Jenis Batu Alam untuk Lantai dan Manfaatnya

Jenis Batu Alam untuk Lantai dan Manfaatnya

Dalam membangun rumah, lantai merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi kesan suatu ruangan. Anda dapat memilih bahan lantai seperti batu alam, kayu, vinyl, atau keramik untuk memberikan kesan estetik rumah Anda. Lantas apa saja jenis batu alam untuk lantai rumah?

Jenis Batu Alam untuk Lantai Rumah

Material batu alam sering digunakan sebagai bahan lantai atau dinding. Karena batu alam dapat memberikan kesan estetik dan mewah pada rumah. Selain itu, dengan menggunakan batu alam, ruangan akan terasa natural dan lebih alami. Berikut beberapa jenis batu alam yang berguna untuk lantai, di antaranya:

1. Batu Marmer

Batu alam untuk lantai yang pertama yaitu batu marmer. Jenis batu marmer dapat membuat ruangan memiliki kesan mewah dan membuat interior menjadi cerah. Karena batu ini memiliki saturasi warna yang cukup terang.

Anda dapat menggunakan keramik model marmer untuk dekorasi lantai di dalam rumah Anda. Karena lantai marmer dapat mendinginkan ruangan apabila diaplikasikan pada interior ruangan, baik lantai maupun dinding.

Namun, lantai marmer merupakan penghantar panas yang buruk. Sehingga tidak disarankan untuk memasang pada bagian lantai rumah yang langsung terkena panas dan hujan. Berikut kelebihan dan kekurangan batu marmer untuk lantai yang harus Anda ketahui sebelum menggunakannya.

Kelebihan

  • Memiliki karakter yang dapat mendinginkan ruangan jika Anda aplikasikan untuk indoor.
  • Memiliki variasi tekstur dan warna sehingga memberikan kesan mewah pada rumah.
  • Daya tahan terhadap beban tinggi dan penggunaannya lebih tahan lama.
  • Tahan terhadap goresan.

Kekurangan

  • Harganya cenderung mahal.
  • Tidak cocok untuk diterapkan pada bagian outdoor rumah yang langsung terkena panas dan hujan.
  • Lantai marmer sifatnya berpori, sehingga mudah menyerap noda apabila tidak memiliki lapisan pelindung.
  • Membutuhkan perawatan khusus untuk merawat tekstur dan kilauan lantai marmer.
  • Pemasangannya memiliki teknik khusus dan harus dilakukan oleh ahlinya.
  • Tidak cocok untuk lantai ruangan kamar mandi atau mudah terkena air, karena permukaannya licin.
Baca Juga:  Folding Gate: Pengertian, Keunggulan dan Jenisnya
Flooring Batu Andesit
Foto: Naturalstone

2. Batu Andesit

Ini merupakan jenis batu vulkanik yang populer untuk interior bangunan rumah. Pada umumnya, batu andesit mirip dengan basal, hanya saja warnanya lebih terang dan mengandung lebih sedikit zat besi dan magnesium. Batu andesit cocok Anda gunakan untuk lantai atau dinding bagian luar rumah.

Anda pasti sering menemui penggunaan batu andesit sebagai material penutup dinding, material fasad bangunan, lantai teras, atau lantai garasi rumah. Lantai dari batu andesit akan memberikan kesan natural dan sejuk. Selain itu, lantai andesit memiliki ketahanan terhadap paparan cuaca panas dan hujan.

Kemudian, lantai batu andesit memiliki tekstur kasar dan berwarna abu-abu gelap. Berikut beberapa kelebihan lantai alam batu andesit yang harus Anda ketahui.

Kelebihan

  • Daya tahan tinggi karena mempunyai sifat batu yang keras.
  • Tidak mudah menyerap air karena pori-pori yang rapat, sehingga cocok untuk lantai teras, lantai garasi, atau lantai sekitar kolam.
  • Tahan terhadap cuaca panas dan hujan.
  • Tidak mudah berlumut dan berjamur.
  • Perawatannya cukup mudah, hanya dengan menggosoknya dengan air bersih.
  • Walaupun keras, batu andesit mudah untuk dibentuk dan memasangnya.

3. Batu Granit

Batu Granit merupakan jenis batu dari aktivitas metamorfosa gunung berapi. Pada umumnya lantai batu granit memiliki bermacam warna terang dan gelap. Warna dari batu granit tergantung dari kandungan mineral di dalamnya.

Batu granit dengan warna terang dapat memperindah interior ruangan rumah Anda. Pada umumnya, batu granit akan berbentuk lembaran dalam bentuk ubin. Anda dapat menggunakannya untuk lapisan lantai, dinding, atau bagian dapur. Berikut kelebihan dan kekurangan batu granit untuk bahan lantai rumah.

Flooring Batu Granit
Foto: Freepik

Kelebihan

  • Batu granit memiliki beragam warna alami, sehingga dapat menambah keindahan interior rumah.
  • Sambungan antar potongan granit sangat tipis, sehingga akan menimbulkan kesan menyatu dengan baik.
  • Memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca panas, hujan, tidak mudah berjamur, dan tidak mudah pecah.
  • Memiliki ketahanan kurang lebih 10 tahun dengan perawatan yang tepat.
  • Permukaan lantai batu granit cukup halus dan memiliki pori-pori kecil.
  • Perawatannya cukup mudah. Anda cukup menyapu dan mengepel pada saat lantai terlihat kotor.
Baca Juga:  12 Merk Kursi Kantor Terbaik untuk Menemani Kerja Anda

Kekurangan

  • Harga batu granit cukup mahal.
  • Memiliki bobot yang cukup berat.
  • Pada umumnya, Anda perlu memoles (seal) secara berkala agar lantai granit tetap berkilau dan daya tahannya tetap kuat terhadap cairan kimia dan goresan.

Manfaat Batu Alam untuk Lantai

Rumah yang menggunakan batu alam untuk dekorasi lantai akan memberikan kesan mewah, natural, dan dingin. Namun, Anda membutuhkan biaya yang cukup mahal untuk membangunnya. Hal ini sebanding dengan manfaat yang Anda dapatkan. Berikut manfaat pemasangan batu alam untuk penggunaan lantai.

1. Keindahan Rumah yang Alami

Alasan utama penggunaan batu alam untuk lantai adalah agar mendapatkan kesan keindahan yang alami. Setiap batu alam memiliki pola, warna dan tekstur yang unik. Sehingga memberikan karakteristik khusus pada rumah dan memberikan kesan alami. Hal ini sulit untuk ditiru dengan bahan buatan manusia.

2. Daya Tahan yang Kuat

Batu alam yang terbentuk dari aktivitas alami memiliki daya tahan yang kuat. Hal ini merupakan investasi jangka panjang untuk lantai rumah Anda sehingga tahan lama penggunaannya. Daya tahan dari batu alam merupakan pilihan terbaik untuk rumah dengan mobilitas tinggi dan untuk jangka waktu yang lama.

3. Menjaga Suhu Ruangan

Memasang batu alam untuk lantai akan membantu dalam menjaga suhu ruangan Anda tetap sejuk. Batu alam memiliki kemampuan alami untuk menyerap panas sehingga ruangan akan terasa dingin walaupun tanpa air conditioner (AC).

4. Tahan terhadap Beban Berat

Jenis batu seperti granit memiliki kemampuan untuk menahan beban berat sehingga cocok untuk pemasangan lantai rumah. Penggunaan lantai granit ideal untuk area yang sering terkena beban berat seperti area parkir kendaraan, gudang, dan meja dapur.

Baca Juga:  Jenis CCTV Rumah Terbaik, Perhatikan Karakteristiknya!
Cara Memasang Batu Alam untuk Lantai
Foto: Freepik

Cara Memasang Batu Alam untuk Lantai

Pemasangan batu alam untuk lantai tidak boleh asal. Jika Anda salah dalam mengaplikasikannya, maka hasilnya akan kurang maksimal. Pemasangan yang baik dengan menggunakan perekat berkualitas membuat lantai kuat dan tidak mudah rusak. Berikut cara pemasangan batu alam pada lantai rumah.

  1. Pertama, Anda harus membersihkan area lantai. Pastikan area pemasangan bebas dari kotoran, kemudian bilas secara menyeluruh.
  2. Kedua, letakkan perekat atau adonan acian di atas subfloor dengan merata.
  3. Ketiga, letakkan ubin batu alam dan tekan perlahan pada semua sisinya hingga merekat. Ini agar ubin batu alam terpasang dengan baik dan tidak meninggalkan udara di antara perekat dan ubin.
  4. Keempat, setelah terpasang biarkan ubin batu alam selama 24-48 jam hingga mengering agar perekat dan ubin dapat menyatu dengan sempurna.
  5. Kelima, tambahkan lapisan sealer pada seluruh area permukaan ubin.
jual batu alam
Beli batu alam berkualitas dengan harga terbaik, ya hanya di UKUR

Mana Jenis Batu Alam untuk Lantai yang Ingin Anda Gunakan?

Anda sudah mengetahui jenis batu alam untuk lantai beserta kelebihannya. Apabila Anda ingin memasang lantai untuk memberikan kesan mewah dan indah, maka gunakan lantai marmer mewah. Selain itu, apabila ingin memasang lantai dengan daya tahan kuat, maka gunakan lantai granit.

Anda dapat mencari jenis batu alam untuk lantai di Ukur.com. Anda juga dapat memilih lantai kualitas terbaik dengan harga terjangkau. Selain itu, Ukur.com juga menyediakan material konstruksi, pintu, dinding & plafon, hingga lantai. Nikmati kemudahan belanja bahan bangunan di Ukur.com.