11 Desain Balkon Minimalis Modern yang Bikin Nyaman

balko di atas garasi

Apabila ingin memberikan sentuhan baru pada hunian Anda, balkon minimalis bisa menjadi pilihan yang menarik. Balkon dapat menjadi unsur dekoratif yang menambah kesan elegan dan modern pada hunian. Tentunya dipadukan dengan keamanan dan kenyamanan penghuni rumah. Balkon juga dilengkapi pagar yang menutupi bagian depan dan samping.

Area balkon dapat dimanfaatkan untuk menikmati suasana pagi dan sore yang indah bersama keluarga. Terdapat berbagai jenis bahan di pasaran yang dapat digunakan untuk balkon dengan model dan gaya yang berbeda. Kehadiran balkon dapat membuat hunian tampak makin estetik.

11 Desain Balkon Dengan Tampilan Minimalis Modern

Dengan desain yang simpel namun tetap menampilkan kesan elegan, balkon minimalis mampu menyatu dengan gaya arsitektur bangunan. Disamping itu juga mempengaruhi tampilan fasad rumah secara keseluruhan. Ada banyak pilihan model balkon minimalis. Dalam ulasan ini bisa dicek berbagai desain balkon yang dapat dijadikan referensi untuk Anda.

1. Balkon Minimalis dengan Kursi Besi

kursi besi di balkon
Source image: rumah.com/panduan-properti/

Kegunaan balkon bisa sebagai tempat bercengkerama favorit sekaligus area bersantai menikmati pemandangan menawan yang disuguhkan. Kini, balkon menjadi pilihan populer bagi sebagian orang dalam membangun rumah modern minimalis.

Kehadiran kursi besi dapat digunakan untuk mempercantik balkon. Kesan vintage bisa didapatkan dengan adanya besi penyangga kursi yang sudah mulai berkarat. Hal ini membuat area balkon terlihat lebih estetik. Anda dapat menerapkan desain balkon tersebut untuk hunian Anda.

Baca Juga:  Ukuran Kursi Tamu yang Tepat untuk Ruangan Minimalis

2. Balkon Minimalis Hitam Putih

balkon black white
Source image: kuliahdesain.com

Untuk lebih memberi kesan minimalis modern di area balkon, tempatkan furniture berwarna hitam. Kemudian warna hitam tersebut bisa dipadukan dengan bantal warna putih. Bisa ditambahkan lampu gantung pada area dinding dan railing balkon

3. Balkon Minimalis nan Asri

balkon tanaman
Source image: idea.grid.id

Balkon minimalis juga bisa dibuat agar terlihat lebih asri dengan menambahkan fungsinya sebagai taman. Letakkan beberapa tanaman dalam pot yang terbuat dari tanah liat. Tambahkan dengan tanaman hias merambat. Gunakan material kayu sebagai pondasi pagar balkon untuk membuat tampilan lebih harmonis dan serasi. Berbagai pot tanaman hias tentunya bermanfaat agar suasana terasa sejuk dan asri.

4. Balkon Modern dengan Kursi Kayu Sederhana

balkon kombinasi kayu
Source image: lamudi.co.id

Lengkapi area balkon dengan kursi kayu sederhana, atau bisa juga kursi lipat kayu. Kombinasikan dengan karpet anyaman berwarna coklat. Tambahkan sepasang bantal untuk melengkapi furniture di balkon. Hiasi dengan beberapa tanaman pot kecil.

5. Balkon Mini Memanjang di Atas Garasi

balko di atas garasi
Source image: berita.99.co

Luas lahan yang terbatas bukanlah alasan untuk mengurungkan keinginan membangun balkon. Caranya adalah dengan memperluas hunian secara vertikal dan memanfaatkan ruang kosong di atas garasi. Untuk membuat balkon mini di atas garasi, tidak memerlukan lahan yang lebar.

Cukup sediakan lahan memanjang selebar setengah meter dengan pengaman teralis. Tak ada salahnya membangun balkon mini memanjang. Anda bisa menaruh kursi santai di salah satu sudutnya.

6. Balkon Modern Estetik

balkon desain estetik
Source image: idntimes.com

Balkon rumah mungkin dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Pasalnya, banyak yang menjadikan balkon hanya sebagai area menjemur pakaian atau menyimpan barang-barang tak terpakai. Padahal apabila didesain dan ditata dengan baik, maka balkon bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk bersantai bersama keluarga.

Baca Juga:  10 Inspirasi Model Pintu Kamar Minimalis Modern Elegan Klasik

Selain railing balkon, Anda juga dapat menambahkan dekorasi dan furniture minimalis di sana. Desain balkon modern estetik cocok diterapkan pada balkon rumah yang berada di daerah perkotaan. Cukup gunakan sepasang kursi, meja, dan karpet berwarna netral.

7. Balkon Minimalis dengan Rumput Taman Sintetis

balkon & rumput sintetis
Source image: kibrispdr.org

Balkon minimalis yang dipadukan dengan karpet rumput sintetis cocok untuk Anda yang memiliki anak kecil di rumah. Karena area balkon bisa menjadi tempat bermain anak yang menyenangkan. Bisa juga ditambahkan dengan lantai parket kayu agar lebih mudah dibersihkan.

Melapisi permukaan lantai dengan rumput taman sintetis juga berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan penghuni. Agar suasana makin asri, letakkan pot tanaman hias artifisial di sudut area balkon.

8. Balkon dengan Dekorasi Rajutan

balkon-desain-rajutan
Source image: matchness.com

Potret balkon minimalis modern bisa diciptakan dengan adanya penggunaan dekorasi rajutan. Taruh sejumlah barang rajutan tersebut di beberapa bagian, misalnya dinding. Bisa juga menambahkan karpet berbahan rajut agar terkesan lebih nyaman.

9. Balkon Minimalis dengan Kursi Melayang

balkon modern kursi ayunan
Source image: rumahkuunik.com

Balkon juga cocok dijadikan sebagai tempat bersantai kala penat. Letakkan kursi melayang pada area balkon. Bisa juga diganti dengan ayunan rotan sebagai tempat bersantai di waktu senggang. Sertakan bantal untuk membuat duduk makin nyaman.

10. Balkon Modern Minimalis dengan Railing Kaca

balkon dengan railing kaca
Source image: suara.com/lifestyle

Area balkon dapat dibangun dengan pengaman berupa railing kaca di sekelilingnya. Selain membuat tampilan lebih estetik, pagar kaca bisa menjaga keamanan penghuni ketika beraktivitas di area ini.

Bagian atas bisa dipasang atap kayu supaya bagian bawah terlindungi dari panas dan hujan. Atap datar juga bisa dibuat agak menjorok dari dinding rumah untuk melindungi balkon.

11. Balkon Natural dengan Kursi Rotan

balkon dengan kursi rotan
Source image: tokopedia.com

Balkon berkonsep natural cocok untuk Anda yang suka dengan hal-hal berbau alami. Pilih kursi anyaman terbuat dari rotan, kombinasikan dengan tanaman berdaun lebar dalam pot.

Baca Juga:  8 Jenis Atap Kanopi Terbaik dan Harganya (Lengkap dan Terbaru)

 

Tips Membuat Balkon Minimalis

Balkon memiliki ruang yang terbatas pada rumah minimalis, sehingga banyak orang kesulitan untuk mendesainnya. Simak sejumlah tips berikut ini yang bisa jadi acuan untuk mendesain balkon rumah Anda.

1. Tentukan Warna Minimalis yang Cantik

Balkon tidak seperti ruangan lain yang sering digunakan untuk berlalu lalang. Sehingga salah satu cara untuk mempercantiknya adalah permainan warna. Balkon sering mendapat cahaya matahari yang banyak, maka warna-warna netral bisa menjadi pilihan tepat.

Akan tetapi jangan batasi selera Anda. Warna-warna yang lain pun tetap menyenangkan. Perpaduan beberapa warna cerah akan memberi kesan ceria.

2. Pilih Semua Peralatan yang Mendukung Momen Bersantai di Balkon

Minimalis juga bisa berarti esensial, yakni segala sesuatunya berfungsi maksimal, tidak ada bagian yang tidak berguna. Anda bisa mempraktekkan prinsip ini mengingat area balkon yang terbatas. Balkon adalah tempat bersantai, maka penuhi semua kebutuhan dan peralatan yang mendukungnya.

Misalnya jika sedang bosan dengan suasana kota, balkon bisa dibuat suasana seperti di kebun, atau suasana lain yang menyenangkan seakan sedang piknik berlibur. Tidak harus memasang kursi dan meja yang formal, ciptakanlah situasi rileks dan santai. Pertimbangkan dekorasi yang dapat mengirit tempat tetapi berfungsi ganda.

3. Teduhkan Balkon dengan Tanaman Hijau dan Kanopi

Balkon dapat menjadi alternatif memperbaiki mood, maka buatlah agar teduh dan nyaman dengan meletakkan tanaman hijau di sana. Jika ruang terbatas, tanaman hias bisa digantung di tembok, pagar, atau plafon. Bisa juga dibuat seperti taman kecil dengan rak sederhana.

Selain tanaman, Anda bisa menggunakan kanopi untuk melindungi diri dari panas dan hujan jika kondisi balkon terbuka. Bisa juga dipasang tirai bambu sesuai kebutuhan.


Berbelanja bahan bangunan online lebih mudah dan hemat dengan marketplace bahan bangunan. Dengan Ukur.com, Anda bisa mendapatkan semua kebutuhan bahan bangunan Anda di satu tempat, dengan harga terbaik, proses pengiriman yang cepat dan mudah, dan garansi untuk semua produk bahan bangunan.

Hanya di UKUR yang berani memberikan harga terjangkau bersamaan layanan pemasangan. Ukur – Situs Jual Beli Bahan Bangunan Terlengkap.