Berapa Harga Marmer Per Meter? Simak Faktor Penentu Harganya

Berapa Harga Marmer Per Meter? Simak Faktor Penentu Harganya

Dalam dunia konstruksi, marmer adalah bahan bangunan yang identik dengan kesan mewah. Meski tergolong kelas premium dan terkenal mahal, nyatanya harga marmer per meter tidak memiliki standar yang sama alias lebih variatif. Umumnya, perbedaan harga marmer sangat bergantung pada jenis dan motif yang tersedia di pasaran.

Artikel ini akan membahas secara mendalam mengenai kisaran harga marmer serta faktor yang menentukan harganya di pasaran. Dengan begitu, Anda dapat memiliki pengetahuan yang lebih komprehensif tentang pembelian marmer kedepannya.

Berapa Harga Marmer Per Meter?

Seiring berjalannya waktu, variasi dari marmer terus mengalami perkembangan, sehingga berimbas pada penyesuaian harga.

Karena lantai marmer termasuk ke dalam kategori material bangunan yang berfungsi sebagai elemen dekorasi mewah, maka tak heran jika harganya tergolong tinggi.

Berdasarkan tempat produksi, marmer terbagi menjadi dua jenis, yaitu marmer lokal dan marmer impor. Lantas, berapa harga marmer per meter dari keduanya?

Sebagai informasi, marmer lokal adalah marmer yang berasal dari tambang Indonesia. Produksi marmer lokal banyak tereksplor dari wilayah Sulawesi dan Jawa Barat. Salah satu marmer lokal yang mampu menembus pasar internasional, yakni marmer Ujung Pandang.

Dari segi biaya, harga marmer lokal cenderung terjangkau dari impor. Pasalnya, biaya produksi yang lebih rendah dan jarak pengiriman yang relatif dekat. Adapun, kisaran harga marmer lokal dengan kualitas premium berada di bawah nominal satu juta rupiah.

Sementara itu, marmer impor yang populer di Indonesia biasanya didatangkan dari negara Iran, Turki, Italia, Spanyol, dan Meksiko.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Pencurian: Memahami, Strategi, dan Peran CCTV

Untuk urusan biaya, marmer impor memang dibanderol lebih mahal, karena warna dan polanya yang beragam. Harga marmer impor per meter dengan kualitas istimewa di atas satu juta rupiah.

5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Marmer

Harga Marmer
Foto: Pinterest

Berikut adalah 5 faktor yang menentukan harga marmer di pasaran, yaitu:

1. Merek

Tak hanya sebatas nama produk, merek juga menjadi faktor utama yang mempengaruhi harga marmer per meter. Ada harga ada kualitas, begitulah kira-kira slogan berkata.

Umumnya, merek marmer yang sudah populer dan terpercaya akan mematok harga yang mahal serta cenderung memiliki kualitas yang lebih bagus dari para kompetitornya.

Maka tak heran, jika banyak orang yang memilih lantai marmer dengan merek terkenal, karena kualitasnya yang memang lebih terjamin. Namun, jangan pernah beranggapan merek marmer yang kurang terkenal tidak memiliki kualitas baik, ya!

2. Warna Alami

Karena metamorfosa pembentukan material bangunan ini terbuat khusus dari alam, maka warna yang tersedia cenderung unik dan tidak seragam. Jadi, semakin menarik warna marmer, semakin mahal pula harga marmer per meter.

Terlebih lagi, jika warna marmer yang akan Anda beli merupakan warna alami, Anda pun harus bersiap untuk merogoh kocek yang dalam, karena harganya yang tidak murah.

Hal tersebut tentu berbeda dengan lantai marmer dengan warna buatan, harganya pasti lebih terjangkau. Meski begitu, saat ini sudah banyak dijumpai pilihan warna marmer buatan yang tak kalah ciamik dari warna alami, lho.

3. Pola Marmer

Faktor yang mempengaruhi harga marmer per meter selanjutnya adalah pola marmer. Secara fisik, harga marmer tidak hanya dipengaruhi oleh warna saja, melainkan juga motif yang terdapat pada permukaan jenis batu marmer tersebut. Tentu, harga marmer akan semakin mahal jika hasil dari pola permukaan marmer makin cantik.

Sejatinya, motif pada marmer akan menghadirkan nuansa elegan dan kesan estetik yang luar biasa indah untuk bangunan.

Baca Juga:  10 Jenis Kursi Kantor Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Oleh sebab itu, beberapa orang memilih marmer dengan motif tertentu yang sesuai preferensi pribadi. Bahkan, tidak sedikit orang yang sengaja meminta kustomisasi lantai marmer yang khusus terbuat dari batu onyx.

Batu onyx adalah jenis batu alam kapur yang populer, karena karakteristiknya yang mampu menembus cahaya dan menyajikan motif yang khas dengan perpaduan warna yang menarik pula.

4. Hasil Polesan

Kualitas finishing pada pemolesan juga sangat berpengaruh terhadap harga marmer per meter. Pasalnya, marmer dengan hasil polesan yang baik akan semakin mempertegas warna dan pola marmer tersebut.

Tak hanya itu, hasil polesan yang bagus otomatis menghasilkan material marmer yang lebih berkilau dan sempurna. Dengan begitu, permukaan marmer akan semakin bersinar dan memberikan kesan mewah yang tiada tandingannya.

5. Kuantitas

Jumlah atau kuantitas pembelian yang Anda lakukan menjadi faktor mutlak penentu harga marmer per meter.

Marmer bukanlah material bangunan yang murah. Oleh karena itu, Anda harus senantiasa mempertimbangkan kualitas marmer sebelum melakukan pembelian dalam jumlah yang banyak.

Agar kebutuhan marmer lebih pas dan sesuai dengan keperluan, maka Anda wajib membuat rencana anggaran biaya yang matang. Dengan cara ini, Anda tidak perlu merasa takut kekurangan maupun kelebihan dalam membeli marmer.

Daftar Kisaran Harga Marmer Per Meter

marmer per meter
Foto: dezeen.com

Supaya mendapatkan gambaran tentang marmer lebih jauh, berikut adalah rangkuman daftar harga marmer lokal dan impor terbaru tahun 2023.

Marmer Lokal

Berikut kisaran harga berbagai jenis marmer lokal yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Ujung Pandang

Marmer lokal Ujung Pandang berasal dari Pangkep, Sulawesi. Dengan karakter dan kualitas yang kuat, marmer ini selalu menjadi pilihan favorit bagi banyak pelanggan.

Jika Anda sedang mencari marmer Ujung Pandang warna cream, berikut adalah harga marmer per meternya:

  • Crema Stella: Rp500.000,00 – Rp850.000,00
  • Monalisa: Rp500.000 – Rp850.000,00
  • Golden Perlato: Rp500.000,00 – Rp850.000,00
  • Chiampo Blue: Rp500.000,00 -Rp850.000,00
Baca Juga:  9 Kombinasi Warna Cat Plafon dan Dinding Minimalis Rumah Impian

2. Citatah

Berasal dari tambang Citatah, merek marmer lokal ini memiliki kualitas yang cukup bersaing dan tidak kalah ciamik dengan marmer impor.

Untuk marmer Citatah kualitas sedang, harganya berkisar mulai dari Rp250.000,00 per slab. Sedangkan, varian Maroos dibanderol Rp500.000,00 – Rp850.000,00 per meter.

3. Tulungagung

Tak hanya unggul dari segi kehalusan, marmer lokal Tulungagung juga terkenal akan tingkat kekerasan yang tinggi, sehingga tahan terhadap goresan.

Untuk harga marmer Tulungagung ukuran 120 x 60 cm yaitu Rp255.000,00 per lembar. Sementara itu, harga marmer Tulungagung ukuran 60 x 60 cm adalah Rp110.000,000 saja per lembar.

Marmer Impor

Selain marmer lokal, ada pula marmer impor. Berikut kisaran harganya, yaitu:

  • Statuario: Mulai dari Rp3.550.450,00 per meter.
  • Snow White: Harga per meter berkisar Rp2.100.450,00.
  • Travertine Cream: Harga mulai dari Rp1.800.450,00 per slab.
  • Light Emperador: Harga sekitar Rp1.370.450,00 per meter.
  • Dark Emperador: Harga mulai dari Rp1.370.450,00 per slab.
  • Nero Assoluto: Daftar harga marmer ini sekitar Rp1.250.450,00 per meter.
marmer
Lengkapi kebutuhan material bangunan Anda dengan produk Marmer di UKUR!

Sudah Menemukan Harga Marmer Per Meter yang Anda Butuhkan?

Meskipun harga marmer per meter dibanderol cukup tinggi, marmer kerap digunakan banyak kalangan sebagai ornamen favorit untuk lantai dan dinding. Sebelum membeli marmer, pastikan untuk mempertimbangkan harga dan memilih tempat terpercaya. Kalau Anda mencari marmer kualitas terbaik, Ukur.com adalah tempat yang tepat.

Selain memberikan kemudahan dan keamanan belanja, marketplace ini menghadirkan diskon menarik. Selain itu, berbagai furniture rumah tangga hingga dekorasi interior seperti Dinding, Atap, dan Pintu juga tersedia di sini. Lengkapi kebutuhan rumah impian hanya di Ukur.com!