9 Ide Desain Bangun Rumah Dengan Biaya 100 Juta

bangun rumah 100 juta

Saat berencana membangun sebuah tempat hunian, bujet menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Apabila ingin bangun rumah 100 juta, banyak pilihan yang dapat dipergunakan. Rumah dengan bujet yang berbeda, hasilnya pasti akan berbeda pula. Tentu menyesuaikan dengan luas tanah dan bentuk rumah.

Rumah memang menjadi impian setiap orang, terlebih yang sudah berkeluarga. Fungsi hunian sebagai tempat melepas penat setelah seharian beraktivitas. Selain itu juga tempat berlindung dari cuaca panas dan hujan. Oleh karena itu banyak orang berkeinginan untuk memiliki tempat hunian sendiri.

Memiliki rumah tidaklah tergantung dari ukuran. Baik besar maupun kecil, kegunaan rumah tetaplah sebagai tempat berteduh untuk menikmati suasana bersama keluarga. Namun, membangun rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terbatasnya bujet yang dimiliki dan harga bahan bangunan yang tidak murah membuat sebagian orang memikirkan secara matang.

Tahun demi tahun, harga rumah  meningkat pesat. Bahkan rumah berukuran kecil di kompleks perumahan saja dijual dengan harga di atas 150 juta. Lalu kira-kira seperti apa ya bentuk rumah yang dibangun dengan bujet minim? Berikut ini terdapat sejumlah pilihan referensi desain bangun rumah 100 juta.

9 Desain Bangun Rumah Dengan Biaya 100 Juta

1.  Rumah dengan Taman Kecil

taman kecil
Source image: narmadi.com/properti/

Anda dapat memiliki rumah dengan luas bangunan yang lebih besar. Misalnya hunian tipe 30 dengan luas tanah 60 m² dan luas bangunan sekitar 35 m². Ruangan yang mungkin ada pada rumah ini antara lain 2 kamar tidur, 1 ruang tamu, 1 kamar mandi, 1 dapur, dan 1 teras.

Baca Juga:  Mengenal 10 Jenis Kursi, Kegunaan, dan Tips Pemilihannya

Namun ruangan tersebut tergantung dari desain yang akan dibuat. Anda bisa mendapatkan rumah dengan taman kecil dan carport di bagian depan. Rumah seperti ini banyak dijual di kompleks perumahan pinggiran kota besar dengan harga kira-kira 170 jutaan.

2. Rumah Tipe 30 dengan Taman Luas

tipe30
Source image: rumah.dijual.co.id

Luas tanah 60 m² dapat dibangun rumah sederhana dengan taman yang cukup luas. Bagi yang menginginkan taman atau halaman rumah yang luas, rumah tipe 30 ini bisa diterapkan. Dengan luas bangunan sekitar 30 m², dan sisa lahan 30 m² bisa dimanfaatkan sebagai ruang terbuka, atau bisa juga garasi serta taman yang luas.

Ruangan yang mungkin ada pada rumah tersebut antara lain 1 kamar tidur, 1 ruang tamu, 1 kamar mandi, 1 dapur, dan 1 teras.

Rumah seperti ini banyak ditemukan di Bekasi, Depok, Bandung, dan lainnya dengan harga kira-kira 160 jutaan.

3. Bentuk Rumah Subsidi Modern

subsidi
Source image: housingestate.id

Tak dapat dimungkiri, keberadaan rumah sangat penting bagi kehidupan manusia. Bentuk rumah bertipe subsidi modern kini desainnya menarik dan tidak monoton. Rumah seperti ini dapat Anda temukan dengan kisaran harga 170 jutaan.

Bangun rumah 100 juta untuk kurang lebihnya bisa meniru bentuk rumah yang berada di Cisoka, Tangerang. Fasad rumah polos tetapi modern dengan bentuk atap miring. Kemudian terdapat banyak lubang ventilasi yang dapat membuat cahaya dan aliran udara berjalan dengan baik.

4. Rumah 100 Juta Dua Lantai

2lantai
Source image: dekoruma.com

Terdapat beberapa alternatif agar hunian yang akan dibangun menjadi lebih menarik. Bahkan dengan bujet seratus jutaan rupiah, Anda sudah bisa mendapat rumah dua lantai. Meskipun didesain dengan konsep minimalis modern, bangun rumah 100 juta dua lantai bisa terlihat memikat.

Baca Juga:  Rekomendasi 10 Model Pintu Garasi Minimalis

Bentuk fasad rumah kombinasi warna abu-abu dan merah hati. Kemudian, ada cartport yang cukup untuk memarkirkan satu unit mobil. Apakah Anda berminat dengan desain rumah dua lantai seperti ini? Model rumah ini dapat ditemukan di kompleks perumahan dengan harga berkisar 188 jutaan.

5. Rumah Bergaya Semi Industrial

semi industrial
Source image: www.olx.co.id

Rumah berkonsep industrial tidak selalu identik dengan mahal. Bentuk rumah industrial seperti pada gambar terlihat seperti rumah minimalis modern yang lainnya. Dengan biaya 100 juta, Anda bisa mendapatkan  rumah tipe 45 bergaya semi industrial. Penggunaan pilar berbahan logam bisa diterapkan.

Contohnya seperti rumah yang dapat ditemukan di perbatasan Bandar Lampung dan dihargai kira-kira 185 jutaan. Di dalam rumah semacam ini sudah dilengkapi railing besi warna hitam dan mezanin yang menjadi ciri khas desain industrial. Terkadang ada developer yang menerima request pembeli untuk meng-custom bagian dalam rumah.

6. Rumah di Cluster Modern

rumah cluster
Source image: www.dotproperty.id

Bagi yang memiliki bujet minim masih bisa bangun rumah 100 juta dan mendapatkan  hunian cluster bergaya modern. Contohnya seperti rumah di kabupaten Lebak yang tengah berkembang. Di sana terdapat sejumlah perumahan klaster modern.

Rumah tersebut bertipe 30 yang dilengkapi taman kecil dan cartport di bagian depan. Desain bentuk rumah seperti ini cukup nyaman untuk ditinggali keluarga kecil, dan berada di kisaran harga 176 jutaan.

7. Rumah seperti Paviliun Korea

Paviliun Korea
Source image: www.olx.co.id

Dengan bujet di bawah 200 juta rupiah, Anda dapat memiliki rumah berbentuk unik. Model rumah ini bila dilihat dari luar tampak seperti sebuah paviliun sederhana dengan warna atraktif. Desain interior di dalam rumah ini menggunakan konsep minimalis modern.

Keunikan rumah model seperti ini adalah pada penggunaan elemen kayu dan mezanin yang merupakan ciri khas rumah di Korea. Contohnya rumah yang berada di Cibinong, Bogor, dengan harga kira-kira 195 jutaan.

Baca Juga:  9 Kombinasi Warna Cat Plafon dan Dinding Minimalis Rumah Impian

8. Rumah Kubus Minimalis

rumah kubus
Source image: tangerangnews.com/properti

Harga bahan baku material untuk membangun sebuah rumah kian meningkat. Sehingga banyak orang yang sedang berencana membangun sebuah rumah dengan memilih desain yang akan digunakan terlebih dahulu. Anda dapat memilih bentuk rumah kubus yang termasuk modern pada saat ini.

Tampilan rumah kubus ini unik dengan desain yang simpel minimalis, dan low budget. Kelebihan rumah kubus ini bisa diterapkan untuk kebutuhan lahan yang terbatas. Jadi jika luas tanah Anda idak terlalu luas, bisa mengaplikasikan model rumah kubus, tampilannya unik dan modern.

9. Rumah Minimalis Berbentuk Cottage

conttage
Source image: www.dotproperty.id

Rumah menjadi tempat pulang yang nyaman. Bercengkerama bersama anggota keluarga di dalam rumah tentu menjadi momen yang paling berharga. Bila Anda pernah berlibur ke tempat pemandangan alam yang bagus, biasanya terdapat penginapan dengan pondok-pondok kecil yang sering disebut cottage.

Rumah model cottage cocok dijadikan referensi bangun rumah 100 juta. Anda bisa membangunnya dengan desain cantik meski ukurannya tidak besar. Model rumah minimalis cottage bisa dibangun dengan fungsi yang lengkap seperti rumah pada umumnya, dan biaya terjangkau.

Demikianlah beberapa desain bangun rumah 100 juta yang dapat dijadikan referensi. Untuk memulai membangunnya, Anda dapat menghitung ongkos upah tenaga kerja beserta material yang dibutuhkan. Biasanya sebuah bangunan mempunyai spesifikasi pondasi batu kali, dinding tembok batako plester aci finish cat, plafon gypsum rangka hollow, lantai keramik, atap genteng rangka baja ringan.


Cari furniture dan elektronik yang Anda butuhkan dengan mudah di marketplace bahan bangunan UKUR. Cek berbagai harga menarik dan promo menguntungkan. Cari tahu juga toko terdekat di ukur.com/cari untuk mempermudah Anda dalam berbelanja.

Hanya Ukur.com yang berani memberikan harga terjangkau bersamaan layanan pemasangan. Ukur – Situs Jual Beli Bahan Bangunan Terlengkap.