Apa Itu WPC: Pengertian, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Apa Itu WPC: Pengertian, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Wood plastic composite atau WPC adalah bahan yang bisa menggantikan kayu alami atau kayu lapis. Hadirnya wood plastic composite menjadi salah satu hasil dari inovasi dan kecanggihan teknologi di mana merupakan material yang lebih ramah lingkungan dan efisien, sehingga dapat menjadi pilihan terbaik alternatif kayu.

Namun sebelum itu, Anda perlu tahu apa itu WPC, mulai dari fungsi, jenis, kelebihan, hingga kekurangannya. Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya!

Apa Itu WPC?

Wood plastic composite atau WPC adalah material komposit pencampuran serbuk kayu dengan plastik daur ulang. Pencampuran tersebut membuat kebutuhan kayu menjadi lebih sedikit. Jadi, bahan ini mampu mengatasi kelangkaan dan harga kayu yang tinggi.

Kayu WPC adalah material kayu yang akhir-akhir ini banyak digunakan. Proses pembuatannya yaitu dengan mencampurkan elemen serbuk kayu dan plastik secara bersamaan. Komposisi bahan WPC antara serat plastik dan serbuk kayu sama-sama 50%. Jadi, hasilnya masih sangat mirip dengan kayu.

Banyak yang mengatakan jika bahan wood plastic composite memiliki kekuatan dan keindahan layaknya kayu alami. Sementara ketahanannya sama seperti plastik atau polimer. Tidak heran jika wood plastic composite sangat populer akhir-akhir ini.

jenis wpc
Beberapa jenis dari wood plastic composite (Foto: wpckayuasri.com)

Jenis-jenis WPC

Kayu WPC adalah bahan yang menawarkan beberapa pilihan jenis. Sebelum membeli, kenali jenis-jenisnya berikut ini:

1. Kayu Hollow atau Wood Plastic Composite Hollow (WPCH)

Wood plastic composite hollow atau kayu hollow adalah jenis kayu yang punya lubang. Tampilannya mirip dengan besi hollow yang biasa dipakai untuk membuat rangka.

Baca Juga:  Mengenal 7 Jenis Galvalum dan Kelebihannya untuk Konstruksi

Penggunaan kayu hollow biasanya bermanfaat dalam pembuatan pagar halaman, atap gazebo, atau lantai decking teras. Kelebihan kayu hollow yaitu mudah dikombinasikan dengan bahan-bahan bangunan lainnya.

2. Kayu Solid atau Wood Plastic Composite Solid (WPCS)

Jenis kayu WPC selanjutnya adalah wood plastic composite solid atau kayu solid. Sesuai namanya, kayu ini tidak punya rongga seperti kayu hollow. Jadi, bentuknya solid, padat, dan kokoh.

Meskipun begitu, kayu solid hadir dalam bentuk yang sangat beragam. Anda bisa temukan kayu solid dalam bentuk papan lurus atau papan melengkung. Kebanyakan orang memakai kayu solid untuk bahan konstruksi bangunan.

Kelebihan WPC

Setelah mengetahui apa itu WPC, terlihat bahwa material ini menjadi bahan bangunan populer yang memiliki banyak kelebihan. Langsung saja, inilah beberapa kelebihan wood plastic composite:

1. Kualitas Bagus

Kelebihan wood plastic composite yang pertama yaitu kualitasnya lebih bagus daripada material lain. Faktanya, proses pengolahan plastik dan serbuk kayu memakai teknologi modern.

Selain itu, rasio antara serat kayu dan plastik selalu tepat. Jadi, hasil wood plastic composite berkualitas dan mutunya selalu terjamin.

2. Pengolahan yang Mudah

Kayu memiliki kelebihan yaitu pembentukan dan pengolahannya yang mudah. Jangan khawatir, kayu WPC adalah alternatif pengganti kayu. Oleh sebab itu, pengolahannya juga relatif mudah seperti kayu.

Anda bisa membentuk wood plastic composite sesuai dengan keinginan. Ukurannya juga sangat beragam dan bisa disesuaikan kebutuhan Anda. Jika membicarakan bahan multifungsi, maka wood plastic composite adalah jawabannya.

3. Finishing Lebih Modern

Bagian luar wood plastic composite memakai lapisan finishing cat yang modern. Jadi, tampilannya relatif lebih elegan dan cantik. Selain itu, finishing cat juga membuat perawatan produk menjadi lebih mudah. Wood plastic composite dapat Anda gunakan pada bagian luar jendela, pintu, atau furniture lain.

4. Ramah Lingkungan

Salah satu alasan mengapa kayu WPC adalah alternatif pilihan terbaik yaitu karena bahannya bersifat ramah lingkungan. Wood plastic composite hanya membutuhkan 50% serat kayu, sedangkan 50% lainnya adalah plastik.

Baca Juga:  Jenis CCTV Rumah Terbaik, Perhatikan Karakteristiknya!

Kebutuhan serat kayu yang lebih rendah bisa meminimalisir eksploitasi hutan dan penebangan liar. Bukan hanya itu, wood plastic composite bersifat ramah lingkungan karena bisa didaur ulang dengan kualitas yang masih bagus.

wpc ramah lingkungan
Penggunaan wpc sangat ramah lingkungan (Foto: kelaidecking.com)

5. Bisa Menggantikan Kayu

Kayu yang semakin langka membuat harganya semakin mahal. Bahan WPC adalah solusi terbaik karena bisa menggantikan kayu. Walaupun wood plastic composite memang bukan kayu asli, namun kualitas dan ketahanannya sangat baik. Jadi, jangan ragu untuk memakainya.

6. Tahan Lembab

Jendela dan pintu bagian luar sering lembab karena hujan ataupun embun. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika memakai wood plastic composite. Pasalnya, bahan ini tahan lembab dan jamur.

Apalagi jika Anda menambahkan satu lapisan lagi di bagian luarnya. Maka, ketahanannya akan semakin baik. Proses pemasangannya juga terbilang mudah, sama seperti cara memasang lantai vinyl.

7. Kuat dan Tahan Lama

Bahan WPC yang mengandung plastik membuat material ini memiliki resistensi terhadap serangan rayap. Jika Anda punya banyak furniture kayu yang diserang rayap, maka penggunaan material wood plastic composite bisa meminimalisir kerugian akibat rayap.

Selain tahan terhadap serangan rayap, material ini juga tahan terhadap benturan dan abrasi. Oleh sebab itu, Anda bisa menempatkan wood plastic composite di bagian luar rumah.

8. Punya Nilai Estetika

Kelebihan wood plastic composite yang terakhir yaitu punya nilai estetika. Material ini bisa mendukung keindahan rumah Anda. Memang tidak ada tekstur kayu alaminya, tapi tetap memiliki nilai estetika tersendiri.

Kekurangan WPC

Berdasarkan penjelasan di atas, apa itu WPC adalah material bangunan yang punya banyak keunggulan. Meskipun begitu, bahan ini tetap punya kekurangan. Inilah kekurangan dari wood plastic composite:

1. Mengandung Bahan Kimia

Wood plastic composite adalah material hasil inovasi teknologi kekinian. Oleh sebab itu, ada bahan kimia yang terkandung di dalamnya.
Bahan kimia terkadang juga ada di jenis kayu lain. Namun, bahan kimia di wood plastic composite lebih besar. Anda harus mempertimbangkannya karena beberapa orang tidak ingin menggunakan material bangunan berbahan kimia.

Baca Juga:  Wood Stain: Pengertian, Jenis, dan Cara Aplikasinya

2. Mudah Meleleh

Wood plastic composite atau WPC adalah material yang memiliki daya ketahanan yang tinggi. Meskipun begitu, material ini juga punya kelemahan terhadap suhu panas ekstrim.

Pada saat panas ekstrim, wood plastic composite akan mudah meleleh. Anda bisa melapisinya dengan wood stain agar hasilnya lebih tahan lama. Selain itu, hasilnya juga akan lebih indah dan estetik.

3. Sedikit Pilihan Warna

Kekurangan wood plastic composite yang terakhir yaitu pilihan warnanya terbatas. Pilihan warnanya memang lebih sedikit daripada cat, tapi lebih banyak daripada kayu.

Sekarang ini, semakin banyak warna-warna komposit kayu yang unik dan anti-mainstream. Anda bisa mencari toko bangunan atau marketplace yang menawarkan lebih banyak pilihan warna. Jadi, bisa memenuhi semua kebutuhan estetika bangunan Anda.

wpc decking
Dapatkan wpc decking berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Sudah Lebih Paham Tentang WPC?

Sudah paham apa itu WPC? Wood plastic composite memang jadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin cari alternatif pilihan selain kayu. Namun, pastikan membeli di tempat terbaik seperti UKUR karena WPC adalah salah satu produk unggulan di marketplace kami.

Singkatnya, UKUR adalah marketplace yang menjual berbagai variasi bahan bangunan. Ada banyak sekali merk wood plastic composite yang bisa Anda pilih, jadi Anda hanya perlu menyesuaikan budget.

Selain wood plastic composite, UKUR juga menawarkan beragam produk lain secara lengkap. Kategorinya beragam seperti Lantai, Pintu & Jendela, Material Konstruksi, Dinding & Plafon, AC, dan masih banyak yang lainnya. Jangan sampai ketinggalan informasi-informasi terbarunya!