Begini Cara Mudah Memasang CCTV WiFi: Panduan Lengkap!

Begini Cara Mudah Memasang CCTV WiFi: Panduan Lengkap!

Sudah banyak perangkat elektronik yang menggunakan koneksi wireless atau WiFi, termasuk CCTV. Karena tidak menggunakan kabel penghubung, tentu lebih praktis dalam pemasangannya. Yuk, pahami bagaimana cara pasang CCTV WiFi dengan mudah!

Apa yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memasang CCTV WiFi?

Sebelum mempelajari cara pasang CCTV WiFi dan cara melihat rekaman CCTV, lakukan beberapa persiapan ini terlebih dahulu.

1. Memilih Jenis CCTV WiFi yang Sesuai dengan Kebutuhan

Ada banyak jenis CCTV WiFi yang tersedia di pasaran, berikut detailnya.

Jenis CCTV WiFiKelebihanKekurangan
Bullet cameraCocok untuk area outdoorTidak mudah untuk mengatur arah pandangnya
Dome cameraMudah dalam pemasangan dan pengaturan sudut/arah pandangHarganya lebih tinggi
Wireless IP cameraDapat dimonitor dari jarak jauh dan pemasangannya cenderung mudahSangat bergantung pada jaringan WiFi dan terkadang mengalami lag
PTZ CameraPengguna bisa mengatur arah pandang kamera secara remoteHarus menggunakan jaringan yang sangat kuat dan harganya mahal

Dari 4 jenis CCTV WiFi di atas, kira-kira manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda?

2. Menentukan Posisi Kamera CCTV

Setelah memilih jenis kameranya, sekarang persiapkan lokasi pemasangan CCTV. Pastikan lokasi tersebut memiliki sudut pandang yang luas serta terjangkau oleh jaringan atau sinyal. Jika memasangnya di area luar rumah atau bangunan, pastikan terlindung dari pengaruh cuaca serta kemungkinan vandalisme.

Baca Juga:  Rumus Cara Menghitung Kebutuhan Keramik dan Jenis-jenisnya

3. Menentukan Posisi Modem dan Router WiFi

Salah satu hal penting yang wajib Anda perhatikan dari cara memasang CCTV WiFi adalah posisi modem serta router WiFi itu sendiri. Pastikan posisinya ideal sehingga dapat memancarkan sinyal ke CCTV dengan baik. Hindarkan dari penghalang seperti tembok atau lemari agar sinyal tidak terganggu.

4. Memastikan Sinyal WiFi yang Cukup Kuat di Area Pemasangan CCTV

Agar video rekaman CCTV tidak putus-putus dan lag, penting untuk memastikan bahwa sinyal WiFi yang diterima CCTV cukup kuat.

5. Mempersiapkan Peralatan yang Diperlukan

Terakhir, siapkan beberapa peralatan sebelum Anda mempraktikkan cara menghubungkan CCTV ke WiFi. Berikut detail alat yang wajib Anda siapkan.

  • CCTV WiFi
  • Network Video Recorder (NVR) maupun Digital Video Recorder (DVR)
  • Kabel ethernet
  • Router
  • Power adapter
  • Mur dan baut untuk pemasangan

Cara Pemasangan CCTV WiFi: Langkah demi Langkah

Nah, setelah semuanya siap, sekarang adalah waktunya memahami cara setting kamera CCTV WiFi. Pastikan Anda mengikuti tutorial lengkap berikut ini agar berhasil.

memasang cctv wifi
Foto: cekpremi.com

1. Pasang DVR atau NVR

Cara pasang CCTV WiFi yang pertama adalah pemasangan DVR atau NVR yang akan berfungsi sebagai perangkat penyimpan video dari sistem CCTV. Pastikan untuk memasang DVR atau NVR di lokasi yang aman dari guncangan dan elemen cuaca untuk mencegah terjadinya kerusakan data.

Dalam menghubungkan DVR atau NVR dengan kamera-kamera CCTV, gunakan kabel jaringan ethernet yang telah Anda siapkan sebelumnya.

2. Pasang Kamera CCTV

Berikutnya, silakan instal atau pasang kamera CCTV pada lokasi yang sudah Anda tentukan sebelumnya, baik di area indoor maupun outdoor. Pastikan Anda memasangnya dengan baik dan kencang agar tidak mudah jatuh. Penting juga untuk memastikan bahwa lokasi pemasangan kamera CCTV aman dari getaran yang kuat.

Baca Juga:  10 Cara Pasang Bondek dan Tipsnya Agar Hasilnya Bagus

Berikutnya, hubungkan kamera CCTV yang sudah terpasang ke unit DVR atau NVR dengan menggunakan kabel ethernet.

3. Pasang Router WiFi

Pasanglah router WiFi pada lokasi yang telah Anda rencanakan sebelumnya. Pastikan bahwa jangkauan sinyal WiFi yang terpancar dari router mencakup area di mana CCTV terpasang. Selanjutnya, sambungkan router tersebut ke DVR atau NVR menggunakan kabel local area network (LAN) atau ethernet.

Buka aplikasi CCTV pada perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi yang sama dan ikuti panduan yang tersedia dalam aplikasi untuk mengonfigurasi CCTV. Misalnya, Anda mungkin perlu menginput nama dan kata sandi WiFi untuk menghubungkan CCTV ke jaringan.

4. Hubungkan DVR atau NVR ke Monitor

Agar memungkinkan Anda mengakses rekaman video dari CCTV, hubungkan perangkat DVR atau NVR Anda ke monitor menggunakan kabel High-Definition Multimedia Interface (HDMI) atau Video Graphics Array (VGA). Pastikan bahwa koneksinya kuat, stabil, dan tidak mudah terputus.

Hubungkan DVR atau NVR ke Monitor
Foto: Freepik

5. Hubungkan DVR atau NVR ke Listrik

Terakhir, hubungkan DVR atau NVR Anda ke sumber daya dengan menggunakan power yang telah tersedia. Sekarang Anda sudah bisa melihat rekaman gambar dari CCTV WiFi.

Troubleshooting: Cara Mengatasi Masalah pada CCTV WiFi

Terkadang CCTV mengalami masalah seperti tidak terhubung ke jaringan WiFi hingga perekaman yang terjeda. Jika mengalami masalah tersebut, jangan khawatir karena Anda bisa melakukan troubleshooting berikut ini.

1. Masalah Tidak Dapat Terhubung ke Jaringan WiFi

Kalau CCTV tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi, biasanya karena pengaruh dari router. Jaraknya yang terlalu jauh membuat pancaran sinyalnya lemah sehingga CCTV pun tidak terhubung.

Solusinya, Anda bisa memindahkan router menjadi lebih dekat dengan CCTV. Restart router bila perlu untuk memastikannya bekerja dengan baik.

2. Masalah Sinyal CCTV WiFi Tidak Stabil

Sama seperti masalah pertama tadi, WiFi yang tidak stabil bisa terjadi karena letak router terlalu jauh. Selain itu, bisa juga karena sinyal terhalang dinding atau benda yang terbuat dari metal. Pastikan untuk menyingkirkan segala bentuk penghalang agar CCTV berfungsi dengan baik.

Baca Juga:  11 Desain Balkon Minimalis Modern yang Bikin Nyaman

3. Masalah Gambar CCTV Buram atau Tidak Jelas

Ketika sinyal WiFi lemah, gambar CCTV akan buram dan tidak terlihat dengan jelas. Tentu pengawasan menjadi kurang maksimal, bukan? Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengubah pengaturan router maupun memindahkannya agar CCTV mendapatkan sinyal yang lebih baik.

4. Masalah Perekaman Tidak Berjalan

Jika perekaman gambar atau video CCTV terjeda, coba cek kapasitas hard disk pada NVR atau DVR. Biasanya, perekaman yang terjeda terjadi karena kapasitas penyimpanannya penuh.

Jadi, Anda perlu menghapus sebagian data lama untuk mengosongkan space di hard disk. Bila perlu, belilah hard disk baru dengan kapasitas besar untuk memenuhi kebutuhan ini.

Sebagian NVR atau DVR memiliki mekanisme hapus data otomatis. Namun, ada potensi kehilangan data rekaman setelah waktu tertentu. Jika ingin melihatnya lagi, Anda perlu mempelajari cara mengembalikan rekaman CCTV yang terhapus otomatis.

CCTCV
Temukan Camera CCTV yang Dapat Merekam Suara di UKUR!

Sudah Tahu Bagaimana Cara Memasang CCTV WiFi?

CCTV adalah salah satu perangkat keamanan rumah yang wajib Anda miliki karena fungsinya sangat penting. Nah, kalau Anda belum punya CCTV, kami sarankan untuk membelinya di Ukur.com. Marketplace ini memiliki pilihan jenis CCTV yang lengkap dan barang elektronik lainnya seperti kulkas, mesin cuci, dan kipas angin.

Selain itu, Ukur.com juga menawarkan berbagai furniture, peralatan safety, AC, hingga pintu & jendela. Anda bisa membeli semua kebutuhan rumah hanya di satu tempat. Sangat praktis, bukan? Jadi, tunggu apa lagi, segera kunjungi Ukur.com dan dapatkan kebutuhan rumah Anda dengan harga bersaing.