8 Inspirasi Desain Ruang Tamu Klasik

desain ruang tamu klasik

Sudahkah Anda menentukan desain ruang tamu klasik yang cocok untuk rumah? Pada dasarnya, pemilihan desain interior yang bagus akan memengaruhi suasana dan kenyamanan penghuninya.

Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan aspek-aspek penting dalam mendesain ruang tamu seperti memilih konsep, tema, dan budget-nya. Sebagai pertimbangan, mari perhatikan beberapa ide tema desain interior ruang tamu berikut ini!

Ide Desain Ruang Tamu Klasik

Ruang tamu adalah salah satu bagian penting dari sebuah rumah yang berfungsi sebagai tempat untuk menyambut tamu. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan tampilan desain interiornya. Nah, berikut adalah opsi desain interior yang cocok untuk ruang tamu di rumah:

1. Tema Semi Mid Century

Tema Semi Mid Century ruang tamu
Foto: Dekoruma

Kalau suka dengan interior rumah bergaya klasik ala abad pertengahan, maka Anda wajib menerapkan tema semi mid century untuk interior ruang tamu. Desain bertema semi mid century merupakan pembaruan dari gaya vintage dan minimalis, sehingga memberikan kesan klasik dengan sedikit sentuhan modern.

Secara umum, desain ruang tamu ini lebih berfokus pada fungsi perabotan dan dekorasi dalam ruangan. Perhatikan pula pemilihan plafon ruang tamu yang berkualitas dan cocok dengan desain bergaya mid century. Seperti memilih plafon kayu dengan model drop ceiling.

Penggunaan material kayu yang solid menjadi sentral dalam mendesain ruang tamu dengan gaya mid century. Namun, bukan berarti tidak boleh memakai material jenis lainnya, ya. Anda tetap bisa menambahkan ornamen material lain seperti logam dan stainless steel di ruang tamu Anda agar lebih modern.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Jenis Lantai Rumah dan Keunggulannya

2. Tema Mediterania Minimalis

Ruang tamu Tema Mediterania Minimalis
Foto: Pembantu.com

Pemilik rumah dengan budget kecil pasti cenderung memilih tema mediterania minimalis untuk desain interior di ruang tamu mereka. Mengapa demikian? Salah satu alasannya adalah karena desain interior ini tidak membutuhkan banyak dekorasi maupun perabotan.

Walaupun terkesan minimalis dan sederhana, Anda tetap bisa mendapatkan kesan elegan di rumah. Ornamen lampu gantung atau chandelier akan memberikan kesan ala-ala Eropa di ruang tamu Anda. Sedangkan kesan minimalis bisa didapatkan dari pemakaian balok kayu untuk plafonnya.

Plafon ruang tamu elegan minimalis dan berkesan mewah juga bisa Anda dapat jika memakai plafon dengan material PVC yang anti rayap dengan gaya bertingkat. Material GRC (Glassfiber Reinforced Cement) dengan motif kayu atau beraksen lingkaran di tengah juga bisa Anda coba pakai jika ingin lebih menekan budget.

3. Tema Gothic

Tema Gothic
Foto: Ruang tamu Tema Gothic

Bagi sebagian orang, desain ruangan bergaya gothic terkesan menyeramkan. Padahal, jika Anda bisa memadupadankannya dengan dekorasi dan perabotan yang tepat, justru akan memberikan kesan elegan dan misterius yang unik.

Desain ruang tamu klasik bertema gothic memang belum sepopuler tema interior lainnya. Namun, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membuat suasana ruang tamu di rumah terasa unik dan berbeda. Agar nuansa gothic semakin terasa kuat, pilihlah cat tembok berwarna gelap seperti hitam, abu-abu, dan coklat.

4. Tema Pola Simetris

Ruang tamu Tema Pola Simetris
Foto: id.pinterest.com

Kesan tegas dan minimalis akan Anda dapatkan saat memakai tema pola simetris untuk desain klasik sederhana. Sama seperti namanya, tema desain ini cenderung mengutamakan pola-pola simetris untuk menghiasi ruangan.

Lengkapi juga dengan perabot maupun dekorasi bertema senada. Lalu, pilihlah pola simetris dengan warna-warna berbeda agar ruang tamu di rumah tidak terkesan kaku dan monoton.

5. Tema Bohemian

Tema Bohemian
Foto: id.pinterest.com

Desain interior satu ini memadukan tiga unsur gaya sekaligus, yaitu vintage, hippie, dan etnik. Uniknya, desain ruangan bergaya bohemian dapat memancarkan kesan bebas yang identik dengan istilah gipsi.

Baca Juga:  13 Inspirasi Kombinasi Warna Cat Plafon Gypsum: Wajib Tahu!

Gipsi adalah sebutan untuk orang-orang yang melarikan diri dari aturan kaku yang diterapkan di wilayah Bohemia, Eropa Tengah. Maka dari itu, orang-orang berjiwa bebas cenderung suka dengan ruang tamu klasik bergaya bohemian ini.

Sekilas, tema desain semacam ini memang terlihat agak berantakan dan tidak beraturan. Namun, justru itulah yang menjadi daya tarik dari tema bohemian. Selain memberikan kesan unik, ruang tamu Anda juga akan terlihat eksentrik.

Perpaduan warna yang saling bertabrakan dan kontras juga menjadi salah satu keunikan desain bohemian. Di samping itu, dekorasi berupa kain-kain bercorak etnik dan kalsiboard yang kuat juga akan semakin mempertajam kesan bohemian di ruang tamu.

6. Tema Retro

Ruang tamu Tema Retro
Foto: InteriorDesign.id

Belakangan, tren gaya era 90an kembali hits dan populer di berbagai bidang, salah satunya desain interior. Maka dari itu, desain bernuansa tempo dulu menjadi inti dari tema ini.

Bagi yang suka bernostalgia dengan kenangan masa lalu, mungkin tema desain satu ini akan cocok dengan selera Anda. Gimana bisa? Alasannya adalah karena gaya retro kerap memakai item-item perabotan jadul, seperti televisi tabung sebagai dekorasi di ruang tamu.

Selain dekorasi yang terkesan jadul (zaman dulu), pilihan warnanya juga cenderung hangat dan cerah. Pasalnya, Anda bisa bermain-main dengan warna-warna lembut seperti jingga, kuning, atau krem untuk mengubah tampilan ruang tamu klasik minimalis di rumah.

7. Tema Rustic

Ruang tamu Tema Rustic
Foto: ruparupa.com

Desain ruang tamu klasik sederhana selanjutnya adalah tema rustic. Pada desain interior ini, kesan suasana pedesaan yang hangat, nyaman, dan apa adanya akan lebih menonjol jika Anda gunakan.

Dekorasi tambahan seperti tanaman hias juga cocok untuk menghiasi ruang tamu bergaya rustic. Bahkan, Anda juga bisa menggantinya dengan dekorasi lain seperti benda-benda antik agar kesannya jauh lebih hangat dan ramah.

Baca Juga:  6 Jenis Plafon Rumah dan Kelebihannya

Bagi yang ingin menggunakan tema ini untuk mendesain interior ruang tamu, maka pilihlah warna-warna seperti hijau, krem, coklat, dan warna-warna netral lainnya.

8. Tema Industrial

Ruang tamu Tema Industrial
Foto: More Furniture

Tema desain industrial juga tidak kalah populer dari tema-tema desain interior yang lainnya, lho. Ciri khas dari ruangan bergaya industrial adalah pada desain plafon tinggi. Maka dari itu, tema ini cukup populer digunakan untuk mendesain interior bangunan kafe atau kantor.

Walaupun begitu, tema ini juga cocok untuk diterapkan pada interior rumah seperti ruang tamu. Biasanya, rumah bergaya industrial akan condong menggunakan warna-warna netral yang gelap, seperti hitam, abu-abu, atau coklat.

Kesan yang ditampilkan melalui desain ruang tamu bergaya industrial adalah simpel, minimalis, dan tenang. Lalu, untuk pemilihan dekorasinya cenderung mengarah ke bahan metal, logam, atau besi.

jual plafon gypsum
Dapatkan plafon gypsum berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Tertarik dengan Salah Satu Desain Ruang Tamu Klasik di Atas?

Mendesain ulang interior ruang tamu dipercaya bisa membuat betah penghuninya. Selain itu, Anda bisa meningkatkan kenyamanan para tamu yang datang berkunjung dengan memilih tema yang tepat. Karena ada banyak desain ruang tamu klasik, Anda bisa pilih yang sesuai dengan karakter.

Kemudian, sesuaikan lagi dengan budget yang Anda miliki untuk keperluan membeli perabot dan ornamen dekorasinya. Jika sudah memutuskan, kunjungi saja situs Ukur.com. Marketplace ini menyediakan kebutuhan bangunan lengkap dengan harga terjangkau.

Anda bisa membeli seluruh perlengkapan perabot rumah sesuai dengan tema interior di Ukur.com. Bagi yang bingung mencari lantai, plafon, dan furniture untuk ruang tamu, Ukur.com juga telah menyediakan. Proses pemasangan juga lebih mudah karena tersedia jasa pemasangan. Lengkap, bukan? Yuk, segera kunjungi situsnya!