Mengenal Pola Pemasangan Lantai Vinyl Paling Populer

Daftar Pola Pemasangan Lantai Vinyl Terpopuler

Warna cantik yang terpampang pada lantai vinyl membuat banyak orang tertarik untuk menerapkan pemasangannya di rumah mereka. Apakah Anda termasuk salah satunya? Kira-kira, pola pemasangan lantai vinyl mana yang buat Anda tertarik untuk mengaplikasikannya di hunian?

Daftar Pola Pemasangan Lantai Vinyl Terpopuler

Pemasangan lantai vinyl di berbagai ruangan bisa buat kesan rumah semakin oke, lho. Tapi ingat, pola pemasangan lantai vinyl juga penting buat Anda cermati. Karena, karakter penghuni bisa cepat dikenali dari desain, jenis lantai, dan juga cat tembok. Jadi, pastikan Anda mengenali dua belas pola lantai vinyl terpopuler ini:

1. Pola Lurus/Grid/Square/Ashlar

Pola Lurus
Foto : lifewithnealandsuz.com

Motif yang cukup sering digunakan adalah pola ashlar. Karena motifnya yang terkesan simpel (bentuk kotak atau persegi panjang) dan mudah untuk diaplikasikan, banyak orang akhirnya memilih pola ini.
Anda bisa memasang vinyl dengan meletakkan lembaran secara lurus dan sejajar, mengikuti arah ruangan. Motif ini bisa memberi kesan luas dan rapi pada ruangan. Terutama, pola ini juga sangat oke apabila rumah Anda cukup luas dan tidak memiliki banyak furniture.

2. Pola Diagonal

Pola Diagonal
Foto : Pinterest

Bosan melihat motif yang terkesan monoton? Supaya lantai hunian tampak lebih unik, Anda bisa mengaplikasikan pola diagonal atau pola serong. Motif ini bisa Anda pasang dengan sudut diagonal, jadi tampilan lantai pada ruangan bisa tampak berbeda, bahkan unik.

Selain tampak unik, rupanya motif diagonal pada lantai juga bisa memberi kesan luas, lho. Cara pemasangan lantai vinyl ini juga tidak terlalu rumit. Cukup miringkan vinyl sedikit dan tampilan lantai bisa terlihat lebih dinamis.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Plafon Bocor dengan Baik dan Benar

3. Pola Brick Pattern

Pola Brick Pattern
Foto : sugarmaplefarmhouse.com

Pola pemasangan lantai vinyl yang unik tidak cuma terbatas pada motif diagonal. Ada juga brick pattern atau motif batu bata, yang bisa memberi kesan santai dan casual. Biar mendapatkan motif ini, Anda bisa memasang vinyl layaknya susunan batu bata.

Caranya, awali pemasangan vinyl setiap baris dari setengah panjang vinyl sebelumnya. Setelah Anda lakukan berulang, nanti vinyl dapat membentuk pola batu bata yang terstruktur. Motif ini akan sangat cocok untuk ruangan yang bergaya rustic.

4. Pola Pinwheel

Melihat dari namanya, Anda pasti berpikir pola pinwheel cukup rumit untuk dipasang. Tapi nyatanya, vinyl motif pinwheel atau hopscotch bisa Anda pasang dengan hanya memasangkan dua lantai persegi panjang atau kotak dengan ukuran bervariasi.

Lalu, cobalah untuk sejajarkan vinyl kotak tersebut pada satu sisi sampai bisa membentuk motif belah ketupat. Mudah buat Anda praktikkan, bukan? Agar menambah kesan variatif, Anda bisa pakai vinyl yang berwarna kontras.

5. Pola Herringbone

Pola Herringbone
Foto : Pinterest

Suka dengan motif lantai klasik, namun tidak lekang oleh waktu? Coba pakai motif lantai herringbone atau zig-zag. Saking populernya, motif herringbone ini tidak hanya dipakai untuk pola lantai interior saja, tapi juga untuk pola decking kayu. Decking kayu adalah bahan penutup lantai yang ada di area outdoor.

Pola yang mirip dengan sisik ikan ini bisa membuat rumah Anda jadi lebih menawan. Tak heran kalau Anda harus super teliti saat memulai proses pemotongan vinyl dengan pola ini.

Akan tetapi, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan lantai Anda. Pola herringbone umumnya cocok Anda aplikasikan pada lantai hunian yang punya bentuk persegi.

6. Pola Chevron

Pola Chevron
Foto : myfloorshop.nl

Chevron adalah salah satu pola vinyl yang hampir sama dengan herringbone. Tapi, perbedaannya dengan motif herringbone terletak pada pola zig-zag. Pola zig-zag yang ada pada chevron lebih berkesinambungan dan Anda bisa lihat motifnya berbentuk seperti huruf ‘V.’

Baca Juga:  Mengenal 10 Jenis Kursi, Kegunaan, dan Tips Pemilihannya

Pola vinyl lantai chevron ini juga tidak punya efek patah-patah seperti herringbone. Karena, papan vinyl chevron saling bertemu pada garis lurus. Jadi, dengan memasang pola lantai chevron, ruangan bisa menampakkan kesan rapi. Namun, juga bisa menimbulkan kesan luas.

7. Pola Weave Basket

Pola Weave Basket
Foto : kumparan.com

Contoh pola vinyl lantai berikutnya adalah weave basket. Motif ini tampak unik dengan tampilan seperti anyaman dan umumnya orang menerapkan motif ini pada vinyl yang berukuran 50×25 cm. Anda bisa memasangnya dengan menyusun plank secara sejajar dan meletakkan urutan berikutnya secara vertikal.

Sama dengan herringbone, pola pemasangan lantai vinyl ini cukup dengan memakai tipe kayu saja. Namun, jika menginginkan pola ini tampak beda, Anda bisa mengombinasikan jenis vinyl ini dengan sejumlah warna yang lain.

8. Pola Stagger

Tertarik untuk membuat ruangan terasa lebih ‘hidup’? Anda bisa memakai pola pemasangan vinyl stagger. Motif ini bisa membuat ruangan Anda tampak rapi dengan cara menyusun ubin pada sisi garis tengah secara selang-seling.

Anda juga bisa memadukan pola lantai vinyl ini dengan dua variasi warna lain. Warna yang berbeda-beda bisa membuat ruangan tampak lebih hangat dan terkesan ceria.

10. Pola Random

Pola Random
Foto : rumahtaco.id

Bingung dengan banyaknya jenis pola lantai yang ada? Anda bisa pakai motif random sebagai pola vinyl. Motif ini bahkan bisa terlihat unik, karena bisa Anda padukan dengan sejumlah variasi warna.

Tidak hanya untuk vinyl, pola random ini juga bisa Anda aplikasikan pada lantai kayu solid. Akan tetapi, Anda akan merasakan perbedaan besar saat memutuskan menggunakan salah satunya. Sebab, pemasangan lantai vinyl jauh lebih mudah karena sifatnya yang mudah dibentuk daripada lantai kayu solid.

Baca Juga:  12 Inspirasi Interior Rumah Kayu Klasik, Sederhana dan Elegan!

11. Pola Flemish Bond

Rumah Anda punya konsep scandinavian interior yang pakai banyak paduan warna netral dan unsur kayu? Anda bisa terapkan motif flemish bond pada lantai. Pola ini terdiri dari bentuk persegi panjang atau kotak yang tersusun secara selang-seling.

Sama seperti pola pemasangan lantai vinyl stagger, Anda bisa menerapkan model flemish bond dengan dua warna yang berbeda.

12. Pola Mozaik

Pola Mozaik
Foto : pashouses.id

Tampilan artistik pada lantai vinyl juga bisa Anda terapkan pada hunian dengan pola mozaik. Motif ini dapat Anda buat dengan mudah. Caranya dengan memotong lembaran vinyl kecil-kecil yang berbeda bentuk.

Lalu, Anda bisa menempel vinyl tersebut pada lantai hingga membentuk pola menarik. Lewat motif mozaik, Anda bisa tunjukkan kesan bebas dan kreatif pada ruangan.

beli vinyl lantai di ukur
Dapatkan vinyl lantai berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Lebih Mengenal Pola Pemasangan Lantai Vinyl?

Tertarik untuk menerapkan pola pemasangan lantai vinyl pada hunian? Pemasangannya sendiri hanya butuh perekat dan tidak butuh waktu yang lama. Terlebih, Anda juga tak perlu ribet menutup pori kayu atau menghaluskan permukaan lantai vinyl dengan wood filler seperti saat pemasangan parket.

Karena vinyl bukan terbuat dari bahan kayu asli, melainkan terbuat dari bahan sintetis saja, jadi tidak perlu perawatan ekstra seperti parket. Nah, kalau Anda sekarang butuh cari vinyl yang terjangkau dan berkualitas, Anda bisa percayakan pada Ukur.com.

Sebab tidak hanya vinyl, Anda juga bisa menemukan berbagai kelengkapan hunian seperti dinding dan plafon, pintu dan jendela, AC, hingga alat sanitari. Lengkap, ‘kan? Tidak perlu lagi tengok situs toko bahan bangunan lain, karena Ukur.com sudah bisa penuhi semua kebutuhan Anda!