Water Heater: Perubahan Energi, Jenis dan Cara Memilihnya

Water Heater: Perubahan Energi, Jenis dan Cara Memilihnya

Mandi dengan air hangat dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan memberikan relaksasi tubuh setelah beraktivitas. Untuk itu, water heater adalah alat yang cocok Anda pasang jika ingin mandi dengan air hangat. Lantas, apa saja jenis dari alat ini yang dapat dipasang di rumah dan bagaimana cara memilih yang cocok?

Apa itu Water Heater?

Pemanas air atau water heater adalah alat rumah tangga yang berfungsi untuk memanaskan atau menghangatkan air. Pada umumnya, Anda dapat menemui alat ini di hotel atau penginapan. Namun, saat ini sudah banyak kamar mandi rumah tangga yang menggunakan alat ini untuk keperluan sehari-hari.

Alat ini bekerja dengan memanfaatkan energi listrik atau gas dengan menaikkan suhu air di atas suhu normal. Walaupun menggunakan energi yang berbeda, alat ini bekerja dengan konsep yang sama dalam memanaskan air.

Dalam perkembangan alat ini, Anda tidak perlu lagi menggunakan cara tradisional dengan cara merebus air menggunakan kompor. Water heater adalah alat yang telah menjadi solusi mudah melalui perkembangan teknologi dalam menikmati air hangat.

Perubahan Energi yang Terjadi pada Water Heater

Proses pemanasan air yang terjadi pada water heater tergantung dari sumber energi yang digunakan. Pada saat pemanasan air, terjadi perubahan energi yang meningkatkan suhu air.

Pada jenis listrik, pemanasan air terjadi dengan cara mengalirkan arus listrik melalui elemen pemanas yang ada di dalam tangki. Perubahan energi listrik menjadi termal menyebabkan suhu air meningkat.

pemanasan air water heater
Source image: freepik.com

Pada jenis gas, pemanasan air terjadi dengan cara membakar gas pada burner yang terletak di bawah tangki air. Hal ini menyebabkan terjadi perubahan energi gas menjadi energi termal.

Baca Juga:  5 Inspirasi Desain Plafon Tinggi untuk Hunian

Sedangkan pada jenis solar, pemanasan air terjadi pada tabung kolektor yang menerima sinar matahari. Energi matahari yang diterima oleh kolektor diubah menjadi energi termal untuk memanaskan air.

Perubahan energi dapat mempengaruhi efisiensi dan kualitas air setelah melalui proses pemanasan. Umumnya, pemanasan air yang terjadi menggunakan energi listrik dan gas akan mempengaruhi kandungan mineral di dalam air.

Apabila kandungan mineral tinggi, maka akan menyebabkan endapan pada tangki yang dapat mengurangi efisiensi dan umur alat. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus menggunakan air bersih yang sudah melalui proses penyaringan sehingga kandungan mineral tidak terlalu tinggi.

Sementara pada alat dengan energi solar, pemanasan air tidak mempengaruhi kualitas air. Namun, karena bergantung pada cuaca, efisiensi pemanasan air akan buruk jika cuaca sedang tidak panas.

Apa Saja Jenis Water Heater?

Water heater adalah alat yang punya 3 jenis berdasarkan sumber energi yang ia gunakan. Namun, ketiga jenis ini bisa Anda gunakan di kamar mandi rumah. Berikut 3 jenis pemanas air yang dapat Anda gunakan.

1. Electric Water Heater

Electric Water Heater
Source image: freepik.com

Jenis ini mengandalkan energi listrik sebagai sumber pemanas air. Saat ini, jenis elektrik cukup populer penggunaannya di Indonesia. Rata-rata alat ini membutuhkan daya mencapai 350 sampai 500 watt. Jadi, apabila tertarik untuk memasang electric water heater, Anda harus memastikan daya listrik rumah Anda mencukupi.

Terdapat dua tipe pemanas air elektrik, yaitu electric storage dan electronic instant. Jenis electric storage memiliki kapasitas penyimpanan air panas yang besar. Namun, dalam memanaskan air membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sementara jenis electronic instant dapat memanaskan air relatif lebih cepat dibandingkan dengan jenis electric storage. Namun, memiliki kapasitas yang lebih kecil dan menggunakan daya yang lebih besar.

2. Gas Water Heater

Gas Water Heater
Source image: freepik.com

Gas water heater adalah jenis pemanas air yang dari dulu sudah terkenal di Indonesia daripada jenis lainnya. Namun, saat ini penggunaannya mulai berkurang dan beralih menggunakan pemanas air elektrik. Pasalnya, jenis ini rawan mengalami kebocoran gas saat penggunaannya dan membahayakan penggunanya.

Baca Juga:  Lantai Parket: Kelebihan, Jenis, dan Cara Pemasangannya

Jadi, dengan kata lain, faktor keamanan menjadi alasan utama masyarakat mengganti pemanas air gas ke jenis lainnya yang lebih aman. Meski demikian, mereka membutuhkan biaya yang sedikit mahal.

3. Solar Water Heater

Solar Water Heater
Source image: freepik.com

Jenis yang terakhir yaitu pemanas air solar. Solar water heater adalah alat pemanas air yang memanfaatkan energi matahari sebagai sumber pemanasnya. Penggunaan alat ini cocok untuk negara Indonesia yang beriklim tropis. Selain itu, alat ini dapat bekerja secara maksimal hanya jika terdapat panas matahari.

Dalam kondisi panas matahari yang minim, Anda dapat mengganti sumber energi listrik sebagai pemanas pengganti. Biasanya, jenis yang memanfaatkan energi solar akan dilengkapi dengan electric heater sebagai sumber energi pengganti pada saat tidak dapat menggunakan energi matahari.

Apa Saja Pertimbangan Sebelum Membeli Water Heater?

Apabila ingin memasang pemanas air di rumah, terdapat beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan untuk dalam jenis pemanas air yang akan Anda beli. Berikut beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli pemanas air:

1. Kapasitas Listrik dan Sumber Bahan Bakar

Jenis pemanas air elektrik banyak digunakan dalam rumah tangga saat ini karena pengoperasiannya yang mudah. Namun, jenis ini akan membutuhkan daya listrik besar dan mengonsumsi listrik yang tinggi sehingga menambah tagihan listrik Anda.

Apabila Anda menggunakan jenis gas, maka akan membutuhkan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan jenis electric. Namun, penggunaannya sebagai sumber energi sangat rawan akan kebocoran gas yang dapat membahayakan.

Anda juga bisa memilih solar water heater yang menawarkan solusi terbaik untuk efisiensi energi dan ramah lingkungan. Namun, fungsinya tergantung pada kondisi cuaca yang tidak menentu serta biaya instalasinya yang cukup mahal. Oleh karena itu, Anda dapat memilih yang dilengkapi energi listrik sebagai energi pengganti.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Jenis Lantai Rumah dan Keunggulannya
Perawatan water heater
Source image: freepik.com

2. Harga dan Perawatan

Harga dan Perawatan merupakan faktor terpenting dalam memilih jenis water heater. Pastikan Anda mengecek secara detail spesifikasi setiap produk untuk memilih jenis dengan harga yang tepat. Pahami juga bagaimana cara perawatannya selama pemakaian dan apabila terjadi kerusakan di kemudian hari.

3. Ruang dan Tempat Penyimpanan

Anda harus mempertimbangkan luas rumah dan tempat penyimpanan untuk tangki air dan alat pemanas air. Sebab, water heater adalah alat yang instalasinya terbilang besar
Jika luas rumah Anda terbatas, pilihlah pemanas air dengan pemanasan air standar dan tangki penampungan yang berukuran sedang. Karena pemanas air dan tangki penampungan akan memakan ruang rumah Anda.

4. Kebutuhan Keluarga

Pastikan memilih jenis pemanas air sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda. Semakin banyak jumlah keluarga Anda, kapasitas tangki penyimpanan yang Anda perlukan semakin besar. Sehingga, Anda dan keluarga tidak menunggu lama untuk proses pemanasan saat akan menggunakan air panas yang ada di dalam tangki.

water-heater
Mandi lebih menyenangkan dengan water heater terbaik dari UKUR

Apakah Tertarik Anda Menggunakan Water Heater di Rumah?

Water heater adalah alat yang memberikan kemudahan bagi Anda dalam memenuhi kebutuhan air panas. Anda dapat menyesuaikan jenis dan spesifikasi yang akan dibeli sesuai kebutuhan rumah tangga. Jika Anda sedang mencari produk water heater, Anda dapat menemukannya lengkap di UKUR.com.

Selain itu, terdapat produk sanitary lainnya yang bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga. Sebagai marketplace, UKUR juga menyediakan berbagai barang pilihan dan terlengkap, mulai dari elektronik, AC (Air Conditioner), Furniture, Perkakas dan masih banyak produk lainnya.

Produk-produk di UKUR.com memiliki kualitas terbaik dengan harga terjangkau. Bahkan, Anda bisa mendapatkan layanan pemasangan, proses pengiriman cepat, dan garansi untuk semua produknya.