Berkenalan dengan Marmer Thassos, Marmer Unik Asal Yunani

Berkenalan dengan Marmer Thassos, Marmer Unik Asal Yunani

Tahukah Anda, marmer Thassos adalah rahasia kenapa lantai Masjidil Haram selalu dingin. Jenis marmer ini mampu meredam hawa panas dan memberikan kesejukan ke lantai. Hal inilah yang membuat Masjidil Haram terasa tetap dingin meskipun suhu udara di Kota Makkah sangat panas yang terkadang mencapai 50℃.

Lalu, darimana asal marmer tersebut? Simak penjelasan mengenai serba serbi marmer Thassos di bawah ini!

Apa itu Marmer Thassos?

Marmer Thassos
Foto: hazelaar.nl

Marmer Thassos merupakan salah satu jenis lantai marmer berwarna putih yang sangat populer. Ciri khas dari marmer jenis ini adalah memiliki kristal warna putih salju yang membuatnya berkilau dan mengagumkan. Itulah mengapa marmer Thassos juga sering disebut dengan Thassos Snow White.

Marmer putih ini berasal dari Yunani. Adapun nama Thassos diambil dari tempat batu marmer ini berasal, yaitu Pulau Thassos yang terletak di Yunani bagian timur laut. Keberadaan tambang marmer ini terbilang cukup unik karena merupakan tambang terbuka yang berada di dekat pantai dengan pemandangan sangat indah.

Selain itu, marmer putih dari Pulau Thassos ini sudah digunakan secara luas oleh masyarakat Romawi pada zaman dahulu sejak abad ke-7. Mereka memanfaatkan marmer Thassos untuk mendirikan bangunan dan gedung mereka yang megah. Hal inilah yang membuat marmer ini paling terkenal di Yunani.

Beberapa bangunan yang menggunakan marmer ini antara lain Masjidil Haram di Kota Makkah dan bangunan Masjid Hagia Sophia di Istanbul, Turki. Marmer ini juga digunakan dalam pembuatan patung kuno yang terkenal bernama patung Kourus. Marmer ini memang menjadi pilihan terbaik untuk mempercantik bangunan.

Baca Juga:  13 Macam Macam Warna Hijau Cat Tembok yang Menyegarkan

Sejarah Tambang Marmer Thassos

Tentunya batu marmer berwarna putih ini memiliki sejarah yang panjang. Sekitar abad ke-7 sebelum Masehi, penambangan sudah dilakukan termasuk penambangan batu Thassos.

Tambang yang berada di Pulau Thassos ini memiliki tempat yang strategis. Berbeda dengan kebanyakan tambang marmer lainnya yang berada di daerah pegunungan. Wilayah pegunungan tentu saja memiliki akses yang sulit untuk proses penggalian dan pengangkutan ke daerah lain.

Tambang Thassos memiliki keadaan terbuka yang berada di semenanjung pulau. Keberadaannya sangat mudah ditemukan, terlebih lagi jika terkena sinar matahari. Sebab, warna putihnya akan memancarkan kilauan.

Hal tersebut juga memudahkan proses penambangan agar lebih cepat dan praktis. Para penambang juga lebih mudah mengangkut batu-batu tersebut menggunakan kapal laut.

Pada zaman kuno, pusat pertambangan marmer ini berada di lima titik yang tersebar di Pulau Thassos, yakni Saliara, Alyki, Vathy, Fanari, dan Agia Varvara. Hingga pada saat zaman modern ini, penambangan marmer di Pulau Thassos masih terus dilakukan dan bahkan dikirim secara internasional ke seluruh dunia.

Keunikan Marmer Thassos

Kira-kira apa yang membuat batu Thassos begitu unik sehingga terkenal di berbagai belahan dunia? Berbeda dari marmer lainnya, marmer dari Pulau Thassos ini dapat menyerap kelembapan di malam hari dan mempertahankan suhu yang dingin meskipun cuaca di siang hari begitu panas.

Dengan kata lain, marmer ini mampu memberikan kesejukan. Oleh karenanya, lantai ubin Masjidi Haram tetap dingin dan sejuk pada siang hari. Penggunaan marmer ini untuk meredam hawa panas, sehinga para jamaah akan lebih betah selama beribadah dan tidak akan merasakan kepanasan ketika cuaca panas yang menyengat.

Tentu saja kualitas dingin marmer Yunani sangat istimewa dan berbeda dengan jenis marmer putih yang ada di Indonesia maupun jenis marmer lainnya. Perbedaan asal batu akan memengaruhi kekuatan, karakter, warna, dan motif pada marmer.

Baca Juga:  9 Inspirasi Warna Cat No Drop untuk Luar Rumah Terbaik

Selain itu, komponen utama dari batu Thassos yaitu percampuran antara dolomit, kalsit, dan kuarsa. Marmer ini juga memiliki struktur padat dengan warna putih cerah seperti putih salju. Keindahannya akan terpancar ketika terkena pantulan cahaya. Sungguh menakjubkan, bukan?

Kelebihan Marmer Thassos
Foto: made-in-china.com

Kelebihan Menggunakan Lantai Marmer Thassos

Tentunya lantai marmer berwarna putih kristal ini memiliki banyak kelebihan untuk mempercantik tampilan rumah atau suatu bangunan. Berikut adalah kelebihan mempercayakan lantai Anda pada marmer Thassos.

1. Memberikan Kesan Mewah dan Elegan

Marmer dari Yunani ini menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang menginginkan lantai marmer mewah. Hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa kandungan kalsit yang cukup besar menjadikan marmer ini memiliki warna putih bersih dan berkilau. Warna tersebut akan membuat rumah Anda terlihat lebih mewah dan elegan.

Anda dapat memadupadankan marmer ini dengan desain interior Anda yang modern. Marmer dengan warna putih merupakan pilihan yang aman serta klasik untuk segala jenis gaya interior Anda. Penggunaan marmer ini di lantai kamar mandi atau ruang tamu sangat cocok dan terlihat sangat estetik.

Selain itu, warna indah marmer ini akan membuat ruangan Anda akan terasa lebih cerah dan bersih, sekaligus memberikan suasana yang damai sepanjang hari.

2. Praktis dan Simpel

Keunggulan lainnya yaitu warna putih kristal pada marmer Thassos mencerminkan nilai kepraktisan yang sederhana. Meskipun berbagai motif pada marmer sudah tersedia di pasaran, namun marmer ini tetap menjadi pilihan favorit.

Adapun penggunaan marmer ini sangat versatile, entah untuk rumah atau bangunan umum lainnya. Utamanya, produk ini akan sangat cocok untuk diterapkan pada bangunan minimalis dan modern.

Foto: himpuh-static

3. Tahan lama

Jika Anda mencari marmer yang berkualitas tinggi dan tahan lama, maka marmer Thassos adalah jawabannya. Marmer ini memiliki kualitas terbaik yang mampu menanggung goresan dan noda yang membandel. Kualitasnya akan tetap terjaga dari tahun ke tahun dan tidak menimbulkan karat dalam keadaaan apapun.

Baca Juga:  11 Merk Cat Terbaik untuk Plafon Gypsum Beserta Tips Memilihnya

Selain itu, marmer Yunani ini sangat mudah dibersihkan. Kamu tidak perlu repot mencari cara membersihkan lantai berminyak yang membandel atau cara membuat lantai agar tetap kinclong. Marmer ini akan tetap mempertahankan kualitasnya dalam kondisi apapun dan sangat mudah untuk dibersihkan.

4. Hasil yang Memuaskan dan Presisi

Selain itu, marmer yang berasal dari Pulau Thassos ini datang dalam bentuk bongkahan batu. Kemudian, bongkahan batu tersebut diolah menggunakan teknologi yang canggih untuk menghasilkan marmer dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Marmer ini begitu mudah untuk menghasilkan tingkat presisi yang sempurna dan juga sangat rapi. Tingkat ketebalannya juga akan memengaruhi kesejukan lantai.

Namun, yang perlu dipahami adalah marmer ini hanya bisa diperoleh dari asalnya, yaitu Pulau Thassos. Dengan demikian, ini adalah marmer dengan limited edition atau tersedia dalam jumlah stok terbatas. Hal ini juga akan memengaruhi harganya mengingat permintaan pasar yang begitu tinggi.

marmer
Lengkapi kebutuhan material bangunan Anda dengan produk Marmer di UKUR!

Tertarik Menggunakan Marmer Thassos?

Kabar baiknya adalah marmer Thassos dapat dibeli secara online namun akan sangat sulit mendapatkan yang original karena stoknya yang terbatas. Tetap tenang dan jangan risau, Anda bisa mendapatkan lantai marmer seindah marmer dari Pulau Thassos melalui Ukur.com.

Tidak hanya lantai marmer, segala keperluan untuk mempercantik rumahmu, tersedia mulai dari Dinding & Plafon, Material Konstruksi, Pintu & Jendela, hingga kebutuhan Elektronik. Soal kualitas, tidak perlu diragukan lagi. Semua produk yang ada di Ukur terjamin kualitas dan fungsinya. Jadi, tunggu apalagi? Buruan beli sekarang juga!