Cara Menghilangkan Tungau Kasur: Tips Efektif dan Mudah

Tungau kasur tidak boleh Anda abaikan begitu saja. Meskipun tungau adalah hewan mikroskopis, mereka bisa jadi masalah besar kalau Anda biarkan berkembang biak di tempat tidur. Karena itu, Anda perlu tahu cara menghilangkan tungau kasur. Lantas, apa saja sih cara membasmi tungau di kasur dengan efektif. Mari simak di sini!

Apa itu Tungau Kasur?

Tungau kasur adalah organisme mikroskopis yang biasanya hidup di tempat tidur, bantal, guling, dan sprei. Mereka adalah anggota keluarga tungau laba-laba dan sangat kecil dengan ukuran sekitar 0,2 hingga 0,5 millimeter. Meskipun kecil, tungau merupakan alergen potensial yang memicu berbagai masalah kesehatan.

Mengapa Tungau Kasur Perlu Anda Basmi?

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa harus repot-repot mencari cara menghilangkan tungau kasur? Nah, ada beberapa alasan yang cukup meyakinkan. meliputi:

1. Alergi dan Masalah Kulit

Tungau kasur adalah penyebab umum alergi pernapasan, seperti asma, bersin-bersin, dan hidung tersumbat. Selain itu, gigitan tungau kasur dapat menyebabkan iritasi dan gatal pada kulit. Beberapa contohnya adalah eksim.

Alergi dan Masalah Kulit
Source image: freepik.com

2. Penyebaran Penyakit

Meskipun jarang terjadi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tungau kasur dapat menyebabkan penyebaran penyakit menular. Terutama ketika infeksi sangat parah.

Umumnya jenis penyakit menular tersebut adalah kudis atau skabies. Di mana penularannya terjadi lewat kontak langsung dan pemakaian barang pribadi dari penderita.

Cara Menghilangkan dan Mencegah Munculnya Tungau Kasur

Menghilangkan tungau kasur adalah tindakan penting untuk menjaga kualitas tidur dan mencegah masalah alergi. Namun, pencegahan juga wajib Anda lakukan. Nah, berikut adalah beberapa cara membasmi tungau kasur dan mencegahnya muncul lagi:

Baca Juga:  15 Merk Kursi Plastik yang Bagus dan Cara Memilihnya

1. Cuci Selimut dan Sprei secara Berkala

Salah satu langkah terbaik untuk menghilangkan tungau kasur adalah dengan mencuci selimut, sprei, dan perlengkapan tidur lainnya secara berkala. Gunakan air panas dengan suhu minimal 55 derajat celsius untuk bunuh tungau. Pastikan juga untuk mengeringkannya dengan baik.

2. Penggunaan Penyedot Debu

Investasikan kesehatan dengan penyedot debu dengan filter HEPA. Gunakan penyedot debu ini untuk membersihkan permukaan kasur secara teratur. Pastikan Anda mencapai lipatan-lipatan kasur dan daerah-daerah yang sulit terjangkau.

penyedot debu
Source image: freepik.com

3. Ganti Bantal dan Guling

Cara menghilangkan tungau di kasur lainnya adalah ganti bantal dan guling secara teratur, minimal setiap enam bulan sekali. Kalau Anda punya alergi yang parah terhadap tungau, pertimbangkan untuk menggunakan bantal dan guling yang tahan terhadap tungau.

4. Jemur Kasur

Menjemur kasur juga wajib Anda lakukan. Coba paparkan kasur Anda ke sinar matahari secara teratur. Sinar matahari dapat membantu membunuh tungau kasur dan menjaganya tetap kering.

5. Gunakan Sarung Pelindung Kasur

Selain menggunakan sprei biasa, gunakan juga sarung pelindung kasur yang tahan air dan tahan terhadap tungau. Sarung ini akan bantu Anda cegah tungau masuk ke dalam kasur.

6. Perhatikan Suhu dan Kelembaban

Cara menghilangkan tungau kasur selanjutnya adalah pastikan suhu dan kelembaban di dalam kamar tidur tetap dalam rentang yang nyaman. Namun, tidak terlalu kondusif bagi perkembangan tungau kasur. Penggunaan dehumidifier dapat bantu Anda mengurangi kelembaban yang berlebihan.

Rapikan Barang di sekitar kasur
Source image: freepik.com

7. Rapikan Barang

Tempat yang kotor dan penuh dengan barang berserakan adalah tempat favorit tungau. Karena itu, sebisa mungkin jaga agar tempat tidur Anda bersih dan jangan taruh barang sembarangan di atasnya. Jika ingin memakai barang, maka letakkan kembali di tempatnya setelah selesai. Jangan asal di tinggal di atas kasur.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Pencurian: Memahami, Strategi, dan Peran CCTV

8. Perhatikan Posisi Kasur

Memperhatikan posisi kasur juga bisa bantu cegah tungau menghampiri. Sebaiknya, Anda jauhkan kasur dari furnitur lain atau dinding, jangan buat terlalu mepet. Selain itu, tutup lubang atau retakan di rumah atau kamar. Karena bisa jadi tempat tersebut tungau jadikan rumah.

Cara Menghilangkan Tungau Kasur dengan Bahan Alami

Jika kasur Anda sudah terserang tungau, cobalah cara hilangkan tungau di kasur dengan bahan alami berikut ini:

1. Larutan Garam

Garam tidak cuma berfungsi sebagai penyedap rasa dalam masakan, melainkan juga dapat digunakan sebagai agen pengusir tungau pada kasur. Jika kondisi kasur Anda tidak memungkinkan untuk dijemur, Anda bisa pakai larutan garam untuk mengatasi masalah tungau ini.

Garam
Source image: freepik.com

Metode untuk menghilangkan tungau dari kasur cukup sederhana. Anda cuma perlu siapkan larutan garam yang telah dimasukkan ke dalam botol semprot. Selanjutnya, semprotkan larutan garam ini pada sarang-sarang tungau yang terdapat di area tempat tidur, sofa, atau karpet.

Hasilnya dapat Anda lihat dalam beberapa jam. Tungau akan keluar dari sarangnya dan mati akibat efek dari larutan garam tersebut.

2. Durian

Apa Anda tidak suka aroma durian? Ternyata, tungau juga tidak suka aroma durian yang memang sangar pekat. Anda cukup pakai kulit durian saja. Letakkan di dalam kamar atau titik yang kemungkinan menjadi sarang tungau. Contoh di bawah tempat tidur.

3. Cuka

Salah satu cara menghilangkan tungau di kasur secara alami adalah dengan memakai larutan cuka. Anda bisa gunakan larutan cuka tanpa perlu mencampurnya dengan air dan langsung semprotkan ke kasur yang terinfestasi tungau.

Penggunaan cuka sebagai agen pemusnah tungau lebih simpel ketimbang dengan metode lainnya. Prosesnya juga relatif sederhana. Anda hanya perlu semprotkan larutan cuka ke area di mana tungau berada. Tunggu beberapa menit dan tungau serta telurnya akan mati dengan cepat.

Namun, setelah Anda menyemprotkan cuka ke kasur, disarankan untuk tidak menggunakan kasur tersebut dalam beberapa waktu. Tujuannya agar cuka memiliki waktu yang cukup untuk bekerja.

Baca Juga:  Cara Membersihkan Karpet Bulu dan Karpet Lantai Tanpa Ribet

4. Bawang

Bawang memiliki aroma yang sangat kuat yang tidak disukai oleh tungau. Oleh karena itu, Anda bisa pakai bawang sebagai cara untuk mengatasi masalah tungau pada kasur.

Bawang
Source image: freepik.com

Metode ini terbukti cukup efektif. Caranya juga cukup sederhana, yaitu dengan menghaluskan bawang putih dan bawang merah. Kemudian, saring dan ambil jusnya. Selanjutnya, oleskan jus bawang tersebut pada area yang Anda duga terdapat sarang tungau.

Pertolongan Pertama Digigit Tungau Kasur

Selain mengetahui cara menghilangkan tungau kasur, Anda juga harus tahu langkah pertolongan pertama jika mendapat gigitan. Termasuk cara mengatasi bekas gigitan tungau di kulit. Berikut di antaranya:

  • Segera mandi pakai sabun.
  • Cuci pakaian dan seprai dengan air hangat dan sabun.
  • Hindari menggaruk bekas gigitan.
  • Pakai krim antihistamin atau krim anti-gatal yang mengandung hidrokortison. Jika gatalnya parah, konsumsi antihistamin oral.

Selain itu, jika mengalami kondisi berikut, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter:

  • Penggunaan obat-obatan tidak memberikan hasil yang diharapkan.
  • Terjadi infeksi pada bekas gigitan.
  • Gigitan tungau tidak membaik dalam waktu dua minggu.
kasur
Mau tidur lebih nyaman? Beli Kasur terbaru di UKUR!

Cara Menghilangkan Tungau Kasur Cukup Mudah, Bukan?

Menghilangkan tungau kasur memerlukan kesabaran dan konsistensi. Namun, dengan menjalankan langkah-langkah di atas, Anda dapat tidur lebih nyenyak dan menjaga kesehatan. Nah, jika Anda lebih memilih untuk mengganti kasur atau bantal guling, maka bisa beli saja di UKUR.com.

Di Ukur, Anda punya beragam pilihan produk, termasuk bahan material, perabotan, perkakas, sanitary, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain punya produk berkualitas, harga yang ditawarkan juga ramah di kantong. Pengirimannya juga sangat cepat dan terjamin aman.

Selain itu, Ukur juga menyediakan layanan pemasangan untuk setiap produk yang membutuhkan. Bagaimana? Sangat praktis, bukan? Yuk, belanja saja kebutuhan rumah dan bagunan di Ukur!