9 Fungsi CCTV bagi Kehidupan dan Keamanan Anda

9 Fungsi CCTV bagi Kehidupan dan Keamanan Anda

Kamera CCTV yang ukurannya kecil ini seolah tampak biasa saja dan tidak membuat rumah atau bangunan jadi lebih cantik. Meski begitu, alat ini sangat berguna dalam menjamin keamanan dan keselamatan pemilik atau penghuni suatu bangunan. Oleh karena itu, Anda patut memahami apa saja fungsi CCTV bagi penggunanya.

9 Fungsi CCTV yang Perlu Diketahui

Alat yang memiliki nama lengkap “Closed-Circuit Television” ini terdiri dari berbagai perangkat dan sistem yang berbeda dari kamera biasa. Fungsi utama alat ini pun tentu berbeda pula dari kamera biasa, sebagaimana yang dijelaskan di bawah ini.

1. Menjaga Keamanan Properti

Kegunaan CCTV yang pertama adalah untuk menjaga keamanan suatu bangunan, misalnya rumah. Sistem kamera ini sanggup memantau andaikata ada kebakaran di rumah atau tamu tak dikenal. Jadi, bagi Anda yang terpaksa meninggalkan anak-anak di rumah, alat ini mampu memantau mereka.

Hal yang sama juga berlaku apabila Anda memiliki aset berupa pabrik, kantor, gudang, atau toko. Pasti ada properti perusahaan yang mempunyai banyak ruangan atau area yang sangat luas. Demi menjamin keamanan yang menyeluruh namun tetap praktis, kamera pengawas ini ialah solusinya.

2. Meningkatkan Produktivitas Pegawai

Selanjutnya, fungsi CCTV yang kedua yaitu membantu meningkatkan produktivitas atau kinerja pegawai di kantor atau pabrik. Seorang manajer dapat menjadikan hasil observasi pegawai melalui kamera pengawas ini untuk menentukan siapa yang layak mendapat promosi atau teguran.

Jaminan keamanan ini juga berlaku bagi dokumen atau proyek milik pegawai yang tersimpan di ruangan kerja. Misalnya, jika ada barang yang hilang, pegawai dapat mengecek rekaman CCTV jikalau barang itu dicuri atau sekadar lupa dibawa.

Baca Juga:  Ukuran Kursi yang Tepat Berdasarkan Jenisnya

Ketepatan waktu para pegawai perusahaan pun dapat Anda perhatikan dari rekaman kamera pengawas. Siapapun pegawai yang terlambat perlu Anda catat dan berikan teguran agar tidak terlambat lagi. Apabila mereka mengelak, maka tunjukkan saja rekaman atas keterlambatan mereka.

3. Mencegah Tindak Kriminal

Pernahkah Anda mendengar sindiran ini “manusia itu taat hukum hanya jika ada yang memperhatikan mereka”. Pernyataan ini benar adanya, sebab suatu lingkungan masyarakat cenderung lebih aman dari penjahat apabila ada sarana pengawasan yang efektif.

Itulah fungsi CCTV yang ketiga, yaitu sebagai sarana pencegahan tindak kriminal yang mungkin saja timbul di lingkungan sekitar Anda. Aksi kriminal itu bisa berupa pencurian kendaraan bermotor, pembobolan bank, perusakan fasilitas umum, hingga penculikan anak di bawah umur.

Meskipun demikian, Anda tetap saja harus waspada, sebab ada saja kasus seseorang yang berani merusak jaringan CCTV. Segera laporkan ke pihak berwajib jika Anda mendapati kamera pengawas Anda mendadak rusak atau error.

4. Mengurangi Pengeluaran untuk Security

Petugas satpam atau security tentunya tidak mau bekerja tanpa bayaran yang jelas. Misalnya, untuk satu malam, Anda perlu membayar satpam sekitar Rp50.000,00. Jika Anda meminta satpam untuk menjaga properti setiap malam selama seminggu, maka bayarannya ialah Rp250.000,00.

Daripada Anda repot mengeluarkan uang banyak hanya untuk menggaji satpam, lebih baik jika uang tersebut Anda pakai untuk membeli kamera pengawas. Alat ini pasti selalu standby di tempat jaganya, dan dapat segera Anda ganti atau perbaiki apabila ada kerusakan.

Memantau CCTV
Source: Freepik.com

5. Memantau Orang yang Masuk dan Keluar

Adapun fungsi CCTV berikutnya adalah untuk memantau siapa saja yang masuk dan keluar di sekitar wilayah rumah dan perusahaan. Dengan bantuan sistem ini, Anda bisa menghitung berapa jumlah orang yang ada di sekitar properti Anda, serta berapa lama mereka menempatinya.

Baca Juga:  Perbedaan Air Purifier dan Humidifier yang Belum Banyak Orang Tahu

Contohnya seperti di minimarket yang sedang sibuk; pegawai minimarket itu belum tentu bisa mengetahui apa yang dilakukan oleh setiap pengunjung dengan cermat. Untungnya, kamera pengawas ini siap memantau setiap pelanggan yang datang dan pergi dari minimarket itu dengan seksama.

6. Mempermudah Klaim Asuransi

Seorang pegawai yang mengalami kecelakaan, sakit, atau menjadi korban bencana di tempat kerja tentu ingin mengajukan pencairan asuransi. Masalahnya ialah asuransi tidak dapat Anda klaim tanpa bukti yang jelas, sehingga perlu ada bukti berupa rekaman kamera CCTV untuk memudahkan proses klaimnya.

Pemilik ataupun manajer perusahaan juga dapat menggunakan rekaman CCTV sebagai bukti yang sah dalam mengajukan klaim asuransi. Hal ini sangat membantu dalam situasi genting, contohnya seperti kebakaran pabrik, peretasan data, hingga kecelakan kerja yang tak disengaja.

7. Membuat Konsumen Merasa Aman

Bukan hanya pemilik rumah, pemilik tempat kerja, dan pegawainya saja yang ingin merasa aman dari tindak kejahatan dan kecelakaan kerja. Konsumen juga tetap membutuhkan keamanan selama mereka berada di suatu tempat transaksi.

Fungsi CCTV selanjutnya adalah dapat menjaga keamanan konsumen setiap kali mereka datang untuk melakukan transaksi di suatu tempat, semisal minimarket, mall, hotel, toko buku, restoran, dan sejenisnya.

Konsumen akan merasa aman dan nyaman apabila mereka bisa melihat adanya kamera pengawas di tempat tersebut, berapapun jumlahnya. Bagi Anda yang sedang mengatur interior tempat kerja, usahakan untuk meletakkan kamera ini di dekat pintu masuk agar terlihat jelas oleh konsumen.

8. Mengurangi Risiko Kecelakaan Kerja

Kecelakaan kerja ialah masalah serius yang berisiko menimbulkan kerugian bagi perusahaan, baik dalam segi materi maupun nyawa. Segala bentuk tindakan pencegahan harus pemilik perusahaan ambil supaya peristiwa ini tidak sampai terjadi.

Oleh sebab itu, fungsi CCTV yang paling vital ialah memantau lokasi perusahaan demi mengurangi risiko terjadinya kecelakaan kerja. Risiko tersebut bisa berwujud pipa gas bocor, kabel listrik terkelupas, benda berat terjatuh, dan aneka ancaman lainnya yang bisa terdeteksi oleh kamera ini.

Baca Juga:  Mengenal 8 Manfaat Marmer dalam Kehidupan Sehari-hari

Semakin cepat ancaman di tempat kerja itu dapat diperbaiki, maka semakin kecil pula risiko kecelakaan kerja terjadi. Pada akhirnya, kegiatan operasional perusahaan pun dapat terlaksana tanpa gangguan dalam bentuk apapun.

peran cctv tindak kriminal
Source: bosscctv.id

9. Menjadi Barang Bukti Tindak Kriminal

Manfaat CCTV yang terakhir yaitu dapat Anda gunakan sebagai barang bukti jika ada tindak kejahatan di sekitar properti Anda. Baik itu aksi pencurian, perampokan, hingga penculikan, semua itu butuh bukti yang dapat dipertanggung jawabkan.

Rekaman kamera ini wajib Anda serahkan sebagai barang bukti di hadapan polisi supaya pelakunya bisa cepat ditangkap. Apabila perlu, Anda akan diminta untuk menunjukkan rekaman tersebut kepada khalayak luas andaikata ada saksi yang pernah melihat si pelaku.

Selain itu, dalam beberapa kesempatan, wajah atau ciri-ciri si pelaku kejahatan bisa terekam oleh kamera pengawas. Maka, jika pelaku berusaha berkilah bahwa dia tidak tahu apa-apa, rekaman tersebut mampu membantah kebohongannya.

cctv

Tingkatkan keamanan di sekitar Anda dengan CCTV terbaik disini!


Sudah Paham Apa Saja Fungsi CCTV?

Setelah Anda tahu gunanya kamera pengawas ini, apakah Anda tertarik untuk memasangnya di lingkungan sekitar Anda? Marketplace Ukur ialah tempat terbaik untuk membeli kamera pengawas untuk rumah atau tempat kerja Anda!

Jikapun Anda butuh peralatan lain, seperti elektronik, AC, material konstruksi, hingga furniture untuk interior ruangan, semuanya sudah tersedia di Ukur. Kelebihan belanja di Ukur ialah transaksinya aman, pengiriman barang cepat, dan harganya juga ramah dompet.