Cara Mengatasi Plafon Bocor dengan Baik dan Benar

Cara Mengatasi Plafon Bocor

Saat musim hujan tiba den dengan intensitas tinggi setiap harinya, tentunya bisa menimbulkan masalah seperti rumah bocor. Ketika musibah itu terjadi, biasanya tetesan air dari genteng akan turun ke plafon dan membuatnya rembes lalu bocor. Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut cara mengatasi plafon bocor pada rumah.

Bagaimana Cara Mengatasi Plafon Bocor?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi plafon bocor. Nantinya Anda bisa memahami langkah-langkah berikut dan mencobanya sendiri.

1. Identifikasi Kebocoran

Sebelum memperbaiki atap plafon yang bocor, Anda harus melakukan identifikasi kebocorannya. Seperti yang Anda tahu, ketika musim hujan, tak jarang hujan datang bersama dengan hembusan angin yang kencang. Sehingga, bisa menyebabkan genteng rumah sedikit bergeser dan membuat air hujan mudah masuk.

Jika memang tidak ada genteng yang bergeser, maka besar kemungkinan terdapat salah satu genteng rusak atau retak. Selain genteng, jika Anda menggunakan AC dan pipanya menjalar di tembok atas plafon bisa menjadi penyebabnya. Nantinya, sistem pipa pada AC dengan kondensor tersebut bisa juga bocor atau bermasalah.

Bagaimana Cara Mengatasi Plafon Bocor?
Foto: Antijamur

2. Meminimalkan Kerusakan

Cara mengatasi plafon bocor selanjutnya adalah meminimalkan kerusakan. Ketika atap plafon yang terkena bocoran air hujan, akan terlihat rembesan pada titik tertentu.

Selain itu, akan menimbulkan perubahan warna plafon dan bisa juga terdapat air yang menetes. Sehingga perlu Anda ketahui bahwa besar kemungkinan terdapat lebih banyak air yang tersimpan di atas drywall.

Baca Juga:  5 Cara Membersihkan Rumput Sintetis, Mudah Tanpa Ribet!

Maka dari itu, untuk meminimalkan kerusakan plafon yang lebih besar lagi nantinya, Anda bisa mengebor beberapa titik yang terlihat rusak. Tujuan mengebor plafon tersebut, untuk membiarkan air yang menggenang jatuh ke lantai atau menampungnya dalam wadah.

Sehingga cara yang Anda lakukan untuk mengeluarkan sisa air itu, akan membuat drywall yang basah menjadi kering. Namun, saat Anda membiarkan kondisi plafon seperti itu bisa menyebabkan tumbuh jamur atau kerusakan lebih parah.

3. Memakai Tangga yang Stabil

Sebelum Anda memperbaiki plafon rusak karena bocor, sebaiknya mempersiapkan peralatan seperti tangga untuk naik ke plafon. Selain tangga, Anda bisa menggunakan meja tinggi sebagai pijakan saat memperbaiki plafon.

Tidak hanya itu, saat memperbaiki plafon, jangan saat kondisi plafon masih basah karena saat tidak sengaja menginjaknya akan gampang hancur. Sehingga, sebaiknya Anda memperbaiki plafon pada saat cuaca kering atau siang hari.

4. Perbaiki Kerusakan Plafon

Kemudian tahap perbaikan kerusakan plafon rumah. Terdapat beberapa cara mengatasi plafon bocor tersebut, yaitu:

a. Memperbaiki Retakan

Seringkali plafon yang bocor karena terdapat retakan. Sehingga Anda perlu menambalnya dengan campuran semen dan air. Kemudian campuran bahan tersebut Anda oleskan pada retakan secara merata. Jika sudah kering, bisa mengamplasnya untuk memperhalus permukaan plafon.

b. Menutupi Kerusakan Plafon dengan Cat

Cara mengatasi plafon bocor berikutnya adalah menutupi kerusakan plafon dengan menggunakan cat. Ketika Anda menemukan kerusakan plafon yang relatif kecil, maka bisa dengan menutupnya menggunakan cat. Pemilihan cat tersebut jika dibandingkan semen, akan lebih mudah menerapkannya.

Namun, sebelum mengecatnya, pastikan cat yang Anda beli merupakan cat anti bocor. Selain itu, Anda harus memilih kualitas cat yang baik karena pemakaian nantinya untuk jangka panjang. Kemudian jangan lupa memilih warna cat yang sesuai dengan warna plafon rumah.

c. Memperbaiki Plafon yang Kondisinya Berjamur

Perlu Anda perhatikan saat memperbaiki plafon yaitu harus bersih dari jamur dan juga lapuk. Kemudian dalam membersihkannya, Anda bisa membeli cairan pembersih khusus jamur. Selain itu juga dapat menutupi jamur yang membandel dengan cat atau bahan dekoratif lain.

Baca Juga:  8 Tips Kombinasi Wallpaper dan Cat Dinding Estetik untuk Interior

Kemudian perlu Anda ketahui bahwa adanya pertumbuhan jamur di bagian rumah tertentu disebabkan kondisi lingkungan yang lembab. Maka dari itu, Anda bisa memaksimalkan ventilasi di dalam ruangan untuk menjaga kelembaban plafon.

d. Mengganti Bagian Plafon yang Rusak

Cara mengatasi plafon bocor berikutnya adalah mengganti yang rusak. Saat terdapat beberapa bagian plafon yang terlihat rusak parah, Anda harus langsung menggantinya. Jika Anda masih kurang berpengalaman dalam mengganti plafon, bisa meminta bantuan kepada orang yang ahli.

e. Mengganti Semua Plafon

Ada kasus plafon bocor yang sudah parah dan membuat seluruh plafon dalam ruangan menjadi lapuk dan berlubang. Biasanya kondisi tersebut terjadi karena pemilik rumah tidak segera memperbaikinya dalam waktu yang lama. Sehingga kerusakan menyebar luas dan harus mengganti semua plafon.

Tips Menjaga Atap Rumah Tidak Bocor

Setelah tahu cara mengatasi plafon bocor, maka ada beberapa tips yang cukup penting untuk Anda ketahui. Adapun tips agar menjaga atap rumah tidak bocor antara lain:

1. Memeriksa Ventilasi Atap

Seperti yang Anda tahu bahwa kegunaan ventilasi untuk memperlancar sirkulasi udara pada ruangan. Namun, jika tidak Anda periksa lagi ketika musim hujan, bisa terjadi kasus air hujan yang rembes, sehingga harus memeriksanya secara berkala.

2. Menutup Ventilasi Atap

Menutup Ventilasi Atap
Foto: Menutup Ventilasi Atap

Saat cuaca mendung, Anda harus segera menutup ventilasi atap. Ketika sudah menutupnya, namun masih terdapat bagian sisi yang terbuka, bisa menambahkan penutup. Nantinya Anda dapat menggunakan penutup tambahan pada sisi ventilasi seperti lap kanebo atau dari bahan lainnya.

3. Membersihkan Talang Air

Membersihkan Talang Air
Foto: shopping.tribunnews.com

Talang air berfungsi untuk mencegah air hujan turun dari atap langsung ke tanah dan menjadi saluran pembuangan air. Lalu, letaknya berada di atap rumah, sehingga tidak jarang terdapat sampah dedaunan yang menumpuk dan membuat aliran air tersumbat. Sehingga air yang menggenang dapat masuk ke dalam rumah.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Tembok lembab dan Basah di Rumah Anda

4. Mengecek Kemiringan Atap

Mengecek Kemiringan Atap
Foto: artikel Rumah123.com

Setiap rumah memiliki bentuk atap yang bervariasi, namun kebanyakan berbentuk kerucut. Penerapan bentuk atap seperti itu, tentunya untuk menangkal air dengan baik dan mencegah air masuk ke rumah. Kemudian tingkat kemiringan atap yang baik agar tidak terlalu landai antara 20-30 derajat.

5. Melapisi Anti Bocor

Melapisi Anti Bocor Atap
Foto: Suara.com

Meskipun plafon rumah sudah Anda berikan pelapis anti bocor dan terlihat aman, namun pertama kali air hujan yang masuk bisa berasal dari genteng. Maka dari itu, Anda bisa memberikan cat pelapis anti bocor pada genteng secara menyeluruh. Supaya hasilnya maksimal, pilihlah cat anti bocor yang berkualitas.

Apa Saja yang Menyebabkan Atap Rumah Bocor?

Perlu Anda ketahui juga penyebab atap atau plafon bocor yaitu:

  • Terdapat retakan pada plafon rumah
  • Pemasangan genteng yang salah atau tidak rapi, sehingga terdapat sedikit celah
  • Tidak pernah mengecek dan merawat atap rumah dari genteng hingga plafon
jual plafon PVC
Dapatkan plafon PVC berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Telah Paham Tentang Cara Mengatasi Plafon Bocor?

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi plafon bocor dengan benar. Selain itu, terdapat cara meminimalisir terjadinya kebocoran atap dan beberapa penyebabnya. Sehingga nantinya bisa Anda pahami dan lebih memperhatikan kondisi atap rumah ketika musim hujan.

Jika memang kondisi tersebut sudah terjadi pada ruang tamu rumah Anda dan harus mengganti semuanya seperti plafon, tenang saja. Anda bisa membenarkannya dan memperindah lagi dengan melihat model plafon ruang tamu pada situs Ukur.com.

Nantinya, Anda bisa merancang plafon rumah dengan memakai model plafon gantung atau drop ceiling. Tentunya sebelum membuatnya harus mengukur dan memperhitungkan seperti tinggi plafon dan lainnya.

Kemudian untuk bahan dan alatnya bisa mencari juga di Ukur.com, mulai dari perkakas, material konstruksi, hingga dinding & plafon. Anda juga tidak usah khawatir, karena merchant Ukur.com sudah terverifikasi, sehingga aman dan terpercaya. Apalagi, terdapat layanan pemasangan yang tentunya sangat berguna.