5 Faktor Penyebab Besi Berkarat dan Tips Mencegah Terjadinya Korosi

penyebab besi berkart

Anda pasti pernah melihat gagang pintu besi mulai keropos dan mengalami perubahan warna menjadi coklat kemerahan. Nah, itu adalah tanda bahwa besi mulai karatan. Besi memang jadi salah satu bahan logam yang mudah berkarat. Lantas, apa sih penyebab besi berkarat?

Pada dasarnya, proses terjadinya karat terbentuk oleh berbagai faktor pemicu. Ingin tahu apa saja faktor yang dapat jadi pemicunya? Artikel ini akan mengulas seputar faktor penyebab karat pada besi dan tips pencegahannya. Yuk, simak sampai habis!

Proses Terjadinya Besi Berkarat

Besi berkarat disebabkan terjadinya reaksi kimia antara besi dengan oksigen dan air. Intinya, penyebab besi karatan karena adanya reaksi redoks (reduksi dan oksidasi) yang tidak dikehendaki. Lantas, bagaimana sih proses terjadinya besi berkarat?

Apabila air mengenai besi, maka air akan bercampur dengan karbon di udara. Nah, terbentuklah asam karbonat. Asam karbonat menyebabkan zat besi pada logam larut. Sedangkan, air mulai terurai menjadi komponen yang berbeda, yakni hidrogen dan oksigen. Kedua komponen itu akan bercampur dengan atom pada besi.

Itulah proses penyebab besi berkarat atau korosi. Akibatnya, terbentuk senyawa kimia baru berupa oksida besi. Umumnya, besi yang terpapar udara dan air di luar ruangan akan lebih mudah berkarat, ketimbang yang tak terkena air dan udara.

Terkadang peralatan Anda yang terbuat dari besi jika tak terawat dengan baik juga akan mengalami perubahan warna jadi coklat kemerahan. Namun, ternyata ada juga karat besi yang berwarna hijau. Ini terjadi saat besi terpapar oleh zat klorida. Biasanya ini akan terjadi pada kapal karam di dasar laut.

Baca Juga:  10 Cara Agar Kamar Mandi Tidak Bau, Pasti Ampuh!

Faktor Penyebab Besi Berkarat

Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan logam berupa besi bisa berkarat, sehingga mengalami korosi, meliputi:

1. Faktor Udara dan Air

Adanya kontak langsung antara besi dengan air dan udara akan mempercepat terjadinya korosi. Sebab, kandungan karbon dalam besi tidak menyebar merata, sehingga timbul perbedaan potensial listrik antara atom logam dan atom karbon.

Apabila air terkena besi, maka oksigen dari udara larut dalam air dan akan tereduksi. Jadi, semakin tinggi jumlah air dan udara yang bercampur dengan besi, semakin cepat korosi terjadi.

Faktor Udara dan Air
Source image: freepik.com

2. Elektrolit

Salah satu media yang baik untuk transfer muatan adalah memakai zat asam atau garam, itu biasa disebut elektrolit. Tak heran, jika elektron lebih mudah diikat oleh oksigen di udara. Misalnya adalah kandungan air hujan berupa asam dan air laut berupa garam. Keduanya akan menjadi penyebab karat pada besi.

3. Kelembaban Udara

Temperatur udara adalah salah satu faktor penyebab besi berkarat. Semakin tinggi suhu udara, maka partikel pada energi kinetik semakin besar. Tentunya, proses oksidasi besi akan semakin meningkat dan lebih cepat mengalami korosi.

4. Zat Pengotor

Salah satu penyebab besi karatan, yaitu adanya zat pengotor. Seperti cairan, debu, dan lainnya. Zat pengotor menyebabkan adanya reduksi tambahan, sehingga logam teroksidasi semakin banyak. Misalnya, tumpukan debu karbon sisa pembakaran BBM. Reaksi reduksi pada permukaan logam juga cenderung mempercepat korosi.

5. Kadar pH

Selain elektrolit, kadar pH juga bisa membuat besi mudah berkarat dan rapuh. Apabila kondisi kandungan pH pada asam < 7, maka bisa timbul reaksi reduksi tambahan pada kutub elektrode. Ini bisa membuat lebih banyak atom teroksidasi dan mempercepat korosi pada besi atau logam.

Baca Juga:  Cara Pasang Plafon PVC Sendiri dengan Mudah dan Cepat

Tips Mencegah Terjadinya Korosi

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab karat pada besi. Tentunya, terdapat beberapa tips untuk mencegah terjadinya korosi. Mau tahu? Berikut ini adalah tips-tips pencegahan terjadi korosi pada permukaan besi yang bisa Anda terapkan:

1. Lakukan Perawatan Rutin pada Besi

Setelah itu, agar besi tetap terawat penting sekali untuk melakukan perawatan rutin pada kendaraan, alat mesin, dan peralatan dapur. Usahakan untuk membersihkan secara rutin agar dapat mencegah kotoran atau partikel lainnya yang memicu karat pada besi.

2. Menjaga Permukaan Besi Agar Tetap Kering

Salah satu tips mencegah terjadinya korosi adalah dengan menjaga permukaan besi agar tetap kering. Jika Anda akan membersihkan peralatan besi lakukan secara teratur. Pastikan tak ada kotoran atau partikel lain yang menempel pada permukaan besi.

Setelah itu, bersihkan sampai kering dan simpan di area yang tidak lembab. Serta cari tempat tertutup dan hindari tempat yang terpapar udara langsung.

3. Gunakan Pelumas Anti Karat

Salah satu cara efektif mencegah faktor penyebab besi berkarat adalah dengan memakai pelumas untuk lapisan pelindung permukaannya. Ini bisa menghambat kontak langsung dengan kelembaban suhu agar terhindar dari kemungkinan korosi.

berikan lapisan anti karat
Source image: freepik.com

4. Gunakan Pelindung Anodik

Pelindung anodik yang efektif adalah aluminum foil. Ini efektif jika permukaan besi terhubung dengan jenis logam lain. Fungsinya agar menghindari dari reaksi kimia antara besi dan logam lainnya yang bisa mempercepat korosi.

5. Teknik Pelapisan Galvanisasi

Ini merupakan teknik untuk melapisi besi dengan lapisan seng. Tujuannya sebagai penghalang dan pelindung yang kuat terhadap karat. Caranya dengan menyemprot atau merendam besi dalam cairan seng. Sehingga dapat tahan terhadap kondisi lingkungan yang buruk. Sehingga besi akan mendapat perlindungan jangka panjang.

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Cat Tembok Mengelupas

6. Hindari Goresan pada Besi

Lecet sedikit pada permukaan besi bisa menjadi penyebab besi berkarat. Agar dapat menghindari goresan pada besi, Anda bisa pakai penutup. Ini akan mencegah jika kondisi penyimpanan rawan karat dan memiliki potensi merusak permukaan besi.

beli besi beton di Ukur
Belanja besi beton di Ukur, Bisa cicil 0% sampai 12 bulan!

7. Penggunaan VCI

Pelindung VCI (Vapor Corrosion Inhibitor) adalah salah satu cara cegah penyebab karat pada besi. Ini adalah jenis senyawa kimia yang berfungsi sebagai pelindung logam besi dan non besi dari karat. Tentunya, VCI aman dari korosi dan penggunaannya tidak butuh perlu pelumas, oli, dan lainnya.

Ion VCI akan membentuk tameng perlindungan pada permukaan logam yang menggantikan kelembaban dan bisa menghilangkan karat. Caranya dengan menjaganya tetap bersih dan kering.

Sudah Tahu Faktor Penyebab Besi Berkarat?

Nah, itu dia berbagai faktor yang menyebabkan besi bisa berkarat dan tips mencegah terjadinya korosi. Jika barang yang terbuat dari besi sudah terlanjur berkarat, Anda bisa coba menghilangkannya dengan baking soda, lemon, dan pasta gigi. Cukup oles dan diamkan beberapa saat dan lap dengan bersih.

Apabila Anda ingin membeli produk besi anti karat kualitas terbaik, kunjungi saja marketplace bahan bangunan online terlengkap dan terpercaya Ukur. Tersedia berbagai macam produk, seperti Besi & Baja, Material Konstruksi, Fasad & Atap, dan masih banyak produk lainnya untuk bahan bangunan yang Anda butuhkan.

Tak perlu ragu lagi, dapatkan produk dengan harga terjangkau dengan layanan proses pengiriman praktis dan aman sampai tujuan. Tersedia jasa pemasangannya juga, lho. Ada pula juga garansi untuk setiap pembelian produk bahan bangunan. Jadi, sudah terjamin keamanannya. Tunggu apalagi? Yuk, buruan beli di Ukur.com!