Panduan Cara Melihat Rekaman CCTV di HP dan Komputer

Panduan Cara Melihat Rekaman CCTV di HP dan Komputer

Singkatnya, Closed Circuit Television atau CCTV adalah sebuah teknologi kamera keamanan yang lengkap dengan layar monitor dan tersambung oleh sinyal untuk melihat hasil tangkapannya. Ada beberapa cara melihat rekaman CCTV, antara lain dengan menggunakan komputer dan HP.

Saat ini, ada banyak aplikasi pemantau CCTV yang bisa membantu Anda untuk melihat keadaan sekitar, baik secara langsung (online) atau tidak (offline). Bahkan, Anda bisa memantau keadaan dari jarak jauh, asal mengetahui alamat IP CCTV atau terhubung dengan jaringan yang sama. Simak info selengkapnya di artikel ini!

Cara Melihat Rekaman CCTV di Komputer

melihat cctv via laptop
Foto: cctvkebumen.com

Cara cek rekaman CCTV di komputer bisa dilakukan menggunakan beberapa bantuan aplikasi. Salah satu rekomendasi aplikasinya adalah CMS (Central Management System).

Kami menyarankan penggunaan aplikasi CMS karena software tersebut memiliki fitur yang lengkap, ringan dan mudah digunakan oleh orang awam sekalipun. Berikut ini panduan cara melihat rekaman ulang CCTV menggunakan aplikasi CMS:

  1. Download aplikasi Central Management System dan install di perangkat komputer Anda.
  2. Kemudian, hubungkan komputer Anda dengan internet, lalu buka aplikasi CMS.
  3. Buka aplikasi CMS, lalu masuk ke halaman login dan isi username dengan nama “super” namun kosongi bagian password.
  4. Pada jendela Prompt, klik Ok.
  5. Setelah itu, pilih menu System, lalu klik Device Manager.
  6. Klik Add Area dan isi nama pada kolom Zone List.
  7. Klik nama zona yang telah dibuat dan masuk ke Add Devices.
  8. Lalu, masukkan Devices Name.
  9. Isi kolom username, password, IP Address dan sebagainya sesuai dengan settingan DVR. Lalu klik Save.
  10. Terakhir, klik dua kali pada bagian nama device, lalu pilih Connect All Videos (Main Stream).

Berdasarkan cara melihat rekaman ulang CCTV di atas, komputer Anda akan langsung terhubung dengan CCTV berbagai merek. Contohnya seperti Hikvision, D-Link, Avtech, Sony, Samsung, Infinit, Dahua, maupun Anram.

Cara Melihat Rekaman CCTV di HP

cctv via android
Foto: distributor-cctv

Cara menyambungkan CCTV ke HP bisa menggunakan IMSeye, yakni aplikasi yang bekerja untuk menghubungkan HP dengan CCTV dalam satu jaringan yang sama. Aplikasi ini bisa Anda unduh di Google Play Store secara gratis dan diinstal tanpa memerlukan akses atau hal serupa lainnya.

Berikut ini panduan cara melihat rekaman CCTV di HP dengan bantuan aplikasi IMSeye:

  1. Pertama-tama, download aplikasi IMSeye, lalu buka aplikasi tersebut.
  2. Pilih menu Device List untuk melihat daftar perangkat yang sudah terkoneksi.
  3. Lalu, klik tombol + (Tambah) di pojok kanan bawah. Kemudian, tambahkan daftar perangkat CCTV yang akan Anda pantau rekamannya.
Baca Juga:  Cara Mengembalikan Rekaman CCTV yang Terhapus Otomatis

Setelah itu ada beberapa form yang harus Anda isi agar CCTV dapat terhubung ke aplikasi IMSEye dan bisa memahami cara membuka rekaman CCTV di sana, yaitu:

  • Device Name : Isikan dengan nama dari perangkat CCTV.
  • Connection Name : Pilih Address.
  • Address : Masukkan IP perangkat DVR.
  • TCP Port : Ketik Port DVR, secara default portnya adalah 8080.
  • Username dan Password : Masukkan username dan password DVR.
  • Max Channel : Masukkan jumlah layar yang ingin Anda tampilkan, misal 1, 2 atau 4 layar.

Jika form di atas sudah terisi, maka klik simpan untuk menyimpan pengaturan. Apabila cara melihat rekaman CCTV di HP berhasil, CCTV telah terhubung secara otomatis ke aplikasi IMSeye di HP dan Anda bisa mulai memantau rekaman dan melihat secara online.

Kelebihan Melihat Rekaman CCTV

Setelah mengetahui cara cek rekaman CCTV, tentu terdapat kelebihan untuk melihat hasil rekamannya. Berikut ini kelebihan-kelebihannya.

1. Mencegah Tindak Kriminal

Adanya CCTV dapat mengurangi tindakan penjahat untuk menjalankan aksinya di area yang terpantau. Cara melihat rekaman CCTV dapat menjadi bukti dalam investigasi kriminal dan penghukuman bagi pelaku kriminal.

2. Meningkatkan Kualitas Layanan

CCTV dapat mengantisipasi beberapa keluhan tentang kualitas pelayanan, sehingga memahami cara membuka rekaman CCTV bisa meningkatkan kualitas kerja, prestasi kerja, dan kinerja. Alat CCTV akan selalu mengawasi para pekerjanya seperti di perkantoran.

3. Membuat Keputusan Berdasarkan Bukti

Kamera CCTV dapat menjadi alat bukti untuk memberi pentunjuk dan memperjelas apa yang telah diperoleh dari keterangan saksi maupun keterangan terdakwa. Selain itu, rekaman dari kamera CCTV juga dapat memberikan petunjuk yang jelas dan mendalam tentang apa yang terjadi di lokasi kejadian.

4. Memantau Area yang Sulit Terjangkau

Keunggulan memahami cara melihat rekaman ulang CCTV adalah dapat memantau daerah yang luas dan mungkin jauh dari suatu lokasi yang sulit terkontrol dan terjangkau pada saat waktu yang bersamaan. Sehingga, meningkatkan kemampuan untuk merespons kejadian atau aktivitas yang mencurigakan dengan cepat.

5. Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Adanya CCTV dapat membantu strategi pemasaran, seperti produk, harga, tempat dan promosi. Sehingga, penggunanya dapat meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan pada suatu tempat usaha.

6. Memudahkan Pengawasan

Cara cek rekaman CCTV yang tepat bisa membantu Anda dalam memantau dan merekam aktivitas publik di area yang berisiko, sehingga lebih bisa terawasi. Contohnya, apabila terjadi kecelakaan di jalan, kehilangan barang, atau kerusakan kendaraan, CCTV dapat memberikan titik terang untuk detail kejadian tersebut.

7. Meningkatkan Keterbukaan Informasi

CCTV dapat memberikan lebih banyak informasi secara jelas, sehingga jika ada informasi yang keliru atau negatif maka dapat dikurangi. Informasi tersebut juga tidak akan disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu demi mencapai tujuan pribadi atau kelompoknya.

Baca Juga:  10 Cara Membuat Rak dari Besi Hollow Sendiri untuk Rak Jualan

Kekurangan Melihat Rekaman CCTV

Pada setiap hasil dari cara melihat rekaman CCTV, sudah pasti terdapat kelebihan maupun kekurangan. Berikut kekurangan dalam melihat rekaman CCTV:

1. Kerahasiaan Data

Memahami cara membuka rekaman CCTV bisa dianggap mengganggu privasi orang lain, bahkan privasi penghuni rumah. Karena setiap saat CCTV akan selalu merekam aktivitas. Jika keamanan CCTV yang ada itu rendah, maka rekaman CCTV akan rentan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Biaya

Pemasangan CCTV dan perlengkapannya memerlukan biaya yang tidak sedikit, apalagi jika Anda ingin memasang CCTV dengan kualitas terbaik. Sehingga, sering kali cara melihat rekaman CCTV, baik itu di HP atau komputer, tidak menjadi sebuah kebutuhan yang penting.

3. Kesalahan Manusia

Terkadang terjadi kesalahan dalam hal pemasangan dan pemakaian CCTV. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang cara membuka rekaman CCTV tersebut. Jika tidak diketahui dari awal, kesalahannya dapat membuat hambatan bagi kinerja CCTV.

4. Keterbatasan Teknologi

Ada jenis CCTV yang teknologinya masih terbatas, seperti CCTV kabel yang lebih sulit dalam hal instalasi dan memerlukan lebih banyak kabel untuk daya, daripada CCTV wireless. Ada juga CCTV yang mempunyai kapasitas terbatas, kualitas gambarnya kurang bagus, serta jangkauan kamera yang terbatas.

5. Kondisi Cuaca

Cuaca yang buruk seperti hujan atau salju, angin kencang, dan kelembaban tinggi dapat menyebabkan masalah teknis bahkan kerusakan pada CCTV. Air hujan atau salju bisa merusak kamera sehingga gambar tidak terlihat jelas.

Cuaca buruk juga bisa menyebabkan gangguan sinyal, peralatan yang cepat korosi, dan petir yang mana merusak CCTV itu sendiri. Oleh sebab itu, kondisi cuaca pun dapat menganggu cara melihat rekaman ulang CCTV.

6. Pengaruh Cahaya

Cahaya yang gelap bisa menyebabkan cara cek rekaman CCTV kurang jelas, terutama CCTV yang tidak memiliki fitur night vision. Cahaya yang terlalu terang seperti sinar matahari yang terlalu kuat bisa menyebabkan pantulan pada CCTV, sehingga gambar juga tidak terlihat jelas.

7. Keterlambatan Respon

Adanya gangguan sinyal internet bisa menyebabkan keterlambatan respon dalam merekam situasi terkini. Sehingga, waktu rekaman dan hasil yang terekam kurang akurat.

Apa Saja yang Diperlukan untuk Melihat Rekaman CCTV?

Memahami cara melihat ataupun cara melihat rekaman CCTV di HP atau komputer memerlukan alat-alat pendukung. Berikut ini daftar alat-alat yang Anda perlukan:

1. Monitor

Monitor berfungsi sebagai penampil hasil rekaman kamera CCTV secara real-time. Ada beberapa jenis monitor yang bisa Anda gunakan, seperti monitor tabung, LCD, LED, atau CRT. Hasil gambar bisa Anda sesuaikan dengan kualitas kamera, misalnya 1080p atau TVL 600.

2. Kabel

Kabel CCTV berfungsi menghubungkan satu perangkat dengan yang lain. Penggunaan kabel tersebut menyalurkan supply daya listrik ke seluruh bagian perangkat CCTV.

Sehingga, Anda bisa menerapkan semua cara melihat rekaman ulang CCTV di atas. Ada dua jenis kabel khusus yang berfungsi dalam keseluruhan sistem kerja CCTV, yakni:

  • Jenis kabel coaxial, berfungsi sebagai perantara antara kamera CCTV ke DVR dan menyalurkan sinyal video yang direkam kamera dan kemudian diolah oleh DVR.
  • Jenis kabel power, berfungsi memberikan daya listrik secara terpusat yang kemudian disalurkan ke kamera CCTV.
Baca Juga:  7 Cara Pasang Plafon GRC Rangka Hollow Mudah untuk Pemula

3. DVR atau NVR

DVR (Digital Video Recorder) atau NVR (Network Video Recorder) merupakan pusat pengolahan data dari keseluruhan perangkat CCTV. Kedua alat tersebut berbentuk balok pipih yang sama-sama berfungsi sebagai pengolah informasi dari kamera CCTV, kemudian tersimpan dalam penyimpan tertentu.

4. Software Pendukung

Seperti pada penjelasan di atas, cara pasang CCTV WiFi juga memanfaatkan penggunaan aplikasi. Software pendukung yang populer adalah Central Management Software (CMS).

Aplikasi ini berguna untuk memonitor kamera CCTV dari berbagai lokasi secara terpusat. Selain itu, software tersebut akan mengkonfigurasi konektifitas dengan DVR/NVR menjadi beberapa kategori area.

Oleh karena itu, software ini sangat ideal sebagai alat bantu cara membuka rekaman CCTV dari kantor, rumah, atau di mana saja. Software CMS ini hanya bisa Anda gunakan di Windows XP dan versi di atasnya (Windows 7, 8, atau 10).

5. Konektor

Pada perangkat CCTV, terdapat konektor RF (Radio Frequency) yang menjadi komponen penghubung yang terpasang di ujung kabel coaxial. Setidaknya Anda membutuhkan dua jenis konektor agar cara mellihat rekaman CCTV di HP dapat berfungsi, yakni DC dan BNC.

Konektor DC berfungsi untuk power CCTV. Sedangkan, konektor BNC (Bayonet Neil Concelman) berguna sebagai konektor kabel data.

6. Kamera CCTV

Tentu saja, kamera CCTV berfungsi untuk merekam dan mengambil gambar di sudut atau wilayah yang telah Anda tentukan. Ada dua jenis kamera CCTV berdasarkan letaknya, yaitu CCTV indoor dan CCTV outdoor.

Kamera CCTV memiliki fitur pendukung untuk merekam gambar dengan jernih dalam 24 jam. Seperti night vision yang membuat kamera dapat merekam gambar dengan pencahayaan terbatas atau saat malam hari, menggunakan infrared dengan frekuensi tertentu yang tidak dapat pengguna lihat dengan mata telanjang manusia.

Sudah Tahu Bagaimana Cara Melihat Rekaman CCTV?

Sekarang sudah tahu ‘kan bagaimana cara melihat rekaman CCTV? Ternyata sangat mudah untuk Anda lakukan. Anda tidak perlu khawatir lagi apabila ingin bepergian, karena CCTV telah terhubung dengan komputer atau HP Anda. Kapan saja Anda bisa melihat rekaman CCTV.

Ayo tingkatkan keamanan kantor dan rumah Anda dengan memasang CCTV terbaik dan terlengkap hanya di platform marketplace UKUR. Sejak tahun 2020, UKUR senantiasa memberi Anda kemudahan memilih dan berbelanja beragam kebutuhan, mulai dari peralatan elektronik, furniture, hingga material konstruksi.

UKUR menyediakan beragam pilihan pembayaran yang fleksibel, termasuk kartu kredit, transfer bank, dan pembayaran elektronik. Selain itu, kami juga menawarkan layanan pengiriman yang tercepat dan aman ke seluruh Indonesia.