Catat! Inilah Standar Ukuran Pintu Rumah yang Ideal

Catat! Inilah Standar Ukuran Pintu Rumah yang Ideal

Kerap kali terabaikan, ukuran pintu rumah memegang faktor penting dalam membentuk pintu yang proporsional dan menunjukkan fungsi pintu yang lebih luas. Oleh sebab itu, membuat serta memasang pintu tidak boleh sembarangan atau atas dasar perkiraan belaka.

Setiap pemilik rumah harus senantiasa mempertimbangkan secara saksama terkait ukuran pintu pada rumah berdasarkan perhitungan yang pasti. Pasalnya, ukuran pintu yang tepat dapat menjalankan fungsinya dengan baik serta memudahkan mobilitas penghuni rumah.

Lewat artikel ini, Anda akan mengetahui standar ukuran pintu rumah yang ideal, mulai dari bagian depan, jenis model pintu, hingga beberapa ruang lain yang ada di rumah. Mari simak pembahasan lengkapnya sekarang!

Berapa Standar Ukuran Pintu Rumah?

Berikut adalah panduan tentang 6 standar ukuran pintu rumah yang ideal dan dapat Anda terapkan pada hunian nyaman Anda.

1. Ukuran Pintu Rumah Utama 1 Daun

Pintu utama dengan model 1 daun umumnya memiliki lebar antara 60 cm hingga 100 cm. Sementara itu, tinggi minimal dari jenis pintu rumah tersebut adalah sekitar 200 cm atau 250 cm. Ukuran pintu utama memang lebih besar dari pintu yang lain karena berguna sebagai “penyambut” sebuah rumah.

Ukuran Pintu Rumah Utama 1 Daun
Pintu Utama 1 Daun (Foto: freepik.com)

Akan tetapi, pada perumahan yang mempunyai tipe bangunan kecil, ukuran standar pintu rumah 1 daun terbuat lebih sederhana yaitu berkisar 90 cm x 210 cm. Namun, Anda tidak dianjurkan untuk membuat lebar pintu rumah kurang dari 80 cm dan tinggi di bawah 200 cm.

Selain dinilai terlalu sesak, lebar dan tinggi pintu rumah utama yang terlampau jauh dari kriteria standar juga akan menyusahkan mobilitas penghuni rumah dalam memasukkan atau mengeluarkan barang-barang yang berukuran besar.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu UPVC, Kelebihan dan Kekurangan untuk Rumah

Adapun lebar kusen pintu rumah yang paling ideal yakni di angka 6 cm dengan tingkat ketebalan yang dapat Anda pilih sesuai keinginan dan selera masing-masing individual.

2. Ukuran Pintu Rumah Utama 2 Daun

Apakah model pintu 1 daun masih terasa kurang besar? Maka, Anda perlu untuk beralih menggunakan tipe pintu 2 daun (kupu tarung). Pintu rumah dengan model 2 daun identik dengan pemberian kesan elegan serta luas pada rumah itu sendiri. Anda juga tidak perlu merasa risau untuk memasukkan segala jenis perabotan yang besar.

Ukuran Pintu Rumah Utama 2 Daun
Pintu Utama 2 Daun (Foto: freepik.com)

Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI), terdapat standarisasi pada ukuran pintu rumah 2 daun, yaitu mempunyai lebar dan tinggi dengan kisaran (120,150) cm x (200, 210, 240) cm. Meski begitu, masyarakat lebih suka pintu kupu tarung dengan ukuran ideal sebesar 120 cm x 210 cm serta ukuran masing-masing daun pintu 60 cm.

Tak hanya itu, kusen pintu kupu tarung memiliki ukuran dan level ketebalan yang seragam, yakni sekitar 6 cm pada tiap sisinya. Dalam implementasinya, terdapat versi mungil dari ukuran pintu rumah 2 daun, yaitu berukuran 65 cm x 220 cm atau 75 cm x 240 cm.

3. Pintu Geser

Sliding door atau pintu geser adalah jenis pintu yang terbuka secara horizontal dengan menggesernya pada rel yang telah tersedia. Pintu ini mengusung konsep praktis yang dirancang khusus untuk menghemat tempat, sehingga cocok Anda gunakan pada ruangan yang sempit.

Pintu Geser
Pintu Geser di Interior Rumah (Foto: blkp.co.id)

Umumnya, pemakaian pintu geser akan lebih ideal berada pada ruang-ruang di dalam rumah, daripada menempatkannya untuk pintu depan atau utama. Lebih lanjut, pintu yang menggunakan rel lazim terbentuk dari alumunium dan mempunyai ukuran standar pintu rumah 210 cm x 80 cm.

4. Pintu Kamar Tidur

Menjadi ruangan pribadi dengan level privasi tertinggi, kamar tidur harus senantiasa terlengkapi oleh pintu yang mumpuni. Pada dasarnya, ukuran pintu rumah untuk kamar harus memiliki nilai ketinggian yang lebih rendah dari pintu utama.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik Dibawah 1 Juta

Lebar dan tinggi rata-rata dari pintu kamar tidur adalah 80 cm x 200 cm. Meskipun terbukti lebih kecil dari pintu utama, pintu kamar yang cukup lebar nantinya akan memudahkan akses keluar masuknya barang atau furnitur kamar yang cenderung berukuran besar, seperti lemari dan kasur.

Pintu Kamar Tidur
Pintu Kamar Tidur dari Bahan Kayu (Foto: freepik.com)

Sementara itu, ukuran kusen pintu kamar yang paling sering digunakan adalah 4 inci dengan tingkat ketebalan 1 cm hingga 1,5 cm untuk tiap sisinya. Ukuran tersebut 4 kali lebih kecil dan tipis dari kusen pintu rumah yang lainnya.

Sebagai informasi, Anda juga bisa mempertimbangkan pintu kamar tidur berdasarkan tinggi badan dari tiap penghuni rumah dengan mengetahui perhitungan yang tepat. Cara menghitungnya pun sangat mudah, Anda hanya perlu menambahkan sekitar 40 cm dari tinggi seseorang melalui pintu kamar tersebut.

5. Pintu Kamar Mandi

Berbeda dengan yang sebelumnya, kamar mandi justru mempunyai pintu dengan lebar dan tinggi yang cukup rendah, yaitu hanya sekitar 70 cm x 180 cm. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab kemungkinan tidak akan ada pemindahan perabot atau furnitur yang berukuran besar di dalam kamar mandi.

Pintu Kamar Mandi
Pintu Kamar Mandi dengan Model Minimalis (Foto: freepik.com)

Sedangkan, perlengkapan kamar mandi seperti wastafel, closet atau bathtub biasanya sudah terpasang saat awal pembangunan rumah. Atas dasar inilah, ukuran pintu kamar mandi menjadi yang paling kecil. Bahkan, ada pula segelintir orang yang berani menerapkan ukuran lebar 60 cm hanya untuk pintu kamar mandi.

Sejatinya, ukuran pintu rumah bagian kamar mandi didesain agar dapat dilalui oleh satu orang. Maka dari itu, penting untuk membuat ukuran kamar mandi yang lebih presisi di mana tidak terkesan terlalu lebar atau sempit.

Walaupun mempunyai lebar yang minim, tetapi ukuran kusen pintu kamar mandi memiliki lebar yang sama dengan ukuran kusen pada pintu utama, yaitu sekitar 6 cm pada setiap sisi.

Baca Juga:  8 Jenis Keramik untuk Mempercantik Rumah Anda

6. Pintu Garasi

Selain sebagai tempat yang aman untuk kendaraan berlindung, garasi juga dapat Anda gunakan untuk menyimpan seluruh barang yang overload. Oleh karena itu, pembuatan garasi tidak boleh sembarangan. Anda perlu memperhitungkan ukuran pintu garasi yang mempunyai ruang untuk area lalu lalang setelah kendaraan terparkir.

Pintu Garasi
Pintu Garasi Model Lipat (Foto: patraglobalpintu.id)

Secara umum, ukuran pintu rumah bagian garasi jauh lebih besar ketimbang ukuran pintu yang lainnya. Hal tersebut untuk mempermudah mobilisasi kendaraan dan meminimalisir potensi kendaraan tergores oleh pintu.

Ukuran pintu garasi yang ideal adalah mempunyai lebar minimal 2,7 meter dan tinggi yang mencapai 2,5 meter. Apabila Anda memiliki jumlah kendaraan yang cukup banyak, misalnya dua unit mobil. Maka, Anda bisa memperluas lebar pintu garasi lagi sekitar 4,5 meter atau 4,9 meter.

Selanjutnya, ukuran tinggi pintu garasi juga harus seimbang dengan lebar pintu, yaitu antara 2,1 meter hingga 2,5 meter.

Sudah Tahu Ukuran Pintu Rumah yang Ideal?

Dalam artikel ini, Anda telah mengetahui standar ukuran pintu rumah yang ideal. Berdasarkan enam jenis pintu tersebut, setiap ruangan memiliki standarisasi yang mempertimbangkan kehidupan sehari-hari dan tingkat aksesibilitas penghuni rumah.

Ukuran pintu yang ideal juga memberikan dampak signifikan dan memaksimalkan fungsionalitas yang berbeda dalam setiap ruangan. Misalnya, pintu depan yang dibuat lebih besar karena akses keluar masuk utama. Sedangkan, pintu kamar mandi yang cenderung kecil sebab volume barang di kamar mandi tidak sebesar ruangan lainnya.

Bagi Anda yang sedang mencari pintu berkualitas dengan harga ekonomis, Ukur bisa jadi solusi yang tepat. Toko material ini juga menawarkan produk bangunan super lengkap dari toko terpercaya, mulai dari atap, lantai, AC (Air Conditioner), sanitasi, hingga, furniture.

Hanya UKUR.com yang berani memberikan kebutuhan beserta jasa konstruksi yang siap membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan secara cepat dan efisien.