5 Inspirasi Model Plafon Triplek Ruang Tamu Minimalis

model plafon triplek ruang tamu

Plafon adalah bagian rumah yang dapat memberikan aksen tertentu dalam dekorasi interior suatu ruangan, salah satunya ruang tamu. Dengan memilih model plafon yang tepat, maka Anda dapat menghadirkan tema tersendiri di ruangan tersebut. Nah, salah satu model plafon yang terbilang populer hari ini adalah model plafon triplek ruang tamu.

Sehingga, pada ulasan kali ini, kami akan menyajikan beberapa inspirasi desain plafon triplek ruang tamu minimalis terbaik yang mungkin saja dapat menjadi inspirasi dekorasi ruang tamu Anda. Penasaran? Langsung saja, cek inspirasi desainnya di bawah ini!

Contoh Model Plafon Triplek Ruang Tamu Minimalis

model plafon triplek ruang tamu
Foto: Berita 99.co

Berikut adalah beberapa contoh model plafon triplek minimalis yang banyak menjadi favorit pemilik hunian hari ini:

1. Plafon Triplek Polos

Plafon Triplek Polos
Foto: Berita 99.co

Jika Anda adalah tipikal yang menyukai kesederhanaan dan konsep minimalis, plafon triplek polos ini dapat menjadi salah satu opsi terbaik untuk Anda coba. Penggunaan model plafon ini dapat memberikan nuansa sederhana di ruang tamu, namun tidak plain.

Dalam aplikasinya, model triplek ini sendiri biasanya diselaraskan dengan penggunaan furnitur berwarna hitam atau putih. Untuk pilihan warna plafon, warna coklat muda dan putih adalah pilihan warna paling populer untuk model plafon ini.

2. Plafon Triplek Bernuansa Cozy

Plafon Triplek Bernuansa Cozy
Foto: pinterest.com

Model plafon triplek ruang tamu populer lainnya adalah model plafon triplek bernuansa cozy. Model plafon ini terbilang cocok untuk Anda yang ingin menghadirkan nuansa hangat dan tenang di ruang tamu Anda.

Baca Juga:  10 Jenis Kursi Kantor Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Dalam aplikasinya, model plafon triplek ini biasanya dipadukan dengan lampu semi kuning dan furniture yang memiliki warna pastel atau cerah. Sedangkan warna yang sering digunakan untuk plafon triplek dengan tema ini adalah coklat tua.

3. Plafon Triplek Silang

Plafon Triplek Silang
Foto: interiordesign.id

Model triplek silang juga termasuk salah satu model triplek yang banyak digunakan di hunian minimalis hari ini. Model plafon ini memiliki bentuk menyilang seperti menyatu di bagian tengah.

Desain atau bentuk susunan triplek ini sendiri dapat memberikan aksen modern pada interior ruang tamu. Dalam aplikasinya, model plafon ruang tamu dari triplek ini dapat Anda padukan dengan lampu gantung, guna memperkuat nilai keindahan plafon ini.

Selain di ruang tamu, model plafon ini juga banyak menjadi pilihan dalam dekorasi interior kamar, ruang keluarga, dan dapur.

4. Plafon Timbul

Plafon Timbul
Foto: mamikos.com

 

Jika Anda ingin memberikan sentuhan artistik pada ruang tamu Anda, maka model plafon rumah timbul ini dapat menjadi opsi yang dapat Anda pertimbangkan. Keunikan dan keistimewaan dari model plafon dari triplek ini terdapat pada aplikasi triplek tambahan yang memberikan kesan timbul pada langit-langit.

Selain itu, bentuk estetik dari plafon ini membuat ruang tamu Anda bukan hanya nampak mewah, namun tidak berlebihan. Bicara mengenai aplikasinya, warna yang paling banyak menjadi pilihan untuk model plafon ini adalah warna putih.

Desain plafon ruang tamu ini akan semakin indah jika dipadukan dengan lampu dan dinding yang juga berwarna putih.

5. Plafon Triplek Mewah

Plafon Triplek Mewah
Foto: archify.com

Model plafon triplek ruang tamu populer terakhir yang berada di dalam daftar kami adalah model plafon triplek mewah. Seperti namanya, model plafon ini dapat menonjolkan sisi kemewahan dan juga elegan dari interior ruang tamu.

Model plafon triplek mewah sendiri memiliki banyak jenis, mulai dari jenis plafon miring, pola kotak-kotak dengan batas sisi, dan masih banyak lagi. Anda dapat menyesuaikan desain plafon tersebut sesuai dengan preferensi Anda.

Baca Juga:  6 Cara Membersihkan Kipas Angin Tanpa Membongkar, Mudah!

Sebagai contoh, misalnya Anda ingin membuat ruang tamu Anda tampak tinggi, maka Anda dapat mencoba jenis plafon miring.

Dalam aplikasinya, model plafon triplek mewah ini biasanya diaplikasikan dengan warna elegan, seperti skylight dan coklat keemasan.

Kelebihan Model Plafon Triplek Ruang Tamu

Bukan hanya memiliki nilai estetik tersendiri dari segi keindahannya, model plafon triplek untuk ruang tamu juga menawarkan keunggulan dari sisi instalasinya. Adapun beberapa keunggulan plafon triplek yang kami maksud tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pemasangan Mudah

Dibandingkan dengan pemasangan jenis plafon lainnya, pemasangan plafon triplek jauh lebih mudah. Biaya pemasangan plafon triplek juga termasuk lebih murah. Sehingga, anggaran yang Anda butuhkan untuk proses finishing dapat ditekan seefisien mungkin.

2. Ketahanan (Tidak Mudah Retak)

Plafon triplek cenderung memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap retakan, ketimbang bahan plafon lain. Hal ini membuat plafon triplek cenderung cukup tahan lama.

Apabila terjadi retakan pun, potensi perluasan retakan sangat minim. Singkatnya, plafon triplek ini mempertahankan integritas struktur dan volume rangka plafon dengan lebih baik.

3. Kemampuan Isolasi Suara

Tidak banyak yang mengetahui bahwa bahan triplek memiliki kemampuan isolasi suara yang baik. Faktanya, bahan ini dapat meredam suara dengan baik dan meningkatkan akustik ruangan. Sehingga, model plafon triplek ruang tamu ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki ruang tamu dengan nuansa tenang.

4. Ketahanan Terhadap Kelembaban

Triplek berkualitas tinggi umumnya telah melewati proses pengolahan tertentu, yang membuat tahan terhadap kelembaban. Sehingga, potensi kemunculan keretakan pada plafon akibat kelembaban dapat diminimalkan.

5. Fleksibilitas dalam Desain

Kelebihan terakhir dari plafon triplek adalah terdapat pada fleksibilitasnya dari sisi desain. Dalam dekorasi interior, Anda akan dapat lebih banyak bereksperimen dengan warna pada plafon triplek ini. Misalnya, Anda dapat mengecat warna plafon ini sesuai dengan preferensi dan tema yang ingin Anda hadirkan ke dalam ruangan.

Baca Juga:  5 Jenis Bahan Pintu Kamar Mandi Terbaik dan Tahan Lama

Tips Perawatan Plafon Triplek

Meskipun memiliki ketahanan dan kekuatan yang baik. Namun, untuk menjaga masa layak (masa pakai) dari plafon triplek menjadi lebih panjang, terdapat beberapa tips perawatan yang sebaiknya Anda aplikasikan, yaitu sebagai berikut:

  • Bersihkan kotoran dan noda ringan secara berkala di plafon triplek (gunakan vakum atau sapu lembut).
  • Hindari plafon terkena air secara berlebihan.
  • Tangani kerusakan pada plafon dengan cepat. Misalnya, plafon triplek mengalami rembes, maka Anda sebaiknya langsung melapisinya dengan cat pelapis. Hal ini akan mencegah kerusakan (keretakan) meluas.
  • Jika cat plafon mulai memudar, maka Anda sebaiknya mulai melakukan pengecatan ulang. Dalam hal ini, pastikan untuk memilih cat berkualitas, guna mendapatkan tampilan yang lebih stand out.

Tertarik Mengaplikasikan Model Plafon Triplek di Atas Untuk Ruang Tamu Anda?

Model plafon triplek ruang tamu adalah salah satu model plafon yang banyak diadaptasi di sejumlah hunian modern berkonsep minimalis hari ini. Karena plafon triplek dapat memberikan nuansa nyaman dan menonjolkan kesan minimalis dari suatu ruang tamu.

Selain itu, proses pemasangan plafon triplek sendiri termasuk lebih mudah dan tidak memakan banyak cost. Jika Anda tertarik untuk menghadirkan plafon triplek di interior ruang tamu Anda, Ukur dapat membantu Anda mewujudkannya.

Ukur adalah marketplace jual beli barang konstruksi dan interior terpercaya yang menyediakan berbagai keperluan konstruksi untuk rumah, termasuk plafon. Marketplace ini menyediakan berbagai pilihan plafon berkualitas, termasuk plafon triplek untuk keperluan interior ruangan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memperoleh berbagai furniture, perkakas, hingga bayar tagihan maupun top up e-wallet. Semuanya bisa di Ukur.