Bean Bag: Teman Santai Anda di Waktu Luang

Bean Bag: Teman Santai Anda di Waktu Luang

Bean bag adalah salah satu jenis kursi yang cukup terkenal saat ini. Karena tampilannya yang punya berbagai macam desain dan warna, kursi ini banyak orang sukai. Nah, artikel ini akan menyediakan informasi lengkap tentang bean bag berikut cara menatanya di ruangan dan tips memilih bahannya. Yuk, simak!

Apa itu Bean Bag?

Bean Bag
Foto : cielo.co.za

Anda mungkin sudah pernah melihat bean bag kursi santai di cafe atau mungkin Anda sudah punya satu di rumah tapi tidak tahu namanya. Kursi jenis ini memang cocok buat bersantai di ruang keluarga atau bahkan kamar pribadi.

Ukuran kursi ini cukup besar dan menyerupai bantal yang bisa Anda duduki. Di dalamnya biasanya berisi butiran styrofoam. Zanotta, perusahaan asal Italia adalah perusahaan yang pertama kali merancang kursi ini.

Pada tahun 1969, Piero Gatti, Cesare Polini, dan Franco Teodore, pekerja dari perusahaan tersebut, merancang kursi bean bag. Seiring berjalannya waktu, kursi satu ini jadi jenis kursi untuk bersantai.

Secara sederhana, bean bag adalah sebuah bantalan besar yang berisi styrofoam tanpa rangka dan memiliki berbagai macam bentuk. Seperti bulat, segitiga, hingga persegi panjang. Materialnya pun juga beragam, sehingga Anda bisa sesuaikan dengan bahan yang Anda suka.

Menata Bean Bag sebagai Kursi Santai

Karena bentuknya unik, penataan kursi ini perlu disesuaikan dengan tempat agar tak merusak nuansa ruangan. Berikut adalah beberapa cara menata bean bag biar bisa menopang desain ruangan dan memaksimalkan fungsinya untuk bersantai:

Baca Juga:  10 Cara Membersihkan Kursi Kayu agar Mengkilap seperti Baru

1. Tentukan Warna sesuai Tema Ruangan

Warna sesuai Tema Ruangan
Foto: hgtv.com

Demi membuat bean bag tetap bisa menopang desain interior ruangan, Anda harus menyelaraskan warnanya. Jadi, keberadaannya tidak akan mengganggu atau bertabrakan dengan desain ruangan.

Namun, kursi ini juga bisa jadi fokus untuk ruangan. Coba saja buat memilih warna yang lebih menonjol, tapi tetap selaras dengan nuansa yang ada. Cara ini bisa membuat ruangan Anda tampak lebih ceria dan berwarna.

2. Pilih Model Bean Bag yang Lucu

Bean Bag lucu
Foto: indonesian.alibaba.com

Sekarang, Anda bisa menemukan berbagai macam model bean bag. Tidak cuma yang biasa ada di tempat umum, Anda juga bisa memilih model lebih lucu atau lebih nyaman. Beberapa bentuknya yang unik adalah segitiga, kursi dengan sandaran punggung, memiliki telinga kelinci, berbentuk mahkota, bahkan pisang.

3. Tambahan Bantal Kecil pada Bean Bag

Bantal Kecil pada Bean Bag
Foto: rumah123.com

Cara selanjutnya untuk menata bean bag adalah dengan menambahkan batal kecil di atas kursi. Namun, bantal kecil tersebut juga harus memiliki model dan warna yang selaras dengan ruangan, ya. Jadi, keberadaannya tidak akan merusak konsep yang ingin Anda ciptakan.

4. Pilih yang Mudah Dibersihkan

Ketika memiliki kursi ini, Anda pasti sering memakainya karena sensasi nyaman yang diberikan. Karena sering Anda pakai, sudah pasti lapisan kainnya akan mudah kotor. Apalagi kalau Anda suka makan atau minum di atasnya.

Oleh karena itu, untuk mencegah timbulnya noda dan jamur pada kain, pilih kursi dengan kain yang mudah dicuci. Hal tersebut akan membuat Anda tidak kesusahan ketika membersihkannya.

5. Tambahkan Dekorasi

Dekorasi
Foto: bramblefurniture.com

Cara membuat kursi bean bag terlihat lebih bagus adalah dengan menambah dekorasi. Anda bisa menambahkan beberapa furniture yang sekiranya cocok untuk menjadi pelengkap suasana. Biasanya, kursi ini akan orang letakkan di sudut ruangan untuk mengisi celah yang kosong.

Nah, agar tidak terlihat sepi coba tambahkan pot tanaman, rak buku, atau lampu berdiri di sekitarnya. Dekorasi tersebut juga pasti bakal buat ruangan Anda makin cantik.

Baca Juga:  CCTV Tanpa Internet: Solusi Tidak Bergantung ke Sinyal

Tips Memilih Isi dan Bahan Kain Bean Bag

Agar tak salah pilih atau terbuai dengan iklan, Anda bisa pelajari dulu bahan dan isinya yang pas dan nyaman. Jika sudah tahu karakteristik kursi ini, Anda bisa dengan mudah mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi. Nah, berikut beberapa tipsnya:

1. Pilih Inner Cushion

Inner cushion adalah pembungkus butiran styrofoam agar isinya tidak kemana-mana saat cover kursi Anda cuci. Bahan yang biasa digunakan untuk melapisi bagian dalam bean bag adalah kain peles, taffeta, dan spunbond.

Nah, Anda bisa pilih salah satu bahan yang lebih ramah di kantong. Umumnya, jenis yang paling terjangkau adalah furing peles. Kalau mau cari kain yang tebalnya lebih beragam, Anda bisa pakai spunbond.

2. Isian

Isian kursi ini terbagi lagi menjadi 4 jenis. Material tersebut adalah polystyrene, styrofoam, dacron, dan bead beans. Jika Anda mencari material paling nyaman, maka polystyrene beads adalah solusinya. Jenis ini juga 100% recyclable.

3. Cover Cushion

Cover cushion memiliki fungsi utama untuk melindungi lapisan dalam agar selalu dalam keadaan bersih. Bahan kain bean bag ini sebaiknya menyesuaikan dengan tempat Anda tinggal.

Kalau Anda mau menempatkannya di ruangan indoor, Anda bisa pakai kain denim, spandex, suede, kulit sintetis, dan rasfur. Sedangkan, beberapa jenis kain yang bisa Anda pakai di ruangan outdoor adalah kain parasut, taslan, dan vynil. Nah, berikut adalah penjelasan karakteristik dari masing-masing jenis kain:

a. Kain Denim

Kain Denim
Foto: aliexpress.com

Kain ini sangat terkenal karena karakteristiknya yang kokoh, kuat, dan punya varian ketebalan cukup banyak. Denim ringan punya ketebalan di bawah 12 oz, denim sedang memiliki ketebalan 12 sampai 16 oz, dan denim berat memiliki ketebalan di atas 16 oz. Makin kecil oz, makin lemas kainnya.

b. Bahan Rasfur

Rasfur sendiri terkenal sebagai kain yang memiliki bulu. Teksturnya juga sangat lembut dan kenyal. Umumnya, kain ini memiliki panjang rata-rata 5 mm, 10 mm, dan 20 mm.

Baca Juga:  Wiremesh: Pengertian, Kegunaan, Ukuran, dan Cara Memilihnya

c. Kain Canvas

Jenis ini punya serat yang tebal dan kuat. Kalau memilih jenis ini, Anda bisa memilih jenis blacu, marsoto, dan canvas PE. Beberapa kain tersebut terbukti kuat untuk menjadi pelapis luar.

d. Kain Spandek

Spandek pada bean bag adalah kain yang terbuat dari nilon, polyester, dan polimer sintetis lainnya. Ciri yang menonjol dari kain ini terletak pada sifatnya yang elastis. Kain ini bisa meregang sampai 5 kali ukuran aslinya. Sayangnya, penggunaan jangka panjang bakal buat kain ini melar dan tidak lagi nyaman untuk Anda pakai.

e. Kain Taslan

Kain ini lebih awet dan tahan lama karena punya jalinan serat polyester. Maka dari itu, kain ini sangat cocok untuk bean bag yang berada di luar.

f. Kain Parasut

Kain Parasut
Foto: entrepreneur.bisnis.com

Bahan dasar berasal dari serat sintetis. Karakternya ringan, kuat, dan perawatannya mudah. Jadi, tidak akan repot jika terkena kotoran ketika Anda taruh di luar.

g. Kain Vinyl

Jenis ini memang kurang lentur, namun tahan air. Vinyl umumnya terbuat dari karet dan lumayan mirip dengan kulit hewan.

jual kursi bean bag
Dapatkan kursi bean bag berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Sekarang Sudah Tahu Apa itu Bean Bag?

Intinya, bean bag adalah sebuah kursi untuk bersantai dan cocok untuk Anda tempatkan sesuka hati. Kalau memutuskan untuk membelinya, Anda bisa mengunjugi Ukur.com saja.

Karena sebagai marketplace, Ukur.com menyediakan berbagai macam kursi. Termasuk bean bag dan beberapa merk kursi plastik yang bagus. Ukur.com juga menawarkan banyak furniture lain, seperti kitchen set, kasur, lemari, meja dan rak.

Pengiriman barang sudah pasti akan terjamin. Jadi, Anda tinggal tunggu saja di rumah dan barang akan sampai dengan sendirinya. Yuk, lakukan transaksi keperluan rumah cepat dan mudah hanya di Ukur.com!