Mengenal 10 Jenis Besi yang Umum Digunakan untuk Konstruksi

Mengenal 10 Jenis Besi yang Umum Digunakan untuk Konstruksi

Dalam dunia konstruksi, ada banyak jenis besi baja yang digunakan untuk membangun sebuah bangunan. Setiap jenisnya memiliki fungsi yang berbeda. Nah, artikel ini akan bantu Anda untuk mengenal apa saja jenis-jenis besi yang biasa digunakan dalam konstruksi. Yuk, simak sampai habis!

10 Jenis Besi

Salah satu elemen terpenting dalam konstruksi proyek adalah besi. Proyek konstruksi rumah, gedung, dan bangunan lainnya memerlukan macam macam besi untuk menopang gedung bangunan tersebut. Nah, berikut adalah beberapa jenis-jenis besi agar Anda lebih memahami tentang konstruksi bangunan:

1. Besi Hollow

Besi Hollow
Foto: lkpp.go.id

Ini merupakan jenis yang paling familiar ketimbang yang lainnya. Besi ini berbentuk segi empat dengan material dasar yang terbuat dari baja dan campuran galvanis. Serta memiliki lapisan seng dan alumunium. Di tengahnya juga terdapat rongga atau kosong.

Kosong di bagian tengah tersebut bertujuan untuk membentuk keseimbangan besi agar tidak memiliki struktur yang berat. Maka dari itu, hollow termasuk ke dalam golongan besi ringan. Ukuran besi hollow juga cukup beragam.

Besi ini masih terbagi lagi menjadi beberapa macam, di antaranya adalah hollow galvanis, hollow galvalum, hollow gypsum, dan hollow hitam. Fungsi dari setiap jenisnya pun sangat berbeda. Inilah yang mengharuskan Anda memahami setiap jenisnya agar tidak salah beli.

Karena material dasar ringan dan kuat, besi ini sering digunakan untuk membuat konstruksi besi kanopi, pintu gerbang, pagar, balkon, dan lain sebagainya. Selain itu, hollow bisa dirangkai menjadi sebuah rak. Cara membuat rak dengan besi hollow adalah dengan dipotong dan dilas.

Baca Juga:  Decking: Jenis, Kelebihan dan Cara Pemasangannya

2. Jenis Besi Wiremesh

Besi Wiremesh
Foto: wira.co.id

Salah satu jenis-jenis besi konstruksi lainnya adalah varian wiremesh yang berbentuk cukup unik. Apa sih yang buat unik? Hal itu bisa kelihatan dari bentuknya yang kotak-kotak atau jajar genjang seperti anyaman.

Teksturnya pun jauh lebih ringan ketimbang dengan besi lain. Material dasarnya sebagian besar terbuat dari kawat yang cukup tebal. Jadi, meski ringan, wiremesh masih tetap kuat.

Besi ini banyak dimanfaatkan sebagai penguat dak beton dalam pembangunan. Massa yang ringan membuat besi ini menjadi pilihan terbaik sebagai penguat pagar beton. Pagar Anda pasti bakal awet dan akan selalu terlihat elegan.

3. Besi Plat

Besi Plat
Foto: smsperkasa.com

Sesuai dengan namanya, besi ini berbentuk plat atau lempengan panjang dan mudah untuk dibentuk. Jenis besi yang satu ini punya ketahanan yang sangat baik akan korosi. Besi ini juga kebanyakan terbuat dari baja.

Oleh karena itu, plat banyak orang memanfaatkannya sebagai bahan dasar perkakas. Anda bisa melihat penggunaan besi ini di beberapa alat rumah tangga. Ini karena besi plat punya ketahanan cukup tinggi.
Selain itu, besi ini banyak dimanfaatkan di kendaraan. Contohnya menjadi plat nomor kendaraan dari yang roda dua hingga kendaraan besar sekalipun.

4. Pipa Besi

Pipa Besi
Foto: betonbesibaja.com

Seperti namanya, varian besi ini berbentuk bulat dan menyerupai pipa dengan material dasar dari baja. Warna hitam merupakan ciri khas besi ini. Karena karakteristik tersebut, Anda mungkin bingung dengan fungsi utama pipa besi.

Hampir mirip dengan pipa pada umumnya, pipa besi punya fungsi untuk menyalurkan bahan tambang yang mudah terbakar, seperti gas, minyak, dan oli. Biasanya, besi ini memang ada dalam konstruksi berskala besar seperti pabrik dan bangunan industri lainnya.

Tapi, besi ini juga bisa buat konstruksi rumah, lho. Contohnya sebagai tralis, rangka plafon, hingga tiang lampu.

Baca Juga:  Mengenal Ukuran Besi Hollow, Fungsi, Jenis, dan Keunggulannya

5. Jenis Besi Beton

Besi Beton
Foto: distributorbesimurah.com

Besi satu ini merupakan yang paling umum dalam setiap proyek konstruksi bangunan. Besi beton juga bisa disebut sebagai besi tulangan atau beton bertulang karena biasa digunakan sebagai rangka atau pondasi dari sebuah bangunan.

Hampir setiap bangunan modern memakai besi ini di pondasinya karena materialnya sangat kokoh dan tahan lama. Besi ini kuat dalam menopang bangunan rumah yang berskala kecil.

Material dasar besi ini adalah serat karbon, serat basalt, dan juga lapisan stainless steel agar tak mudah berkarat. Ketiga material dasar tersebut bakal menjamin kekuatan besi beton.

Secara umum, besi beton terbagi lagi jadi dua model, yaitu besi ulir (deformed bar) dan besi polos (plain bar). Besi ulir berguna untuk bagian bangunan bawah atau pelengkap. Lalu, besi polos berguna jadi pondasi bangunan. Kalau sedang merencanakan membangun rumah, besi beton bisa buat rumah lebih kuat.

6. Besi Konstruksi H-Beam

Besi Konstruksi H-Beam
Foto: berita.99.co

Anda mungkin nggak pernah mendengar jenis besi ini. Tapi, kalau melihat bentuknya pasti akan langsung mengenalnya. Karean varian ini pada dasarnya paling terkenal dan sangat sering ada untuk berbagai jenis bangunan.

H-Beam sendiri berbentuk balok dan biasa disebut dengan hot rolled dan bentuknya menyerupai huruf H. Besi ini sering orang pakai dalam konstruksi jembatan panjang, apartemen, gedung besar, dan bangunan besar lainnya.

7. Besi Siku

Besi Siku
Foto: juraganmaterial.id

Anda pernah berkunjung ke sebuah konstruksi bangunan? Pasti pernah lihat besi siku. Besi ini berbentuk siku dengan kemiringan 90 derajat. Ada beberapa varian ukuran yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Varian ukurannya sendiri adalah 2 cm, 3 cm, 4 cm, sampai 5 cm.

Besi ini sering ada dalam pembangunan konstruksi rumah, menara air, dam, rak besi, meja, dan beberapa konstruksi lain. Karena bentuknya yang hampir sama dengan segitiga, besi ini sangat cocok jadi kerangka utama dalam konstruksi tower.

Baca Juga:  Apa Itu Mortar? Inilah Jenis, Fungsi, dan Karakteristiknya

8. Besi CNP

Besi CNP
Foto: besibeton.net

Seperti namanya, salah satu dari jenis-jenis besi konstruksi ini menyerupai huruf C. Besi ini adalah material pabrik yang terbentuk dari bahan plat coil dengan metode cutting dan bending. Anda bisa pakai besi ini sebagai bahan baku konstruksi untuk rangka atap dan rangka lainnya.

9. Besi UNP

Besi UNP
Foto: sinarbaja.co.id

Hampir sama dengan besi CNP, jenis besi ini menyerupai huruf U dan sudah memenuhi standar Eropa. Fungsi utamanya adalah jadi penyambung bangunan ataupun dudukan bangunan.

Besi ini merupakan varian yang kokoh dan sangat kuat. Karena UNP telah melewati beberapa fase teknologi yang cukup canggih. Selain itu, besi ini bisa Anda pakai buat keperluan pembuatan gardu listrik sampai kontainer sampah.

10. Best Expanded Metal

Best Expanded Metal
Foto: expandedmetalcompany.com

Tampilan besi ini hampir mirip dengan besi wiremesh. Besi expanded metal punya desain seperti jaring dan terbuat dari plat baja yang berlubang. Meski punya berat yang relatif ringan, besi ini sangat kuat. Umumnya, expanded metal juga ada dalam karya seni desain interior.

Dapatkan aneka jenis besi berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Sudah Tahu Apa Saja Jenis Besi untuk Konstruksi?

Anda sudah baca mengenai macam macam besi yang umum untuk konstruksi bangunan. Kalau sudah tahu soal jenis apa yang rumah butuhkan, Anda bisa langsung berkunjung ke Ukur.com. Marketplace satu ini menyediakan berbagai besi & baja untuk kebutuhan konstruksi.

Selain itu, Anda akan menemukan berbagai macam kebutuhan bahan bangunan lainnya di sini. Seperti lantai, fasad & atap, hingga pintu & jendela. Kalau kesulitan cari tukang bangunan, Ukur.com juga menyediakan jasa pemasangan. Yuk, kunjungi Ukur.com, satu aplikasi untuk segala kebutuhan konstruksi Anda!