6 Cara Membersihkan Sofa Beludru Agar Terlihat Baru, Praktis!

6 Cara Membersihkan Sofa Beludru Agar Terlihat Baru, Praktis!

Sofa beludru adalah salah satu jenis sofa yang paling banyak diminati dan digunakan untuk perabotan di rumah. Jenis sofa ini memang terlihat sangat elegan dan mewah, dengan permukaan sofa yang lembut. Sayangnya, sofa ini membutuhkan perawatan khusus. Sehingga, Anda perlu memahami cara membersihkan sofa beludru, agar lebih tahan lama.

Umumnya, Anda perlu membersihkan sofa setiap seminggu sekali menggunakan vacuum cleaner. Ini berguna untuk membersihkan debu dan menghilangkan bau yang menempel di sofa. Terlebih ketika sofa terkena tumpahan makanan ataupun minuman. Simak beberapa langkah untuk membersihkan sofa dalam ulasan di bawah ini!

Cara Membersihkan Sofa Beludru

Sofa beludru memiliki tekstur permukaan yang sangat lembut dan empuk saat diduduki. Bahan ini memang dirancang untuk memberikan kenyamanan yang maksimal. Oleh karenanya, Anda perlu merawat sofa ini dengan cara yang tepat, agar tidak mudah rusak. Beberapa cara membersihkan sofa bahan beludru, antara lain:

1. Gunakan Sikat Beludru

Cara membersihkan sofa kain beludru yang pertama adalah menggunakan sikat beludru. Pastikan Anda menggunakan sikat halus untuk menyisir bagian sofa beludru, agar tidak saling melekat satu sama lain. Langkah ini cukup penting dalam perawatan sofa beludru untuk mempertahankan kain beludru agar tidak rusak.

Pasalnya, beludru merupakan salah satu bahan sofa yang bagus. Jadi, Anda perlu memilih sikat yang lembut atau menggunakan kain microfiber untuk membersihkannya. Hindari penggunaan sikat yang kasar, karena bisa merusak serat beludru. Selain itu, jangan menyikat terlalu keras ketika membersihkan debu dan kotoran di sofa.

Baca Juga:  Cara Mengecat Tembok yang Sudah Pernah Dicat Hasil Maksimal

2. Gunakan Vacuum Cleaner

Vacuum Cleaner
Foto : clovercleaninginc.com

Keberadaan mesin vacuum cleaner akan mempermudah pekerjaan Anda di rumah. Alat penyedot debu dan kotoran ini bisa bekerja secara optimal untuk membersihkan sofa beludru. Sebab, vacuum cleaner mampu menyerap semua partikel mikro yang menempel di permukaan sofa dan akan masuk ke dalam bak pembuangan mesin.

Bagian ujungnya cukup efisien, karena mempunyai mulut yang kecil, sehingga bisa Anda gunakan untuk membersihkan bagian yang sulit terjangkau, seperti ujung atau pojok sofa. Agar hasilnya maksimal, Anda bisa membersihkan sofa beludru dengan vacuum cleaner setiap dua hari sampai seminggu sekali.

3. Bersihkan Noda Membandel

Sofa biasanya tidak lepas dari adanya noda yang membandel. Nah, cara membersihkan sofa beludru dalam kasus ini bisa menggunakan cairan cuka, untuk menghilangkan noda tersebut. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan sedikit cuka dengan air pada sebuah wadah.

Selanjutnya, gunakan handuk untuk menyerap cairan cuka, lalu gosokkan ke bagian yang terdapat noda membandel. Setelah menggosok bagian noda, bilas kembali sofa dengan air semprotan sabun, untuk menghilangkan cairan cuka yang tersisa.

4. Gunakan Handuk atau Kain Pembersih

Handuk bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membersihkan sofa beludru. Namun, pastikan Anda menggunakan handuk yang kering dan memiliki tekstur permukaan yang halus. Apabila Anda menggunakan handuk dengan permukaan kasar, maka ini berpotensi untuk tersangkut dengan bahan beludru dan merusaknya.

Penggunaan handuk bisa Anda terapkan untuk mengelap bekas semprotan cairan pembersih sofa beludru. Usahakan Anda mengelap semua permukaan secara satu arah dengan gerakan yang halus. Apabila cairan pembersihnya masih sulit hilang, Anda bisa mengelap dengan handuk yang lembab untuk menyerap sisa sabunnya.

5. Gunakan Steamer Pakaian

Steamer Pakaian
Foto : treehugger.com

Setelah melakukan proses vakum menggunakan vacuum cleaner dan membersihkan noda membandel. Anda perlu menggunakan steamer pakaian untuk menghilangkan kekusutan atau kerutan pada permukaan sofa.

Baca Juga:  Cara Memutar Ulang CCTV di TV, HP, dan Komputer Paling Praktis

Selain itu, Anda pun perlu mengatur steamer ini pada tingkat panas yang paling rendah, agar tidak menempel pada permukaan sofa beludru.

6. Lakukan Pengeringan

Langkah paling akhir cara membersihkan sofa beludru adalah melakukan proses pengeringan. Anda bisa mengeringkan secara alami dengan menempatkan sofa di luar, agar terkena udara bebas dan cahaya matahari. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alat bantu seperti kipas angin atau hair dryer, agar lebih cepat kering.

Proses pengeringan harus dilakukan secara maksimal, untuk menghilangkan kelembaban pada sofa. Untuk memastikan semua bagian sofa sudah benar-benar kering, Anda bisa menyisir permukaannya dengan menggunakan tangan. Pasalnya, sofa yang masih lembab akan merepotkan Anda, karena dapat memicu bakteri di sofa.

Cairan Pembersih Sofa Beludru

Cara mencuci sofa bahan beludru dapat Anda lakukan dengan menggunakan cairan pembersih khusus. Ada banyak produk pembersih sofa berbahan kain beludru yang bisa Anda pilih. Berikut ini beberapa contohnya:

1. Cuka

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, larutan cuka cocok untuk digunakan sebagai pembersih sofa beludru. Jenis cuka tersebut adalah cuka makanan dengan konsentrasi yang pekat. Perbandingan penggunaan cuka dan air destilasi sebagai pembersih sofa adalah 40:60.

Sederhananya, Anda bisa menggunakan sebanyak 4 sendok makan cuka, lalu mencampurkan dengan air sebanyak 10 sendok makan. Penggunaan cuka sangat efektif untuk mengangkat noda membandel di sofa atau bagian pojokan sofa yang banyak menyimpan kuman dan tungau.

Sebagai tambahan, jumlah cairan yang Anda butuhkan untuk membersihkan sofa tentu bergantung pada ukuran sofa. Umumnya, ukuran standar sofa memiliki panjang sekitar 180-200 cm dan kedalaman 81-104 cm.

2. Sampo Sofa

Selanjutnya, ada sampo khusus sofa bahan beludru yang bisa Anda gunakan. Sampo ini perlu Anda campurkan dengan air hangat untuk melarutkannya. Untuk membilasnya, Anda juga membutuhkan semprotan alkohol atau air destilasi.

Baca Juga:  6 Cara Mengaplikasikan Epoxy Lantai yang Benar untuk Pemula

3. Baking Soda

treehugger.com
Foto : ngonaz.com

Cara membersihkan sofa dengan baking soda bisa Anda lakukan dengan mencampurkan baking soda dan air sampai membentuk pasta. Kemudian, oleskan campuran ini ke bagian sofa yang kotor atau terdapat noda. Diamkan beberapa menit sampai meresap, kemudian bilas permukaan sofa dengan air bersih.

4. Sabun Cuci Piring

Siapa sangka, sabun cuci piring ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda di sofa beludru. Anda bisa mencampurkan beberapa tetes sabun cuci piring dan tambahan air. Masukkan campuran ini ke dalam botol semprotan untuk mempermudah pengaplikasiannya.

jual sofa bed
Dapatkan sofa bed berkualitas dengan harga diskon di UKUR!

Sudah Lebih Tau Cara Membersihkan Sofa Beludru?

Kesimpulannya, Anda perlu membersihkan sofa beludru secara teratur untuk menjaga kebersihan dan keawetannya. Anda bisa membersihkan menggunakan vacuum cleaner agar lebih praktis. Selain itu, gunakan sikat beludru yang halus dan handuk kering.

Gunakan pula steamer pakaian dan hair dryer untuk mengeringkan dan menghilangkan kusut. Apabila sudah terlalu kotor, Anda bisa melakukan pembersihan secara menyeluruh menggunakan cairan khusus sofa beludru, seperti baking soda, cuka, sampo sofa, dan sabun cuci piring.

Tidak punya banyak waktu untuk membersihkan sofa sendiri di rumah? Anda bisa menggunakan jasa profesional pembersih sofa dari Ukur.com. Ukur menawarkan berbagai pilihan layanan, mulai dari pencucian sofa hingga penggantian bahan sofa. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengganti sofa di rumah dengan sofa baru dari Ukur.

Bahkan, tak hanya sofa, Ukur.com juga menyediakan berbagai Furniture, AC, Barang Elektronik, hingga perlengkapan Sanitary. Semua, bisa Anda pesan secara online dengan proses yang mudah sekaligus cepat.