5 Langkah Cara Membersihkan Sofa dengan Baking Soda, Mudah!

5 Langkah Cara Membersihkan Sofa dengan Baking Soda, Mudah!

Sofa adalah salah satu perabotan yang sering digunakan dalam rumah, terlebih jika Anda memiliki anak-anak atau hewan pemeliharaan. Sehingga, sofa akan berisiko mudah kotor karena debu atau noda dan berbau tak sedap. Oleh karena itu, penting untuk Anda mengetahui trik cepat cara membersihkan sofa dengan baking soda.

Bukan hanya mengganggu estetika rumah, sofa yang Anda biarkan kotor dan bau bisa berdampak buruk untuk kesehatan penghuni rumah. Jadi, yuk ikuti langkah-langkah cara membersihkan sofa dengan baking soda, khususnya sofa kain, agar kesehatan orang-orang tersayang bisa selalu terlindungi.

Apakah Campuran Baking Soda Bisa untuk Membersihkan Sofa?

Baking Soda
Foto : foodnetwork.com

Baking soda yang juga terkenal dengan nama soda kue ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai bahan masakan. Tetapi juga banyak berguna sebagai opsi pilihan bahan rumah tangga yang bisa membersihkan dan menghilangkan bau pada suatu benda. Kira-kira mengapa demikian?

Jadi, baking soda bisa menghilangkan noda karena di dalamnya mengandung bikarbonat. Tidak hanya itu, efek dari campuran baking soda untuk membersihkan sofa kain ini dapat bekerja secara jangka panjang.

Baking soda punya kemampuan untuk menyerap semua bau sehingga relatif lebih ampuh daripada penyegar udara jenis lainnya. Selain itu, baking soda bersifat abrasif ringan sehingga dapat merontokkan kotoran yang menempel pada sofa dengan cepat namun tidak merusak permukaan sofa.

Bentuknya yang berupa butiran lembut dan sedikit berpasir mampu mengangkat noda, sehingga sofa dapat terlihat tetap bersih dan segar. Sebab itulah, soda kue banyak menjadi andalan untuk terwujudnya sofa yang bersih dan tak berbau.

Baca Juga:  Ketentuan Jarak Sumur dan Septic Tank, Mengapa Penting?

Anda bisa menghilangkan noda, bekas minyak, ataupun kerak membandel dari permukaan sofa kain Anda apabila mengikuti semua langkah di ulasan kali ini.

Cara Membersihkan Sofa dengan Baking Soda

Setelah mendapat gambaran mengapa bahan dapur satu ini bisa bermanfaat sebagai pembersih sofa, tentu Anda mulai memiliki pertanyaan terkait bagaimana cara mengolah campuran baking soda untuk membersihkan sofa. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Persiapan Alat dan Bahan

Persiapan Alat dan Bahan
Foto : viverepiusani.it

Sebelum memulai kegiatan pembersihan sofa, tentu hal utama yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan. Pertama, pastinya siapkan baking soda atau soda kue yang ingin Anda gunakan sebagai bahan utama pembersih.

Baking soda banyak tersedia di warung-warung kelontong atau supermarket sekitar rumah. Adapun harga di pasaran juga terhitung cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp5.000,00.

Selain bahan utama pembersih, Anda perlu melakukan persiapan terkait wadah pembersih, lap, kemoceng ataupun vaccum cleaner. Adapun langkah-langkah untuk membuat campuran baking soda untuk membersihkan sofa adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan soda kue, air, dan wadah.
  2. Kemudian, ambil soda kue dan air, lalu masukkan ke dalam wadah dengan takaran 3:1.
  3. Setelah itu, aduk hingga tercampur rata dan teksturnya seperti pasta.
  4. Bahan penggosok soda kue siap digunakan untuk membersihkan sofa.

2. Bersihkan Debu

Setelah semua alat dan bahan sudah siap, langkah berikutnya dalam cara membersihkan sofa kain abu-abu dengan baking soda adalah bersihkan permukaan sofa dari debu atau kotoran yang menempel. Langkah ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan kemoceng atau dengan vaccum cleaner.

Pembersihan debu tersebut bertujuan agar Anda bisa lebih mudah melihat noda yang menempel dan membandel di permukaan sofa. Dengan begitu, Anda bisa tahu bagian mana saja yang perlu Anda bersihkan dengan campuran bahan penggosok baking soda.

3. Mulai Bersihkan Sofa dengan Campuran Baking Soda

Setelah Anda sudah memastikan bahwa sofa sudah bersih dari debu-debu, barulah Anda bisa mulai pembersihan sofa dengan pasta baking soda yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Cara membersihkan sofa dengan baking soda yang benar adalah dengan mengoleskan campuran baking soda secukupnya di atas noda sofa.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Plafon Bocor dengan Baik dan Benar

Usahakan tangan Anda tidak memegang langsung bahan campuran tersebut, tipsnya Anda bisa menggunakan sarung tangan. Setelah itu, gosok bagian sofa yang sudah Anda beri baking soda secara berulang hingga noda tersamarkan.

Untuk proses menggosok, Anda bisa menggunakan alat dengan menyesuaikan ukuran noda yang akan Anda bersihkan. Jika noda berukuran relatif kecil, maka Anda bisa gunakan sikat gigi bekas yang tidak terpakai sebagai alat pembersih yang efektif.

Dalam hal ini, perlu Anda ingat bahwa cara membersihkan sofa abu-abu dengan baking soda maupun cara membersihkan sofa kain dengan baking soda memerlukan perhatian khusus. Begitu pula terkait cara membersihkan sofa beludru.

Sofa berbahan kain, terlebih dengan warna terang seperti abu-abu, akan mudah terlihat kusam. Untuk itu, saat Anda menggosokkan baking soda pada sofa, gunakan tekanan yang ringan agar tidak merusak permukaan sofa yang bisa mengganggu keindahan sofa.

Apalagi pada bahan sofa yang bagus seperti beludru, sebaiknya Anda tidak membersihkannya dengan bantuan alat sikat. Sebaiknya gosoklan permukaan sofa dengan lap berbahan halus karena bahan beludru sangatlah lembut dan mudah rusak.

4. Bersihkan Bekas Pasta Baking Soda

Bersihkan Bekas Pasta Baking Soda
Foto : orami.co.id

Langkah berikutnya yaitu bersihkan bekas pasta campuran baking soda yang masih menempel pada sofa. Langkah ini bisa Anda lakukan setelah memberikan jeda waktu kurang lebih 20 menit setelah proses penggosokan.

Tujuannya adalah agar baking soda bekerja dengan maksimal terlebih dahulu. Jika sudah 20 menit, maka bersihkan bekas baking soda menggunakan lap kering. Selain itu, Anda juga bisa langsung gunakan vaccum cleaner kembali agar prosesnya lebih singkat.

5. Keringkan Permukaan Sofa

Langkah terakhir dari proses cara membersihkan sofa kain dengan baking soda adalah segera mengeringkan sofa yang sudah Anda bersihkan. Anda bisa mengeringkannya dengan cara menjemur di bawah sinar matahari langsung maupun memanfaatkan barang elektronik yang ada seperti kipas maupun hairdryer.

Baca Juga:  10 Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Karpet yang Mengganggu

Tujuan proses pengeringan ini adalah untuk menghilangkan sisa bau dari baking soda. Selain itu, pengeringan di bawah sinar matahari juga sekaligus bermanfaat untuk menghilangkan kuman dan bakteri dari sofa.

Jadi, selain bersih, terjaga pula sterilitas sofa sehingga tidak khawatir akan mengganggu kesehatan Anda dan orang-orang tersayang. Jika sudah kering, maka sofa sudah bisa Anda gunakan lagi!

jual sofa minimalis
Dapatkan sofa minimalis berkualitas dengan harga diskon di UKUR!

Sudah Tahu Cara Membersihkan Sofa dengan Baking Soda?

Bagaimana, cara membersihkan sofa dengan baking soda itu mudah, bukan? Pada intinya, membersihkan sofa dengan baking soda adalah cara yang efektif dan hemat biaya untuk menjaga furniture Anda selalu aman untuk keluarga.

Cukup dengan beberapa bungkus baking soda, air, dan sikat bekas gosok gigi yang sudah tidak terpakai, Anda bisa selalu menjaga sofa dengan merk terbaik yang Anda miliki di rumah. Sebaiknya, lakukan cara-cara di atas secara berkala untuk memastikan sofa Anda tetap tampak bersih sepanjang waktu.

Tapi, jika Anda berencana mengganti sofa lama Anda, maka pertimbangkan untuk membelinya secara online di UKUR. Selain menjual material konstruksi, UKUR juga menjadi situs jual beli merk sofa terbaik dan terlengkap di Indonesia.

Anda bisa menemukan beragam jenis furniture seperti kasur, lemari, meja, kursi, hingga bahkan kitchen set. Tentunya semua barang tersebut dibanderol dengan harga terjangkau, sehingga Anda tidak harus khawatir akan menguras kantong Anda. Jangan sampai ketinggalan promonya!