4 Cara Memperbaiki TV yang Tidak Tampilkan Gambar dan Suara

4 Cara Memperbaiki TV yang Tidak Tampilkan Gambar dan Suara

Seperti semua perangkat elektronik lainnya, televisi juga bisa mengalami masalah teknis dari waktu ke waktu yang memerlukan perbaikan. Sebelum Anda memanggil jasa teknisi, ada beberapa cara memperbaiki TV yang bisa jadi pertolongan pertama.

Seperti masalah umum TV ada suara tapi tidak ada gambar, layar berwarna merah, hingga TV LED mati total. Tapi, Anda harus tahu penyebab kerusakannya terlebih dahulu, baru Anda bisa menebak apakah bisa Anda perbaiki sendiri tanpa teknisi atau tidak.

Penyebab TV Hidup Tapi Tidak Ada Gambar dan Suara

Tidak ada Gambar dan Suara
Foto : berita.99.co

Masalah gambar dan suara yang tidak muncul adalah salah satu masalah pada TV yang umum terjadi kapan saja dan pada siapa saja. Tapi, perlu Anda tahu bahwa masalah ini tak selamanya mengacu pada kerusakan pada komponen mesin, terkadang masalah sepele juga bisa jadi penyebabnya, seperti:

1. Terjadi Masalah pada Koneksi Kabel

Masalah yang mungkin terjadi adalah masalah koneksi, atau secara awam ada kabel yang tidak terhubung dengan benar atau malah putus. Masalah koneksi yang menyebabkan TV ada suara tapi tidak ada gambar sudah pasti pada kabel konektor, pada power supply, IC power, kabel LVDS, atau koneksi dengan panel.

Apalagi TV sekarang harus tersambung dengan STB, sedikit saja kabel tidak terpasang pada output atau input yang tepat atau ada masalah pada koneksi STB akan membuat gambar tidak muncul. Begitu pula pada masalah suara, pastinya koneksi audio ada yang terganggu.

2. Kerusakan pada T-Con

Sebagai komponen penyalur tegangan listrik ke panel komponen TV, T-Con adalah satu komponen yang cukup vital pada fungsi TV. Sehingga, banyak teknisi harus tahu cara memperbaiki TV hidup tapi tidak menampilkan gambar dan suara dengan melakukan pengecekan kondisi T-Con.

Baca Juga:  9 Cara Menghilangkan Lem di Lantai Bekas Karpet

Masalah yang sering terjadi pada komponen ini utamanya adalah koneksi yang terputus, penurunan daya atau gangunan ada tegangan supply, serta terjadi overheating karena perangkat TV terlalu sering menyala.

3. Kerusakan pada Komponen Terkait

Kerusakan pada Komponen Terkait
Foto : Youtube

Masalah lain yang dapat menjadi penyebab TV ada suara tapi tidak ada gambar, ada gambar tapi tak ada suara, atau malah keduanya adalah karena komponen terkait rusak. Cara mengatasi TV LED tidak ada gambar yaitu mengecek komponen output gambar, input panel, hingga jack video yang bermasalah.

Sedangkan pada suara yang tidak muncul, komponen utama yang harus Anda periksa adalah kondisi speaker, IC audio, IC gamma, dan komponen terkait suara lainnya. Dengan mengetahui penyebab sebenarnya akan membuat cara memperbaiki TV yang Anda coba tepat sasaran.

4. Backlight TV Bermasalah

Selain membuat TV tak bisa menampilkan gambar, masalah pada backlight juga dapat menimbulkan TV LED mati total. Bahkan, beberapa masalah terkait komponen ini juga dapat memicu masalah pada suara yang kurang maksimal.

Kerusakannya juga bervariasi, seperti halnya TV tak menyala, TV ada suara tapi tidak ada gambar, suara tidak jernih atau kurang power, muncul warna, hingga berbagai kendala lainnya. Masalah pada komponen ini juga sering jadi penyebab layar TV LED berwarna merah atau bahkan muncul flek hitam.

5. Kesalahan Pengaturan atau Jaringan yang buruk

Jaringan yang buruk
Foto : suara.com

Terkadang masalah pemrograman pada TV juga bisa menjadi kendala, pasalnya pengaturan yang salah juga bisa menyebabkan suara atau gambar tidak muncul. Seperti halnya tombol mute yang aktif, timer sleep pada TV aktif, salah pemasangan jack, atau terjadi kerusakan terhadap software.

Pengaturan yang tidak sesuai juga jadi penyebab utama terjadinya kerusakan gambar dan suara yang menghilang. Kasus sepele juga terjadi karena dalam program channel, jadi cek dulu apakah channel lain juga mengalami hal yang salah atau tidak.

Cara Memperbaiki TV Hidup tapi Tidak Tidak Menampilkan Gambar dan Suara

Jika TV Anda mengalami masalah, jangan khawatir karena dalam artikel ini kami akan memberikan panduan praktis tentang cara memperbaiki TV hidup tapi tidak menampilkan gambar dan suara. Sebelum memanggil jasa teknisi, ada baiknya Anda mencoba beberapa pertolongan pertama berikut ini:

Baca Juga:  Ketentuan Jarak Sumur dan Septic Tank, Mengapa Penting?

1. Cek Koneksi Kabel Luar

Koneksi
Foto : muria.suaramerdeka.com

Hal pertama yang bisa Anda lakukan dalam cara mengatasi TV LED tidak ada gambar adalah mengecek kabel-kabel yang terhubung dengan TV. Berhubung sekarang TV sudah pakai STB, maka periksa sambungan pada STB. Periksa apakah kabel jack sudah terpasang pada jalur yang tepat.

Periksa juga kabel HDMI, jika Anda menggunakan jenis TV canggih zaman sekarang. Jika peralatan Anda lengkap, maka Anda juga bisa memeriksa kabel-kabel koneksi untuk memastikan tidak terjadi kerusakan koneksi.

2. Periksa Pengaturan TV

Setelah memastikan kabel aman, coba perhatikan pengaturan pada TV Anda apakah ada yang salah. Terutama Anda harus memeriksa pengaturan siaran, siapa tahu TV Anda mengalami reset siaran. Pelajari juga cara mencari siaran TV yang hilang agar siaran kembali seperti sedia kala.

3. Periksa Koneksi

Produk canggih seperti Google TV adalah salah satu perangkat elektronik yang sangat bergantung pada koneksi internet. Sehingga, gambar dan suara yang hilang bisa jadi karena koneksi bermasalah.

Cara memperbaiki TV yang koneksinya terganggu adalah melakukan restart perangkat router, STB, maupun memeriksa konfigurasi jaringan. Apabila koneksi internet di rumah Anda tidak mengalami masalah, itu artinya masalah utamanya ada di dalam perangkat keras TV.

4. Periksa Komponen Terkait

Komponen
Foto : panduanteknisi.com

Jika Anda sedikit memahami elektronika, maka periksa setiap komonen yang ada. Tentunya Anda perlu membongkar TV dan memeriksa setiap komponen menggunakan avometer.

Periksa apakah komponen-komponen dasar TV dalam keadaan baik atau tidak. Terutama pada rangkaian backlight, T-Con, konektor, IC gamma, IC Power, IC Audio, dan lain lain.

Jika Anda memerlukan penggantian komponen, pastikan untuk menggantinya dengan produk orisinil dan terjamin. Namun, jika Anda tak memiliki keahlian, maka ada baiknya menyerahkannya pada teknisi handal.

Cara Memperbaiki TV Sesuai Penyebab Kerusakan

Selain masalah gambar dan audio, ada beberapa masalah umum yang mungkin TV Anda alami. Adapun beberapa masalah dan cara mengatasinya adalah sebagai berikut:

1. TV LED Mati Total

TV LED Mati Total
Foto : spesialistv.id

Kemungkinan pertama TV LED mati total adalah karena tidak ada daya listrik, jadi Anda perlu memeriksa kesehatan kabel power dan supply listrik. Jika tidak ada masalah, maka coba periksa komponen seperti backlight, T-Con, dan juga IC power.

Baca Juga:  2 Cara Merubah TV LED ke TV Digital, Mudah Dilakukan!

2. Layar TV LED Berwarna Merah

Penyebab layar TV LED berwarna merah biasanya adalah karena adanya kesalahan pengaturan warna, kerusakan pada tabung, transistor RGB yang bermasalah, atau masalah pada backlight. Anda harus menemukan sumber masalah terlebih dahulu untuk menemukan solusinya.

Misalnya, jika penyebab layar TV LED berwarna merah sebatas salah pengaturan, Anda bisa membuka pengaturan warna, lalu mengkonfigurasinya sesuai warna yang Anda inginkan. Namun, jika masalahnya pada komponen, sudah pasti Anda harus bongkar mesin dan lakukan perbaikan.

3. TV Ada Suara Tapi Tidak ada Gambar

TV Ada Suara Tapi Tidak ada Gambar
Foto : olx

Seperti yang Anda pelajari sebelumnya, masalah paling mungkin terjadi adalah pada koneksi, kerusakan backlight, masalah pada modul T-Con, panel atau layar yang rusak, dan masalah lainnya. Jadi, solusi terbaiknya adalah mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu, baru mengeksekusi solusi yang tepat.

Adapun untuk cara teraman yang bisa Anda coba adalah memeriksa kerusakan ringan atau luar, seperti kabel power, koneksi internet, atau koneksi dengan STB. Jika Anda harus bongkar mesin dan mengganti komponen-komponen tersebut, ada baiknya serahkan pada ahlinya.

tv terbaru
Dapatkan TV terbaru berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Sudah Tahu Cara Memperbaiki TV?

Dari beberapa cara memperbaiki TV di atas, kerusakan apa pun baik pada gambar maupun suara harus Anda identifikasikan terlebih dahulu, mulai dari bagian luar hingga komponen dalam. Terkadang masalah sepele seperti salah konfigurasi juga membuat TV terlihat bermasalah.

Jadi, lakukan pengamatan dan pertolongan pertama terlebih dahulu sebelum keluar modal besar untuk biaya service. Selain itu, jika kerusakan sudah parah dan perkiraan biaya service terlalu tinggi, ada baiknya Anda membeli perangkat smart TV 24 inch terbaik yang baru.

Tentunya Anda bisa beli di tempat yang tepat seperti UKUR. Di sana, Anda akan menemukan berbagai produk elektronik, perangkat AC, perkakas, dan lain sebagainya.

Selain produk elektronik yang terjamin kualitasnya, UKUR juga menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga, kebutuhan pembangunan maupun barang lainnya. Proses transaksi juga mudah karena bisa Anda akses dari mana saja dan kapan saja, dengan download aplikasi di Play Store atau App Store.