Mengenal Apa Itu Urinoir, Manfaat, dan Standar Pemasangannya

Mengenal Apa Itu Urinoir

Hingga saat ini, masih banyak orang yang belum terlalu sadar bahwa pemahaman apa itu urinoir adalah salah satu solusi terbaik untuk kebutuhan perangkat sanitasi untuk fasilitas umum. Selain manfaat yang beragam, jenisnya juga sangat beragam yang mana tinggi urinoir dari lantai bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Bisa dibilang jika Anda tidak tahu seluk beluknya, bagaimana Anda bisa memilih produk yang tepat? Nah, agar Anda tidak salah pilih, baca artikel ini sampai habis karena Anda dapat mempelajari banyak hal terkait perangkat sanitasi ini.

Apa Itu Urinoir?

Peturasan atau urinoar yang juga disebut urinoir adalah perangkat sanitasi yang difokuskan untuk kebutuhan buang air kecil. Umumnya, perangkat urinal ini memfasilitasi kebutuhan sanitasi para kaum pria seperti buang air kecil yang lebih efisien.

Perangkat ini merupakan jenis toilet yang menyiram air kencing secara otomatis dan terhubung langsung dengan saluran pembuangan. Itulah mengapa urinoir adalah perangkat sanitasi yang bekerja secara efektif dan sering digunakan pada fasilitas umum.

Seperti stasiun kereta, pusat perbelanjaan, bioskop, restoran, cafe, gedung-gedung perkantoran, dan fasilitas umum lainnya. Biasanya, perangkat urinoar dapat dipasang secara individu atau dalam bentuk barisan sesuai dengan kebutuhan yang juga dapat dilengkapi dengan partisi pemisah di antara baris urinoar tersebut.

Kenapa Harus Urinoir?

Pemilihan apa itu urinoir untuk fasilitas umum pastinya sudah mendapatkan perhitungan yang matang sebelumnya. Namun, hal tersebut bisa tercapai karena perangkat sanitasi ini memberikan beberapa manfaat seperti:

Baca Juga:  Batu Onyx: Pengertian, Kegunaan dan Keunggulannya

1. Efisiensi Penggunaan Air

Salah satu manfaat utama urinoir adalah efisiensi penggunaan air. Perangkat ini biasanya menggunakan jumlah air yang jauh lebih sedikit daripada toilet biasa. Hal tersebut bisa sangat membantu mengurangi konsumsi air berlebih, sehingga berkontribusi pada pelestarian sumber daya air lingkungan.

2. Kebersihan dan Kesehatan

Perangkat sanitasi ini juga memiliki keunggulan dalam hal kebersihan. Pemasangan alat ini dapat mengurangi risiko penyebaran kuman dan infeksi, karena pengguna tidak perlu menyentuh permukaan yang sama seperti pada toilet biasa.

Bahkan, karena tersambung langsung dengan saluran pembuangan seketika setelah Anda tersiram, urinoar akan membantu pengolahan limbah di gedung tersebut. Sehingga, secara kebersihan dan kesehatan diri dan lingkungan, pemasangan perangkat ini adalah pilihan yang bijak.

Manfaat Urinoir
Source image: freepik.com

3. Penyimpanan Ruang

Perangkat sanitasi ini memiliki desain yang lebih compact dan tinggi urinoir dari lantai yang bisa disesuaikan, sehingga dapat menghemat ruang dalam kamar mandi atau toilet pria. Hal ini tentunya akan membantu efisiensi penggunaan ruang, khususnya pada bangunan yang lahannya terbatas.

4. Efektif Mencegah Polusi Bau

Sistem otomatis flushing pada urinoir adalah salah satu solusi terbaik untuk mengatasi polusi bau pada kamar mandi. Melalui pancuran air dan desainnya yang unik, akan membawa sumber bau untuk mengalir ke saluran pembuangan. Sehingga tak ada sisa aroma yang akan tertinggal.

5. Perawatannya Cukup Mudah

Beberapa fasilitas umum mungkin memiliki staf kebersihan yang terbatas dengan banyak tanggung jawab. Nah, dengan perangkat sanitasi yang perawatannya mudah seperti urinoir adalah solusi terbaik menjaga lingkungan kerja lebih kondusif.

6. Menghemat Bajet

Secara teori, banyak orang juga memahami apa itu urinoir dan jenis toilet umum lainnya memiliki kebutuhan budget yang jauh lebih hemat. Pasalnya, pembuatan bilik membutuhkan biaya yang lebih kecil daripada Anda membangun fasilitas jenis toilet umum lainnya.

Jenis-jenis Urinoir

Secara teori, perangkat sanitasi ini memiliki beberapa perbedaan, tergantung aspek yang Anda bandingkan seperti halnya:

1. Secara Penempatan

Untuk perbedaan penempatan sendiri, perangkat urinoar bisa Anda temukan dan pasang pada dinding maupun pada lantai. Keduanya punya kelebihan dan kelemahan masing-masing, seperti contoh tinggi urinoir dari lantai akan dibuat sesuai preferensi dan kebutuhan umum. Sehingga memudahkan kebutuhan buang air kecil.

Baca Juga:  10 Model Teras Rumah Panjang yang Enak Buat Nyantai

2. Secara Teknologi

Karena urinoir adalah perangkat sanitasi yang cukup efisien untuk kebutuhan publik, maka teknologi pendukungnya juga akan membantu. Pada dasarnya, Anda bisa menemukan berbagai teknologi, baik yang menggunakan semacam kran manual, sistem otomatis, penggunaan sensor, atau bentuk teknologi lainnya.

3. Secara Bahan

Jenis berikutnya yang bisa membedakan satu perangkat dengan yang lainnya adalah bahan baku pembuatannya. Umumnya, penggunaan bahan dapat membedakan harga dan kualitasnya. Mulai dari PVC, keramik, baja tahan karat, hingga batu alam bisa jadi pilihan yang punya kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Pemasangan Urinoir
Source image: freepik.com

Standar Pemasangan Urinoir

Walaupun penggunaannya untuk kebutuhan umum, namun pemasangannya tak bisa sembarangan. Setidaknya Anda harus memahami beberapa standar khusus baik untuk penggunaan normal dan ketersediaan perangkat sanitasi khusus disabilitas. Umumnya, standarnya mencakup:

1. Tinggi Urinoir dari Lantai

Perangkat ini harus terpasang pada ketinggian yang nyaman bagi pengguna. Untuk standar tinggi urinoir dari lantai bagi orang dewasa adalah sekitar 43,80 cm dan untuk anak-anak biasanya menggunakan urinoar lantai. Sedangkan disabilitas biasanya akan menggunakan urinoar khusus.

2. Jarak Antara Urinoir

Tiap bilik urinoar, setidaknya harus memiliki ruang gerak setidaknya 80 cm, dengan pembatasan sekat setidaknya 45 x 105 cm. Hal ini akan membantu memberikan privasi bagi pengguna.

3. Sistem Pembuangan yang Tepat

Walau urinoir adalah solusi sanitasi terbaik, namun Anda perlu mempertimbangkan sistem pembuangan dan pengolahan limbah yang tepat. Setidaknya sistem pembuangannya harus memenuhi peraturan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) dan menggunakan sistem pengolahan limbah yang memadai.

4. Maintenance Rutin

Pemeliharaan dan pembersihan rutin juga perlu Anda jadwalkan untuk menjaga kebersihan urinoar dan mencegah masalah kesehatan. Hal ini juga membantu perusahaan menghemat biaya, karena dapat memperlama umur penggunaan urinoar.

Baca Juga:  10 TV Box Android Terbaik 2023, Low Budget!

Bagaimana Cara Memilih Urinoir?

Jika Anda sudah memahami apa itu urinoir dan ingin menerapkannya, ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda lakukan sebelum membeli, yaitu:

1. Evaluasi Kebutuhan

Sebelum memilih produk yang tepat, pastikan untuk memahami kebutuhan Anda terlebih dahulu. Anda juga perlu memperhitungkan ruang yang tersedia, perkiraan jumlah pengguna, efisiensi air, dan kebutuhan pribadi.

2. Pilih Jenisnya

Hal ini berguna untuk memilih jenis perangkat yang tepat, sesuai kebutuhan yang ada. Pertimbangannya adalah bahan, penempatan, dan juga teknologi bawaan. Memilih jenis yang tepat akan membantu pengguna untuk terpenuhi hajatnya.

3. Pilih Desain yang Disukai

Jika sudah menentukan jenis apa yang akan Anda gunakan, coba mulai mencari tahu pilihan desain yang tersedia. Anda bisa mencari desain yang paling cocok dengan desain, interior, dan konsep penggunaan gedung.

4. Amati Brand

Berhubung urinoir adalah teknologi penting untuk toilet, maka Anda perlu memilih brand yang terpercaya. Pastikan track record produk teruji, dengan review baik dari para penggunanya.

5. Pertimbangkan Budget yang Ada

Dalam memilih perangkat sanitasi yang tepat, Anda juga perlu mempertimbangkan masalah budget yang Anda miliki. Pilihlah dengan bijak, dengan standar pemenuhan kebutuhan, bukan gengsi.

Memilih Urinoir
Source image: freepik.com

Sudah Tahu Apa Itu Urinoir, Bukan?

Setelah mempelajari artikel ini, kini Anda tahu bahwa urinoir adalah perangkat sanitasi yang berfokus untuk kebutuhan buang air kecil laki-laki pada toilet umum. Karena memiliki peranan penting, Anda perlu memperhatikan dan memilih produk dengan tepat sasaran sesuai kebutuhan.

Untuk itu, penting untuk membeli produk urinoir berkualitas dari marketplace terbaik seperti UKUR.com. Produknya pun beragam dengan kualitas nomor satu. Anda bisa membeli berbagai produk sanitasi mulai dari closet, wastafel, dan lain-lain.

Ukur.com hanya menyediakan produk terbaik, dengan harga yang cukup kompetitif. Belum lagi Anda juga berkesempatan mendapatkan potongan harga pada berbagai event yang platform ini adakan, lho. Jangan sampai kehabisan!