12 Jenis Pintu Rumah beserta Karakteristiknya

12 Jenis Pintu Rumah beserta Karakteristiknya

Pada masa kini, orang-orang tidak lagi puas dengan pintu yang terbuat dari kayu biasa. Ada banyak sekali jenis pintu rumah unik dan berkesan yang tersedia di toko-toko konstruksi di Indonesia. Apakah Anda juga ingin mencari pintu yang bagus untuk rumah Anda? Mari baca artikel berikut ini!

Mengenal Jenis Pintu Rumah berdasarkan Bahan Bakunya

Setiap macam pintu di bawah ini memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lainnya. Ada yang sangat cocok untuk semua tipe rumah, namun ada pula yang hanya bagus untuk segelintir tipe rumah saja. Berikut ini jenis-jenis pintunya:

1. Pintu Kayu

Pintu Kayu
Foto: pinterest

Masyarakat Indonesia sudah mengenal banyak jenis-jenis pintu, tetapi model pintu kayu adalah yang paling populer di tanah air kita. Penyebabnya ialah bahan kayu yang mudah didapat, desain pintunya mudah dibuat, serta pemasangannya yang tergolong cepat.

Faktor yang membuat banyak orang menyukai pintu kayu ialah tekstur dan desainnya yang cantik, menawan, dan kesan alami. Meskipun demikian, pintu kayu ini ternyata rentan mengalami serangan rayap dan juga tidak tahan api.

2. Pintu Kaca

Model pintu kaca
Foto: pinterest

Pintu kaca sebetulnya ada dua jenis; pintu kaca yang menggunakan bingkai dan pintu yang seluruhnya terbuat dari kaca. Harganya yang agak mahal membuat pintu kaca lebih banyak terdapat di rumah-rumah yang bernuansa modern saja.

Kelebihan pintu dari bahan kaca ialah dapat membuat rumah Anda tampak lebih elegan, serta mampu menghadirkan cahaya alami ke dalam rumah. Sayangnya, bahan kaca cenderung rentan pecah, belum lagi membutuhkan perawatan yang sangat teliti.

3. Pintu Fiberglass

Pintu Fiberglass
Foto: pinterest

Jika model pintu kaca biasa kurang memuaskan bagi Anda, ada jenis pintu rumah dari bahan fiberglass yang sekiranya cocok untuk Anda. Pintu fiberglass ini memiliki daya tahan terhadap cuaca dan keretakan yang lebih tinggi daripada kaca biasa.

Baca Juga:  Kenali Apa Itu PVC Board dan Kegunaan Utama untuk Furniture

Rata-rata jenis pintu fiberglass mempunyai paduan dengan panel kayu bermotif cantik, yang mampu membuat rumah tampak lebih indah. Namun, perlu Anda ketahui bahwa bahan ini tidak mengandung pori-pori, sehingga cat tambahan pada pintu fiberglass akan cepat luntur.

4. Pintu Aluminium

Pintu Aluminium
Foto: pinterest

Model pintu aluminium cenderung disukai oleh masyarakat karena memiliki aneka kelebihan. Pertama, pintu dari bahan aluminium sangat tahan lama dan anti gangguan rayap. Selanjutnya, pintu ini tersedia dalam warna dan desain yang beraneka ragam, serta berbobot ringan.

Hanya saja, bahan aluminium tersebut rentan rusak apabila terpapar oleh air hujan dan cipratan zat kimia. Selain itu, beberapa orang juga menganggap jika model pintu ini kurang cocok untuk dipakai sebagai pintu depan kediaman karena tampilannya yang kurang menawan.

5. Pintu Pelat Besi

Pintu Pelat Besi
Foto: kallaoo

Jika Anda mencari model pintu yang tahan api dan tahan benturan, maka pintu pelat besi ialah pilihan terbaik untuk Anda. Meskipun begitu, jenis pintu dari besi ini lebih banyak masyarakat pakai sebagai pintu gudang, gerbang masuk rumah, serta teralis garasi.

Karena bahan bakunya yang dari pelat besi, jenis pintu ini mempunyai harga yang lebih mahal daripada jenis-jenis lainnya. Bukan hanya itu, bahan besi pada pintu ini lebih mudah berkarat apabila terpapar oleh hujan deras.

6. Pintu PVC

pintu pvc
Foto: insinyurbangunan

Bahan polyvinyl chloride atau PVC lebih banyak kita temukan pada pipa air, perabot rumah tangga, dan kabel listrik. Namun, tahukah Anda bahwa ada jenis pintu rumah yang bahannya terbuat dari PVC? Betul, jenis pintu ini bobotnya ringan, tahan air, dan tak akan digerogoti oleh rayap.

Meskipun tampilan pintu PVC cemerlang, desainnya terbilang biasa saja, sehingga orang-orang tidak mau memasangnya di depan rumah. Model pintu ini sebetulnya lebih cocok sebagai pintu kamar mandi atau pintu halaman belakang.

Baca Juga:  Perbedaan Galvalum dan Galvanis yang Wajib Anda Ketahui

7. Pintu HPL

pintu hpl
Foto: pinterest

HPL atau High-Pressure Laminate adalah jenis pintu rumah modern yang dapat menjadi pengganti model pintu kayu biasa. Jenis pintu ini terbuat dari kayu yang melibatkan proses laminasi bertekanan tinggi dengan bahan polimer.

Anda perlu tahu bahwa proses HPL ini sebetulnya merupakan proses pelapis akhir pada pintu kayu olahan tersebut. Hal ini menyebabkan pintu HPL memiliki tekstur yang biasa saja, meskipun memang lebih tahan panas dan air ketimbang pintu kayu biasa, serta lebih ringan.

Mengenal Jenis Pintu Rumah berdasarkan Modelnya

Setelah mengetahui beberapa jenis pintu berdasarkan material pembuatnya, ketahui juga beberapa model pintu hunian berikut ini:

8. Pintu Ukir

Pintu Ukir
Foto: pinterest

Dari macam-macam pintu rumah yang dijabarkan di artikel ini, pintu ukir sangat bisa menjadi pilihan yang patut Anda pertimbangkan. Sesuai dengan namanya, pintu ukir memiliki motif pahatan atau ukiran pada kedua sisinya, dan seringnya dipasang pada gerbang masuk rumah.

Bahan utama pintu ukir haruslah dari kayu yang berkualitas tinggi, seperti kayu jati, meranti, merbau, dan pinus. Tujuannya ialah supaya hasil ukiran pada pintu ini tampak bagus, rapi, dan memberikan suasana eksotis pada rumah Anda.

9. Pintu Ayun

Pintu Ayun
Foto: istockphoto

Jenis pintu rumah ayun ini lebih sering kita temukan di halaman rumah atau di tempat-tempat umum, misalnya kantor dan restoran. Itu karena pintu ayun dapat membuka keluar dan ke dalam sehingga kurang cocok untuk Anda pakai sebagai pintu depan atau gerbang rumah.

Sebuah pintu ayun biasanya terbuat dari bahan-bahan yang sifatnya fleksibel, seperti kayu, aluminium, PVC, dan bambu. Tujuannya adalah membantu model pintu ini berayun membuka sebesar 90 derajat ke depan dan ke belakang.

10. Pintu Panel Kembar

Pintu Panel Kembar
Foto: pinterest

Kemudian, ada jenis pintu rumah yang modelnya double atau dua panel kembar di kiri dan kanan. Model pintu ini kebanyakan terbuat dari material kayu, kendati ada pula yang terbuat dari kaca dan aluminium.

Baca Juga:  Wood Filler: Pengertian, Fungsi, dan Manfaat untuk Finishing Kayu

Pintu panel sangat mudah kita lihat di hampir semua kediaman di Indonesia, baik di bagian eksterior maupun interior rumahnya. Masyarakat menyukai model pintu panel ini karena harganya lumayan murah, corak dan desainnya beraneka ragam, serta tahan terhadap perubahan cuaca.

11. Pintu Geser

Pintu Geser
Foto: pinterest

Rata-rata orang menganggap jika jenis pintu rumah geser hanya ada di kediaman yang bernuansa tradisional Jepang saja. Padahal tidak demikian, sebab Anda juga bisa memasang pintu geser ini di rumah-rumah yang bergaya modern, baik mewah maupun minimalis.

Model pintu geser mempunyai bahan yang sangat beragam, mulai dari kaca, kayu ulin, besi, hingga aluminium. Selain itu, pintu ini juga harus menggunakan semacam kerangka dan roda di bagian bawah supaya bisa Anda gerakkan ke samping.

12. Pintu Lipat

Pintu Lipat
Foto: patraglobalpintu

Jenis pintu rumah ini agak mirip dengan pintu geser, tetapi terdiri dari beberapa segmen yang saling bersambung. Ya, model pintu lipat dengan jendela besar ini dapat Anda lipat demi membuat rumah jadi lebih terbuka.

Handle pintu rumah bergaya lipat ini cenderung sama dengan handle pada model pintu pada umumnya, kendati lebih panjang dan keras. Anda sebaiknya berhati-hati apabila ingin membuka pintu ini, sebab lipatannya bisa menabrak perabotan dan karpet di sekitarnya.

jual pintu minimalis
Beli pintu minimalis berkualitas dengan harga terbaik, ya hanya di UKUR

Sudah Paham tentang Jenis Pintu Rumah?

Memilih pintu terbaik untuk rumah memang gampang-gampang susah, sebab tidak semua pintu cocok untuk Anda pasang di kediaman Anda. Mau tahu dimana Anda bisa membeli pintu yang bagus? Marketplace Ukur.com ialah tempatnya!

Toko online ini menjual segala macam material bangunan yang Anda butuhkan, seperti pintu & jendela, elektronik, perkakas, dan furniture. Barangnya pasti lengkap, harganya dijamin terjangkau, serta ada garansi apabila barangnya bermasalah.