9 Cara Menghilangkan Lem di Lantai Bekas Karpet

9 Cara Menghilangkan Lem di Lantai Bekas Karpet

Lantai merupakan bagian paling bawah dari suatu bangunan yang memang akan selalu kita injak-injak. Selain itu, ada kalanya anak-anak main atau membuat kerajinan sehingga terjadi kecelakaan kecil, seperti lem tumpah di karpet. Memang menyebalkan, namun jangan khawatir karena ada cara menghilangkan lem di lantai.

Cara membersihkan lem di lantai ini terdiri dari beberapa macam. Kabar baiknya, Anda bisa memilih salah satu langkah yang menurut Anda paling cocok. Mau tahu apa saja cara-cara tersebut? Ayo simak penjelasan di artikel ini.

9 Cara Menghilangkan Lem di Lantai

Sebelum kita membahas tentang cara menghilangkan lem di lantai, apakah Anda tahu jenis jenis lantai itu sendiri? Lantai rumah atau bangunan terbagi menjadi beberapa yakni, ubin, marmer, granit, karpet, dan kayu. Kali ini kita akan membahas 9 cara menghilangkan bekas lem di lantai, yaitu:

1. Kikis dengan Kape

Kikis dengan Kape
Foto : lazada

Kape merupakan alat yang berfungsi untuk mengerok cat lama atau menambal retakan pada tembok maupun lantai.

Apabila lantai Anda terkena lem, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengikisnya dengan kape. Akan tetapi, Anda harus menyiram lem tersebut dengan sabun cuci piring dan air hangat.

Setelah itu, pakai kape untuk mengangkat lem di lantai. Lakukan dengan perlahan agar tidak merusak tekstur permukaan lantai.

Setelah sebagian lem lantai terangkat, Anda bisa menggunakan spons basah untuk membersihkan sisa lem tersebut. Ulangi langkah sampai lem bersih sempurna.

2. Gunakan Minyak Goreng

Minyak Goreng
Foto : grid.id

Cara menghilangkan lem di lantai yang kedua adalah menggunakan minyak goreng. Caranya mudah, Anda bisa menuangkan minyak goreng ke permukaan lantai yang terkena lem.

Baca Juga:  Cara Membersihkan Bunga Es Tanpa Mematikan Kulkas

Kemudian bungkus dengan plastik dan biarkan minyak tersebut meresap. Kurang lebih membutuhkan waktu 30 menit.

Setelah itu, kikis menggunakan kain basah untuk menyeka bekas lem yang mulai mengelupas. Lalu, cuci dengan air sabun hangat agar minyak bisa hilang. Kemudian, Anda bisa membasuhnya dengan kain kering. Mudah bukan?

3. Alkohol

Alkohol
Foto : sehatq.com

Ada banyak bahan yang menunjang cara membersihkan bekas cat di lantai ataupun lem. Salah satunya adalah alkohol. Bahan ini bisa Anda beli di apotik terdekat. Cara menggunakannya, silahkan siapkan kain bersih dan lembut. Kemudian, tuangkan alkohol secukupnya.

Setelahnya, gosokkan kain secara perlahan pada area lem yang menempel di karpet atau lantai. Lakukan secara berulang agar lem yang menempel bisa terangkat dengan sempurna.

4. Baking Soda

Baking Soda
Foto : kompas.com

Cara menghilangkan bekas lem karpet di lantai yang keempat bisa menggunakan baking soda. Meskipun, bahan ini sangat sering digunakan sebagai tambahan untuk membuat kue, kegunaannya lebih daripada itu.

Caranya pun cukup mudah, yakni dengan menaburkan baking soda ke area yang terkena lem. Baking soda akan menyerap lem tersebut dan lama-kelamaan lem akan mengelupas dengan sendirinya.

Setelah lem terkelupas, Anda bisa membersihkannya menggunakan kain kering. Selain membersihkan lem, ternyata baking soda juga cocok untuk cara menghilangkan bau pesing di lantai loh!

Sebab, bahan pembuat kue ini memiliki kandungan khusus yang mampu menghilangkan bau secara cepat.

5. Cairan Aseton

Cairan Aseton
Foto : siplah.pesonaedu.id

Cairan aseton yang kita kenal sebagai bahan pembersih cat kuku ternyata juga bisa Anda terapkan pada cara menghilangkan lem di lantai. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya perlu menuangkan sedikit air pada lantai yang terkena lem.

Kemudian, gunakan cairan aseton dan tunggulah sampai lem yang mengering tersebut bisa mengelupas. Setelah itu, gunakan kain untuk menghilangkan sisa lemnya. Lakukan secara hati-hati agar permukaan lantai tidak rusak.

6. Garam

Garam
Foto : cnnindonesia

Garam termasuk bahan masakan yang memiliki banyak manfaat. Tak hanya untuk kesehatan saja, melainkan juga membersihkan lem yang menempel di sekitar lantai. Untuk menerapkannya, Anda hanya perlu menyiapkan dua sendok garam.

Baca Juga:  Mudah! Begini 3 Cara Membuat Rel Pintu Geser dari Besi Hollow

Lalu, tambahkan sedikit air pada garam tersebut dengan tujuan teksturnya berubah menjadi pasta. Gosokkan pasta garam tersebut ke lantai selama 30 detik sampai 1 menit.

Basuhlah sedikit dengan air. Sedikit saja ya agar tekstur garam tidak hilang. Lalu gosok tanpa menambahkan air lagi hingga garam habis. Dengan begitu, lem di lantai karpet akan mengelupas.

Selain itu, garam juga berlaku untuk cara menghilangkan bekas cat di lantai. Karena, garam memiliki kandungan yang sangat kuat untuk mengelupas kandungan cat yang menempel.

7. Detergen

Detergen
Foto : suara.com

Dalam kehidupan sehari-hari detergen memegang peran penting untuk membantu kita membersihkan doa di pakaian. Tapi, ternyata detergen juga termasuk bahan yang rekomendasi jika Anda ingin melakukan cara menghilangkan lem di lantai dengan mudah dan efektif.

Bahan ini mengandung bahan yang bisa mengangkat atau mengelupas noda dengan mudah. Caranya mudah, silahkan Anda mencampurkan deterjen dengan merek apapun dengan air hangat.

Gosokkan campuran tersebut pada area yang terkena lem dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Tujuannya adalah mengelupaskan lapisan lem yang tebal dan mengeras.
Setelah itu, Anda bisa menggunakan kain kering dengan permukaan kasar untuk mengelap lapisan lem yang mengelupas tadi.

Apabila secara keseluruhan lem belum terangkat, tuangkan lagi campuran air hangat dan deterjen tadi. Lakukan secara berulang agar hasilnya bisa maksimal.

8. Petroleum Jelly

Petroleum Jelly
Foto : amazon

Petroleum jelly merupakan campuran minyak mineral dengan lilin yang membentuk zat seperti jelly. Kandungan inilah yang memiliki manfaat besar. Salah satunya yakni, melunturkan sisa lem yang menempel kuat di lantai karpet.

Langkah pertama, Anda harus mencampurkan petroleum jelly dengan air hangat. Lalu, oleskan campuran tersebut pada area lantai yang terkena lem.

Baca Juga:  Panduan Cara Hapus Rekaman CCTV Secara Manual & Otomatis

Gosok area dengan alat kikir selama kurang lebih 1 menit. Di samping itu, Anda bisa menggosoknya hingga lem tersebut mengelupas.

Ulangi langkah-langkahnya hingga lem bisa terkelupas dengan sempurna. Setelah itu, ambil kain bersih setengah basah untuk Anda gunakan sebagai alat pembersih lem tadi.

9. Margarine

Margarine
Foto : oukosher.org

Cara menghilangkan lem di lantai yang berikutnya adalah menggunakan margarine. Jika Anda memilikinya di rumah langsung saja gunakan.

Caranya, ambil sedikit margarine. Kemudian, gosokkan margarine pada area yang terkena lem. Kemudian, ulangi beberapa kali hingga lemnya mengelupas.

Ambil kain dan gosokkan ke area yang lemnya sudah terkelupas tadi. Ulangi beberapa kali hingga sisa lem bisa terangkat dengan maksimal.

10. Cuka Putih

Cuka Putih
Foto : merdeka.com

Cuka putih adalah bahan yang terakhir yang bisa Anda gunakan untuk mencoba membersihkan lem di lantai. Langkahnya begini, panaskan sedikit cuka putih menggunakan microwave sampai larutan tersebut hangat.

Celupkan kain atau spons ke cuka hangat yang sudah Anda buat. Peras di atas area bekas lem. Tunggu sampai sisa lem di karpet mulai mengendur dan mengelupas.

Setelah itu, Anda bisa mulai mengikisnya menggunakan pisau tumpul. Ulangi langkahnya, hingga lem berhasil hilang.

jual karpet permadani
Beli karpet permadani berkualitas dengan harga terbaik, ya hanya di UKUR

Sudah Tahu Cara Menghilangkan Lem di Lantai Bekas Karpet?

Setelah mengetahui cara menghilangkan lem di lantai, apakah Anda bisa menerapkannya sendiri di rumah? Anda bisa mencobanya sendiri di rumah karena semua bahan dan caranya sangat sederhana dan mudah. Nah, kalau Anda juga ingin membeli lantai baru untuk merenovasi rumah, Ukur.com pilihan yang tepat.

Marketplace ini menyediakan segala keperluan rumah dan pembangunan yang tentunya sangat berkualitas. Mulai dari Perkakas, Besi & Baja, Lantai, Safety, Furniture, hingga AC bisa Anda beli. Selain banyak potongan harga, tersedia juga layanan pengiriman yang cepat. Ayo lengkapi kebutuhan rumah Anda di Ukur.com!