Panduan Cara Hapus Rekaman CCTV Secara Manual & Otomatis

Panduan Cara Hapus Rekaman CCTV Secara Manual & Otomatis

Sebagai salah satu sistem keamanan, CCTV memiliki fungsi penting dalam merekam suatu peristiwa. Meskipun begitu, rekaman CCTV juga perlu penghapusan berkala demi menjaga performanya. Berikut adalah panduan cara hapus rekaman CCTV yang bisa Anda lakukan, baik manual maupun otomatis.

Mengenal Lebih Dekat Tentang CCTV

mengenal dekat cctv
Foto: freepik

Mungkin Anda masih awam tentang apa sebenarnya CCTV itu? Secara sederhana, closed circuit television atau CCTV adalah kamera keamanan yang berfungsi untuk menyiarkan peristiwa di suatu tempat. Umumnya, Anda dapat menemui CCTV pada lokasi lalu lintas atau area perumahan.

Sebagai alat keamanan, CCTV sekarang telah dilengkapi banyak fitur. Mungkin Anda juga penasaran apakah CCTV bisa merekam suara? Bisa, ada jenis-jenis CCTV yang bisa merekam suara dan video dengan kualitas tinggi, atau bahkan ada juga yang dilengkapi fitur sirine peringatan.

Semua fitur tersebut berguna untuk meningkatkan keamanan agar menjaga area atau barang-barang pribadi Anda. Selain itu, jika Anda tertarik memasang CCTV, pastikan Anda sudah melakukan riset tentang biaya pasang CCTV supaya bisa melakukan estimasi pengeluaran.

Apa itu DVR pada CCTV?

dvr-cctv
Foto: berita.99.co

Sebelum kita membahas tentang cara hapus rekaman CCTV, ada baiknya Anda memahami komponen CCTV yang satu ini. Digital video recorder atau DVR adalah salah satu komponen CCTV yang fungsinya untuk mengolah rekaman CCTV dan menyimpannya pada perangkat penyimpanan seperti microSD dan hard drive.

Dalam melakukan fungsinya, DVR memerlukan perangkat penyimpanan agar bisa menyimpan hasil rekaman. Jadi, berapa lama DVR dapat terus merekam tergantung pada ukuran harddisk yang Anda gunakan. Selain itu, kapasitas memori pada DVR juga bervariasi, mulai dari 2GB, 8GB, hingga 32GB.

Baca Juga:  8 Cara Menghilangkan Karat pada Besi yang Ampuh dan Efektif

Di samping itu, DVR juga menyediakan fitur-fitur lain, antara lain:

  • Pencarian rekaman berdasarkan tanggal, waktu, dan letak kamera
  • Akses dari jarak jauh
  • Menggabungkan layar atau split screen
  • Menghemat penyimpanan dengan memampatkan atau compress video tapi tetap mempertahankan kualitasnya.

Ada beberapa jenis DVR, misalnya Analog DVR 4 channel, Analog DVR 8 channel, dan Digital DVR 16 channel.

Mengenal Komponen-Komponen Lain pada CCTV

Selain DVR, ada pula komponen-komponen CCTV lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah ulasannya.

1. Kamera CCTV

kmra cctv
Foto: freepik

Sesuai namanya, perangkat ini berguna untuk menangkap atau merekam gambar pada lokasi yang sudah Anda tentukan. Berdasarkan letaknya, ada dua jenis kamera, yaitu indoor dan outdoor. Selain itu, ada beberapa jenis kamera yang menyediakan fitur lain, seperti kualitas kejernihan 24 jam dan night vision.

2. Storage

Storage merupakan perangkat penyimpanan yang berguna untuk menyimpan semua hasil rekaman dari DVR. Dengan begitu, Anda bisa memutar ulang rekaman CCTV yang sudah lampau. DVR memiliki beberapa jenis penyimpanan, contohnya hard disk, NAS, cloud, dan SSD.

Perangkat penyimpanan bisa saja terbatas sehingga Anda perlu mengetahui cara hapus rekaman CCTV.

3. Kabel CCTV

Kabel CCTV
Foto: amazon

Kabel memiliki fungsi menghubungkan perangkat-perangkat CCTV yang lain agar dapat menyala. Jenis kabel yang diperlukan antara lain kabel coaxial untuk menyambungkan kamera dengan DVR, kabel power supply untuk mengaktifkan kamera, serta kabel VGA yang menyambungkan DVR dengan monitor.

4. Power Supply

Jenis perangkat yang mengalirkan daya ke seluruh perangkat CCTV. Jenis dan tipe CCTV bisa saja memerlukan jenis power supply yang berbeda pula.

5. Konektor RF

CCTV-Konektor-RF
Foto : ae01.alicdn

Konektor RF biasanya terpasang pada ujung kabel coaxial. Fungsinya adalah untuk menghubungkan kamera CCTV dengan perangkat DVR.

6. Monitor CCTV

monitor cctv
Foto: elmsanat.ir

Monitor adalah perangkat yang Anda gunakan bila ingin menonton hasil rekaman kamera CCTV secara langsung. Anda bisa memakai jenis monitor apa saja, mulai dari monitor tabung atau cathode-ray tube (CRT), maupun LED.

Mengapa Cara Menghapus Rekaman CCTV Penting?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, DVR memerlukan perangkat penyimpanan supaya bisa menyimpan hasil rekaman CCTV. Perangkat penyimpanan, baik itu MicroSD, HDD, maupun SSD memiliki kapasitas yang terbatas dan bisa saja penuh dalam kurun waktu beberapa hari hingga bulan.

Baca Juga:  Pahami 8 Penyebab AC Bocor yang Ganggu Kenyamanan!

Jika memori ini penuh, tentu akan mengganggu performa kerja CCTV. Akibatnya, CCTV tidak bisa menyimpan hasil rekaman yang terjadi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tahu cara hapus rekaman CCTV.

Bagaimana Cara Hapus Rekaman CCTV Secara Manual?

Supaya anda bisa menjaga performa CCTV, Anda perlu memperhatikan kapasitas memori dari perangkat Anda. Lakukan pembersihan memori bila rekaman telah memenuhi tempat penyimpanan Anda.

Di samping itu, Anda jadi bisa memilah rekaman yang ingin Anda hapus dengan rekaman yang ingin disimpan. Berikut ini adalah langkah-langkah rekaman CCTV:

1. Menghapus Melalui Sistem DVR

Cara menghapus rekaman CCTV per tanggal atau secara manual yang bisa Anda lakukan bisa melalui sistem DVR. Berikut adalah caranya:

  1. Pertama, pastikan jika DVR CCTV sudah terhubung dengan monitor.
  2. Kemudian, masuk ke halaman utama DVR bagian menu.
  3. Pilih “Setting Device”, lalu cari menu “Systems” dan pilih opsi “HDD management”. Beberapa sistem DVR mungkin memiliki menu yang berbeda, misalnya “Recordings” atau “Playback” jadi perhatikan baik-baik setiap menunya.
  4. Layar monitor akan menampilkan hasil rekaman-rekaman terdahulu. Anda dapat mencari file berdasarkan urutan tanggal dan waktu. Lalu, Anda bisa memilih sebagian atau seluruh rekaman untuk dihapus.
  5. Jika ingin menghapus sebagian, tandai beberapa rekaman lalu pilih opsi “remove” atau “delete”. Bila ingin menghapus semua file, pilih opsi “Delete All Items”.
  6. Terakhir, bila sudah selesai, Anda perlu memuat ulang perangkat DVR. Setelah Anda muat ulang, DVR bisa Anda gunakan kembali.

2. Cara Hapus Rekaman CCTV Melalui SD Card

Selain melalui sistem DVR, jika perangkat penyimpanan CCTV Anda menggunakan kartu SD, Anda bisa lakukan cara berikut:

  1. Lepaskan kartu SD pada perangkat CCTV.
  2. Kemudian, kartu SD pada desktop atau gawai Anda dengan menggunakan card reader.
  3. Layar gawai Anda akan menampilkan isi dari kartu SD. Lalu, pilih rekaman mana yang ingin Anda hapus.
  4. Setelah Anda tandai, Anda bisa menghapusnya dengan memilih opsi “hapus”.
  5. Jika sudah selesai, lepaskan kartu SD dari card reader.
  6. Kemudian, pasangkan kembali kartu SD pada perangkat CCTV.
Baca Juga:  Cara Menghitung Kebutuhan Semen yang Benar untuk Bangun Rumah

Kenali Juga Cara Hapus Rekaman CCTV Secara Otomatis

Setelah Anda mengetahui cara menghapus rekaman CCTV secara manual, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menghapus rekaman CCTV secara otomatis.

Sebenarnya, CCTV juga memiliki fitur otomatis yang mana akan menghapus rekaman CCTV paling lama untuk rekaman yang paling baru. Berapa lama video akan tersimpan tergantung pada kapasitas memori, bisa mulai dari tiga bulan hingga satu tahun.

Ada 7 faktor yang mempengaruhi berapa lama rekaman CCTV akan tersimpan. Faktor tersebut antara lain:

  • Metode penyimpanan untuk kamera CCTV
  • Jumlah kamera CCTV yang terinstal
  • Kapasitas bawaan pada sistem CCTV
  • Aplikasi yang digunakan untuk penyimpanan rekaman CCTV
  • Aplikasi tambahan yang terinstal
  • Jadwal perekaman CCTV
  • Regulasi pemerintahan perihal CCTV

Akan tetapi, jika sistem CCTV Anda masih belum memilih fitur hapus otomatis, maka pilihannya hanyalah menghapus secara manual. Oleh karena itu, selalu lakukan pemantauan kapasitas penyimpanan CCTV Anda.

Tahu Cara Hapus Rekaman CCTV Secara Manual & Otomatis?

Nah, itu dia informasi mengenai cara hapus rekaman CCTV, baik secara manual dan juga otomatis. CCTV adalah perangkat keamanan yang dapat membantu Anda untuk memantau dan mengawasi keamanan di area sekitar. Oleh karena itu, mari tingkatkan keamanan di lingkungan Anda dengan memasang CCTV.

Kini, mencari CCTV berkualitas tidaklah susah, cukup kunjungi UKUR.com dan Anda bisa menemukan barang yang Anda cari-cari. Tidak hanya CCTV dan perangkat elektronik lain, Anda juga dapat mencari AC, mechanical, electrical, and plumbing (MEP), dan juga material konstruksi dengan mudah dan cepat.

Hanya dengan UKUR.com, Anda akan mendapatkan layanan pemasangan dan juga garansi untuk pembelian produk bangunan. Kapan lagi ada marketplace yang menawarkan produk bermutu dengan harga terjangkau? Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda dapat mengunjungi website UKUR.com.