Perbedaan Android TV dan Smart TV, Lebih Unggul Mana?

perbedaan android tv dan smart tv

Anda mau beli televisi tapi bingung memilih jenis TV yang mana? Android TV dan Smart TV memang punya fitur yang mirip, namun jangan salah. Sebab, ada perbedaan antara kedua jenis televisi ini. Yuk, simak artikel berikut untuk mengetahui perbedaan Android TV dan Smart TV lebih dalam!

Apakah Android TV dan Smart TV Sama?

Berbeda dengan televisi reguler, baik Android TV dan Smart TV punya fitur lebih lebih dari jenis televisi biasa. Kedua TV ini punya fitur canggih yang nggak cuma akan membuat Anda menonton siaran TV, tapi juga mempermudah Anda mengakses aplikasi lain. Seperti aplikasi streaming video atau video game.

Sebenarnya karena kecanggihannya, kedua jenis TV ini sering disebut TV pintar atau smart TV. Hanya saja, perbedaan TV Android dan Smart TV yang mencolok ada pada sistem operasinya. Smart TV bisa punya berbagai jenis sistem operasi tergantung merek. Sedangkan Android TV punya sistem operasi Android.

Perbedaan Android TV dan Smart TV

Secara sekilas, kedua jenis TV ini memang terlihat sama. Akan tetapi, keduanya punya perbedaan signifikan. Perbedaan inilah yang membuat kedua TV ini punya keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Nah, biar Anda nggak sampai salah pilih, mari bedah dulu beda Android TV dan Smart TV berikut ini:

1. Sistem Operasi

Sistem operasi adalah perbedaan pertama dari kedua jenis TV ini. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Android TV punya sistem operasi Android. Ini membuat Anda bisa mengakses banyak fitur.
Selain itu, Android TV juga bisa Anda perbarui versinya sama seperti smartphone jenis Android. Jadi, Anda bisa melakukan update secara berkala dan tetap mendapat fitur-fitur terbaru. Anda juga bisa menyetel untuk melakukan pembaruan otomatis.

Baca Juga:  7 Daftar Merk Sofa Terbaik di Indonesia, Berkualitas dan Terkenal!
Sistem Operasi Televisi
Source image: freepik.com

Disisi lain, Smart TV punya sistem operasi yang “mutlak”. Artinya, sistem operasinya akan tetap seperti itu tanpa adanya update. Sehingga, fitur-fitur Smart TV bisa saja lebih tertinggal bila ada pembaharuan aplikasi.

Namun, tetap nggak menutup kemungkinan kalau Smart TV bisa punya sistem operasi yang terupdate. Sebab, sistem operasi Smart TV bisa berbeda tergantung mereknya. Misalnya, LG punya sistem operasi WebOS dan Samsung mempunyai OS bernama Tizen.

2. Tampilan

Secara tampilan, Smart TV punya interface lebih sederhana dan ringkas, namun masih tetap terlihat canggih. Pengoperasiannya juga nggak jauh berbeda dengan televisi analog, sehingga Anda bisa lebih mudah menyesuaikan.

Sedangkan Android TV punya tampilan interface yang jauh berbeda. Interface Android jauh lebih kompleks atau bahkan overwhelming. Kalau Anda adalah pengguna baru, mungkin perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan sistem operasi Android TV.

3. Fitur dan Aplikasi

Perbedaan Android TV dan Smart TV juga terletak pada fiturnya. Android TV lebih unggul secara fitur dan menyediakan Google Play Store. Jadi, Anda bisa mengunduh berbagai aplikasi tambahan sesuai keinginan Anda, seperti Netflix, Youtube, Prime Video, Spotify, dan lain-lain.

Selain Play Store, Android TV juga punya fitur Google Voice Assistant. Ini akan memudahkan Anda untuk mengontrol TV dengan suara.

Fitur dan Aplikasi Smart TV
Source image: freepik.com

Smart TV sedikit di belakang, namun bukan berarti tertinggal. Kebanyakan Smart TV sudah punya aplikasi bawaan, seperti YouTube, Netflix, dan aplikasi streaming lainnya tanpa perlu mengunduh ulang.
Namun, Smart TV butuh perangkat tambahan kalau Anda mau menambah fitur lain. Misalnya seperti Alexa untuk fitur Voice Assistant.

4. Remote Control dan Navigasi

Smart TV lebih unggul soal navigasi. Navigasi pada Smart TV mudah dan familiar untuk semua pengguna karena konsepnya yang “All-in-One”. Selain itu, kepraktisan perangkat pada Smart TV membuat Anda cuma perlu satu remote control untuk mengoperasikannya.

Baca Juga:  Apa Itu WPC: Pengertian, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya
Remote Control dan Navigasi
Source image: freepik.com

Sedangkan, Android TV punya navigasi lebih rumit dan kompleks. Android TV juga butuh dua remote control dengan fungsi berbeda.

5. Konektivitas dan Transmisi Layar

Konektivitas juga jadi salah satu perbedaan Android TV dan Smart TV. Android TV punya keunggulan soal konektivitas dan transmisi layar. Transmisi layar merupakan fitur yang menampilkan isi perangkat lain pada layar televisi, seperti smartphone dan PC.

Android TV punya fitur Chromecast dan Bluetooth untuk disambungkan ke perangkat lain tanpa perantara kabel. Disisi lain, Smart TV masih perlu perangkat perantara tambahan seperti kabel untuk menyambungkan ke perangkat lain.

Konektivitas dan Transmisi Layar TV
Source image: freepik.com

Televisi Mana yang Lebih Baik?

Setelah Anda mengetahui perbedaan Android TV dan Smart TV, Anda mungkin masih bingung televisi mana yang lebih unggul. Sebenarnya, ini tergantung kebutuhan dan keinginan karena semua jenis TV punya keunggulan dan kelemahan masing-masing. Supaya makin paham, mari lihat kualifikasi lengkapnya berikut ini:

Kualifikasi Android TV

Android TV punya kualifikasi yang layak jadi pertimbangan Anda membeli televisi. Berikut adalah detailnya:

Kelebihan:

  • Punya fitur yang banyak, baik dari aplikasi bawaan atau mengunduh lewat Google Play Store.
  • Mempunyai kapasitas ROM dan RAM yang banyak. Jadi, Anda bisa simpan dan untuk berbagai file juga aplikasi.
  • Kemudahan untuk memperbaharui aplikasi dan sistem operasi.
  • Fitur Google Voice Assistant memudahkan untuk kontrol dengan suara.
  • Google Cast memudahkan untuk menyambungkan ke perangkat lain.
  • Jenis televisi yang ramah untuk pengguna Android.
  • Harga Android TV lebih murah dengan spesifikasi yang tinggi.

Kelemahan:

  • Memerlukan dua remote control.
  • Meski punya banyak fitur, tapi masih ada sistem yang memerlukan perangkat tambahan.
  • Interface Android TV kompleks dan cenderung rumit.
  • Kebanyakan Android TV tidak bertahan lama dan cenderung lambat jika Anda pakai dalam waktu lama.
  • Pilihan produsen cukup terbatas.
Baca Juga:  9 Ide Desain Bangun Rumah Dengan Biaya 100 Juta
kualifikasi layar tv
Source image: freepik.com

Kualifikasi Smart TV

Kualifikasi ini juga akan menjadi perbedaan Android TV dan Smart TV untuk bahan pertimbangan Anda. Berikut penjabarannya:

Kelebihan:

  • Smart TV lebih awet dan tahan lama.
  • Fitur-fitur bawaan Smart TV lebih to the point. Misalnya sudah ada Youtube, Netflix, dan aplikasi lainnya tanpa perlu harus unduh ulang.
  • Interface Smart TV ringkas dan sederhana, jadi jarang ada lag.
  • Navigasi Smart TV jauh lebih mudah jadi bisa semua orang pakai.
  • Hanya perlu satu remote control.

Kekurangan:

  • Harganya cenderung mahal, bahkan buat Smart TV dengan spesifikasi paling “rendah”.
  • Fitur cukup terbatas.
  • Update aplikasi dan sistem operasi sedikit susah untuk Smart TV yang tidak punya fitur update otomatis.
  • Perlu perangkat tambahan kalau ingin menambah fitur lainnya.
  • Butuh jaringan internet.

Sudah Tahu Perbedaan Android TV dan Smart TV?

Itu dia perbedaan Android TV dan Smart TV. Android TV unggul dalam fitur-fitur yang kompleks dan aksesibilitas. Sedangkan Smart TV unggul dalam penggunaan yang nyaman dan awet. Mana yang bagus akan bergantung dari kebutuhan Anda.

Nah, kalau mau beli televisi, Anda bisa mengunjungi UKUR.com. Marketplace ini menyediakan berbagai macam televisi dengan kualitas bagus. Nggak cuma televisi, UKUR.com juga menjual AC, furniture, lantai, perkakas, dan perangkat elektronik lainnya untuk berbagai kebutuhan di rumah.

UKUR.com akan memberikan pelayanan yang cepat dan mudah. Terdapat pula garansi untuk setiap pembelian semua produk bangunan dan layanan pemasangan. Kapan lagi Anda bisa dapat produk terjangkau dengan pelayanan berkualitas? Yuk, kunjungi situsnya dan belanja produk unggulannya sekarang juga!