Plafon Metal: Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis, Kelebihan, dan Kekurangan Plafon Metal

Plafon metal atau metal ceiling menjadi salah satu jenis plafon yang sering digunakan di berbagai tempat-tempat umum, seperti bandara, rumah sakit, mall, dan sebagainya. Apakah Anda berencana memasang metal ceiling di rumah? Tentu, memahami definisi dan jenisnya adalah hal yang penting, Jadi, baca artikel ini!

Apa itu Plafon Metal?

Apa sih sebenarnya plafon metal? Secara umum, plafon metal atau metal ceiling merupakan sebuah penutup atap ruangan yang bahan pembuatannya dari elemen lembaran logam yang telah dimodifikasi. Biasanya, lembaran-lembaran logam untuk membuat jenis plafon ini terbuat dari aluminium, baja, dan juga besi galvanis.

Bahannya yang terbuat dari metal membuat plafon ini berbeda dari jenis plafon lainnya, seperti plafon eternit, plafon akustik, dan plafon gypsum. Bahkan, plafon metal ceiling dianggap memiliki kualitas yang lebih baik dalam hal daya tahan terhadap api maupun kenyamanan.

Selain daya tahan dan kenyamanan, jenis plafon berbahan metal ini juga terkenal karena dapat membantu adanya penghematan biaya utilitas. Bagaimana bisa? Itu karena metal ceiling ini memiliki manfaat untuk meningkatkan efisiensi aliran udara dalam hal pemanasan serta pendinginan.

Pada dasarnya, penggunaan plafon ini juga beragam. Anda bisa mendapati jenis plafon berbahan metal ini pada perumahan, perkantoran, hotel, gedung pencakar langit, dan bahkan bangunan komersial. Dalam kata lain, metal ceiling adalah jenis plafon yang serbaguna untuk digunakan di berbagai macam bangunan.

Bagaimana dengan harga? Jika membandingkan dengan plafon gypsum, maka harga plafon berbahan metal ini jauh lebih mahal. Namun tetap saja, ada harga ada kualitas, bukan? Jadi, harga yang harus Anda bayar ketika memasang metal ceiling sebanding dengan kualitas yang akan Anda dapatkan.

Baca Juga:  10 Warna Jok Mobil Bikin Tambah Mewah dan Elegan

Jenis Plafon Metal

Untuk Anda yang baru pertama kali mendengar plafon metal, sejatinya, ada tiga jenis metal ceiling yang bisa Anda pilih dan aplikasikan pada ruangan rumah Anda. Ketiganya adalah open cell ceilings, linear baffle metal ceiling, dan concealed metal ceiling. Untuk penjelasan lebih jelasnya, simak poin-poin di bawah.

1. Open Cell Ceilings

Open Cell Ceilings
Foto: sasintgroup

Yang pertama adalah open cell metal ceiling. Sesuai dengan namanya, ini merupakan jenis plafon metal yang umumnya terdiri dari serangkaian modul sel yang terbuka. Biasanya, pengaplikasian jenis plafon ini adalah untuk menyembunyikan kabel, sistem AC, dan sistem-sistem berbentuk kabel lainnya.

Pada dasarnya, jenis plafon ini memang didesain untuk dipasang di atas kisi-kisi suspensi atap rumah. Hebatnya lagi, plafon ini memiliki manfaat untuk memberikan ruang kepada langit-langit ruangan di rumah Anda tanpa memengaruhi ketinggian atap ruangan.

Berkat desain dan fungsinya yang seperti itu, jenis plafon ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan serta menaikkan kinerja akustik pada ruang industri.

2. Linear Baffle Metal Ceiling

Selanjutnya adalah linear baffle metal ceiling. Jenis plafon ini ini merupakan salah satu dengan sistem plafon terbuka yang mana tidak sepenuhnya menutupi area langit-langit dari sebuah ruangan. Biasanya, jenis plafon ini terdiri dari beberapa bilah penyekat paralel, didukung oleh sistem suspensi batang bertipe T.

Selain itu, plafon jenis linear baffle tersedia dalam berbagai macam ukuran panjang, standar, dan khusus. Pilihan ukuran ini bisa Anda pilih sesuai dengan ketinggian atap, gaya, dan desain ruangan di rumah Anda. Dengan ini, Anda dapat melakukan pengukuran untuk memasang yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Linear Baffle Metal Ceiling
Foto : pinterest

Lalu, jenis ruangan seperti apa yang paling cocok untuk mengaplikasikan jenis plafon ini? Secara umum, kebanyakan orang memasang plafon linear baffle pada ruang kelas sekolah. Sebab, kemampuannya dalam meningkatkan kejelasan suara di dalam ruangan tertutup sangat berguna untuk mengurangi suara dari luar.

3. Concealed Metal Ceiling

Jenis plafon metal ceiling yang terakhir adalah concealed. Ini adalah jenis plafon yang hadir dengan model downward sederhana. Selebihnya, plafon jenis ini juga terkenal karena kegunaanya dalam menyediakan ruangan kosong minimum, perawatan yang mudah, dan ketahanan terhadap api.

Baca Juga:  5 Jenis Besi Siku, Kegunaan, Kelebihan, dan Cara Memilihnya

Tidak hanya itu, namun concealed metal ceiling juga memiliki kemampuan untuk menutupi area langit-langit secara menyeluruh tanpa adanya garis vertikal maupun kisi-kisi yang terlihat. Jenis plafon ini juga bisa Anda sambungkan dengan lubang ventilasi, detektor asap, dan pencahayaan.

Concealed Metal Ceiling
Foto: ceiflo

Atas fungsinya tersebut, concealed ini biasanya digunakan sebagai plafon ruang tamu, gedung perkantoran, hotel, maupun hunian mewah yang modern lainnya. Dalam kata lain, jenis plafon ini cocok sebagai bahan plafon rumah maupun ruangan dari kantor industri.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Metal

Setiap jenis bahan plafon rumah tentu memiliki sisi kelebihan dan kekurangannya masing-masing, baik itu plafon akustik, plafon eternit, maupun plafon gypsum. Hal ini juga berlaku dengan metal ceiling, di mana ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, Apa saja? Berikut penjelasannya.

Kelebihan

Adapun kelebihan yang ditawarkan antara lain:

1. Menambah Nilai serta Estetika Rumah

Keunggulan pertama dari plafon ini adalah fungsinya dalam menambah estetika untuk rumah Anda. Bagaimanapun, jenis plafon berbahan metal ini memiliki daya tahan yang tinggi, namun tetap memiliki desain yang elegan. Untuk itulah, plafon ini cocok untuk dipasang di hunian rumah maupun komersial.

Karena terbuat dan tersusun dari bahan metal, maka jenis plafon ini memiliki daya tahan yang tinggi terhadap berbagai banyak hal yang biasanya merusak langit-langit rumah Anda. Ini benar-benar bisa menjadi lapisan pertama ceiling sebelum Anda memasang drop ceiling.

2. Menambah Kekuatan Struktur Atap

Apalagi, plafon jenis ini tidak dapat membusuk, retak, maupun menyerap kelembapan. Anda juga tidak perlu memaku jenis plafon ini ke permukaan atap yang tertutup kayu lapis. Keunggulan inilah yang membuat jenis plafon metal dapat menambah kekuatan pada struktur langit-langit rumah Anda.

3. Tahan Kelembaban

Kekurangan ketika Anda melakukan pemasangan plafon GRC atau plester adalah kelemahannya terhadap kelembaban. Misalkan Anda ingin memasang plafon yang tahan terhadap kelembaban, maka plafon jenis ini adalah jawabannya. Selain kelembapan, jenis plafon ini juga tahan terhadap jamur maupun lumur.

Baca Juga:  Inilah Alasan Mengapa Tinggi Kursi Makan Harus Sesuai

4. Tidak Mudah Retak

Karena terbuat dari metal, maka metal ceiling memiliki keunggulan yang tidak mudah retak. Dalam kata lain, jenis plafon ini dapat terus mempertahankan bentuknya selama bertahun-tahun yang membuat Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan perihal perawatan maupun perbaikan.

5. Tersedia dalam Berbagai Gaya

Umumnya, plafon metal hadir dengan beberapa gaya, seperti baja, tembaga, dan bahkan aluminium. Hasil akhir atau finishing pemasangan dari bahan metal ini pun tersedia dalam beberapa bentuk dan variasi, seperti dipoles, telanjang, serta dilapisi bubuk.

6. Mudah Dicat untuk Menyesuaikan Dekorasi Ruangan Rumah Anda

Ketika Anda memasang plafon ini, Anda bisa dengan mudah mengecatnya untuk menyesuaikan warnanya dengan dekorasi dari ruangan rumah Anda. Hal ini yang membuat jenis plafon ini cocok untuk pemasangan di rumah maupun bangunan komersial.

7. Perawatan Minimal

Merawat metal ceiling juga sangat mudah. Anda hanya perlu membersihkannya secara rutin untuk memperpanjang ketahanannya. Oleh sebab itu, kelebihan yang terakhir ini membuat banyak orang menyukai jenis plafon berbahan metal untuk menghias kediaman mereka lebih baik.

Kekurangan

Setelah Anda memahami kelebihan dari metal ceiling, kini saatnya bagi Anda untuk memahami kekurangan dari jenis plafon ini. Simak poin di bawah.

  • Proses pemasangan yang sedikit rumit.
  • Anda harus sering merawat dan membersihkan plafon ini secara rutin, paling tidak 2 minggu sekali.
  • Harga yang mahal.
Beli ACP panel berkualitas dengan harga terbaik, ya hanya di UKUR

Telah Lebih Mengenal Plafon Metal Ini?

Demikianlah penjelasan mengenai plafon metal, mulai dari definisi, jenis, sampai kelebihan dan kekurangannya. Apakah Anda sudah lebih mengenal mengenai metal ceiling ini dan berencana memasangnya sebagai plafon rumah Anda? Jika iya, maka Anda bisa membeli plafon yang berkualitas ini lewat marketplace Ukur.com.

Ukur merupakan sebuah marketplace yang menyediakan beragam produk rumah tangga, mulai dari furniture, lantai, material kontruksi, pintu & jendela, AC, dan masih banyak lagi. Selain berkualitas, Anda juga bisa mendapatkan beragam produk dengan harga terjangkau. Tertarik? Kunjungi Ukur sekarang juga!