Cara Menghitung Volume Rangka Plafon Hollow Rumah

Cara Menghitung Volume Rangka Plafon Hollow Rumah

Dalam dunia konstruksi modern, besi hollow termasuk salah satu komponen konstruksi yang sulit terpisahkan. Salah satu aplikasi dari bahan konstruksi ini sendiri adalah dalam pembuatan plafon rumah modern. Namun, apa sebenarnya bahan ini dan bagaimana cara menghitung volume rangka plafon hollow ini?

Untuk Anda yang masih belum familiar dengan bahan konstruksi ini. Pada ulasan ini, kami telah menyediakan ulasan yang dapat membantu Anda mengenal lebih baik tentang besi hollow dan cara menghitung volume kebutuhannya. Mari simak!

Apa Itu Rangka Plafon Hollow?

Rangka Plafon Hollow adalah jenis struktur atau rangka yang menggunakan besi hollow dan digunakan untuk menopang plafon sebuah bangunan. Besi hollow sendiri adalah profil besi dengan bentuk penampang berongga dan biasanya berbentuk persegi atau persegi panjang.

Rangka ini dapat mendukung berbagai desain plafon, mulai dari desain plafon triplek, gypsum, akustik, dan lainnya. Bahkan, rangka ini dapat digunakan untuk konstruksi model plafon ruang tamu elegan, seperti plafon gantung (suspended ceiling) dan up ceiling.

Selain menopang material plafon, rangka hollow plafon juga dapat digunakan untuk menyembunyikan instalasi seperti kabel listrik, sistem ventilasi, dan juga pipa air. Sehingga, plafon pun akan nampak lebih rapi.

Bagaimana Cara Menghitung Volume Rangka Plafon Hollow?

Cara Menghitung Volume Rangka Plafon
Foto: Freepik

Jika Anda berencana menggunakan besi hollow untuk konstruksi rumah Anda, terdapat beberapa cara menghitung volume rangka plafon hollow rumah yang dapat Anda gunakan untuk perhitungan kebutuhan besi hollow. Untuk lengkapnya, Anda dapat langsung menyimak penjabaran dan contoh perhitungan di bawah ini:

Baca Juga:  10 Cara Cek Kamera Tersembunyi di Ruangan dan Tempat Umum

1. Perhitungan Volume Ruangan

Langkah pertama dalam cara menghitung volume rangka plafon hollow adalah menghitung volume luas ruangan. Dalam hal ini, Anda akan memerlukan alat pengukur “meteran” yang akan menjadi media ukur.

Selanjutnya, lakukan pengukuran luas ruangan dengan menggunakan meteran sebelumnya. Pastikan pengukuran luas ini Anda lakukan dengan teliti, guna menghindari kesalahan estimasi ke depannya.

2. Perhitungan Rangka pada Dinding

Untuk perhitungan kebutuhan rangka pada dinding, Anda harus mengukur panjang dinding dan menambahkannya dengan 1 meter. Sebagai contoh, jika ukuran ruangan adalah 3×3 meter, maka kebutuhan rangka hollow nya adalah 4 meter. Kelebihan panjang ini nantinya akan berperan sebagai gantungan.

3. Perhitungan Isian Rangka Hollow

Sedangkan untuk isian rangka hollow, umumnya dilakukan per setiap 60 cm. Jadi, jika suatu ruangan memiliki panjang 3 meter (300 cm), maka secara sistematis isian rangka hollow nya adalah sebanyak 300 cm : 60 cm = 5 batang.

4. Menghitung Wall Angle

Setelah isian rangka, Anda dapat mulai menghitung wall angle. Wall angle sendiri adalah istilah untuk rangka siku yang dipasang mengelilingi sisi plafon dan juga dinding.

Misalnya, sebuah ruangan yang akan Anda pasangi plafon berukuran 3×4 meter. Jadi, terdapat 2 sisi yang berukuran 3 meter dan 2 sisi lain yang berukuran 4 meter. Dari informasi sebelumnya, perhitungan wall angle ini adalah sama dengan keliling luas ruangan, yaitu 2 x (3+4) = 14 meter.

Menghitung Wall Angle
Foto: Freepik

5. Menghitung Konfigurasi Rangka Plafon

Setelah selesai dengan perhitungan wall angle, Anda dapat beralih ke perhitungan konfigurasi rangka plafon. Di bagian cara menghitung volume rangka plafon hollow ini, perhitungan akan bergantung pada ukuran rangka plafon yang akan Anda gunakan.

Umumnya, rangka plafon sendiri dipasang setiap 60 x 12 cm. Jadi, sisi ruangan 3 meter akan membutuhkan rangka plafon sebanyak 300 cm: 60 cm = 5 batang. Sedangkan sisi ruangan dengan panjang 4 meter membutuhkan besi hollow dengan panjang 3 meter yang dipasang per 120 cm.

Baca Juga:  10 Ide Renovasi Rumah Subsidi Bergaya Modern

6. Kebutuhan Rangka Gantung dan Cross Hollow

Bagian terakhir dari cara menghitung holo plafon adalah perhitungan rangka gantung dan cross hollow. Kebutuhan rangka gantung ini umumnya tergantung pada tinggi plafon rumah dari plat lantai di atasnya.

Sedangkan kebutuhan cross hollow bergantung dengan luas bentang dari plafon. Umumnya untuk luas 3×4 meter, jumlah rangka cross yang akan Anda butuhkan adalah sebanyak 2.

Berdasarkan perhitungan di atas, maka volume atau kebutuhan rangka hollow plafon untuk luas ruangan 3×4 meter adalah sebagai berikut:

Wall Angle = 14 meter = 3.5 batang.

Isian rangka = 5 + 4 = 9 batang.

Cross hollow = 2 batang.

Sehingga, total kebutuhan rangka hollow yang Anda butuhkan adalah 3.5 batang + 9 batang + 2 batang = 14.5 batang.

Cara Memasang Rangka Plafon Hollow

Cara Memasang Rangka Plafon Hollow
Foto: Qhomemart

Setelah membahas tentang cara menghitung kebutuhan hollow plafon, kami juga akan membahas mengenai cara memasang rangka plafon hollow ini. Dalam aplikasinya, pemasangan rangka hollow sendiri terbagi atas 2 jenis, yaitu tipe 2×4 meter dan 4×4 meter.

Namun, pada ulasan ini, kami hanya akan menjelaskan tentang pemasangan rangka plafon tipe 4×4 meter. Lebih lengkapnya, berikut adalah panduan pemasangannya:

1. Pengukuran Tinggi Sekeliling Plafon

Langkah pemasangan rangka plafon pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pengukuran tinggi sekeliling plafon. Di bagian ini, Anda dapat mengukurnya menggunakan waterpass dan kemudian menandainya dengan paku.

2. Persiapan Bahan untuk Kerangka

Setelah selesai melakukan pengukuran, Anda dapat lanjut ke persiapan bahan rangka plafon dan mengukur panjang serta lebar dinding yang akan Anda pasangi besi hollow. Tujuan utamanya adalah untuk menyesuaikan rangka hollow pada bagian dinding.

3. Pemotongan Besi dan Pemasangan Besi Hollow pada Dinding

Langkah selanjutnya adalah pemotongan besi hollow. Proses pemotongan ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan mesin duduk.

Baca Juga:  5 Jenis-Jenis Karpet untuk Kamar Tidur dan Cara Memilihnya

Setelah besi hollow telah dipotong sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan, Anda dapat lanjut memasang besi hollow tersebut di sekitar dinding yang nantinya akan dipasang plafon.

Pada bagian ini, pastikan pemasangan sesuai dengan tanda tinggi yang Anda buat sebelumnya berdasarkan waterpass. Untuk ukuran pakunya, Anda dapat menggunakan paku ukuran 7 cm.

belanja besi hollow galvanis
Temukan besi hollow galvanis terlengkap di Ukur, Harga Termurah & Bisa cicil 0%!

Telah Paham Mengenai Cara Menghitung Volume Rangka Plafon Hollow?

Besi hollow umumnya dimanfaatkan sebagai rangka plafon kebanyakan rumah modern. Jika Anda ingin menjadikan plafon hollow menjadi rangka plafon rumah Anda, cara menghitung volume rangka plafon hollow yang bisa Anda lakukan, yakni mulai dari menghitung volume ruangan hingga kebutuhan rangka gantung dan cross hollow.

Hal ini akan membantu Anda untuk mengestimasi kebutuhan besi ini pada proses konstruksi nanti. Untuk memenuhi kebutuhan besi hollow untuk konstruksi plafon Anda, salah satu solusi top yang dapat Anda andalkan adalah Ukur.

Ukur adalah marketplace bahan konstruksi terpercaya yang menyediakan berbagai bahan konstruksi, perkakas, peralatan safety, hingga atap dengan harga bersahabat dan proses cepat.

Selain itu, cara pemesanan di Ukur juga serba online, sehingga dapat membuat penyediaan bahan konstruksi untuk rumah Anda menjadi lebih cepat dan praktis, tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya dan tenaga. Menariknya lagi, Ukur juga menyediakan Fitur Ukur, yang dapat membantu Anda mendapatkan produk sesuai kebutuhan.