Mengenal Lantai SPC, Cocok untuk Rumah Nyaman dan Idaman!

Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Lantai SPC adalah salah satu jenis yang bisa Anda pertimbangkan jika lagi bingung memilih lantai yang akan digunakan di rumah? Jenis ini tentu punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun, lantai ini juga diklaim sebagai lantai vinyl terbaik karena kualitasnya. Yuk, kenali lebih dalam lewat ulasan di bawah ini!

Apa itu Lantai SPC?

Dalam industri home decoration, SPC Flooring adalah salah satu material pengganti kayu dan juga merupakan terobosan terbaru dari lantai vinyl biasa. Material ini juga cocok jadi bahan penutup lantai.

SPC juga diklaim punya material yang aman dan ramah lingkungan karena salah satu bahan dasarnya adalah batu kapur. Batu kapur sudah terbukti masuk dalam kategori ramah lingkungan dan dapat Anda daur ulang.

Lantai SPC adalah salah satu tipe material lantai yang memiliki bahan utama Stone Polymer Composite. Bahan ini berasal dari bubuk alam atau limestone yang dicampur dengan resin. Material ini juga terbuat dari pengembangan material luxury vinyl tiles.

Lantai ini cenderung punya sifat lebih kaku dan juga keras. Namun, ini justru akan membuat lebih kokoh dan kuat, serta tidak mudah rusak. Kekokohannya tersebut karena material penyusunnya terdiri dari beberapa lapisan sekaligus.

SPC Flooring ini juga membutuhkan pondasi dasar lantai sebagai dasaran untuk pemasangan. Selain itu, sifatnya yang kaku juga akan sangat menguntungkan pengguna. Sebab, jika ada penyok pada pondasi dasar, maka lantai SPC tidak akan mengikuti kontur dari pondasi tersebut.

Baca Juga:  13 Inspirasi Kombinasi Warna Cat Plafon Gypsum: Wajib Tahu!

Keuntungan Memakai Lantai SPC

Ada beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih penutup lantai yang sesuai. Nah, berikut adalah beberapa keuntungan yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli jenis lantai ini:

Keuntungan Memakai Lantai SPC
Source image: freepik.com

1. Tahan Air dan Anti Rayap

Salah satu hal paling penting dalam memilih penutup lantai adalah ketahanannya terhadap air. Lantai adalah permukaan yang sering terkena cipratan atau tumpahan benda cair, sehingga pemilihan material yang tahan air merupakan hal yang tidak boleh Anda lewatkan.

Lantai SPC adalah material yang tahan air dan akan membuat lantai Anda terbebas dari lembab. Ketahanan SPC akan air sendiri diklaim mencapai 100%. Ini menjadi nilai plus karena akan menambah keawetannya. Selain itu, karena berasal dari plastik dan serbuk batu, rayap nggak akan bisa memakan dan merusak lantai ini.

2. Perawatan Mudah

Dengan material terbaik sebagai bahan penyusun, lantai ini nggak butuh perawatan yang ribet. Anda cuma perlu menyapu dan mengepel seperti biasanya saja dan tidak perlu melakukan perawatan khusus yang rumit.

3. Tetap Stabil dalam Perubahan Suhu

Perubahan cuaca membuat suhu suatu ruangan akan mengalami perubahan yang cukup signifikan. Hal tersebut juga akan membuat material suatu benda mengalami perubahan. Beberapa lantai jenis lain bisa memuai karena panas dan ada pula yang sampai rusak karena lembab.

Namun, jika memilih SPC Flooring, Anda nggak akan menghadapi masalah tersebut. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, material ini sangatlah kuat, termasuk dalam menyesuaikan suhu sekitar. Sehingga lantai Anda akan tetap terasa nyaman di tengah suhu cuaca apapun.

4. Dapat Dipasang di Permukaan yang Tidak Rata

Keunggulan lain dari lantai SPC yang sangat mencolok ketimbang lantai vinyl jenis lain adalah kemudahannya untuk dipasang di permukaan apapun. Anda nggak perlu ragu karena lantai jenis ini akan tetap bisa dipasang di atas permukaan tidak rata. Proses pemasangannya juga cukup praktis.

Baca Juga:  Jenis Stop Kontak di Berbagai Negara, Sudah Tahu Belum?
Tampilan lantai spc yang Realistis
Source image: freepik.com

5. Tampilannya yang Realistis

Jenis lantai satu ini juga punya banyak motif yang beragam dan sangat bagus. Dengan tambahan detail corak yang sangat realistis membuat lantai ini memiliki tampilan yang elegan ketika Anda pasang di rumah.

Anda bisa memilih berbagai macam corak seperti kayu dan batu yang bisa membuat rumah Anda tampak lebih minimalis dan nyaman.

6. Ramah Lingkungan dan Tahan Panas

Menurut penelitian, lantai ini nggak melepaskan zat radioaktif atau formaldehida sehingga membuatnya cukup ramah lingkungan. SPC juga tahan panas atau api dengan standar B1. Ini adalah level paling tinggi untuk sebuah benda tahan api.

Konduktivitas termalnya juga baik. Jika Anda memakai pemanas, lantai nggak akan mudah melengkung. Sangat menarik, bukan?

Kekurangan Lantai SPC

Meskipun akan dapat banyak kelebihan dari penggunaan SPC Flooring, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa kekurangannya. Nah, berikut adalah beberapa kekurangan yang wajib Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan SPC:

1. Tidak Tahan Banjir

Meskipun sudah terbukti memiliki ketahanan yang kuat terhadap air, lantai ini tidak bisa berada dalam air begitu lama karena akan rusak. Lantai ini tidak dianjurkan untuk penggunaan di teras rumah, di mana air hujan akan menggenang di sekitaran lantai.

Selain itu, contoh keadaan yang lebih parah adalah terkena bencana banjir. Namun, jika rumah ada tergolong ke dalam rumah di daerah yang jarang terjadi banjir. Maka, Anda nggak perlu khawatir, karena penggunaan lantai ini akan aman untuk jangka panjang.

Hindari Lantai SPC dari sinar matahari langsung
Source image: freepik.com

2. Tidak Bisa Terpapar Sinar Matahari dalam Waktu Lama

Meskipun sudah terbukti kokoh dan tahan panas, tapi lantai SPC adalah jenis yang tidak cocok untuk Anda pakai di luar ruangan dengan paparan sinar matahari langsung. Jika ruangan dalam Anda terpapar banyak sinar matahari, Anda bisa mengakalinya dengan memasang tirai untuk meminimalisir cahaya yang masuk.

Baca Juga:  12 Merk Kursi Kantor Terbaik untuk Menemani Kerja Anda

Tenang saja, Anda tetap bisa menikmati kelebihannya jika penempatan lantainya tepat. Anda bisa menempatkannya di tempat yang minim cahaya seperti kamar tidur atau ruang keluarga yang memiliki tirai.

3. Mengandung Logam Berat

Anda harus teliti dalam memperhatikan kandungan yang ada dalam lantai SPC. Beberapa produk yang harganya cukup tinggi memiliki kandungan logam berat yang rendah sehingga aman untuk kesehatan.

Namun, yang wajib Anda perhatikan adalah produk yang harganya cenderung rendah. Anda harus teliti dalam melihat kandungan yang ada di dalamnya karena biasanya produk tersebut memiliki kualitas buruk. Serta mengandung logam berat yang cukup tinggi dan bisa membahayakan kesehatan.

lantai spc
Lengkapi kebutuhan material bangunan Anda dengan Lantai SPC di UKUR!

Sudah Tahu Apa itu Lantai SPC?

Nah, itu adalah ulasan tentang lantai SPC. Anda juga perlu memhami kalau lantai ini sangat mudah untuk dibongkar pasang. Nah, jika merasa tidak masalah dengan kekurangannya, Anda bisa dapatkan lantai ini dari UKUR.com. Anda bisa menemukan berbagai macam jenis lantai dengan berbagai macam motif dan ukuran.

Ada pula jasa pemasangan sehingga Anda nggak perlu pusing kerepotan. Selain lantai, UKUR.com juga menyediakan berbagai macam kebutuhan rumah lainnya. Contohnya seperti Pintu & Jendela, Dinding & Plafon, Furniture, dan masih banyak lagi.

Di marketplace ini, Anda akan dapat kemudahan dari memilih sampai barang datang ke rumah. Selain itu, Anda bisa dapat ukuran barang sesuai kebutuhan dan harganya juga pas dengan kantong. Jika Anda sudah yakin dengan pilihan material, maka nggak perlu bingung-bingung lagi. Yuk, langsung pesan sekarang di UKUR.com!