Ingin Membuat Plafon Tripleks Tampil Rapi? Begini Cara Jitunya!

plafon triplek tampil rapi

Pemasangan plafon tripleks bukanlah hal yang sederhana. Untuk membuat plafon tripleks tampil rapi dalam interior ruangan, memahami sejumlah dasar pemasangan adalah hal yang wajib, khususnya jika Anda turun tangan sendiri dalam proses instalasi.

Untuk Anda yang masih belum terlalu memahami tentang dasar instalasi yang diperlukan untuk membuat plafon tripleks tampak rapi. Pada ulasan kali ini, kami telah merangkum beberapa hal mendasar tersebut untuk Anda. Mari simak hingga akhir untuk mendapatkan tips jitunya!

Dasar Instalasi untuk Membuat Plafon Tripleks Tampil Rapi

Untuk membuat plafon tripleks tampil rapi, terdapat beberapa hal mendasar yang sebaiknya Anda perhatikan pada saat proses instalasi, yaitu:

1. Memilih Jenis Plafon yang Tepat

Plafon triplek adalah jenis plafon rumah yang termasuk paling umum di pasaran Indonesia. Plafon triplek sendiri tersedia dalam banyak model atau jenis. Dalam hal ini, Anda dapat memilih model triplek yang sesuai dengan preferensi atau budget Anda.

Sebagai contoh, misalnya Anda ingin membuat ruangan di rumah Anda nampak minimalis, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk memilih jenis plafon triplek minimalis, seperti plafon triplek polos.

Contoh lainnya, jika Anda ingin model plafon ruang tamu yang elegan, maka Anda dapat mempertimbangkan contoh plafon rumah dari triplek dengan model yang lebih estetik, seperti silang dan timbul.

2. Perhatikan Ukuran dan Bentuk Plafon

Dasar instalasi lainnya yang Anda perlukan untuk membuat plafon tripleks tampil rapi adalah memperhatikan ukuran dan bentuk plafon triplek yang Anda gunakan.

Baca Juga:  10 Cara Agar Kamar Mandi Tidak Bau, Pasti Ampuh!

Untuk bagian ini, kami menyarankan agar Anda menggunakan plafon triplek yang sesuai dengan ukuran ruangan Anda. Misalnya, jika ruangan yang Anda dekorasi termasuk luas, maka Anda sebaiknya mmepertimbangkan menggunakan plafon tripleks dengan ukuran yang besar.

Begitu juga sebaliknya, jika ruangan yang Anda dekorasi termasuk kecil, maka Anda cukup menggunakan tripleks dengan ukuran kecil.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan ukuran dari plafon triplek yang Anda gunakan. Umumnya, ketebalan triplek untuk plafon di pasaran Indonesia adalah 3mm, 4mm, dan 6mm.

3. Pemasangan Plafon yang Benar

Aplikasi pemasangan tentunya menjadi bagian penting dalam proses mendapatkan hasil instalasi yang rapi. Dalam hal ini, kami menyarankan kepada Anda untuk menyediakan dan menggunakan peralatan yang tepat saat proses instalasi plafon.

Selain itu, Anda juga harus mematangkan pemahaman Anda terkait praktik pemasangan plafon, seperti penentuan pola plafon, pemotongan panel triplek, hingga proses finishing.

4. Pengecatan Plafon

Hal mendasar lainnya untuk mendapatkan plafon tripleks tampil rapi adalah terkait dengan pengecatan plafon triplek. Jika Anda ingin melakukan pengecatan pada plafon triplek, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa poin penting berikut ini:

a. Lakukan Pengamplasan Sebelum Pengecatan

Mengamplas Cat Dinding
Foto: harga.web.id

Sebelum melakukan pengecatan, pastikan Anda untuk melakukan pengamplasan terlebih dahulu pada permukaan triplek. Proses pengamplasan ini sendiri bertujuan untuk meratakan permukaan triplek dan menghilangkan noda.

Untuk pengamplasan plafon triplek ini. Anda dapat menggunakan aluminium oxide nomor 100. Setelah proses pengamplasan selesai, Anda dapat membersihkan permukaan triplek dengan busa lembab.

b. Gunakan Sanding Sealer Berkualitas

Sebelum melakukan coating pada triplek, disarankan agar Anda menggunakan sanding sealer terlebih dahulu pada permukaan plafon triplek. Bahan ini akan dapat membuat tampilan triplek menjadi lebih bagus dan sekaligus membuat coating selanjutnya lebih mudah menempel.

Baca Juga:  Cara Menghitung Volume Rangka Plafon Hollow Rumah

Dalam hal ini, kami menyarankan agar Anda menggunakan Biovarnish Sanding Sealer, yang termasuk banyak digunakan oleh pekerja konstruksi dan dekorasi interior. Jenis sanding sealer ini memiliki kelebihan pada kualitas coating nya dan juga aromanya yang tidak menyengat.

c. Cat Lis Plafon Menggunakan Kuas

Cat Lis Plafon Menggunakan Kuas
Foto: Arafuru

Sebelum menggunakan roller untuk pengecatan bagian plafon, gunakan kuas terlebih dahulu untuk melapisi bagian lis plafon. Langkah ini akan membuat hasil pengecatan plafon triplek menjadi jauh lebih rapi.

Pada aplikasinya, Anda harus memasang isolasi di sepanjang lis antara tembok dan plafon. Selanjutnya, gunakan kuas untuk mengaplikasikan cat pada lis plafon.

d. Pengecatan Menggunakan Roller

Mengecat Ulang Tembok dengan Cat Waterproof
Foto: Aquaproof

Setelah selesai dengan pengecatan lis plafon, Anda dapat melanjutkannya dengan mengecat permukaan plafon dengan menggunakan roller. Untuk bagian ini, kami menyarankan agar Anda menggunakan roller yang tebal.

Pasalnya, roller tebal umumnya dapat menyerap lebih banyak cat. Sehingga, proses pengaplikasian cat ke plafon pun menjadi lebih mudah.

Sebagai tips untuk membuat hasil pengecatan merata, Anda sebaiknya melakukan pengecatan dengan area 2×2 meter terlebih dahulu dan kemudian melanjutkannya dengan range yang sama.

e. Eksplorasi Warna

Perhatikan Komposisi saat Pencampuran cat
Foto: Kompas.com

Untuk menghadirkan plafon tripleks tampil rapi dalam interior ruangan Anda, melakukan eksplorasi warna juga menjadi poin penting untuk Anda lakukan.

Untuk bagian ini, Anda harus memilih warna plafon yang sesuai dengan tema atau konsep yang ingin Anda aplikasikan. Misalnya, jika Anda ingin membuat dekorasi interior ruangan Anda nampak lebih terang dan luas, maka Anda dapat mempertimbangkan menggunakan sejumlah warna gardena teak dan yellow ox.

Jangan lupa juga untuk menyesuaikan pemilihan warna plafon ini sesuai dengan furnitur di ruangan Anda!

5. Perawatan

Dasar terakhir dalam pemasangan plafon tripleks tampil rapi adalah terkait dengan perawatan plafon. Seperti yang diketahui, plafon adalah jenis plafon yang memiliki kekuatan yang baik, namun sensitif dengan kelembaban.

Baca Juga:  Begini 4 Cara Menghilangkan Bau Pesing di Lantai dan Karpet

Kelembaban berlebih dapat membuat plafon menjadi mengalami keretakan, yang berakhir menjadi rembes. Untuk itu, demi mencegah keretakan ini, maka Anda harus melakukan perawatan rutin pada plafon triplek Anda.

Adapun jenis perawatan rutin yang kami maksud di sini adalah melakukan pengecekan kondisi plafon secara berkala. Selain itu, Anda juga sebaiknya secara teratur membersihkan permukaan plafon dengan menggunakan pembersih yang tepat.

Jika Anda menemukan adanya retakan pada plafon triplek Anda, maka segera ambil tindakan perbaikan, seperti pelapisan dengan wood filler atau lem kayu.

Beli plafon triplek berkualitas dengan harga terbaik, ya hanya di UKUR

Telah Paham Dasar Instalasi Untuk Membuat Plafon Tripleks Tampil Rapi?

Plafon adalah bagian dalam dekorasi yang dapat meningkatkan nilai estetik dari suatu ruangan. Hal tersebutlah yang membuat proses pemasangannya harus dilakukan dengan baik, agar pola plafon nampak rapi.

Khusus untuk plafon tripleks, sejumlah dasar instalasi yang kami paparkan di atas dapat menjadi hal yang diaplikasikan untuk membuat plafon tripleks tampil rapi. Mulai dari memilih jenis plafon yang tepat hingga perawatan berkala.

Jika Anda masih ragu dalam aplikasi dasar-dasar di atas, opsi terbaik lain yang dapat Anda pilih adalah menggunakan jasa pasang plafon profesional untuk membantu Anda. Dalam hal ini, Ukur dapat menjadi jembatan bagi Anda untuk menemukan jasa pemasangan plafon profesional yang tepat.

Ukur sendiri adalah sebuah marketplace terpercaya yang menyediakan berbagai keperluan konstruksi dan dekorasi interior, termasuk jasa pemasangan plafon. Marketplace ini juga menyediakan berbagai jenis plafon yang umum digunakan dalam interior, seperti plafon akustik, tripleks, gypsum, dan lainnya.