Mengenal Pola Herringbone, Pola Lantai Kayu Paling Populer

Mengenal Pola Herringbone, Pola Lantai Kayu Paling Populer

Memilih pola lantai kadang merupakan hal yang cukup sulit dan membutuhkan pertimbangan lebih. Karena lantai merupakan salah satu elemen paling penting di rumah. Nah, salah satu rekomendasi pola lantai yang cantik adalah pola herringbone. Yuk, cari tahu selengkapnya tentang pola ini untuk rumah idaman!

Apa itu Pola Herringbone?

Pola herringbone adalah salah satu jenis pola lantai parkat yang sering digunakan oleh masyarakat karena terlihat mewah, namun minimalis. Sesuai dengan namanya, motif herringbone terinspirasi dari struktur kerangka ikan. Selain itu, banyak jalan Romawi Kuno juga memakai pola ini atau dikenal dengan sistem paving.

Motif ini juga sangat banyak digunakan untuk menghiasi produk tekstil dan berbagai macam perhiasan elit Mesir Kuno. Selain itu, motif ini juga dibuat menjadi jahitan herringbone yang dapat digunakan pada bordir, renda, rajutan, serta beberapa kerajinan lainnya.

Sampai saat ini, pola herringbone juga biasa orang pakai untuk memperindah tampilan jas atau busana luar yang terbuat dari tweed atau twill. Seiring berkembangnya zaman, kegunaannya pun juga meluas. Tak hanya dalam dunia fashion, tapi juga sebagai bahan dekorasi lantai atau dinding ruangan.

Akhirnya, motif ini banyak orang pakai sebagai lantai. Lewat bentuknya yang klasik dan menyerupai sisik ikan, pola ini akan membuat suasana rumah menjadi lebih cantik dan aesthetic.

Pola susunan lantai ini sangat menarik dan tidak monoton. Maka dari itu, banyak orang tertarik dengan pola ini karena rumah akan terkesan mewah dan elegan. Keindahan warna dan tekstur kayunya juga turut mendukung rumah terlihat nyaman.

Baca Juga:  Jenis Batu Alam untuk Lantai dan Manfaatnya

Kalau Anda mencari cara untuk memberikan sentuhan spesial pada lantai atau dinding tanpa terlihat berlebihan, herringbone bisa menjadi pertimbangan terbaik.

Pola Herringbone
Contoh Pola lantai herringbone di ruangan (Foto: Freepik)

Mengapa Memilih Pola Herringbone?

Dari penjelasan tersebut bisa disimpulkan bahwa pola ini sangat kental dengan konsep klasik jaman Romawi Kuno. Selain itu, ada beberapa alasan lain yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih pola ini. Apa saja? Ini uraiannya:

1. Bisa Pasang di Mana Saja

Anda bisa memasang pola ini di berbagai tempat di rumah dan gaya interior apapun. Selain itu, Anda bisa menerapkan decking sebagai kombinasi. Decking adalah bahan penutup lantai yang biasanya digunakan di luar ruangan.

Perlu Anda tahu juga bahwa material dasar lantai herringbone nggak cuma terbuat dari laminasi dan kayu murni. Ada juga beberapa pilihan kayu buatan dan kayu yang didaur ulang.

Maka dari itu, Anda bisa sesuaikan pilihan lantai parket dengan gaya hidup dan budget. Kalau Anda mau tampilan yang lebih mewah dan eksklusif, jenis lantai kayu murni bisa jadi pilihan utama.

Namun, kalau Anda punya keterbatasan anggaran dan tetap mau kesan elegan juga mewah. Maka, lantai parket laminate adalah solusinya. Meski terbuat dari laminate, lantai jenis ini memberikan tampilan mirip kayu murni. Perawatan serta instalasi yang tepat dapat membuat bahan material ini bertahan lama.

2. Ketahanan

Kalau Anda menjaga parket kayu pola herringbone ini dengan baik, maka lantai itu akan bertahan lama. Hal yang wajib untuk diperhatikan adalah cara merawatnya yang harus sesuai dengan material yang digunakan.

Disarankan, jika lantai tersebut berbahan kayu murni, penting untuk memahami jenis dan sumber kayunya. Selanjutnya, sesuaikan perawatan berdasarkan posisi lantainya.

Kalau pakai lantai parket laminate, Anda nggak perlu terlalu repot dalam merawat lantai ini. Namun, kalau pakai kayu asli, perawatan rutin adalah hal yang wajib Anda lakukan.

Baca Juga:  Apa Itu Laminate Flooring: Kelebihan dan Cara Pemasangannya

Parket dengan bahan dasar kayu asli memerlukan pemolesan ulang dengan minyak khusus kayu setidaknya dua kali setahun. Perawatan tersebut wajib dilakukan di seluruh bagian lantai, terutama di ruang-ruang yang sering digunakan seperti ruang tamu.

3. Penampilan Polanya

Banyak orang memilih lantai dengan pola ini karena kemewahan, kelas, dan polanya yang timeless. Sejak awal kemunculannya, pola ini telah menghiasi rumah para bangsawan dan bahkan istana kerajaan.

Anda nggak perlu khawatir kalau pola ini akan out of date. Sebab, herringbone akan masih tetap terlihat mewah meskipun tren terus berubah-ubah. Pola ini akan cocok dengan berbagai macam desain interior, seperti klasik, tradisional, bahkan modern.

Selain itu, kalau Anda punya ruangan dengan ukuran kecil dan minim cahaya, desain herringbone dapat memberikan efek visual yang lebih terang dan luas. Anda juga bebas memilih nuansa warna yang sesuai dengan selera.

desain lantai herringbone di kamar tidur
Contoh desain lantai herringbone di kamar tidur (Foto: urbanfloor.com)

Pola Herringbone Vs Chevron, Mana yang Lebih Bagus?

Dalam jenis lantai ini ada desain lain yang biasa bersaing dengan herringbone, yaitu chevron. Keduanya memiliki beberapa kesamaan secara sekilas yang membuat orang susah untuk memilih. Namun, ada beberapa perbedaan mendasar. Berikut adalah perbedaannya agar Anda lebih mudah memilih:

1. Bentuk

Seperti yang Anda tahu, kedua lantai ini punya penampilan lumayan mirip. Penentuan pilihan juga bisa Anda sesuaikan dengan selera saja. Secara umum, motif chevron lebih sederhana dan menyerupai huruf “V” dengan kaki sejajar.

Sedangkan herringbone akan memberikan kesan lebih rumit. Bentuknya juga seperti huruf “V” dengan kaki tidak sejajar dan memiliki sudut 90 derajat. Motif ini cocok untuk Anda yang menyukai gaya klasik mewah.

2. Harga

Kalau Anda punya budget pas-pasan, tapi mau motif mewah. Maka, bisa memilih lantai herringbone. Harganya jauh lebih terjangkau daripada chevron. Sebab, lantai chevron harus melalui proses pemotongan terlebih dahulu pada sudut tertentu untuk memastikan garis zig-zag yang sempurna.

Baca Juga:  Pengertian Baby Bouncer dan Manfaatnya untuk Si Kecil

Pemasangan lantai chevron juga butuh banyak tenaga. Jadi, coba sesuaikan budget Anda terlebih dahulu dan pilih mana yang terbaik untuk ruangan di rumah.

3. Ukuran Ruangan

Mempertimbangkan ukuran ruangan adalah salah satu hal yang penting untuk dipikirkan sebelum memutuskan jenis lantai. Lewat karakteristik yang berbeda, pola herringbone cocok untuk ruangan yang berukuran lebih besar.

Sebab, cara penataan lantai yang lebih rapat akan membuat suatu ruangan yang kecil terasa lebih sempit. Di sisi lain, lantai chevron akan membuat ruangan Anda terasa lebih luas. Oleh karena itu, pilihan lantai ini merupakan solusi ruangan kecil.

4. Daya Tahan

Sebenarnya, nggak ada perbedaan cukup signifikan dalam aspek ketahanan di antara keduanya. Namun, umumnya herringbone akan memberikan ketahanan lebih. Hal tersebut terjadi karena lantai ini tersusun lebih rapat. Sehingga akan membuat lantai lebih tahan lama.

belanja herringbone vinyl di ukur
Beli herringbone vinyl di UKUR, pilhan produk berkualitas dari merk ternama!

Tertarik untuk Memasang Lantai Kayu Pola Herringbone?

Nah, kalau tertarik buat pasang lantai pola herringbone, Ukur adalah solusi tempat pemebliannya. Karena Ukur.com menyediakan berbagai macam jenis lantai kayu. Mulai dari herringbone, chevron, sampai plywood dengan kualitas terbaik.

Selain itu, ada berbagai bahan bangunan dan furniture yang Ukur.com sediakan untuk Anda. Meliputi furniture, pintu & jendela, material konstruksi, hingga besi dan baja. Terdapat pula jasa pengukuran dan pemasangan agar Anda tidak perlu repot mencari tukang di lain tempat.

Jadi, tunggu apa lagi? Anda bisa lakukan pembelian dan pihak Ukur.com akan segera mengirimkan barang sampai tujuan dengan aman. Yuk, kunjungi situsnya sekarang juga!