Jangan Keliru! Ini 9 Cara Ampuh Membersihkan Lantai Berminyak

Jangan Keliru! Ini 9 Cara Ampuh Membersihkan Lantai Berminyak

Lantai licin memang selalu membuat was-was. Selain mengganggu kenyamanan, lantai berminyak ini bisa membahayakan penghuni rumah, terlebih anak-anak dan lansia karena menyebabkan mudah terpeleset. Lalu, bagaimana cara membersihkan lantai berminyak yang ampuh?

Karena biasanya hanya dengan mengepel saja tidak cukup, sifat minyak yang berbeda dengan air atau kotoran lain membuatnya susah dihilangkan meski dipel berkali-kali. Tapi tenang saja, berikut cara ampuh membersihkannya!

Cara Membersihkan Lantai Marmer yang Berminyak

Lantai dapur biasanya rawan terkena minyak. Aktivitas memasaklah yang seringkali membuat lantai jadi kotor dan licin. Bisa juga karena minyak tidak sengaja tumpah ke lantai sehingga membuat lantai kotor, licin, dan terlihat kusam.

Kalau sudah begini, jangan bersihkan pakai tisu. Hasilnya tidak akan memuaskan, malah Anda yang membuang banyak tisu. Begitu juga dengan air biasa, tidak cukup Anda bersihkan dengan air biasa karena minyak masih tetap menempel dan lantai akan tetap licin. Lalu bagaimana caranya?

Anda tak perlu khawatir, karena ada cara membersihkan lantai marmer berminyak yang efektif dan ampuh, seperti:

1. Menaburkan Tepung pada Area Berminyak

Punya stok tepung terigu di rumah? Manfaatkan saja untuk mengatasi minyak membandel pada lantai. Tepung terigu memiliki kemampuan menyerap minyak dengan baik sehingga lantai, termasuk lantai marmer, tidak lagi licin seperti sebelumnya.

Cara pengaplikasiannya sangat mudah. Taburkan tepung terigu ke daerah yang licin karena minyak. Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai minyak terserap dengan baik, lalu Anda bisa menyapu lantai seperti biasa kemudian lap lantai menggunakan kain pel seperti biasanya.

Baca Juga:  Cara Menghitung Kebutuhan Hebel saat Bangun Rumah

Menaburkan tepung terigu ini sangat efektif daripada hanya mengepel lantai saja. Anda bisa coba praktikkan cara ini untuk membuktikannya.

Menggunakan Sabun Cuci Piring
Foto: Freepik

2. Menggunakan Sabun Cuci Piring

Kalau tidak punya tepung terigu, coba pakai sabun cuci piring. Menggunakan sabun cuci piring ini juga termasuk cara membersihkan lantai marmer yang berminyak dengan ampuh, karena sabun cuci piring memang dirancang untuk mengatasi noda membandel termasuk minyak.

Cara pengaplikasiannya pun mudah. Anda cukup larutkan beberapa tetes sabun cuci piring dengan air, lalu basahi spons dengan air, dan gosokkan pada lantai yang terkena minyak. Kalau sudah bersih, bilas seperti biasa dengan air supaya tidak licin karena ada sisa sabun.

Trik ini tidak hanya bisa Anda gunakan pada lantai dapur. Selain itu, lantai kamar mandi juga ampuh menggunakan cara ini. Langkahnya pun sama, campurkan beberapa tetes sabun dengan air, lalu gosokkan pada lantai yang terkena minyak, setelah itu bilas sampai bersih.

3. Bersihkan Lantai Berminyak dengan Koran

Koran bekas bisa jadi cara alternatif untuk membersihkan lantai berminyak. Ini karena kertas koran punya kemampuan untuk menyerap minyak dengan baik, sama seperti tepung terigu.

Jadi, kalau Anda punya koran bekas, jangan buru-buru dibuang. Coba saja cara ini supaya lantai Anda kembali bersih seperti semula. Caranya, tempelkan lembaran-lembaran koran pada lantai yang terkena minyak dan tunggu beberapa saat sampai minyak terserap sempurna.

Ulangi lagi apabila minyak masih menempel sampai minyak tersebut hilang. Setelah itu, bersihkan sisanya dengan kain lap atau kain pel supaya bersih dan tidak licin.

Membersihkan lantai berminyak dengan larutan baking soda
Foto: Freepik

4. Gunakan Baking Soda

Cara membersihkan lantai marmer dapur yang berminyak selanjutnya bisa dengan pakai baking soda. Baking soda sudah terkenal bisa membersihkan noda membandel di permukaan benda, baik itu kayu, kain, lantai keramik, hingga marmer thassos.

Baca Juga:  Panduan Cara Melihat Rekaman CCTV di HP dan Komputer

Kemampuannya membersihkan minyak pun tak kalah ampuh dengan bahan lainnya. Asalkan Anda mengerti cara meracik dan mengaplikasikannya pada lantai.

Caranya, siapkan air sekitar 125 ml terlebih dahulu. Campurkan air tersebut dengan 2-3 sendok makan baking soda, dua sendok makan cuka putih, dan satu sendok makan detergen. Masukkan larutan itu dalam botol kecil, lalu kocok hingga semua bahan tercampur.

Langkah selanjutnya, semprotkan pada lantai berminyak. Diamkan beberapa saat kemudian lap dengan kain bersih. Nah, agar cairan sisa baking soda tadi hilang, Anda bisa membersihkannya dengan air dan pembersih lantai, lalu pel seperti biasa. Langkah ini bisa membuat lantai Anda kembali bersih, keset, dan minyak hilang.

5. Pakai Campuran Garam dan Cuka Apel

Campuran garam dan cuka apel juga bisa jadi cara membersihkan lantai berminyak. Cara kali ini tidak usah menggunakan air. Anda hanya perlu mencampurkan kedua bahan tersebut lalu kocok sampai tercampur rata.

Agar lebih mudah, Anda bisa menuang larutan ini dalam botol kecil. Nanti Anda tinggal menyemprotkannya saja pada lantai berminyak tadi, setelah itu lap lantai sampai bersih.

Kalau noda minyaknya masih belum hilang sempurna, semprotkan lagi ke lantai. Kemudian lap sampai bersih sampai lantai mengkilap dan tidak lagi licin.

6. Menggunakan Cairan Pembersih Lantai

Cara simpel yang bisa Anda gunakan adalah pakai cairan pembersih lantai. Caranya sangat mudah dan umum digunakan, yakni campurkan cairan pembersih lantai ini dengan air lalu pel lantai seperti biasa.

Jangan gunakan cairan pembersih lantai terlalu berlebihan. Kalau berlebihan justru membuat lantai semakin licin. Jadi gunakan secukupnya dan pel sampai bersih dan lantai tidak lagi licin.

Membersihkan lantai berminyak dengan detergen
Foto: Freepik

7. Gunakan Deterjen

Cara membersihkan lantai berminyak bisa juga dengan deterjen. Deterjen juga memiliki kemampuan yang sama dengan sabun pencuci piring, yakni mengangkat minyak secara efektif.

Baca Juga:  Ketentuan Jarak Sumur dan Septic Tank, Mengapa Penting?

Karena sama, cara penggunaannya tidak jauh berbeda. Campurkan saja deterjen dengan air (lebih baik gunakan air panas) lalu bersihkan lantai dengan cara mengepelnya menggunakan kain pel bersih seperti biasa.

Kalau sudah selesai, pastikan lantai benar-benar bersih dan tidak ada sisa deterjen menempel karena sisa deterjen bisa membuat lantai licin dan membahayakan.

8. Manfaatkan Pasir Kucing

Selanjutnya, ada pasir kucing yang bisa Anda manfaatkan. Pasir kucing ini biasanya digunakan untuk tempat menampung kotoran kucing karena memiliki daya serap yang baik. Oleh karenanya, pasir kucing ini bisa Anda gunakan sebagai pembersih lantai berminyak.

Caranya, taburkan pasir di atas lantai berminyak tersebut. Tunggu sekitar 10-30 menit sampai minyaknya terserap sempurna. Setelah terserap, Anda tinggal sapu saja pasir kucing tadi, lalu pel lantai menggunakan cairan pembersih lantai dan air.

9. Gunakan Garam

Ada juga cara yang anti ribet, yaitu memakai garam. Kali ini Anda tidak perlu bahan tambahan lain, seperti cuka apel, tapi cukup garam saja sebagai bahannya.

Caranya, taburkan garam pada permukaan yang terkena minyak. Diamkan beberapa saat sampai garam menyerap minyak dengan sempurna. Setelah itu, sapu taburan garam tersebut lalu pel supaya lantai semakin bersih.

Sudah Tahu Cara Membersihkan Lantai Berminyak?

Minyak termasuk noda membandel yang tidak cukup hanya dibersihkan dengan air. Oleh karenanya, Anda perlu mengikuti cara membersihkan lantai berminyak tersebut supaya lantai kembali bersih, kesat, dan tidak membahayakan orang lain.

Bagi Anda yang ingin berbelanja kebutuhan bangunan berkualitas, coba beli di Ukur.com. Ukur.com menyediakan kebutuhan bahan bangunan lengkap, mulai dari lantai, furniture, sanitary, hingga perkakas dengan kualitas terjamin dan harga terjangkau.