5 Desain Lemari Bawah Tangga, Kreatif dan Efisien!

desain lemari bawah tangga

Memikirkan desain lemari bawah tangga menjadi salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membuatnya. Memanfaatkan area kosong di bawah tangga menjadi lemari penyimpanan merupakan solusi desain interior yang kreatif dan efisien.

Anda dapat memaksimalkan ruang yang ada di rumah dan membuatnya menjadi fungsional. Artikel ini akan mengajak Anda untuk menjelajahi desain yang kreatif dan efisien untuk lemari bawah tangga Anda. Yuk, simak sekarang!

5 Kriteria Lemari Bawah Tangga

desain lemari bawah tangga
Foto: Dijabodetabek

Bergantung pada preferensi, kebutuhan, dan kondisi ruangan, ada banyak kriteria yang harus dipertimbangkan saat memilih desain lemari bawah tangga. Berikut 5 kriteria umum dalam memilih desainnya, yaitu:

1. Ukuran dan Ruang

Pertama, pastikan desain lemari bawah tangga cocok dengan ukuran dan bentuk ruangan yang ada. Lakukan pengukuran yang tepat untuk memastikan lemari akan muat tanpa merasa terlalu sempit atau sesak.

2. Tujuan Penggunaan

Tentukan tujuan penggunaan lemari bawah tangga. Apakah Anda ingin menggunakan lemari ini sebagai tempat penyimpanan, perpustakaan, kantor kecil, ruang hiburan, atau fungsi lainnya? Tujuan penggunaan akan mempengaruhi desain dan fitur lemari.

3. Bahan dan Tampilan

Pilih bahan lemari yang sesuai dengan gaya desain rumah Anda. Kayu sering menjadi pilihan karena memberikan tampilan alami.

Meskipun demikian, Anda dapat memilih dari berbagai jenis bahan seperti metal, MDF, atau bahkan kaca, tergantung pada preferensi estetika Anda. Dengan memilih tampilan dan bahan yang tepat, lemari bawah tangga menjadi lebih menarik.

Baca Juga:  12 Rekomendasi Harga CCTV yang Bisa Dipantau Lewat HP

4. Pintu dan Penutup

Pertimbangkan, apakah Anda ingin menggunakan pintu atau penutup pada lemari atau tidak. Pintu atau penutup akan menjaga barang-barang tetap tersembunyi dan rapi. Sementara itu, lemari terbuka akan memberikan akses yang lebih mudah.

5. Anggaran

Dalam menentukan desain lemari bawah tangga, Anda juga perlu membuat anggaran yang sesuai.

Tentukan anggaran yang tersedia untuk pembuatan lemari bawah tangga Anda. Anggaran akan mempengaruhi pemilihan bahan, desain, dan fitur yang dapat Anda sertakan dalam pembuatan lemari ini.

Memahami dan mempertimbangkan kriteria-kriteria ini akan membantu Anda memilih atau merancang lemari bawah tangga yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

3 Material Favorit Lemari Bawah Tangga

Untuk lemari bawah tangga, berbagai bahan dapat Anda pilih, tergantung pada preferensi, gaya desain interior rumah, dan anggaran yang tersedia. Berikut 3 bahan yang sering digunakan dan paling populer, yaitu:

1. Lemari Bawah Tangga Aluminium

lemari modern dan minimalis
Foto: Pesona Almanur Interior

Aluminium adalah pilihan material yang sempurna untuk lemari modern dan minimalis penempatan di bawah tangga.

Lemari ini memiliki desain yang ringkas dengan tampilan bersih dan kontemporer karena terbuat dari bahan logam yang ringan dan tahan korosi.

Lemari bawah tangga aluminium ini sangat cocok untuk ruangan yang mengutamakan kepraktisan dan tampilan yang bersih.

Selain itu, Anda dapat melapisi lemari ini dengan cat sesuai keinginan. Jangan salah, bahan ini juga cukup tahan lama, lo!

2. Lemari Bawah Tangga Kaca

Lemari Bawah Tangga Kaca
Foto: Tamindo Glass

Selain aluminium, kaca juga dapat menjadi material pilihan Anda dalam membuat lemari bawah tangga. Material ini akan memberikan desain yang elegan dan modern. Anda dapat memilih kaca tempered yang tahan benturan dan retak.

Lemari bawah tangga material kaca sering dikombinasikan dengan elemen logam atau kayu untuk menciptakan kontras estetika yang menawan.

Kondisi ini menjadikannya sebagai pilihan ideal bagi Anda yang menginginkan tampilan minimalis dalam desain interior rumahnya.

Baca Juga:  Perhatikan 8 Bagian-Bagian Kursi Kantor Sebelum Membeli!

3. Lemari Bawah Tangga HPL

Lemari Bawah Tangga HPL
Foto: Tokopedia

Lapisan High Pressure Laminate (HPL) terbuat dari resin yang diperkuat dengan lapisan kertas khusus.

Lemari bawah tangga yang menggunakan lapisan HPL akan memberikan tampilan yang halus, tahan terhadap goresan, dan mudah pembersihannya.

Desain dan warna yang beragam membuatnya cocok untuk berbagai gaya dekorasi. Lemari bawah tangga HPL dapat menjadi pilihan Anda untuk kebutuhan penyimpanan tambahan yang rapi dan fungsional di bawah tangga.

5 Ide Kreatif Desain Lemari Bawah Tangga yang Efisien

Desain lemari bawah tangga yang efisien bisa menjadi solusi brilian untuk memaksimalkan ruang yang sebelumnya tidak terpakai. Berikut ini adalah beberapa ide kreatif untuk menciptakan lemari bawah tangga yang efisien.

1. Lemari Penyimpanan Perlengkapan Dapur di Bawah Tangga

Lemari Penyimpanan Perlengkapan Dapur di Bawah Tangga
Foto: Dekoruma

Jika ruang dapur Anda memiliki tangga yang berdekatan, manfaatkan area kosong di bawah tangga dengan memasang lemari khusus untuk perlengkapan dapur.

Dengan demikian, Anda dapat membuat dapur terlihat lebih rapi dan memiliki penyimpanan tambahan untuk berbagai peralatan dapur.

2. Lemari Laci Bawah Tangga

Lemari Laci Bawah Tangga
Foto: Rumah.com

Apakah Anda memiliki banyak pakaian yang perlu disimpan secara rapi? Lemari laci bawah tangga merupakan alternatif praktis.

Anda dapat dengan mudah menyimpan jilbab dan pakaian dengan rapi tanpa memerlukan ruang khusus, seperti walking closet.

Konsep lemari laci ini mempermudah Anda dalam merapikan pakaian Anda dan melindunginya dari debu.

3. Lemari Buku di Bawah Tangga

Lemari Buku di Bawah Tangga
Foto: Dekoruma

Lemari buku adalah solusi desain interior lemari bawah tangga yang dapat menjadikan koleksi buku sebagai elemen dekoratif yang menarik.

Selain memberikan tampilan unik, ini juga akan berguna untuk mengorganisir dan menampilkan buku-buku dengan rapi.

Dengan desain lemari buku kreatif ini, ruang di bawah tangga dapat menjadi pusat perhatian yang indah dalam desain interior rumah Anda.

4. Lemari Hiasan di Bawah Tangga

Lemari Hiasan di Bawah Tangga
Foto: rumahkuunik.com

Anda dapat menggunakan lemari kaca di bawah tangga untuk menyimpan dan menampilkan piala, hiasan, atau piagam penghargaan dengan indah.

Baca Juga:  10 Perekat Hebel Terbaik yang Bagus untuk Konstruksi Lebih Kuat

Dengan pintu kaca yang transparan, Anda dapat dengan mudah menampilkan koleksi hiasan tanpa harus khawatir tentang debu.

Lemari ini memberikan kesan transparansi dan memungkinkan elemen dekoratif Anda tetap terlihat indah.

Selain itu, ini juga sekaligus berguna untuk menjaga agar koleksi tersebut tetap terlindungi dan mudah aksesnya.

5. Lemari Sepatu di Bawah Tangga

Lemari Sepatu di Bawah Tangga
Foto: Ruparupa.com

Lemari bawah tangga untuk sepatu adalah solusi penyimpanan yang praktis dan efisien untuk kolektor sepatu. Dengan memanfaatkan ruang di bawah tangga, Anda dapat menyimpan dan mengorganisir sepatu dengan rapi.

Rak-rak dalam lemari sepatu ini memungkinkan Anda untuk menjaga koleksi sepatu agar tetap terorganisir dan mudah dijangkau.

Di samping itu, lemari ini juga akan menjaga agar sepatu Anda tetap dalam kondisi baik dan bebas dari debu.

Sudah Tahu Desain Lemari Bawah Tangga yang Kreatif dan Efisien?

Desain lemari bawah tangga yang efisien menjadikan ruang di bawah tangga dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam desain interior rumah. Dalam memilih desain, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi, serta menciptakan solusi sesuai dengan ruang yang ada.

Dengan kreativitas dan perencanaan yang cermat, lemari bawah tangga dapat menjadi elemen penting dalam menciptakan ruang yang lebih efisien, rapi, dan menarik dalam rumah Anda.

Beli lemari minimalis berkualitas dengan harga terbaik, ya hanya di UKUR

Beli Lemari Bawah Tangga di Ukur

Lemari bawah tangga menjadikan rumah Anda lebih efisien dan estetis. Ukur.com menyediakan berbagai pilihan lemari desain kreatif dan berkualitas yang akan membantu Anda memaksimalkan ruang di bawah tangga. Anda juga bisa mendapatkan potongan harga terbaik di Ukur.com.

Tak hanya itu, Ukur.com juga menyediakan segala kebutuhan interior hunian impian mulai Furniture, Kitchen Set, Elektronik, hingga AC. Kunjungi Ukur.com segera dan temukan solusi yang sempurna untuk menciptakan ruang yang lebih rapi, efisien, dan menarik di rumah Anda!