Perhatikan 8 Bagian-Bagian Kursi Kantor Sebelum Membeli!

Perhatikan 8 Bagian-Bagian Kursi Kantor Sebelum Membeli!

Kursi adalah teman setia yang selalu siap membantu Anda saat butuh tempat duduk yang nyaman. Mungkin Anda pernah penasaran bagaimana cara membuat kursi ataupun ukuran kursi. Namun, apakah Anda tahu bagian-bagian kursi yang berperan penting dalam kenyamanan beserta kegunaannya? Mari simak bagian-bagian kursi kantor dalam artikel berikut ini!

Mengapa Harus Memperhatikan Bagian Kursi Kantor?

Bagi para pekerja kantoran, kursi kantor adalah salah satu furnitur yang sangat berperan penting untuk memaksimalkan kinerja mereka. Pemilihan kursi kantor yang sesuai dengan kebutuhan akan membantu menciptakan kenyamanan dan mengurangi kelelahan saat bekerja.

Kursi kantor yang nyaman sangat bergantung pada bagian-bagiannya. Semakin banyak bagian-bagian kursi yang bisa menyesuaikan kebutuhan Anda alias ergonomis, semakin nyaman pula untuk digunakan.

Dengan kata lain, kursi kantor yang ergonomis, akan mendorong para pekerja untuk tetap produktif dan memberikan hasil kerja yang optimal.

8 Bagian-Bagian Kursi Kantor yang Perlu Anda Tahu

Ada delapan bagian-bagian kursi yang sangat penting untuk mendukung kenyamanan Anda, di antaranya:

1. Kaki dan Roda

Kaki dan Roda
Foto: rumah123

Pertama, bagian ini terletak di bawah dan berperan sebagai penyangga kursi. Komponen ini sangat penting karena berkontribusi pada kenyamanan orang yang duduk.

Jika bagian ini mengalami kerusakan atau cacat, maka kursi kantor tersebut tidak akan berfungsi dengan baik dan akan mengganggu kenyamanan seseorang untuk duduk.

Dari segi keamanan, kaki dan roda kursi juga merupakan faktor penting. Saking pentingnya, bagian ini akan Anda jumpai pada kursi makan bayi. Kursi makan bayi terbaik biasanya menggunakan kaki dan roda yang kokoh, begitu pula dengan kursi kantor yang digunakan untuk menahan beban orang dewasa.

Baca Juga:  8 Inspirasi Desain Lemari Pakaian Minimalis Modern, Ala Pinterest

Jadi, kaki atau roda kursi yang berfungsi dengan baik baru bisa dianggap aman untuk diduduki.

2. Sandaran Tangan

sandaran tangan
Foto: taiwan-suppliers.org

Dari perspektif kesehatan, komponen armrest atau sandaran tangan adalah salah satu fitur yang memiliki peran penting. Adanya sandaran tangan dapat mengurangi ketegangan pada bahu, lengan atas, dan tulang belakang.

Selain itu, tinggi bagian ini juga dapat disesuaikan dengan preferensi kenyamanan pengguna. Setidaknya, panjang sandaran tangan harus mencapai 20 cm dan lebar 4 cm.

3. Sandaran Punggung

sandaran punggung
Foto: Blibli/tunggal-jaya

Bagian-bagian kursi kantor berikutnya adalah sandaran punggung. Umumnya, sandaran punggung dirancang secara otomatis untuk menyesuaikan bentuk tubuh manusia dan mengikuti kurva alami tulang belakang yang seperti membentuk huruf S.

Bagian sandaran punggung ini dapat disesuaikan dalam dua arah, yaitu ketinggian (naik-turun) dan kedalaman (maju-mundur). Fitur ini membantu menjaga postur tubuh Anda agar tetap tegak saat bekerja dalam jangka waktu yang lama.

4. Sandaran Kaki

sandaran kaki
Foto: Aliexpress/Houseware Series Store

Untuk meningkatkan kenyamanan saat bekerja, disarankan untuk memilih kursi kantor yang lengkap dengan fitur footrest atau sandaran kaki. Fasilitas ini berfungsi untuk menopang kaki Anda dan mengurangi ketegangan otot kaki yang mungkin terjadi karena duduk dalam waktu yang lama.

Jadi, Anda bisa memilih sandaran kaki yang mampu menahan beban tubuh, yakni berkisar antara 5 hingga 10 kilogram.

Terkadang, keberadaan sandaran kaki dianggap kurang penting, padahal bagian ini memiliki potensi untuk meningkatkan tingkat kenyamanan Anda selama bekerja. Oleh karena itu, membeli kursi kantor yang dilengkapi dengan fasilitas sandaran kaki akan menjadi pilihan yang bijak.

5. Dudukan Kursi

dudukan
Foto: Blibli/ikea-furniture-swedia

Ketika Anda berencana untuk membeli kursi kantor, disarankan untuk memilih dudukan yang memiliki kualitas yang baik, terutama pada bagian busanya. Hal ini bertujuan untuk mencegah agar dudukan tidak cepat rusak, mengingat fungsi utama kursi adalah untuk menopang lebih dari 70% berat tubuh penggunanya.

Baca Juga:  Kenali Apa Itu PVC Board dan Kegunaan Utama untuk Furniture

Seperti halnya sandaran tangan, dudukan kursi juga harus memiliki ukuran yang ideal, dengan lebar minimal antara 42 hingga 50 cm menyesuaikan dengan ukuran kursi Anda.

Kemudian, ketinggian bagian-bagian kursi kantor ini juga harus pas. Dengan ketinggian yang tepat, tekanan pada tulang panggul saat Anda duduk dapat diminimalisir.

6. Sandaran Kepala

Sandaran Kepala
Foto : dekoruma.com

Sandaran kepala pada kursi kantor adalah bagian yang bertanggung jawab dalam menopang kepala pengguna. Namun sayangnya, tidak semua kursi kantor dilengkapi dengan sandaran kepala.

Selain itu, beberapa desain kursi memiliki sandaran kepala yang dapat disesuaikan ketinggiannya atau dilepas pasang. Sementara itu, ada juga beberapa jenis kursi yang memiliki sandaran kepala paten, atau tidak bisa Anda atur ketinggiannya.

Fungsi utama sandaran kepala adalah untuk mengurangi nyeri leher. Ketinggian sandaran kepala harus bisa Anda sesuaikan untuk memastikan kepala tetap dalam posisi yang benar.

7. Silinder Kursi

silinder
Foto: Aliexpress

Bagian-bagian kursi kantor berikutnya adalah silinder yang menghubungkan bagian dasar dengan dudukan kursi. Silinder ini berfungsi untuk menyesuaikan ketinggian kursi, sehingga cocok untuk individu dengan berbagai tinggi badan. Bagian ini biasanya juga Anda atur sesuai preferensi kenyamanan masing-masing.

8. Aksesoris Tambahan

Aksesoris Tambahan
Foto: Lazada

Aksesoris ini mencakup bantal yang terpasang di bagian sandaran. Terkadang, ada pula hiasan seperti manik-manik dan ornamen lain yang berfungsi sebagai unsur dekoratif.

Fungsi utama dari komponen tambahan ini adalah untuk meningkatkan aspek estetika. Aksesoris tambahan ini juga dapat memengaruhi nilai jual kursi kantor di pasaran.

Jenis-Jenis Kursi Kantor yang Umum Digunakan

Sebelum membeli kursi kantor, penting untuk memahami berbagai jenisnya sesuai kebutuhan Anda, di antaranya:

1. Kursi Kantor Sandaran Tinggi

Saat membeli furnitur kantor ini, pilihlah yang memiliki penyangga punggung tinggi. Fitur punggung tersebut bisa membantu memberikan kenyamanan pada bagian belakang tubuh Anda, mulai dari bagian kepala hingga bagian bawah.

Baca Juga:  8 Jenis Keramik untuk Mempercantik Rumah Anda

Biasanya, kursi kantor dengan sandaran tinggi juga mempunyai bantalan kepala sehingga akan memberikan kenyamanan ekstra saat bersandar. Penting juga untuk memastikan bahwa penyangganya harus sesuai dengan postur tubuh Anda agar tidak menyebabkan rasa pegal yang berlebihan.

2. Kursi 24 Jam

Jenis yang satu ini sangat sesuai untuk penggunaan yang berkelanjutan dan ideal untuk bidang kerja pusat panggilan atau service center. Para produsen secara khusus merancang produk ini agar bisa pengguna duduki secara terus-menerus.

Umumnya, jenis kursi ini memiliki konstruksi bingkai yang sangat kokoh, bantalan dan penyangga punggung yang tebal, serta hadir dengan beberapa penyesuaian ergonomis.

3. Kursi Eksekutif

Jenis ini merupakan salah satu kursi kantor termahal di pasaran. Sebagai jenis kursi kantor kelas atas, jenis ini menawarkan bantalan dan bagian-bagian lain yang sangat berkualitas untuk meningkatkan tingkat kenyamanan penggunanya.

4. Kursi Kerja Ergonomis

Kursi kerja ergonomis ini sering para pekerja kantoran gunakan karena biasanya terdapat beberapa keunggulan yang signifikan dalam menyesuaikan kenyamanan para pekerja untuk meningkatkan produktivitas kerjanya.

Beberapa keunggulan tersebut yakni memungkinkan penggunanya mengatur pengaturan kedalaman, kemiringan, serta ketinggian. Hal ini memungkinkan pengalaman duduk yang lebih baik bagi karyawan dan memberikan tingkat kenyamanan optimal.

jual kursi kantor
Dapatkan kursi kantor berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Sudah Tahu Bagian-Bagian Kursi Kantor?

Jadi, itulah bagian-bagian kursi kantor yang mungkin jarang Anda sadari tapi bisa memberikan kenyamanan untuk penggunanya agar dapat bekerja secara optimal.

Jika Anda sedang mencari kursi kantor dengan bahan-bahan berkualitas, Anda dapat mengunjungi Ukur.com. Marketplace ini menyediakan berbagai produk kursi kantor dengan dudukan empuk hingga sandaran yang ergonomis sesuai kebutuhan Anda.

Selain kursi kantor, Ukur.com juga menyediakan beragam produk elektronik, seperti AC, TV, CCTV, dan lain-lain.