Serupa Namun Tak Sama! Ketahuilah 8 Perbedaan Granit dan Marmer

Banyak orang menggunakan granit dan marmer karena motifnya yang indah dan ketahanannya yang baik. Selain itu, banyak orang mengira bahwa keduanya sama karena terlihat mirip. Sebaliknya, ada macam-macam perbedaan granit dan marmer yang membuat keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Lantas, apa saja perbedaan batu granit dan marmer? Simak ulasan berikut untuk mengetahuinya.

8 Macam Perbedaan Granit dan Marmer

Granit dan marmer memiliki kegunaan yang sama, sehingga banyak orang mengira keduanya jenis batu yang sama. Namun, sebenarnya ada banyak perbedaan granit dan marmer pada bentuk, motif, bahan pembentukannya serta banyak lagi. Berikut adalah 8 beda granit dan marmer, yaitu:

1. Motifnya Berbeda

Motif pada batu marmer dan granit memiliki perbedaan yang terlihat jelas. Pada batu marmer, motifnya adalah berbentuk garis serat atau urat yang halus. Lalu, pada batu granit coraknya yaitu berbentuk bintik-bintik. Kedua corak tersebut terletak pada permukaan batu.

Selanjutnya, corak-corak tersebut juga terbentuk melalui proses yang berbeda. Untuk batu marmer terbentuk dari kotoran-kotoran mineral yang membekas atau mengendap. Kemudian untuk batu granit, coraknya terbentuk karena batu-batuan yang melebur dan menjadi satu.

Faktanya, kedua batu tersebut selalu memiliki corak dan motif yang berbeda karena prosesnya yang alami, sehingga tidak bisa dibentuk secara manual.

perbedaan motif granit dan marmer
Motif granit dan motif marmer berbeda

2. Kekuatan

Kekuatan pada kedua batu ini tentunya berbeda. Batu granit memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan batu marmer. Granit mampu menahan dari goresan, panas, dan kerusakan karena kekerasan batunya dari 8 sampai 7 sesuai skala Mohs. Namun, pada batu marmer hanya sekitar 3 sampai 5 pada skala Mohs.

Baca Juga:  5 Model Pintu Aluminium Mewah untuk Rumah Modern Minimalis

Misalnya, marble atau marmer akan lebih mudah rusak apabila terkena panci yang panas, bergesekkan dengan piring, dan ketika memotong bahan masak menggunakan alat tajam. Batu marmer lebih cocok digunakan untuk hiasan pada lantai atau dinding yang memiliki minim kontak dengan barang lain.

Oleh sebab itu, Anda dapat melapisinya dengan sealant pada permukannya agar tidak mudah tergores dan membuat lebih terlihat mewah.

3. Perbedaan Harga Granit dan Marmer

Dengan memiliki kekuatan dan corak yang unik daripada batu lainnya, maka terdapat perbedaan marmer dan granit dari segi harga. Kedua batu tersebut terbilang relatif mahal yaitu sekitar Rp500.000,00 sampai dengan Rp2.000.000,00 per meter persegi. Namun, itu bergantung dengan jenis, motif, dan ukurannya.

Selain membeli dengan harga yang mahal, biaya perawatan untuk kedua bahan material tersebut juga tidak murah. Oleh sebab itu, Anda perlu mempertimbangkan dengan baik sebelum memilihnya.

Perawatan lantai
Source image: freepik.com

4. Perawatan

Kedua bahan material seperti granite maupun marmer memiliki pori-pori yang besar sehingga rentan terkena kotoran. Lapisan sealant yang sudah melapisi permukaan batu tersebut tidak menjamin akan selalu bersih. Anda dapat mengaplikasikan sealant 3 sampai 5 tahun sekali. Sealant membantu batu tersebut tetap mengkilap.

Apabila permukaan batu terkena kotoran seperti cairan yang mengandung asam, berwarna, atau bahan kimia keras, Anda harus segera membersihkannya agar tidak meninggalkan bekas.

5. Proses Pembentukan Granit dan Marmer

Proses pembentukan kedua batu tersebut terbentuk secara alami. Granite terbentuk melalui proses lava yang membeku di daratan dengan temperatur yang rendah. Lalu, untuk batu marmer atau marble, terbentuk karena perubahan batuan gamping akibat dari tekanan dan suhu panas yang sangat tinggi.

Baca Juga:  5 Jenis-Jenis Karpet untuk Kamar Tidur dan Cara Memilihnya

Kemudian, pabrik akan mengolah batu tersebut dengan memotongnya dengan ukuran tertentu untuk memudahkan distribusinya kepada konsumen. Batu granite umumnya memiliki potongan yang lebih besar daripada potongan marble. Penyebab perbedaan ukurannya karena granite lebih kuat dan marmer lebih rentan patah.

6. Pengaplikasian

Motifnya unik dan menarik, sehingga memiliki perbedaan yang signifikan dengan jenis batu-batuan yang lain membuat granite dan marble cocok digunakan sebagai dekorasi pada bangunan.
Batu granit biasanya dapat dipasang sebagai dekorasi pada lantai untuk ruangan teras, meja dapur, dinding, koridor, lantai restoran dan sebagainya. Selanjutnya, batu marmer cocok dipakai ruangan yang jarang digunakan seperti dinding kamar mandi, meja rias, tiang pelapis dinding, tangga, bak mandi, wastafel dan lain-lain.

struktur batu marmer
Source image: freepik.com

7. Struktur

Struktur pada batu granite adalah mineral seperti feldspar, quartz, dan mika yang memiliki kandungan bahan kimia lainnya. Untuk marmer strukturnya yaitu berasal dari kalsium karbonat yang terkumpul dan tertekan dengan jangka waktu yang lama dan lebih rentan rapuh atau hancur.

8. Dampak bagi Kesehatan

Beberapa jenis dari batu granit mengandung radioaktif misalnya thorium, radium radioaktif, dan uranium yang berubah menjadi radiasi karena gas mulia. Seiring berjalannya waktu, bahan-bahan tersebut dapat menimbulkan efek yang berbahaya bagi kesehatan. Anda bisa saja menghirup radiasi itu dalam kurun waktu yang lama.

Sebaliknya, marmer lebih terbilang aman bagi kesehatan karena tidak ada jejak radioaktif.

Penjelasan di atas tentang beda granit dan marmer dapat terbilang memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga terdapat perbedaan kualitas pada keduanya.

Tips Memilih Batu Granit dan Marmer

Membeli batu granit dan marmer untuk kebutuhan hunian rumah atau bangunan, tentu perlu mempertimbangkan beberapa faktor. Penyebab utamanya karena terdapat perbedaan granit dan marmer dari berbagai segi. Berikut 2 hal utama yang perlu Anda pikirkan sebelum membeli batu granit atau marmer, yaitu:

Baca Juga:  Ragam Warna Marmer dan Nuansa yang Dihadirkan di Rumah

1. Ketahui Kebutuhan Anda

Tips yang pertama, Anda tentu harus memahami betul kebutuhan akan marmer atau granit yang ingin digunakan. Perhatikan pula budget yang Anda miliki.

Kalau Anda sudah memahami perbedaannya, pastikan pikirkan juga perawatan untuk kedepannya. Dengan demikian, Anda tidak akan menyesal karena terlalu menghabiskan banyak uang namun tidak tahu cara perawatannya.

2. Pilih Corak yang Sesuai

Sebelum membeli, Anda perlu menentukan corak yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ketika Anda membangun sebuah bangunan, tentunya Anda memiliki konsep. Nah, konsep tersebut dapat menjadi referensi dalam memilih corak batu yang sesuai dan cocok untuk bangunan Anda.

3. Pilih Kualitas

Kualitas batu yang berbeda juga dapat membantu Anda untuk menentukan sebelum membelinya. Misalnya, jika Anda ingin memasangnya di dapur, Anda dapat memilih granit yang memiliki kualitas lebih kuat dibanding marmer.

Namun, jika Anda ingin menggunakannya sebagai pelapis dinding, Anda dapat menggunakan marmer yang memiliki corak yang indah dan lebih unik.

marmer
Lengkapi kebutuhan material bangunan Anda dengan produk Marmer di UKUR!

Makin Tahu dengan Perbedaan Granit dan Marmer?

Itulah penjelasan mengenai perbedaan granit dan marmer serta tips memilihnya. Sebelum Anda membeli marmer dan granit untuk bangunan rumah, perhatikan tempat pembelian serta bandingkan harga yang paling sesuai budget. Rekomendasi tempat terbaik untuk membeli bahan bangunan adalah UKUR.com.

UKUR.com hadir memberikan produk berkualitas dengan harga ramah di kantong. Beberapa macam jenis bahan materia juga tersedia, seperti Lantai, Elektronik, Dinding dan Plafon, hingga Material Konstruksi. Percayakan kebutuhan material rumah Anda kepada UKUR.com dan dapatkan diskonnya sekarang!