internet

Ternyata, tidak terhubung ke jaringan internet bisa menjadi nilai plus bagi kamera pengawas. Mengapa demikian? Karena Anda bisa memantau kapan saja area yang diinginkan meskipun sedang tidak ada sinyal.

Keamanan lebih terjamin

Kelebihan CCTV tanpa internet berikutnya adalah keamanan yang terjamin. Tidak adanya akses internet ke kamera pengawas dapat meminimalisir risiko hacker untuk mengotak-atik rekaman video.

Sementara itu, untuk kekurangan dari jenis kamera pengawas ini adalah sebagai berikut:

Kapasitas penyimpanan terbatas

Umumnya, kapasitas penyimpanan pada kamera pengawas yang tidak terhubung wifi cenderung terbatas tergantung perangkat yang digunakan.

Fitur kurang lengkap

Bagi Anda yang sedang mencari CCTV dengan tingkat kecanggihan tinggi, maka kurang cocok memakai jenis ini. Sebab, fitur-fitur di dalamnya masih belum terlalu lengkap.

Baca Juga:  Mengenal Lantai SPC, Cocok untuk Rumah Nyaman dan Idaman!

Misalnya, kamera pengawas tidak mendapatkan fitur untuk mendeteksi gerakan atau notifikasi masuk ke perangkat yang terhubung.

Tidak Dapat Diakses Jarak Jauh

Sayangnya, tipe kamera pengawas satu ini tidak bisa Anda akses dari jarak jauh. Jadi, Anda hanya bisa mengawasi area-area tertentu pada saat berada dalam jangkauan.

2. Plus Minus Memakai CCTV Internet

Kamera pengawas yang terhubung ke koneksi internet memiliki sejumlah keuntungan. Keuntungan itu antara lain dapat melakukan pemantauan dari jarak jauh, mendapatkan notifikasi yang masuk ke perangkat, fiturnya lebih lengkap, dan lain sebagainya.

Lalu, untuk kekurangannya sendiri adalah risiko kamera pengawas yang tidak berfungsi optimal ketika terdapat gangguan sinyal. Apalagi, biaya kamera jenis ini umumnya lebih mahal daripada versi kabel. Selain itu, daerah-daerah terpencil yang sulit sinyal akan sulit menggunakan tipe kamera ini untuk memantau keamanan.

Sudah Lebih Tau Apa itu CCTV Tanpa Internet?

Jadi, CCTV tanpa internet adalah jenis kamera pengawas yang memakai kabel sebagai media transmisi dan tidak perlu terhubung ke koneksi wifi agar bisa beroperasi. Fungsi kamera pengawas ini tidak hanya untuk alasan keamanan tetapi juga barang bukti.

Misalnya, polisi menggunakan alat ini sebagai cara cek kendaraan kena tilang CCTV. Jika tertarik membeli kamera pengawas, Anda bisa menemukannya di Ukur.com yang menyediakan berbagai merk CCTV terpercaya dengan merchant yang telah terverifikasi.

Selain itu, marketplace Ukur.com menyediakan berbagai kategori produk seperti peralatan safety, elektronik, furniture, perkakas, dan masih banyak lainnya. Jadi, jika Anda sedang mencari alat yang berhubungan dengan CCTV, bisa mengunjungi website Ukur.com agar mendapatkan informasi lebih lengkap.