9 Perpaduan Warna Cat Tembok dan Kusen yang Bagus

Cat tembok dan kusen

Tahukah Anda bahwa perpaduan antara dua warna cat di berbagai unsur bangunan rumah bisa terlihat bagus, atau justru norak? Nah, supaya rumah tampak lebih sedap dipandang, ikuti rekomendasi pilihan perpaduan warna cat tembok dan kusen yang bagus dalam pembahasan kali ini!

Pilihan Perpaduan Warna Cat Tembok dan Kusen yang Bagus

Saat akan mengganti warna cat di rumah, sebaiknya jangan hanya perhatikan kombinasi warna cat plafon dan dinding rumah. Perpaduan warna antara kusen dan dinding juga sangat berpengaruh terhadap tampilan rumah. Ada sembilan kombinasi yang bisa Anda coba sesuai dengan tema interior rumah Anda berikut ini!

1. Putih dan Biru

 cat tembok & kusun Putih dan Biru
Foto: pinterest

Salah satu rekomendasi perpaduan cat tembok dan kusen yang sangat menarik adalah menggabungkan warna putih dan biru. Anda bisa menggunakan warna putih untuk tembok. Sementara untuk kusen, lapisilah dengan warna biru untuk memberikan aksen yang istimewa.

Warna putih bersifat netral sehingga menciptakan suasana yang segar dan luas di rumah. Saat Anda menggabungkan dengan warna biru yang lembut dan menenangkan, hunian Anda akan terasa lebih hangat dan nyaman.

Tidak sedikit pemilik rumah yang memilih kombinasi dua warna ini untuk tembok dan kusen pintu maupun jendela memberikan tampilan rumah yang mewah sekaligus nyaman bagi penghuninya.

2. Coklat Tua dan Coklat Muda

Cat Coklat Tua dan Coklat Muda
Foto: lamudi

Tidak ingin menggunakan terlalu banyak warna berbeda untuk mengecat rumah Anda? Coba deh gunakan warna senada, seperti coklat tua dan coklat muda, untuk mengecat tembok serta kusen. Warna yang lebih mudah lebih cocok untuk bagian dinding atau tembok.

Baca Juga:  Architrave Pintu: Pengertian, Fungsi dan Cara Pemasangannya

Sementara untuk kusen pintu maupun jendela, Anda bisa menggunakan warna coklat yang lebih tua. Coklat merupakan warna alami dari kayu sehingga memberi kesan lebih natural untuk bagian kusen rumah yang terbuat dari kayu.

Kombinasi kedua warna ini memberikan seimbang tanpa ada kontras yang terlalu kuat, cocok untuk menambah kesan humble yang nyaman.

Tidak sedikit orang yang memilih perpaduan warna coklat tua dan coklat muda untuk pewarnaan rumah karena memberikan nuansa alami yang membuat penghuni merasa lebih nyaman dan terhubung dengan alam.

3. Hitam dan Putih

cat tembok & kusen warna hitam
Foto : catbesi

Hitam dan putih adalah 2 warna netral yang mudah untuk Anda padupadankan. Kombinasi warna cat putih dan hitam menjadi favorit banyak orang dalam desain rumah, terutama bagi yang menginginkan tampian minimalis.

Jika tidak ingin mengecat rumah dengan warna mencolok atau terlalu gelap, perpaduan kedua warna ini bisa menjadi pilihan terbaik. Selain memberikan kesan yang indah, perpaduan warna cat kusen dan tembok monokrom dengan dinding warna putih dan kusen-kusen berwarna hitam memberi kesan sederhana tetapi juga elegan dan mewah.

4. Abu-Abu dan Putih

cat tembok & kusen Abu-Abu dan Putih
Foto : kompas

Selain hitam dan putih, Anda juga mengombinasikan warna netral yang lebih teduh menggunakan warna putih dengan abu-abu.

Dengan dua warna ini, Anda bisa menciptakan ruang yang menarik fokusnya pada perabotan atau furniture di dalam ruangan. Kelebihannya, kombinasi abu-abu dan putih ini juga menghadirkan nuansa yang segar dan tenang sehingga cocok untuk rumah dengan konsep minimalis.

Kehadiran abu-abu yang teduh dan menenangkan bersama dengan warna putih yang memberikan kesan terang menjadikan kombinasi ini serbaguna dan mudah untuk Anda selaraskan dengan berbagai warna dekorasi lain yang sesuai konsep Anda.

Anda bisa mengecat tembok dengan warna abu-abu, baik abu-abu yang terang atau cenderung gelap, serta mengaplikasikan warna putih di bagian kusen pintu dan jendela.

Baca Juga:  Warna Pintu Rumah Pembawa Hoki Berdasarkan Feng Shui

5. Biru dan Pasir Putih

Cat tembok dan kusen Biru dan Pasir Putih
Foto : pinterest

Butuh rekomendasi perpaduan cat tembok dan kusen khusus untuk area kamar tidur anak? Coba deh aplikasikan warna biru dan pasir putih (white sand).

Kombinasi ini bisa memberikan sentuhan ceria sekaligus nyaman ala pantai untuk kamar tidur sehingga penghuninya bisa merasa lebih betah beristirahat di dalamnya.

Alasannya, warna biru memberi kesan yang tenang, terutama saat Anda pasangkan bersama warna putih. Tapi, Anda juga perlu tahu perlu kalau cahaya di dalam kamar kurang terang, warna-warna tersebut mungkin akan terlihat membosankan dan gelap, lo.

Perpaduan ini juga kurang cocok untuk kamar berukuran kecil. Nah, jika ruang tidur anak atau area rumah yang ingin Anda cat ulang berukuran kecil, sebaiknya cari kombinasi warna cat kamar tidur sempit yang bisa memberi kesan luas dan lapang.

6. Kuning dan Putih

cat tembok dan kusen warna kuning
Foto : pinterest

Banyak yang menghindari kuning dalam pemilihan cat tembok rumah karena tampak terlalu mencolok. Padahal, warna kuning bisa memberi nuansa yang menarik kalau Anda tahu cara mengkombinasikan dan memilih kombinasi warna yang tepat!

Warna kuning sendiri memiliki efek positif bagi psikologi sehingga bisa berdampak pada suasana keseluruhan rumah dan penghuni rumahnya, lo.

Coba saja gabungkan warna kuning dengan warna putih untuk perpaduan warna kusen dan tembok di bagian fasad rumah. Kedua warna tersebut bisa membawa kesan bersih, hangat dan dan ceria.

Agar terlihat lebih hidup, jangan ragu untuk menambahkan atau beri sentuhan ornamen kayu sebagai pelengkapnya juga secara proporsional!

7. Krem dan Cokelat

kusen Krem dan Cokelat
Foto : wordpress

Kombinasi antara cat tembok krem lembut dan kusen cokelat hangat dapat mengubah tampilan rumah menjadi lebih hangat. Terlebih lagi, tidak banyak rumah yang memilih gabungan warna ini karena kedua warna tersebut cenderung mirip. Warna krem dan cokelat memang masih senada karena merupakan variasi warna coklat.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Plafon Eternit, Kelebihan, dan Jenis Desainnya

Tapi, kalau Anda sapukan warna krem pada tembok dan cokelat di bagian kusen-kusen, kombinasi kedua warna kalem ini memberikan kesan sederhana dan friendly yang menenangkan mata. Anda bisa coba mengaplikasikannya di area fasad rumah.

8. Abu-Abu dan Cokelat

kusen Abu-Abu dan Cokelat
Foto : pinhome

Jika menginginkan tampilan rumah yang minimalis, modern, dan alami, Anda bisa mencoba kombinasi warna cat tembok abu-abu dan kusen cokelat. Gabungan dua warna alami dan netral ini akan memberikan rumah kesan yang nyaman dan hangat.

Warna tembok abu-abu dengan sentuhan modern bersatu dengan warna kusen cokelat yang memberikan kesan alami, menciptakan tampilan yang selalu terlihat segar dan unik.

Menariknya, abu-abu adalah salah satu warna cat No Drop yang sangat populer dan laris manis di pasaran.

9.Coklat dan Peach

kusen & tembok Coklat dan Peach
Foto:superbangunjaya

Sama seperti paduan abu-abu dan cokelat, kombinasi warna cat tembok dan kusen coklat dengan peach juga bisa memberikan nuansa hangat pada ruangan. Gabungan warna tersebut memang akan membuat rumah Anda terlihat mencolok, tetapi tetap elegan dan jauh dari kesan norak.

Tidak semua warna bisa harmonis dengan warna peach karena karakternya yang lembut.

Tapi, justru kombinasi dengan warna coklat dengan peach membuat kesan alam yang segar sehingga memberi ruangan sentuhan manis dan unik. Perpaduan tersebut cocok bagi Anda yang suka warna-warna lembut.

cat tembok
Lengkapi kebutuhan bangunan anda dengan Cat Tembok berkualitas di UKUR

Telah Menentukan Pilihan Perpaduan Warna untuk Rumah Anda?

Setiap orang tentu memiliki selera yang berbeda ketika memilih kombinasi warna. Jadi, untuk memilih salah satu dari beberapa perpaduan warna cat tembok dan kusen yang bagus di atas, silakan sesuaikan dengan selera dan preferensi tema atau konsep desain rumah Anda.

Kalau sudah menentukan kombinasi warnanya, pastikan Anda membeli cat melalui marketplace Ukur.com. Tidak hanya menyediakan cat, Ukur siap memenuhi berbagai kebutuhan Anda, mulai dari furniture, AC, elektronik, pintu & jendela, hingga perangkat safety!