Mengenal Material Lantai Kamar Mandi dan Tips Memilihnya

Mengenal Material Lantai Kamar Mandi dan Tips Memilihnya

Memilih material untuk lantai kamar mandi tidak boleh asal-asalan. Sebab, sebagai ruangan yang lembab dan basah karena genangan air, kemungkinan risiko terpeleset bisa saja terjadi.

Oleh sebab itu, sedari awal Anda harus sudah menentukan jenis lantai yang aman demi meminimalisir risiko tersebut. Apa saja jenis materialnya? Simak penjelasan selengkapnya!

Material Lantai Kamar Mandi

Sejatinya material lantai untuk kamar mandi ada banyak macamnya. Namun, pada pembahasan kali ini, telah terangkum 9 inspirasi lantai kamar mandi yang anti licin, serta mudah untuk Anda bersihkan, antara lain:

1. Keramik

Keramik cocok untuk kamar mandi dan merupakan opsi yang paling populer lantaran ketahanannya terhadap air. Material ini juga mudah dibersihkan, tahan noda, dan secara harga cukup terjangkau.
Memilih keramik warna putih bisa memberikan tampilan bersih dan klasik pada kamar mandi Anda. Meski begitu, material keramik sangat mudah rusak apabila terkena benturan.

2. Marmer

Jenis lantai marmer identik dengan kemewahan. Tekstur dan polanya yang unik dapat mempercantik tampilan kamar mandi Anda. Selain memberikan kesan mewah, marmer juga tahan terhadap noda.
Sayangnya, lantai model ini harganya sangat mahal dan membutuhkan perawatan yang ekstra supaya permukaannya tetap terlihat mengkilap. Apalagi biaya perawatannya terbilang mahal dan harus Anda lakukan secara rutin.

Material Lantai Kamar Mandi
Foto: Freepik

3. Batu Alam

Jika Anda mempunyai anggaran berlebih dan menginginkan tampilan kamar mandi yang tampak mewah dan elegan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan batu alam sebagai lantai kamar mandi di rumah.

Material batu alam menjadi pilihan yang tepat lantaran sangat kuat, tahan lama, dan bisa menambah nilai estetika. Sayangnya, lantai dari batu alam ini bisa sedikit licin, meski permukaan batu alam bisa menjadi lebih bertekstur kasar dengan teknik sandblasting atau dengan menggunakan batu alam yang bertekstur kasar alami.

Baca Juga:  Cara Membuat Plamir Tembok yang Benar untuk Dinding Cantik!

4. Concrete

Opsi concrete memberikan kesan modern bergaya industrial pada kamar mandi Anda. Teknik pewarnaan terbaru menjadikan concrete sebagai jenis lantai yang dapat menyesuaikan dengan hampir semua desain kamar mandi.

Concrete adalah material lantai yang tidak mudah mengalami abrasi, tahan lama, dan mudah dibersihkan. Selain itu, concrete tidak mudah rusak karena paparan bahan kimia, tidak gampang mengalami pelapukan, hingga tahan terhadap pembusukan dan karat.

Material concrete bisa sedikit licin, tapi itu dapat Anda kurangi dengan membuat tekstur permukaannya menjadi lebih kasar sehingga membuatnya anti selip.

5. Granit

Granit banyak orang-orang gunakan karena memberikan kesan berkelas dan mewah serta memiliki keunggulan. Salah satu keunggulan granit yaitu tahan lama berkat pori-porinya yang lebih sedikit sehingga tidak mudah berkerak dan cocok untuk kamar mandi yang terkenal memiliki udara lembab.
Material granit tampak atraktif dan tersedia dalam berbagai warna. Namun, kekurangan granit yaitu harganya yang terlampau mahal.

Material Lantai Kamar Mandi Vinyl
Foto: Freepik

6.Vinyl

Lantai kamar mandi vinyl sudah terkenal akan daya tahannya terhadap air. Vinyl mampu menyerap kelembapan, relatif mudah dipasang, dan tampilannya dapat serupa dengan jenis material lantai lainnya.

Dari segi perawatan, vinyl memerlukan perawatan yang terbilang rendah. Material ini menjadi pilihan yang versatile dan hemat biaya sesuai dengan konsep kamar mandi Anda. Meskipun vinyl tahan air, Anda harus siap sedia memasang penghalang kelembaban untuk ketahanan ekstra.

7. Porselen

Sama halnya dengan keramik, porselen termasuk pilihan lantai kamar mandi yang populer. Meskipun tampilan porselen hampir serupa dengan keramik, ada satu hal penting yang membedakan antara keramik dan porselen adalah daya tahan terhadap air.

Porselen umumnya lebih padat sehingga lebih sedikit menyerap air, artinya ketahanan airnya lebih unggul ketimbang keramik. Selain perawatannya yang mudah, porselen juga tersedia dalam banyak desain, gaya, dan warna yang bisa Anda sesuaikan dengan konsep kamar mandi.

Baca Juga:  Jenis Stop Kontak di Berbagai Negara, Sudah Tahu Belum?

Namun, jika Anda terapkan lantai ini untuk dapur, maka siap-siap agar lantai sering berminyak. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara membersihkan lantai berminyak.

8. Kayu

Kamar mandi dengan lantai yang bermotif kayu akan terlihat lebih berkarakter. Selain tidak licin, material kayu juga tidak rentan kotor. Kemudian lantai kamar mandi dengan motif kayu bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menyukai konsep kamar mandi bergaya rustic.

Material Lantai Kamar Mandi Matte
Foto: Freepik

9. Matte

Lantai matte punya tekstur yang kesat sehingga tidak membuat licin saat kaki Anda menapak. Bahan matte tahan terhadap gesekan saat atau jika harus memindahkan barang. Cocok bagi Anda yang ingin membangun konsep kamar mandi dengan desain minimalis dan punya perawatan yang mudah.

Dari sisi perawatan terbilang mudah, Anda hanya perlu mengelapnya dengan kain basah minimal sebanyak dua kali dalam sebulan. Apabila terdapat lumut atau kerak, Anda cukup menggosoknya dengan cairan pembersih lantai.

Tips Memilih Lantai Kamar Mandi

Sebaiknya Anda pastikan jenis kamar mandi seperti apa yang akan digunakan karena hal tersebut akan mempengaruhi pemilihan material. Adapun tips cara memilih lantai kamar mandi yakni sebagai berikut:

1. Sesuaikan dengan anggaran

Banyaknya varian harga dan model keramik yang beredar di pasaran membuat Anda harus jeli dalam memilih material untuk lantai kamar mandi. Apakah Anda ingin memilih keramik murah, namun berkualitas biasa saja, atau ingin membeli keramik mahal sesuai dengan keinginan dan berkualitas baik.

Namun yang terpenting, jangan lupakan keselamatan keluarga di rumah. Pastikan Anda memilih bahan yang aman untuk kamar mandi.

2. Ukuran

Tips memilih lantai yang kedua ini sangatlah penting untuk Anda lakukan, supaya mendapatkan desain ruangan yang tepat. Perlu Anda ketahui, semakin besar ukuran lantai pada ruangan, akan membuat tampilannya menjadi tampak lebih luas.

Secara umum, lantai untuk kamar mandi berukuran 20×20 cm atau 25×25 cm. Apabila Anda menginginkan material kamar mandi dengan keramik, biasanya menggunakan ukuran 20×25 cm.

Baca Juga:  7 Inspirasi Model Plafon Miring Mengikuti Bentuk Genteng
Memilih lantai kamar mandi sesuai desain
Foto: Freepik

3. Warna dan Corak

Pastikan Anda memilih warna dan corak yang sesuai dengan tema kamar mandi di rumah. Jika ruangan kurang terpapar sinar matahari, sebaiknya pilih warna yang lebih terang, begitu pula sebaliknya.

4. Tekstur

Lantai kamar mandi mempunyai beberapa jenis tekstur seperti glossy (mengkilap) hingga satin. Hal tersebut yang membedakan licin tidaknya pada lantai. Untuk kamar mandi pilihlah tekstur yang tidak rata. Tujuannya supaya tidak licin ketika Anda pijak sehingga aktivitas dalam kamar mandi tidak terganggu.

5. Kualitas

Hal yang tidak kalah penting dalam memilih material lantai adalah memeriksa standar peruntukannya, harus tahan air, noda, dan anti selip.

Anda harus memastikan bahwa pemilihan material khususnya untuk penggunaan kamar mandi tidak licin karena berhubungan dengan keselamatan keluarga di rumah.

Beli keramik kamar mandi berkualitas dengan harga terbaik, ya hanya di UKUR

Anda Mencari Lantai Kamar Mandi?

Kamar mandi merupakan bagian ruangan penting dalam rumah yang memerlukan perhatian khusus. Salah satu aspek yang perlu mendapatkan perhatian yaitu pada bagian lantainya.

Lantai kamar mandi kerap tergenang air dan berisiko terpeleset jika Anda tidak hati-hati. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih material yang tepat guna menghindari kemungkinan tersebut.

Mencari material lantai kamar mandi sekarang menjadi lebih mudah, Anda bisa mendapatkannya di Ukur.com yang merupakan platform marketplace untuk keperluan rumah. Tidak hanya untuk kamar mandi saja, pilihan material tersebut bisa juga untuk lantai ruang tamu, ruang tidur, hingga dapur.

Apalagi berbagai macam produk lainnya, lengkap seperti furniture, peralatan safety, hingga barang elektronik juga tersedia secara lengkap. Pengiriman produknya juga cepat dan mudah sehingga tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mempertimbangkan Ukur.com agar membantu memenuhi keperluan hunian Anda.