10 Cara Agar Kamar Mandi Tidak Bau, Pasti Ampuh!

10 Cara Agar Kamar Mandi Tidak Bau, Pasti Ampuh!

Kamar mandi merupakan salah satu tempat sarangnya kuman sehingga sering bau. Bau ini bisa disebabkan karena banyak hal mulai dari WC kamar mandi atau dari saluran pembuangan air. Pada artikel ini akan diuraikan cara agar kamar mandi tidak bau yang ampuh dan pasti berhasil.

10 Cara Agar Kamar Mandi Tidak Bau

Berikut ini beberapa cara ampuh agar kamar mandi di rumah Anda tetap wangi dan tidak berbau, antara lain:

1. Taburkan Cuka dan Baking Soda

Cara menghilangkan bau di kamar mandi pertama yaitu dengan menaburkan cuka dan baking soda pada kloset. Kedua bahan ini dipercaya mampu untuk menghilangkan bau karena bisa membunuh kuman yang ada.

Adapun caranya yaitu dengan menaburkan satu mangkuk baking soda ke daerah kloset. Selanjutnya, percikan sedikit cairan cuka dan tutup kloset tersebut. Anda bisa membiarkannya selama kurang lebih 1 jam untuk kemudian siram dan bersihkan semua sudutnya.

2. Meletakkan Tanaman di Sudut Kamar Mandi

Cara agar air pembuangan kamar mandi tidak bau, maka caranya bisa dengan meletakkan tanaman pada sudut kamar mandi. Usahakan tanaman yang Anda gunakan ini memiliki bau yang wangi sehingga membuat kamar mandi lebih segar.

Selain itu, dalam pemilihan tanaman ini sebaiknya Anda juga perhatikan tempat hidupnya. Pilihlah tanaman yang bisa hidup di tempat lembab agar tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik di kamar mandi Anda.

Baca Juga:  Pintu Pivot: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya
Meletakkan Tanaman di Sudut Kamar Mandi
Source image: freepik.com

3. Meletakkan Bubuk Kopi di Toilet

Meletakkan bubuk kopi di toilet adalah cara agar air pembuangan kamar mandi tidak bau. Hal ini karena kopi dipercaya mampu menyerap aroma tidak enak pada ruangan termasuk kamar mandi.

Anda bisa meletakkan ampas kopi di bagian lubang WC atau area pembuangan lainnya. Selain itu, bisa juga dengan memasukkan bubuk kopi pada kantung kemudian gantungkan pada kamar mandi. Adanya kandungan antioksidan dalam kopi ini bisa membantu dalam menetralisir bau.

4. Tutup Sumber Bau

Saat membuat kamar mandi wangi lagi, Anda bisa menutup sumber bau seperti saluran pembuangan. Anda bisa menggunakan beberapa alat untuk menutupnya, namun usahakan air tetap bisa mengalir melaluinya.

Selain itu, Anda juga bisa mengganti floor drain menjadi bentuk mangkuk air sehingga baunya tidak masuk ke dalam tempat mandi. Ini biasanya terbukti ampuh untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada kamar mandi Anda.

Teteskan Minyak Kayu Putih
Source image: alomedika.com

5. Teteskan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih atau Eukaliptus juga merupakan salah satu bahan yang memiliki wangi khas. Hal inilah yang membuat minyak kayu putih cukup ampuh untuk menghilangkan wangi tidak sedap di kamar mandi.

Cara agar kamar mandi tidak bau dengan kayu putih adalah dengan meneteskannya di beberapa sudut kamar mandi. Lalu, yang terpenting adalah bagian wastafel, kloset dan bagian area luar bak air jangan sampai terlewat.

Namun jika di rumah, Anda tidak memiliki minyak kayu putih, bisa menggantinya dengan minyak lainnya. Usahakan minyak tersebut memiliki bau esensial seperti minyak telon.

6. Buang Sampah Kamar Mandi

Sumber bau lainnya adalah sampah yang menumpuk. Sampah-sampah basah sisa buang air biasanya akan memiliki bau yang tidak sedap. Untuk itulah sebaiknya Anda membuangnya jika ingin kamar mandi wangi.

Rutin membuang sampah meskipun tidak penuh ampuh untuk membuat kamar mandi wangi. Selain itu, Anda juga bisa memberikan minyak esensial di tempat sampah yang kosong sehingga bisa menciptakan bau wangi setiap kali Anda akan membuang sampah tersebut.

Baca Juga:  Solusi untuk Mengatasi Proyektor Tidak Menampilkan Gambar

7. Bersihkan Jamur di Dinding Kamar Mandi

Jamur yang ada di dinding kamar mandi juga bisa menyebabkan aroma tidak enak. Untuk itulah, cara agar kamar mandi tidak bau adalah dengan membersihkan jamur di dinding kamar mandi.

Anda bisa membersihkannya dengan menyikat dinding kamar mandi atau jika terlalu membandel bisa dengan mengikirnya. Ini penting untuk Anda hilangkan, karena jamur tidak hanya bau tetapi juga bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Bersihkan Jamur di Dinding Kamar Mandi
Source image: freepik.com

Jika cara sebelumnya tidak bisa, Anda bisa menggunakan material kamar mandi anti jamur. Baik itu dari segi dinding, lantai, hingga kloset yang Anda gunakan di kamar mandi.

Selain itu, pencahayaan kamar mandi juga bisa mempengaruhi keberadaan jamur di kamar mandi Anda. Semakin tinggi pencahayaan atau kelembapan rendah, maka jamur tidak akan bisa hidup di kamar mandi.

8. Perhatikan Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara yang tidak baik bisa membuat kamar mandi menjadi pengap dan apek. Untuk itulah, sebaiknya Anda juga mengecek ventilasi udara kamar mandi. Anda harus memastikan bahwa ventilasi udara untuk kamar mandi sudah cukup untuk mengalirkan udara.

Jika kamar mandi Anda menggunakan jendela kecil yang bisa dibuka, maka sebaiknya Anda membukanya secara teratur agar udara segar bisa masuk ke kamar mandi setiap harinya. Sirkulasi udara yang buruk tidak hanya membuat kamar mandi apek, tetapi juga membuat udara di kamar mandi tidak sehat untuk dihirup.

belanja exhaust fan di Ukur
Jadikan sirkulasi udara lebih baik dengan Exhaust Fan dari UKUR.com

9. Menggunakan Pewangi Ruangan

Anda juga bisa menggunakan pewangi ruangan untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada kamar mandi. Dalam hal ini, Anda bisa memilih pewangi yang memiliki aroma alami dan menyegarkan sehingga membuat Anda nyaman saat di kamar mandi.

Baca Juga:  7 Cara Memasang Vinyl Lantai yang Benar

Menggunakan pewangi yang menyengat hanya akan menambah masalah aroma baru untuk kamar mandi Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan lilin aroma terapi di kamar mandi.

Penggunaan lilin kamar mandi ini sudah cukup ampuh untuk meminimalisir bau di kamar mandi. Namun, sebaiknya Anda tetap mengawasi lilin saat sedang menyala. Ini untuk menghindari kebakaran jika lilin tiba-tiba membakar kain atau benda lainnya di kamar mandi Anda.

10. Rutin Membersihkan Kamar Mandi

Cara terakhir agar kamar mandi tidak bau adalah dengan rutin membersihkannya. Hal ini karena kamar mandi yang kotor merupakan sarangnya kuman penyebab bau. Selain itu, ini juga bisa membantu untuk mencegah adanya kerak membandel yang bisa menghilangkan estetika dari kamar mandi Anda.

Anda setidaknya harus membersihkan kamar mandi satu kali dalam seminggu. Untuk membersihkan kamar mandi bisa dengan sikat dan sabun pembersih. Dalam memilih sabun, Anda juga bisa menggunakan sabun yang harum untuk menambah kesegaran kamar mandi Anda.

Kombinasi antara sabun, pewangi, dan kamar mandi yang bersih pastinya akan membuat Anda merasa sangat nyaman ketika digunakan. Bahkan, Anda mungkin akan sangat betah untuk mandi setiap harinya.

Rutin Membersihkan Kamar Mandi
Source image: freepik.com

Sudah Tahu Cara Agar Kamar Mandi Tidak Bau?

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau di kamar mandi. Anda bisa menerapkan semua cara di atas untuk mendapatkan kamar mandi yang bersih dan wangi maksimal.

Jika Anda membutuhkan perlengkapan kamar mandi, maka bisa mencarinya di Ukur. Ukur telah menyediakan banyak sekali pilihan material mulai dari peralatan sanitary, dinding dan plafon, hingga lantai untuk membangun kamar mandi terbaik dan anti bau.

Harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Terlebih, Ukur.com adalah marketplace yang sekaligus menyediakan layanan pemasangan.