Mengenal 10 Jenis Kursi, Kegunaan, dan Tips Pemilihannya

Mengenal 10 Jenis Kursi, Kegunaan, dan Tips Pemilihannya

Kursi adalah salah satu furniture atau perabotan yang selalu ada di mana saja dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari di rumah, kendaraan, kantor, restoran, dan bahkan stadion olahraga. Meskipun terlihat sederhana, di dunia ini ada banyak jenis kursi berbeda yang didesain untuk berbagai kegunaan atau keperluan.

Misalnya saja pada setiap sudut ruangan dalam rumah pasti ada kursi, baik itu kursi makan, kursi bersantai, kursi untuk menyambut tamu, dan lainnya. Oleh sebab itu, yuk ketahui jenis-jenis kursi yang ada di rumah beserta fungsinya. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan kursi mana yang pantas untuk Anda miliki.

10 Jenis Kursi Beserta Kegunaan Utamanya

Sejatinya, rumah yang baik adalah hunian yang memiliki perabotan lengkap. Salah satu perabotan yang perlu ada adalah macam-macam kursi berdasarkan fungsinya. Nah, sebelum Anda membeli kursi, sebaiknya pahami dulu tipe dan kegunaan kursi berikut ini:

1. Tub Chair

Tub Chair
Foto: vlr.eng.br | Daily Update

Jenis kursi pertama ini memiliki model seperti bak mandi. Oleh karenanya disebut sebagai tub chair. Awalnya, konsep tub chair pertama kali diperkenalkan oleh seorang desainer Amerika bernama Charles F. Montgomery.

Tub chair memiliki struktur yang memungkinkan Anda untuk bersandar dan bersantai. Dengan bentuknya yang mungil, banyak yang percaya bahwasannya kegunaan kursi ini sangat cocok untuk penderita cedera punggung.

Karena desainnya, kursi ini memberikan kenyamanan ekstra untuk merilekskan otot punggung dan tulang belakang. Anda bisa memadukan kursi ini dengan side table dan memodifikasinya menjadi kursi berpasangan. Dengan begitu, kursi ini akan terlihat lebih menarik dan rapi.

2. Arm Chair

Arm Chair
Foto: Tokopedia

Macam-macam kursi selanjutnya adalah tipe arm chair. Thomas Lawson, seorang pengusaha dan penulis, adalah orang pertama yang melakukan pemesanan untuk tipe arm chair ini. Desain pada lengan kursi ini memang terlihat lebih rendah daripada punggung kursi. Tujuannya adalah agar tampak elegan dan sederhana.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Urinoir, Manfaat, dan Standar Pemasangannya

Jenis kursi ini cocok untuk berbagai penempatan ruang, seperti ruang tamu, ruang keluarga, bahkan ruang baca. Akan tetapi, model arm chair hanya diperuntukkan untuk satu orang saja, sehingga arm chair juga dikenal sebagai kursi tunggal.

Meskipun tampak sederhana, arm chair memiliki banyak kelebihan dalam model dan warna. Anda bisa memilih arm chair untuk melengkapi dekorasi hunian Anda yang berkonsep klasik maupun kontemporer. Dengan perpaduan warna yang netral, pastinya rumah Anda akan tampak elegan.

3. Bench

Bench kursi
Foto: Shopee

Jenis-jenis kursi selanjutnya adalah kursi yang biasa dikenal sebagai bangku. Orang-orang menyebutnya sebagai bangku karena ukurannya yang memanjang tanpa sandaran, sehingga bisa memuat banyak orang. Anda bisa memilih model kursi bench ini untuk taman atau halaman.

Walaupun tanpa sandaran, bangku ini sudah mewakili kegunaan kursi untuk bersantai sore hari menjelang senja. Untuk menunjang dekorasi rumah Anda, bench memiliki banyak model dan warna. Maka dari itu, konsep apa pun akan cocok dengan model ini.

4. Side Chair

Side Chair
Foto: KANA Furniture

Jenis-jenis kursi yang keempat adalah side chair. Model kursi ini tidak memiliki sandaran tangan. Umumnya, kursi ini cocok digunakan di ruang makan, dapur, atau ruang kerja. Kemudian, lantaran tidak memiliki sandaran tangan, side chair dapat memberi kebebasan bagi penggunanya untuk melakukan berbagai aktivitas.

Jenis kursi satu ini juga memiliki bobot yang relatif ringan. Hal itu merupakan salah satu kelebihannya sehingga Anda bisa memindahkannya kemana saja. Dengan tampilan yang sederhana, side chair cocok untuk rumah yang bergaya kasual. Uniknya, model side chair ini bisa Anda padukan dengan kain motif maupun polos.

5. Sofa

Sofa
Foto: Lazada

Pastinya Anda sudah tahu satu dari macam-macam kursi ini, bukan? Kursi sofa merupakan tempat bersantai yang sangat nyaman di rumah. Dengan ukuran kursi yang memanjang dan memiliki sandaran belakang serta sandaran tangan, banyak orang yang bisa memakainya secara bersama-sama.

Baca Juga:  4 Inspirasi Lantai Marmer Mewah dan Elegan untuk Rumah

Selain bersantai, kegunaan kursi sofa ini adalah untuk menerima tamu. Oleh karena itu, Anda juga bisa menempatkan sofa pada ruang tamu. Dijamin tamu Anda akan semakin betah.

Salah satu yang menjadi pembeda sofa dari kursi lainnya adalah sofa memiliki busa yang lembut. Bahkan, lapisan busa pada sofa juga menyatu dalam kerangka kursi. Maka dari itu jangan salah, ruang keluarga Anda akan sangat nyaman dengan dekorasi sofa ini.

6. Lounge Chair

Lounge Chair kursi
Foto: vntg.com

Lounge chair adalah jenis kursi lainnya yang juga cocok untuk bersantai, sama seperti kursi sofa. Pasalnya, desain sandaran punggung yang sedikit condong ke belakang dengan dudukan lebih lebar sangat memanjakan tubuh Anda untuk rebahan.

Sesuai jenisnya, lounge chair sangat cocok untuk Anda tempatkan pada teras atau pinggir kolam. Anda bisa menikmati sore atau pagi hari sambil minum kopi dengan duduk di lounge chair.

Sebenarnya, banyak macam-macam kursi lounge yang bisa Anda pilih. Ada berbagai model rangka kayu maupun besi dengan dudukan yang empuk, sehingga Anda bisa sesuaikan model dan tipe lounge chair dengan konsep latar rumah.

7. Kursi Makan

Jenis Kursi Makan
Foto: Bukalapak

Seperti namanya, kegunaan kursi makan utamanya berfokus pada ruang makan. Bentuk dan ukurannya hampir sama dengan side chair. Hanya saja, bentuk sandarannya lebih tinggi dan tegak serta dudukan kursinya sengaja berbentuk datar sehingga membuat Anda bisa lebih nyaman saat sedang makan.

8. Footstool/Pouffe/Ottoman

Footstool/Pouffe/Ottoman
Foto: eBay

Jenis-jenis kursi selanjutnya adalah ottoman chair yang sebenarnya tidak dikhususkan untuk dudukan kursi, melainkan berfungsi sebagai sandaran kaki. Ottoman berbentuk persegi maupun persegi panjang yang berukuran lebih rendah dari dudukan kursi pada umumnya.

Jika Anda menginginkan jenis kursi ini, maka Anda bisa memesan satu set sehingga Anda mendapatkan kursi utama dan sandaran kaki. Tentu saja, sebenarnya ottoman hanya untuk pelengkap dari kursi utama.

9. Slipper Chair

Slipper Chair
Foto: westelm.com

Slipper chair merupakan variasi kursi yang berfungsi sebagai alat bantu untuk Anda mengenakan sepatu. Kursi ini berbentuk kecil dan dudukannya lebih rendah daripada kursi pada umumnya.

Baca Juga:  8 Tips Kombinasi Wallpaper dan Cat Dinding Estetik untuk Interior

Fungsi lain dari slipper chair adalah sebagai kursi pada meja rias. Dengan desainnya yang tidak memiliki sandaran tangan, kursi ini ideal bagi mereka yang ingin melakukan beberapa aktivitas sambil duduk.

10. Kursi Goyang

Jenis Kursi Goyang
Foto: id.my-best.com

Macam-macam kursi yang terakhir adalah kursi goyang. Kursi ini identik dengan zaman dahulu karena terbuat dari bahan kayu. Berdasarkan namanya, desain kursi goyang memiliki sandaran tangan dan kedua kaki berbentuk melengkung.

Dengan desain seperti itu, kursi ini memungkinkan Anda untuk bersantai sambil mengayunkan kursinya dengan mudah. Meskipun terkesan kuno, saat ini sudah banyak model kursi goyang yang lebih modern.

Tips Memilih Kursi Berdasarkan Kegunaan Kursi

Seperti penjelasan sebelumnya, terdapat beberapa pilihan jenis kursi yang bisa Anda jadikan referensi. Bukan hanya itu, nantinya di pasaran akan ada banyak pilihan lagi. Maka dari itu, Anda bisa membuat pertimbangan berdasarkan tips dan trik berikut ini:

  • Tentukan ruangan mana yang membutuhkan kursi. Sebab, Anda harus mencocokkan material dan tipe kursi yang sesuai dengan ruangannya.
  • Perhatikan juga lebar, ketinggian dan kedalaman jenis-jenis kursi. Kondisi tersebut berpengaruh pada tingkat kenyamanan.
  • Pilih material yang empuk dan menyerap keringat, sehingga Anda bisa nyaman duduk dalam waktu yang lama.
Dapatkan aneka jenis kursi berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Sudah Tahu Macam-Macam Pilihan Jenis Kursi?

Nah, dari beberapa ulasan di atas, sudahkah Anda paham bagaimana memilih kursi yang bagus? Jenis kursi di atas sudah mewakili beberapa macam yang ada di pasaran. Anda bisa memilih beberapa material lain seperti kursi plastik. Pastinya, akan ada banyak merk kursi plastik yang bagus dan awet.

UKUR menyediakan jenis-jenis kursi dengan model yang beragam. Sudah banyak ulasan positif dari pelanggan yang membeli produk seperti furniture, dekorasi dinding dan plavon, serta jendela.

Terlebih lagi, UKUR menyediakan banyak pilihan produk yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Dengan harga yang ramah di kantong, Anda juga bisa mendapatkan produk lain seperti sarung jok mobil bagus. Jangan sampai ketinggalan info promonya, ya!