Cara Membersihkan Bunga Es Tanpa Mematikan Kulkas

Tak Perlu Mematikan Kulkas, Ini 7 Cara Mudah Membersihkan Bunga Es

Pernahkan Anda melihat bunga es yang menumpuk pada freezer? Permasalah ini tentunya sangat mengganggu bukan? Tidak hanya membuat kulkas menjadi sesak, keberadaan bunga es juga membuat performa kulkas jadi menurun. Cara membersihkan bunga es tanpa mematikan kulkas bisa Anda terapkan.

Cara ini bisa mempersingkat waktu Anda untuk membersihkan kulkas. Selain itu, bahan makanan bisa tetap tersimpan di bagian bawah kulkas saat Anda membersihkan bagian freezernya.

Apa Itu Bunga Es?

Bunga es merupakan uap air yang membeku dan menempel pada bagian dinding freezer. Kondisi ini terjadi akibat adanya kelembaban yang masuk ke bagian dalam freezer, sehingga membeku dan membentuk bunga es.

Membuka pintu freezer terlalu lama dan terlalu sering merupakan salah satu penyebab utama yang mengakibatkan bunga es terbentuk dengan cepat. Keberadaan bunga es ini cukup mengganggu, bahkan apabila dibiarkan saja hingga cukup tebal akan mengakibatkan kulkas menjadi bau.

Bunga es yang tidak segera Anda bersihkan juga bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada beberapa fungsi kulkas. Bahkan, fungsi kulkas sebagai pendingin makanan juga dapat terganggu.

Apa Itu Bunga Es?
Source image: freepik.com

7 Cara Membersihkan Bunga Es Tanpa Mematikan Kulkas

Sebagian besar orang percaya bahwasanya untuk membersihkan bunga es pada kulkas, mematikannya adalah cara yang efektif. Padahal, terdapat beberapa cara membersihkan bunga es tanpa mematikan kulkas yang bisa Anda terapkan di rumah, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pakai Air Panas

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan air panas. Tidak hanya cepat, menggunakan air panas juga merupakan salah satu cara yang paling sederhana. Beberapa langkahnya diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, siapkan air panas dan campurkan dengan sabun cuci piring.
  • Ambil kain lap, lalu celupkan ke dalam larutan air sabun tersebut.
  • Usapkan kain secara perlahan pada bunga es yang ada di dalam freezer.
  • Buang pecahan es, kemudian lap dinding dan lantai freezer secara perlahan.
  • Untuk menghilangkan noda membandel gunakan kain microfiber.
  • Lap seluruh bagian kulkas agar noda tidak menempel.
  • Agar penumpukan es tidak semakin parah keringkan freezer dengan kain bersih.
  • Sebelum memasukkan semua bahan makanan kembali dalam kulkas, tunggu hingga 15 menit agar suhu turun.
Baca Juga:  Cara Membersihkan Karpet Bulu dan Karpet Lantai Tanpa Ribet

2. Cara Membersihkan Bunga Es dengan Hair Dryer

Gunakan hair dryer
Source image: freepik.com

Cara membersihkan bunga es tanpa mematikan kulkas selanjutnya adalah dengan menggunakan hair dryer atau alat pengering rambut. Untuk menggunakan cara ini, Anda perlu memastikan bahwa kabel tidak terkena genangan air.

Beberapa orang tidak terlalu merekomendasikan cara ini karena paparan panasnya berpotensi merusak mesin kulkas. Oleh sebab itu, ketika Anda menggunakan metode ini terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Pastikan bahwa ujung hari dryer tidak mengenai dinding freezer, tetapi hanya mengenai bagian esnya saja.

Setelah es melunak, Anda bisa memecahkannya dengan alat bantu seperti pemecah es batu. Anda juga bisa melapisi lantai freezer menggunakan handuk kering untuk menampung lelehan es.

3. Memanfaatkan Kipas Angin

Ternyata kipas angin dapat membantu proses pencairan bunga es yang telah menumpuk. Cara kerjanya pun tidak jauh berbeda dari cara sebelumnya, yakni menggunakan hair dryer.

Pertama, Anda bisa memasang kipas angin di depan pintu kulkas yang terbuka. Cara ini efektif apabila suhu ruang dalam keadaan hangat. Pasalnya, kipas angin akan membantu mengalirkan udara hangat dari luar ke dalam freezer, sehingga es lebih mudah mencair.

Memanfaatkan Kipas Angin
Source image: freepik.com

Cara membersihkan bunga es dengan metode ini memerlukan waktu yang jauh lebih lama dibanding dua metode sebelumnya. Ketebalan es dan suhu ruangan menjadi pengaruh utama tingkat kecepatan proses ini.

4. Menggunakan Spatula Logam yang Panas

Menggunakan spatula logam yang panas juga bisa menjadi salah satu metode yang bisa Anda coba. Meski terdengar terlalu sederhana, nyatanya cara cukup efektif. Bahkan, cara ini tidak membutuhkan waktu yang cukup lama.

Meski efektif, Anda juga perlu berhati-hati dalam menggunakan metode ini. Pertama-tama, gunakan sarung tangan berbahan tebal untuk memegang dan memanaskan spatula. Setelah cukup panas, tempelkan spatula tersebut lada bunga es.

Baca Juga:  9 Cara Pasang Parket Kayu Sendiri di Rumah

Pastikan spatula yang Anda pakai tidak mengenai dinding freezer. Kondisi ini dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin. Meski efektif, resiko dari cara ini juga cukup besar karena dapat mengakibatkan penggunanya mengalami luka bakar.

beli kulkas mini di Ukur
Belanja kulkas mini di Ukur, Harga terjangkau, Pengiriman cepat!

5. Manfaatkan Larutan Rubbing Alcohol

Menggunakan air hangat adalah salah satu cara membersihkan bunga es di kulkas yang efektif. Namun, cara ini akan jauh lebih efektif apabila Anda menambahkan larutan alkohol di dalamnya.
Caranya, setelah mencelupkan kain ke dalam air panas, tuangkan larutan alkohol di atas kain tersebut. Lalu Anda bisa mengelap kain pada bunga es.

Agar es lebih mudah mencair, Anda bisa mengelap bagian yang paling tipis terlebih dahulu. Meski cukup efektif, cara ini juga memiliki kelemahan saat digunakan untuk membersihkan lapisan es yang cukup tebal.

6. Menggunakan Alat Pengikis Es

Alat Pengikis Es
Source image: freepik.com

Menggunakan alat pengikis es merupakan cara yang paling aman untuk membersihkan bunga es. Meski demikian, cara ini akan lebih efektif apabila dikombinasikan dengan cara lainnya.

Anda bisa menggunakan alat bantu lain, seperti spatula atau sendok kayu. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya kerusakan pada dinding freezer, karena alat pengikir es cukup tajam.

7. Manfaatkan Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner atau penyedot debu juga dapat anda manfaatkan sebagai salah satu cara membersihkan bunga es. Akan tetapi, Anda perlu memilih alat penyedot debu yang memiliki nozzle atau ujung yang berukuran kecil.

Lakukan penyedotan menggunakan vacuum cleaner mulai dari bagian atas terlebih dahulu. Saat menggunakan metode ini, Anda perlu memperhatikan keselamatan karena tegangan listrik pada alat penyedot debu.

Untuk lebih efektif gunakan penyedot debu yang berfungsi di permukaan basah, sehingga resiko tersengat menjadi lebih rendah. Nantinya Anda juga bisa memilih mode penyedot air pada alat tersebut agar lebih efektif.

Baca Juga:  4 Cara Menyimpan Jilbab di Lemari, Rapi dan Anti Kusut!
Tips Mencegah Penumpukan Bunga Es Pada Kulkas
Source image: freepik.com

Tips Mencegah Penumpukan Bunga Es Pada Kulkas

Tidak hanya mempelajari cara membersihkan bunga es di kulkas, Anda juga perlu mengetahui bagaimana mencegah bunga es menumpuk pada kulkas. Meski keberadaanya tidak bisa dihindari, tetapi Anda bisa mencegahnya untuk menumpuk, yakni dengan cara berikut:

  • Hindari membuka pintu freezer terlalu lama.
  • Setelah membuka freezer, pastikan pintunya telah tertutup dengan tepat.
  • Letakkan kulkas di tempat yang berjauhan dengan alat penghasil panas.
  • Simpan makanan yang benar-benar membutuhkan pendinginan di freezer saja. Hal ini untuk mencegah Anda terlalu sering membuka freezer untuk mengambil makanan.

Pilihlah Kulkas yang Tepat Sesuai Kebutuhan Anda!

Itulah 7 cara membersihkan bunga es tanpa mematikan kulkas. Saat ini sudah tersedia beberapa kulkas yang menerapkan teknologi tanpa bunga es. Oleh karena itu, Anda bisa memilih jenis kulkas sesuai kebutuhan. Jika Anda membutuhkan kulkas dan alat elektornik lainnya, UKUR.com bisa menjadi opsi yang menarik.

UKUR.com menawarkan berbagai produk elektronik, seperti Kulkas, Kipas Angin, Mesin Cuci, dan masih banyak lagi dengan harga terjangkau. Anda bisa membeli produk elektronik sesuai budget yang dimiliki. Selain itu, Ukur.com juga menawarkan jasa pemasangan untuk mempermudah Anda dengan harga terbaik.