11 Cara Membersihkan Kaca Jendela, Jadi Bersih & Kinclong!

11 Cara Membersihkan Kaca Jendela, Jadi Bersih & Kinclong!

Dengan membersihkan jendela secara rutin, maka akan memberikan banyak manfaat. Khususnya untuk kekokohan masa pakainya, sehingga Anda bisa menghemat. Bagi Anda yang tinggal di daerah penuh polusi, seperti jalan raya dan sejenisnya. Maka, harus punya cara membersihkan kaca jendela yang tepat.

11 Cara Membersihkan Kaca Jendela Agar Mengkilap

Jendela yang jarang dibersihkan akan terlihat kusam. Akibatnya, rumah akan terkesan kumuh dan tidak terawat. Sebagai pemilik rumah, Anda harus memiliki jadwal dan cara tertentu untuk membersihkannya. Nah, mungkin Anda bisa meniru 11 cara di bawah ini:

1. Perhatikan Cuaca

Perhatikan Cuaca
Source image: freepik.com

Sebagian orang memiliki kebiasaan membersihkan jendela saat siang. Lebih tepatnya, ketika matahari sedang terik. Selain itu, ternyata cuaca cerah dari sinar matahari akan mengakibatkan munculnya garis-garis.

Sementara itu, ketika cuaca berawan justru mempercepat proses pengeringan kaca jendela. Oleh sebab itu, sebaiknya hentikan kebiasaan Anda membersihkan kaca jendela pada siang hari.

2. Bersihkan Kotoran yang Menempel

Pastikan Anda menghilangkan kotoran dan debu di kaca terlebih dahulu. Jadi, jangan menyemprotkan cairan pembersih sebelum semua kotoran hilang. Jika kaca jendela Anda berdebu, Anda bisa memakai kuas atau vacuum cleaner.

Cara tersebut berfungsi menghindari cairan pembersih yang bercampur dengan kotoran. Jika kaca sangat kotor, cobalah pakai air panas dan sikat dulu. Kemudian mengelapnya dengan kain.

3. Pakai Microfiber

Pakai Microfiber
Source image: freepik.com

Berbicara tentang cara membersihkan kaca jendela, maka tidak boleh melewatkan kain microfiber. Sebagai kain pembersih kaca, microfiber memiliki desain yang menyerap air. Maka dari itu, dapat dicuci dengan mudah.

Baca Juga:  Penyebab Listrik Konslet: Faktor Penyebab dan Pencegahannya

Manfaat tambahan dari kain ini adalah bisa membuat kaca semakin mengkilap. Bahkan, tidak akan menimbulkan baret atau garis halus. Jadi,tidak heran banyak yang menggunakannya untuk membersihkan jendela. Baik itu di rumah, apartemen, perkantoran, pertokoan, dan lokasi lain.

4. Gunakan Wiper

Wiper adalah alat yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan kaca jendela. Setelah membersihkan dengan kain, agar semakin mengkilap pakailah wiper. Alat ini cocok digunakan pada bangunan dengan kaca jendela tinggi, misalnya seperti apartemen dan hotel.

Memiliki tangkai panjang, Anda bisa membongkar dan memasang wiper. Jadi, tidak perlu kesulitan dalam menjangkau kaca jendela. Terutama kaca yang berada pada tempat lebih tinggi.

5. Manfaatkan Koran

Memiliki sifat menyerap yang kuat, koran bekas dinilai bisa membersihkan jendela lebih efektif. Namun memilih koran bekas juga tidak boleh sembarangan, loh. Hal ini karena ada beberapa koran mengandung senyawa anti air, sehingga kurang tepat untuk membersihkan kaca jendela.

Oleh sebab itu, sebaiknya pilih koran yang tidak ada kandungan tersebut. Tidak hanya air, koran juga bisa menyerap tinta. Sebab, ada serat yang rapat dan tekstur lebih tebal. Koran cenderung memiliki jenis kertas yang abrasif, jadi dapat digunakan untuk mengangkat kotoran.

Meskipun kain lap berfungsi membersihkan kaca, namun terkadang masih ada sisa-sisa kotoran tertinggal. Sementara itu, daya serap di koran tinggi. Dengan demikian, bisa mengangkat kotoran lebih mudah dan bersih.

6. Harus Ada Cairan Pembersih

Harus Ada Cairan Pembersih
Source image: freepik.com

Cara membersihkan kaca jendela yang buram agar kinclong adalah memakai cairan pembersih khusus kaca. Anda bisa membeli maupun membuatnya sendiri. Jika ingin membuat sendiri, maka campurkan air, alkohol 70%, dan cuka putih.

Baca Juga:  5 Cara Menghitung Kebutuhan Plafon PVC yang Mudah dan Tepat

Setelah itu, campurkan hingga merata. Lalu tuang ke botol spray, supaya pengaplikasikannya lebih mudha. Tetapi bila Anda ingin praktis, sebaiknya beli cairan pembersih kaca di toko dekat rumah.

7. Memakai Cuka

Semahal apapun bentuk kaca jendela, harus tetap dibersihkan secara berkala. Langkah ini bertujuan agar tampilannya terlihat bagus. Salah satunya adalah dengan menggunakan cuka.
Yap! Siapa sangka bahan dapur satu ini bisa menjadi alat pembersih kaca yang ampuh. Adapun langkah-langkah yang harus dipersiapkan, di antaranya sebagai berikut ini:

  • Campurkan air hangat secukupnya dan beberapa tetes cairan cuka. Lalu aduk kedua bahan sampai merata.
  • Pakai kain kering untuk menggosokkan air cuka ke kaca jendela.
  • Anda bisa mendiamkannya selama 2 hingga 3 menit.
  • Siapkan kain setengah basah untuk melenyapkan cuka yang masih tersisa.
  • Jangan lupa mengeringkan kaca dengan kain bersih yang kering. Pastikan benar-benar bersih, agar tidak ada cairan yang tertinggal di kaca.

8. Mengoleskan Pasta Gigi

Pasta Gigi
Source image: freepik.com

Jika Anda ingin kaca lebih mengkilap, bisa menggunakan pasta gigi. Khususnya untuk menghilangkan goresan. Adanya kandungan fluoride di dalamnya bisa mengangkat kotoran pada kaca jendela.

Anda hanya cukup mengoleskan pasta gigi ke area kaca yang tergores. Setelah itu, gosok menggunakan kain agar pasta gigi merata. Pastikan goresan telah hilang, maka Anda bisa membilasnya memakai air. Kemudian lap dengan kain sampai kering, ya.

Pasta gigi berfungsi untuk membersihkan jendela yang berbahan logam. Pasalnya, bahan pasta gigi mampu menghilangkan karat besi. Bahkan, peralatan mandi ini juga bermanfaat untuk membuat warna kaca terlihat baru. Apalagi saat musim hujan tiba.

Belanja jendela kaca di Ukur, bisa cicil sampai 0%!

9. Jangan Membersihkan Secara Asal

Jangan sekali-kali membersihkan kaca dengan sembarangan, karena bisa merusak hasilnya. Oleh sebab itu, jangan asal mengelap saja. Anda perlu membersihkannya dari atas ke bawah. Lalu ulangi trik tersebut secara merata hingga kaca bersih.

Baca Juga:  3 Cara Mengkilapkan Lantai Marmer Kusam dengan Bahan Rumahan

Cara membersihkan kaca jendela ini berfungsi untuk meresidu air dan cairan pembersihan. Dengan begitu, sisa air dan cairan pembersih tidak akan tertinggal pada kaca. Sebaiknya Anda ikuti trik ini, bukan malah mengarahkannya terbalik.

10. Usahakan Tidak Terkena Bingkai

Menyemprotkan Pembersih Kaca Jendela
Source image: freepik.com

Ketika menyemprotkan cairan pembersih ke kaca, lakukanlah dengan teliti dan berhati-hati. Usahakan untuk tidak mengenai bingkai jendela, karena bisa membuatnya rusak. Apalagi, jika bingkai jendela terbuat dari bahan kayu.

Oleh sebab itu, pastikan cairan pembersih agar tidak menetas ke bingkai. Setelah menyemprotkan pembersih ke kaca, Anda harus mengelapnya dengan segera. Jangan lupa untuk meratakannya menggunakan kain kering.

11. Menjangkau Sudut Kaca

Supaya lebih mengkilap, perhatikan juga sudut-sudut kaca. Hal ini karena biasanya ada beberapa sudut yang kurang dijangkau dengan alat besar. Tips untuk menjangkaunya adalah dengan memanfaatkan cotton bud.

Anda bisa menggunakan cotton bud yang memiliki ujung lancip, karena bisa menjangkau sudut jendela lebih dalam.

Jangan lupa semprotkan cairan pembersih ke sudut tersebut, lalu pakai cotton bud untuk membersihkannya. Dengan demikian, keseluruhan kaca akan bersih. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kalau sudut kaca kurang mengkilap.

Menjangkau Sudut Kaca
Source image: freepik.com

Sudah Tahu Cara Membersihkan Kaca Jendela yang Benar?

Setelah membaca artikel ini, Anda bisa langsung menerapkan cara membersihkan kaca jendela yang benar. Kalau Anda membutuhkan berbagai bahan bagunan terbaik, segera dapatkan di UKUR.com.

Tersedia beragam produk mulai dari Jendela, Lantai, AC, Elektronik, dan beragam produk lainnya. Dilengkapi dengan garansi dan pengiriman cepat, membuat pengalaman belanja online Anda menarik. Hanya ada di UKUR.com yang menjamin pelayanan maksimal dengan harga terjangkau.